1 KB Berapa Byte? Ini Cara Menghitung dan Penjelasannya

Ada berbagai jenis media penyimpanan, mulai dari Kilobyte, Gigabyte, hingga Megabyte. Meski jarang digunakan, Kilobyte masih sering ditemui, terutama dalam satuan besaran file. Jika di konversi dengan satuan penyimpanan, 1 KB berapa byte dan bagaimana cara menghitungnya?

Menghitung dan mengubah satuan penyimpanan bisa menggunakan tangga konversi. Penggunaan tangga konversi sudah umum di seluruh dunia, sehingga kesalahan perhitungan antar satuan yang berbeda bisa di minimalisir.

Apa Itu Kilobyte

Kilobyte atau KB merupakan salah satu satuan yang ada di tangga konversi penyimpanan. Dalam satuan KB, diperkirakan ada sekitar 1000 Byte, sedangkan angka pastinya adalah 1.024 Byte. Jumlah tersebut sudah pasti dan berlaku secara internasional tanpa adanya perubahan lagi.

Anda bisa menghitung besaran file dalam ukuran KB untuk data-data yang ukurannya tak terlalu besar. Misalnya data yang ada di dalam komputer, jika data tersebut punya jumlah sekitar 10 ribu karakter, maka ukurannya adallah 10 KB.

Apa Itu Byte

Byte merupakan besaran terkecil kedua dalam satuan penyimpanan data. Byte merupakan blok yang terdiri atas 8 Bit, tak hanya itu Byte juga digunakan untuk mewakili karakter dalam ASCII atau American Standart Code for Information.

Karakter yang diwakili oleh Byte beraneka ragam, mulai dari simbol biasa, huruf maupun angka. Sebagai contoh, apabila Anda mengetikkan angka 1 dalam data, maka komputer akan menghitungnya sebagai 1 Byte memori atau data.

Cara Menghitung 1 KB berapa Byte

Banyak yang salah mengira jika 1 KB berapa Byte, jawabannya adalah 1000 Byte. Padahal jawaban tersebut tidak benar, karena satuan terkecil 1 Byte terdiri atas 8 Bit. Karena itulah, 1 KB sama dengan 1024 Byte, bukan 1000 Byte seperti yang menjadi pengetahuan umum.

Jumlah tersebut merupakan jumlah yang pasti, Anda tak akan menemukan perhitungan lain dengan jawaban yang berbeda. Karena itu, pastikan Anda tak salah hitung ketika melakukan konversi antar satuan penyimpanan data.

Daftar Satuan Kapasitas Penyimpanan

Untuk memudahkan Anda dalam memahami satuan kapasitas atau penyimpanan, berikut adalah rincian dari masing-masing satuan. Tiap satuan memiliki besaran yang berbeda ketika di konversikan ke satuan lainnya.

1. Bit

Di bawah satuan Byte, ternyata ada satuan yang lebih kecil, yakni Bit. Bit merupakan angka biner atau binary digit dan merupakan satuan terkecil. Bit mengalir dalam sebuah sinyal listrik dan akan dibaca, diterjemahkan, dan diolah oleh sistem.

2. Byte

Di atas Bit ada Byte, seperti yang telah diterangkan sebelumnya, Byte mewakili simbol atau karakter untuk ASCII dan masih digunakan hingga sekarang.

3. Kilobyte

Berikutnya ada Kilobyte atau KB, 1 KB berapa bit berbeda dengan 1 KB berapa Byte, sebab keduanya memiliki satuan yang berbeda.

4. Megabyte

MB atau Megabyte merupakan satuan diatas Kilobyte, satuan ini sering digunakan sebagai besaran file yang ukurannya sedang dan jumlah pada paket data.

5. Gigabyte

Ukuran yang lebih besar dari MB adalah GB, ukuran GB merupakan yang populer karena kebutuhan penyimpanan data semakin besar. Anda bisa menemukan satuan GB di penyimpanan memori seperti flashdisk atau RAM.

6. Terabyte

Di atas GB ada Terabyte atau TB, ukuran ini biasanya digunakan untuk penyimpanan dalam komputer dan sistemnya. 1 Terabyte setara dengan 1024 GB, ukurannya yang besar bisa menyimpan banyak data sekaligus.

Kini pertanyaan 1 KB berapa Byte telah terjawab, dengan mengetahui jawaban tersebut semoga Anda tak melakukan salah hitung lagi dalam konversi satuan penyimpanan.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan