10 Cara Mengatasi Whatsapp Error di PC/Web, Android dan Iphone

Mello.id – 10 Cara Mengatasi Whatsapp Error di PC/Web, Android dan Iphone Pencarian seputar informasi yang kian dan sangat banyak dicari oleh masyarakat Indonesia, meski sebenarnya kata kunci ini memang sangat banyak dijumpa di search enggine Google, kami tetap berusaha memberikan yang terbaik dengan memberikan sebagian penjelasan perihal 10 Cara Mengatasi Whatsapp Error di PC/Web, Android dan Iphone terupdate dan terbaik tahun ini.

Kami menghadirkan informasi 10 Cara Mengatasi Whatsapp Error di PC/Web, Android dan Iphone supaya bisa menambah wawasan, Terlebih melalui link situs kami, kamu bisa mendapat kepuasan karena kami menyajikan dengan susunan kata dan kalimat yang tersusub dengan sangat-sangat rapi, tentunya melalui sajian bacaan yang akan mimin ular dibawah.

Melalui situs ini, kalian sebagai pengguna akan mendapatkan berbagai informasi seputar 10 Cara Mengatasi Whatsapp Error di PC/Web, Android dan Iphone dari seluruh dunia secara eksklusif, Bahkan situs ini juga disebut-sebut memberikan berbagai update setiap harinya.

Pada saat mendapati aplikasi WhatsApp yang tiba-tiba error, hal ini bisa saja terjadi bukan dari pengembang aplikasi yang kurang baik. Akan tetapi ada banyak penyebabnya. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatasi WhatsApp error.

Beberapa kendala yang kemungkinan bisa terjadi seperti kendala di bagian sistem operasi maupun yang lainnya. Perlu diketahui bahwa aplikasi WhatsApp termasuk sebagai aplikasi terpopuler di dunia karena hampir semua pengguna Android atau iOS menggunakan WhatsApp.

Alasannya, karena WA menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling mudah digunakan. Ditambah lagi dengan keberadaan fiturnya yang lengkap dibandingkan dengan aplikasi chat lainnya.

Cara Mengatasi Whatsapp Error

Berhubung ada beberapa penyebab yang menimbulkan aplikasi WhatsApp menjadi error, tentu sebagai pengguna harus mengetahui juga bagaimana cara mengatasinya berdasarkan dari penyebab yang terjadi. Tenang saja, langkah mengatasinya sangatlah mudah, seperti penjelasan berikut ini:

1. Memeriksa Bagian Koneksi

Langkah mudah yang harus dilakukan ketika wa tiba-tiba eror yaitu lakukan pengecekan pada bagian koneksi internet. Sinyal yang jelek bisa menimbulkan koneksi WhatsApp mengalami gangguan. Untuk itu, lakukan pengecekan pada bagian koneksi internetnya.

Caranya sangat mudah, coba bukalah browser atau YouTube yang ada di perangkat ponsel. Apabila aktivitas dalam memuat halaman tersebut berjalan lama, maka bisa dipastikan bahwa koneksi internet yang ada di ponsel kamu yang sedang gangguan.

Jika menggunakan wi-fi, maka bisa mengecek di bagian router wi-fi untuk memastikan bahwa internet dalam kondisi yang aktif dan kecepatan yang stabil.

2. Mengecek Whatsapp

Cara kedua, bisa saja WhatsApp yang mengalami error karena sedang down. Jika hal ini terjadi, otomatis menjadikan WhatsApp mengalami error hingga ke semua pengguna. Cara mengatasi WhatsApp error yang dikarenakan down, bisa mencoba menggunakan aplikasi diperangkat lain.

Bisa menggunakan laptop maupun menggunakan social media yang lain. Namun apabila masih mengalami gangguan, tentu sebagai pengguna harus menunggu sampai WhatsApp dipulihkan kembali.

3. Membersihkan Cache

Menghapus cache yang ada pada pengaturan ponsel tentu harus dilakukan secara rutin. Alasannya bahwa cache ini merupakan sebuah data yang tersimpan sementara pada aplikasi. Jika menghapus cache bisa meringankan beban ponsel atau aplikasi yang digunakan.

Namun sayangnya, apabila melakukan pembersihan cache, maka kemungkinan besar data atau history yang ada di WhatsApp sebelumnya secara otomatis akan terhapus.

4. Update Aplikasi

Cara mengatasi WhatsApp error di iphone selanjutnya yaitu dengan melakukan update aplikasi WhatsApp. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi adanya WhatsApp error. Sangat disarankan agar tidak menggunakan WhatsApp yang sudah kadaluarsa.

Jika hal ini terus-menerus dipaksakan, tentu membuat WhatsApp versi lama tidak dapat bekerja secara maksimal. Setiap pengembang aplikasi pastinya akan memiliki waktu tenggang penggunaan sistem dengan tujuan supaya selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pengguna.

Alasan inilah yang membuat mengapa pengguna whatsapp harus rutin melakukan pemeriksaan, apakah WhatsApp asli sudah memiliki versi terbaru atau belum. Apabila sudah muncul versi terbaru, maka segera lakukan update di bagian sistem.

5. Instal Ulang WA

Lakukan penginstalan ulang jika mengalami WhatsApp error. Caranya tinggal membuka di pengaturan aplikasi ponsel untuk melakukan uninstall terlebih dahulu. Apabila proses sudah berhasil, maka bisa kembali ke App Store atau Google Play Store, kemudian pasang kembali aplikasi.

