10 Drama Korea Bullying di Sekolah, Ada yang Jadi Cinta (Terbaik)

Bullying menjadi salah satu tema sensitif yang sering diangkat dalam kisah drama maupun film. Banyaknya kasus bullying yang terjadi telah menimbulkan keprihatinan tersendiri. Bagi penggemar K-drama, nonton drama Korea Bullying bisa memberikan pesan moral yang sangat berarti.

Tentunya ada banyak kisah perundungan yang diangkat dengan berbagai cerita dan pesan moral yang berbeda. Namun pada intinya, aksi bullying apapun bentuknya tidak dibenarkan. Itulah salah satu pesan yang tersirat dalam setiap drama Korea bertema bullying.

Rekomendasi Drama Korea bullying

Meskipun kisah perundungan yang dialami korban bullying sangat menyakitkan dan menimbulkan trauma mendalam, namun dengan pengemasan cerita yang menarik drama dengan tema bullying bisa dijadikan tontonan yang bermanfaat. Walaupun tentu saja akan menguras emosi dan air mata.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan drama Korea yang mengangkat kisah-kisah bullying bahkan ada yang diangkat dari kisah nyata, berikut adalah rekomendasinya.

1. Solomon’s Perjury (2016)

Judul drama Korea tentang bullying yang pertama adalah Solomon’s Perjury yang telah ditayangkan pada tahun 2016 silam. Drama yang ditayangkan di JTBC ini diadaptasi dari kisah novel Jepang yang berjudul Solomon no Gisho, karya Miyuki Miyabe.

Drakor bullying ini diramaikan dengan beberapa bintang muda Korea Selatan. Diantaranya adalah Kim Hyun So yang memainkan peran sebagai Ko Seo Yeon. Ada pula Jang Dong Yoon yang memerankan Han Ji Hoon, serta Seo Ji Hoon yang berperan sebagai Bae Joon Young.

Sementara yang memerankan karakter Lee So Woo adalah Seo Young Joo. Dalam drama ini Lee So Woo digambarkan sebagai karakter yang pendiam dan tidak menonjol di kelas. Dia ditemukan tewas di halaman sekolah dan dianggap melakukan bunuh diri.

Drama intimidasi ini semakin menegangkan karena munculnya surat yang menyatakan bahwa sebenarnya Lee So Woo tidak bunuh diri melainkan menjadi korban pembunuhan Choi Woo Hyuk yang diperankan Back Cheol Min.

Choi Woo Hyuk sendiri dikenal sebagai tukang bikin onar di sekolah dan merupakan anak dari CEO Choi, orang yang memiliki kekuasaan dan berpengaruh di sekolah. Karena perbedaan pendapat, akhirnya Ko Seo Yeon dan teman-temannya melakukan penyelidikan sendiri.

2. Class of Lies (2019)

Drama Korea bullying di sekolah dengan judul Class of Lies menjadi salah satu drama yang sukses meraih rating tertinggi selama penayangannya di OCN. Serial TV bertema bullying ini mempertemukan aktor Yoon Kyung Sang dan Geum Sae Rok yang selama ini aktif di film.

Drama dengan genre mystery, thriller ini disutradarai oleh Park Ji Hyun. Selain melibatkan Yoon Kyung Sang dan Geum Sae Rok sebagai pemeran utama, ada beberapa nama lainnya yang terlibat. Yaitu Lee Jun Young, Choi Kyu Jin dan Choi Yoo Hwa.

Class of Lies sendiri juga dikenal dengan judul Undercover Teacher dan Mr. Temporary. Adapun ceritanya mengisahkan tentang siswa sekolah yang mengalami aksi kekerasan hingga menjadi korban pembunuhan di sekolah. Dan yang dituduh membunuh adalah Jung Su Ah.

Meski begitu, Jung Su Ah tidak merasa bersalah meskipun dia berada di TKP saat kejadian. Sayangnya tidak ada yang percaya dengan ucapannya sehingga dia pun nekat bunuh diri dengan melompat dari atas gedung hingga membuatnya mengalami koma.

Untuk menyelidiki kasus tersebut Ki Moo Hyuk yang diperankan Yoon Kyun Sang pun ditunjuk sebagai pengacara. Agar mudah melakukan penyelidikan, dia pun menyamar menjadi guru honorer di sekolah korban. Di sekolah dia menemukan 4 siswa yang dianggap berkuasa.

3. Beautiful World (2019)

Representasi bullying dalam drama Korea juga bisa ditemukan dalam serial Beautiful World yang telah ditayangkan di JTBC pada tahun 2019. Beberapa pemain terkenal turut berperan dalam drama Beautiful World.

Mulai dari Park Hee Soon yang memerankan Park Moo Jin, Choo Ja Hyun yang memerankan Kan In Ha, Nam Da Reum yang memerankan karakter Park Seon Ho serta Kim Kwan Hee yang berperan sebagai Park Soo Ho.

Keluarga Park Moo Jin dan Kang In Ha dikisahkan memiliki dua anak, yaitu Park Seon Ho dan Park Soo Ho. Keduanya bersekolah di sekolah terkenal. Namun tiba-tiba pada suatu hari Park Seon Ho ditemukan dalam kondisi kritis setelah jatuh dari atap sekolah.

Dia mengalami koma dan dinyatakan mati otak. Dari pihak sekolah sendiri menyatakan bahwa kejadian tersebut merupakan percobaan bunuh diri. Tentu saja orang tua Park Seon Ho menolak pernyataan tersebut karena sangat mengenal bagaimana kepribadian anaknya.

Apalagi bersamaan dengan kejadian tersebut ponsel serta buku harian milik anaknya hilang. Mereka pun meyakini bahwa anaknya menjadi korban aksi kekerasan di sekolahnya. Mereka pun berupaya untuk menyelidikinya sendiri dan mengungkap peristiwa yang dialami anaknya.

4. Extracurricular (2020)

Drama Korea bullying sekolah selanjutnya adalah Extracurricular yang telah ditayangkan pada tahun 2020. Serial TV yang disutradarai Kim Jin Min ini mengusung genre crime, erotic, school, youth, dan friendship.

Drama yang mengisahkan sisi gelap dari kehidupan remaja di Korea Selatan ini dibintangi oleh beberapa nama populer. Seperti Kim Dong Hee yang berperan sebagai Oh Ji Soo, Park Ju Hyun sebagai Bae Gyu Ri, Jung Da Bin sebagai Seo Min Hee serta Nam Yoon Su.

Dalam drama ini, Oh Ji Soo digambarkan sebagai siswa teladan yang berprestasi. Dia dikenal sebagai siswa biasa yang berasal dari keluarga sederhana. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari tidak ada hal aneh yang terlihat dari Oh Ji Soo.

Namun tidak ada yang tahu sisi gelap dari kehidupannya di luar sekolah, Oh Ji Soo harus berjuang sendiri untuk mendapatkan uang. Sementara Kwak Ki Tae yang terkenal sebagai tukang bully sudah sejak awal menargetkan Oh Ji Soo sebagai korbannya.

Padahal sebenarnya Oh Ji Soo berprofesi sebagai pelindung bagi pekerja prostitusi ilegal dan dikenal dengan sebutan “Uncle”. Yang bikin geleng kepala, ternyata salah satu pelaku prostitusi yang dilindungi adalah Seo Min Hee, pacar dari Kwak Ki Tae.

5. True Beauty (2020)

True Beauty menjadi salah satu drama Korea tentang bullying di sekolah 2020 yang populer dan meraih rating tinggi. Drama yang diadaptasi dari webtoon ini memiliki daya tarik tersendiri karena menyajikan alur cerita yang menarik dengan dukungan para pemain terkenal.

Dalam K-drama ini ada beberapa pemeran utama yang membuat drama semakin menarik untuk ditonton. Sebut saja Moon Ga Young yang memerankan Im Ju Gyeong, Cha Eun Woo sebagai Lee Su Ho, Hwang In Yeop sebagai Han Seo Jun dan Park Yoo Na sebagai Su Jin.

Drama Korea bullying ini mengisahkan tentang Im Ju Gyeong yang dianggap buruk rupa di sekolah lamanya sehingga bertekad untuk belajar tentang tata rias. Dia pun berhasil merias wajahnya sehingga terlihat lebih cantik dan berbeda dari sebelumnya.