Apabila cara ini dilakukan, maka data-data yang ada di WhatsApp akan secara otomatis hilang. Untuk bisa masuk kembali pada akun whatsapp yang sudah dimiliki sebelumnya, maka harus memverifikasi nomor telepon yang sudah terdaftar dan kode verifikasi sebanyak 6 digit.

6. Nonaktifkan Mode Penghemat Daya

Terkadang bagi pengguna ponsel yang mengaktifkan mode penghemat data justru membuat aplikasi WhatsApp tidak dapat digunakan. Alasannya karena untuk fitur tersebut akan memaksa ponsel untuk tidak menjalankan beberapa fungsi pada aplikasi. Terutama yang berjalan di background HP.

Seperti panggilan telepon atau notifikasi. Oleh karena itu, apabila mode penghemat daya diaktifkan, otomatis Kamu tidak akan memperoleh notifikasi di WhatsApp. Terkecuali apabila membuka aplikasi WhatsApp secara langsung.

Sangat disarankan apabila WhatsApp mengalami error, sebaiknya nonaktifkan mode penghemat data yang aktif. Caranya sangatlah mudah, tinggal membuka menu setting, lalu cari penghemat daya atau baterai server, kemudian tinggal menggeser dari mode on menjadi off.

7. Hindari Penggunaan Task Killer APK

Aplikasi task killer yang digunakan pada perangkat Android atau iOS memang memiliki tujuan untuk meringankan kinerja dari ponsel. Akan tetapi hal ini pada kenyataannya, task killer justru membuat aplikasi harus berjalan di background tidak dapat berfungsi dengan baik.

Salah satunya yaitu aplikasi WhatsApp. Keberadaan dari aplikasi Task Killer akan secara sengaja menutup aplikasi yang ada di bagian background. Sementara ponsel keluaran terbaru sudah memiliki smart task killer secara bawaan, dengan tujuan untuk menutup aplikasi lain yang jarang digunakan.

Cara mengatasi WhatsApp error yang disebabkan oleh task killer tentu kamu sebagai pengguna harus menonaktifkan atau uninstall aplikasi tersebut.

8. Menutup Aplikasi Lain

Pada biasanya, saat aplikasi dibuka bersamaan, maka hal ini bisa memakan RAM ponsel yang sangat banyak. Terlebih lagi aplikasi yang memiliki kinerja berat contohnya Instagram, Telegram, WhatsApp atau yang lainnya.

Alhasil bisa menjadikan beberapa fungsi dari aplikasi tidak mampu berjalan secara maksima.l Hal inilah yang sering terjadi pada aplikasi WhatsApp yang tiba-tiba error.

Apabila kamu sedang tidak menggunakan aplikasi yang berjalan di latar belakang, sebaiknya tutup aplikasi tersebut dan gunakan aplikasi WhatsApp saja supaya mampu bekerja dengan sebaik mungkin dan tidak lagi mengalami error.

9. Restart Ponsel

Cara mengatasi WhatsApp error di abdroid selanjutnya yaitu dengan melakukan restart ponsel. Memang cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di HP. Termasuk mendapati aplikasi WhatsApp yang tiba-tiba error tanpa diketahui penyebabnya.

Apabila WhatsApp yang error karena bug diaplikasi, maka bisa dipastikan bahwa WhatsApp tersebut tidak dapat dibuka. Seperti tidak bisa menerima telepon dan pesan, mengalami force close atau WhatsApp yang ngelag dan tidak bisa membuka menu yang lainnya.

Jika mendapati hal tersebut, maka pengguna perlu melakukan restart HP dengan memilih tombol restart atau tombol shutdown, kemudian tinggal menekan tombol power.

10. Memperbarui Sistem Operasi

Cara yang terakhir, apabila beberapa langkah yang ada di atas belum membuahkan hasil, bisa saja bagian sistem operasi kamu sudah tidak lagi mendukung penggunaan aplikasi WhatsApp. Memang pihak pengembang terus-menerus melakukan pembaruan pada aplikasi WhatsApp.

Tujuannya supaya memberikan fitur yang terbaru. Tentu hal ini juga berkemungkinan besar adanya pembaruan pada bagian sistem operasi yang bisa mensupport aplikasi WhatsApp.

Apabila WhatsApp kamu tidak dapat dibuka akibat tidak mensuport sistem operasi yang digunakan, maka langkah yang harus kamu lakukan yaitu melakukan update sistem operasi. Caranya tinggal membuka menu setting, pilih sistem, setelah itu pilih update sistem.

Mendapati aplikasi WhatsApp yang tiba-tiba error tanpa diketahui penyebabnya, tentu sangat menyebalkan. Bagaimanapun juga, WA menjadi media komunikasi paling banyak digunakan. Oleh karena itu, beberapa cara mengatasi WhatsApp error sepertidi atas bisa diikuti dengan mudah dan cepat.

Baca Juga:

KESIMPULAN

Demikianlah ringkasan informasi mengenai 10 Cara Mengatasi Whatsapp Error di PC/Web, Android dan Iphone, kami pihak tim berharao Artikel ini dapat memberikan manfaat dan pemahaman lebih dalam bagi para pembaca mengenai artikel yang kami ulas menjadi sebiak mungkin, jadi Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda ke halaman blog ini, dan semoga Anda dapat menikmati pengalaman membaca. Jangan ragu untuk kembali lagi ke blog kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya di Lain waktu Hormat kami TIM MELLO.ID . Terima kasih!

Tinggalkan Balasan