Bahkan kepindahannya ke sekolah yang baru telah menjadikannya sebagai siswi yang populer dengan kecantikannya. Hingga banyak yang memanggilnya dengan julukan “Dewi” saking cantiknya. Tidak heran jika banyak siswa di sekolah barunya yang suka dan jatuh hati padanya.

Drama Korea bully romance semakin menarik karena tidak ada yang mengetahui wajah asli Ju Gyeong, kecuali Su Ho. Siswa dengan ketampanan di atas rata-rata tersebut menyukai Ju Gyeong apa adanya bahkan meskipun dia tidak memakai riasan sama sekali.

6. The Penthouse 1 (2020)

Drama Korea tentang bullying selanjutnya bisa ditemukan dalam serial berjudul The Penthouse yang telah ditayangkan pada tahun 2020. Serial drama yang sangat populer dan menarik perhatian banyak orang ini rupanya juga memasukkan isu bullying dalam kisah ceritanya.

Seperti yang terlihat pada kisah yang dialami Bae Ro Na. Seorang gadis biasa yang bercita-cita untuk bersekolah di sekolah seni yang terkenal, Cheong Ah Art School. Mimpinya pun terhalang dengan hadirnya Yoo Je Ni yang menganggapnya sebagai saingan.

Drama intimidasi Korea ini memperlihatkan bagaimana Yoo Je Ni yang berasal dari keluarga kaya raya sering melakukan tindakan yang menindas kepada Bae Ro Na. Perbedaan status sosial menjadi salah satu alasan mengapa Yoo Je Ni suka membully Bae Ro Na.

Beberapa tindakan yang dilakukan Yoo Je Ni terhadap Bae Ro Na bukan hanya sekedar ucapan yang kasar dan menyakitkan saja, tetapi juga memfitnah dan bahkan sampai melakukan perundungan secara fisik.

Anak-anak Hera Palace selalu mengganggu Bae Ro Na dan bahkan memberikan julukan sebagai anak pembunuh setelah ibunya dijebak dan difitnah atas kematian Shim Su Ryeon. Cerita ini semakin kompleks karena ada banyak pihak yang ternyata ikut terlibat.

7. The King of Pigs (2022)

Drama Korea bullying di sekolah 2022 yang tidak kalah menarik untuk disimak adalah The King of Pigs. Drama dengan genre thriller ini mengisahkan tentang korban bully di sekolah yang masih memendam rasa trauma dan bahkan menjadi dendam yang tak terkendali.

The King of Pigs sendiri sudah ditayangkan pada tahun 2022 dan diramaikan dengan beberapa pemain terkenal. Seperti Kim Dong Wook, Kim Sung Kyu, Chae Jung An , Han Soo Yeon, dan Hwang Man Ik.

Drama Korea kasus bullying ini menceritakan kehidupan Hwang Kyung Min yang diperankan Kim Dong Wook. Rupanya pria yang sudah berkeluarga dan memiliki kehidupan yang bahagia tersebut menyimpan trauma yang mendalam karena pernah menjadi korban bully di sekolah.

Pribadinya yang terlihat hangat berhasil menutupi luka masa lalunya yang belum sembuh dan bahkan memunculkan dendam. Meskipun sudah berlalu selama 20 tahun, namun ingatannya tentang aksi kekerasan yang diterima membuat jiwanya berontak hingga tak terkendali.

Yang menjadi misteri, tiba-tiba saja teman-temannya yang dulu menjadi pelaku perundungan di sekolah tewas setelah mendapatkan pesan ancaman. Pembunuhan berantai yang terjadi membuat pihak kepolisian berpikir keras dan berusaha mengungkap kasus tersebut.

8. Weak Hero Class 1 (2022)

Drama Korea bullying juga bisa disaksikan dalam serial Weak Hero Class yang dibintangi oleh Park Ji Hoon bersama Choi Hyun Wook. Sama seperti drama bertema bully lainnya, dalam drama ini juga ada target yang menjadi korban bully siswa di sekolah.

Siswa tersebut adalah Yeon Shi Eun yang diperankan Park Ji Hoon. Karakter Yeon Shi Eun digambarkan sebagai siswa yang cerdas dan selalu berhasil meraih nilai terbaik. Hal itu rupanya menimbulkan rasa iri pada beberapa temannya sehingga melakukan perundungan.

Meskipun karakternya terlihat lemah dan seolah hanya fokus pada belajar, namun ternyata dia pandai membela diri. Ketika diganggu oleh Young Bin dan temannya, Yeon Shi Eun berusaha untuk melawan. Dia bahkan berhasil mematahkan hidung pelaku bully tersebut.

Drama Korea tentang bullying di sekolah 2022 ini juga mengisahkan persahabatan yang terjalin antara Yeon Shi Eun dengan dua siswa lainnya. Yaitu Oh Beom Seok yang diperankan Hong Kyung serta An Soo Ho yang diperankan Choi Hyun Wook.

Namun sayangnya persahabatan tersebut harus retak gara-gara Beom Seok merasa kalau An Soo Ho mengabaikannya. Yeon Shi Eun yang mengetahui hal itu berusaha agar dua sahabatnya tersebut tidak saling menyakiti akibat salah paham.

9. The Glory (2022)

Drama Korea bullying selanjutnya yang masih hangat dan populer adalah The Glory yang telah ditayangkan pada tahun 2022. Salah satu daya tarik yang terlihat dari drama ini bukan hanya dari alur ceritanya saja tetapi juga dari para pemain yang terlibat di dalamnya.

Pemain top seperti Song Hye Kyo turut ambil bagian dan memerankan tokoh sentral bernama Moon Dong Eun. Totalitas akting yang ditampilkan Song Hye Kyo membuat cerita dalam drama ini semakin kuat. Tidak heran jika drama ini sukses meraih rating yang tinggi.

Dalam Drama Korea tentang bullying dan balas dendam, Dong Eun selalu mengalami masalah di sekolahnya. Bukan dia yang menjadi sumber masalah melainkan kawanan siswa anak orang kaya yang selalu melakukan penindasan kepada Moon Dong Eun yang semakin tidak berdaya.

Bahkan ketika dia diperiksa di klinik untuk mengobati luka yang dialami akibat aksi kekerasan yang diterima, tiba-tiba penjaga klinik tersebut tidak bekerja lagi pada keesokan harinya. Ditengah rasa putus asa, Moon Dong Eun memutuskan untuk berhenti sekolah.

Namun rupanya masalah tidak langsung berhenti karena tidak ada yang percaya bahwa dia merupakan korban perundungan, demikian juga dengan sekolahnya. Dia pun bertekad untuk bangkit dan akan membalas dendam.

10. Pyramid Game (2023)

Pyramid Game merupakan salah satu drama Korea bullying terbaru yang akan ditayangkan pada pertengahan tahun 2023. Yang menarik, drama dengan genre thriller ini rupanya dimeriahkan dengan kehadiran Bona WJSN yang dipercaya memerankan Sung Su Ji.

Setelah turut berperan dalam serial The Best Hit di tahun 2017, member dari grup idol WJSN ini kembali membuktikan kemampuan aktingnya. Dalam serial drama bully Korea ini Sung Su Ji digambarkan sebagai seorang siswi yang bersekolah di Baekyeon Girl’s High School.

Di sekolah elit ini semua siswa akan dinilai melalui pemungutan suara yang akan menunjukkan popularitasnya. Bagi siswa yang mendapatkan nila voting F maka mau tidak mau akan menjadi korban perundungan dan kekerasan di sekolah.

Sebagai tokoh utama dalam drama ini, Sung Su Ji rupanya sudah dijadikan target bully dan Pyramid game sejak kepindahannya di sekolah khusus wanita tersebut. Tindak kekerasan dan intimidasi yang diterima membuat Sung Su Ji berusaha sekuat tenaga untuk melarikan diri.

Meskipun lekat dengan aksi kekerasan verbal dan bahkan fisik, drama Korea bullying bisa dijadikan sebagai pilihan yang menarik untuk ditonton. Selain bisa menyampaikan pesan moral yang berharga, ada banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik di dalamnya.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan