10 Model Topi Wanita Paling Hits Sepanjang Zaman!

Menambahkan topi pada OOTD kadang dapat membuat penampilan Anda satu tingkat lebih stylish. Model topi wanita sendiri ada banyak macamnya, mulai dari yang berdesain klasik tapi tak lekang oleh zaman hingga model terbaru yang banyak diminati oleh kaum milenial.

Tergantung model, topi bisa memberikan kesan yang boyish, cute, feminim, atau elegan pada pemakainya. Jadi, memilih topi tidak boleh asal, karena nantinya akan mempengaruhi gaya keseluruhan yang ingin Anda sampaikan. Agar tidak salah pilih dan justru merusak OOTD, kenali aneka macam topi wanita berikut ini.

Beragam Model Topi Wanita

1. Baseball Cap

Baseball cap adalah topi unisex karena bisa dipakai oleh pria dan wanita di berbagai usia, mulai dari remaja hingga dewasa. Awalnya, topi ini merupakan penutup kepala yang dipakai oleh tim baseball di Eropa.

Namun karena desain yang apik, baseball cap banyak diminati dan menjadi sangat populer seperti sekarang ini. Topi wanita model ini berdesain simpel dan timeless, serta cocok untuk membuat casual look!

Karakteristik lainnya adalah terbuat dari bahan katun dan memiliki paruh topi yang panjang dengan desain melengkung. Topi ini sangat cocok untuk daily saat Anda sedang hangout atau jogging.

2. Sun Hat

Jangan lupa membawa sun hat untuk berkegiatan outdoor agar terlindung dari sinar UV. Topi wanita yang satu ini sangat familiar di negara-negara tropis seperti Indonesia, dan paling cocok dipakai saat ke pantai.

Hal ini karena desain topi yang lebar sehingga lebih bisa menutupi area wajah dari ganasnya sinar matahari. Jika ingin membuat beach look yang kece, padukan sun hat dengan floral dress atau t-shirt dan celana pantai. Tambahkan sunglasses untuk membuat OOTD yang paling fashionable!

3. Beanie

Kebalikan dari pantai, beanie hat lebih cocok dipakai saat Anda sedang hiking atau berkegiatan di daerah pegunungan yang dingin, seperti di Batu Malang atau Puncak Bogor. Bisa juga dipakai saat musim salju di negara 4 musim. Jika di Indonesia, beanie lebih familiar dengan sebutan topi kupluk.

Bahkan, ada juga yang menyebutnya sebagai topi penjaga villa. Beanie terbuat dari bahan knit yang tebal sehingga dapat memberi sensasi hangat di area kepala dan telinga.

4. Topi Baret

Topi baret adalah pilihan terbaik untuk gaya busana dengan tema feminim. Terbuat dari bahan yang lembut dengan bentuk bulat, topi baret dapat memberi kesan menggemaskan dan girly! Pada bagian tepi, topi ini biasanya dikelilingi dengan karet agar bisa pas saat dipakai.

Model topi wanita yang satu ini berlabel pelukis atau seniman, dan kadang juga fashionista. Padahal sebenarnya baret adalah bagian dari seragam militer di Eropa pada abad ke-19.

Namun kini, topi baret termasuk versatile, sehingga mudah untuk dipadu padan dengan item fashion lain mulai dari rok hingga celana. Pakailah dengan cara sedikit miring seperti foto di atas agar topi baret tampak lebih chic di kepala!

5. Topi Rimba

Umumnya terbuat dari bahan katun, topi rimba paling sering terlihat dipakai oleh orang-orang yang sedang mendaki gunung.

Jika di luar negeri, topi ini menjadi salah satu item wajib saat sedang berburu di hutan. Inilah kenapa dinamakan topi rimba. Pilihan warnanya ada banyak, dan ada yang polos serta bermotif. Agar tidak mudah lepas saat dipakai, topi rimba biasanya dilengkapi dengan tali di bagian bawah yang bisa di adjust sendiri.

6. Fedora

Saat awal kemunculannya, Fedora lebih banyak dipakai oleh pria, dan salah satu public figure yang sering terlihat memakainya adalah Bruno Mars.

Namun seiring perkembangan zaman, Fedora juga mulai populer di kalangan wanita dan dengan pilihan warna yang lebih beragam. Topi ini memiliki bentuk bundar dengan pinggiran flat dan lebar, sangat cocok dengan gaya busana yang elegan seperti coat.

7. Boater

Boater adalah sebutan untuk topi bundar dengan pinggiran yang lebih sempit dibanding Fedora. Topi berbahan jerami kering ini dulunya sering dipakai oleh para pelaut dan kru kapal. Inilah mengapa diberi nama Boater.

Dibanding Fedora, topi boater memiliki bagian tabung yang lebih rendah dan dengan permukaan atas yang lebih rata. Bagian tabung ini juga kerap ditambah aksen pita dengan warna yang kontras dengan jerami, biasanya hitam. Boater cocok menjadi pelengkap outfit saat Anda ke pantai atau akan garden picnic.

8. Floppy Hat

Jika Anda mencari model topi wanita yang bisa menjadi pelengkap outfit tema bohemian, maka Floppy hat adalah pilihan terbaik. Topi dengan pinggiran lebar ini cocok dikenakan saat summer terutama di pantai. Anda bisa memadukannya dengan dress atau celana casual. Bisa dipakai untuk non atau pun hijab.

9. Pork Pie Hat

Sekilas mirip topi boater, namun pork pie hat terbuat dari kain, bukan jerami. Perbedaan lainnya ada di bagian atas yang bentuknya lebih masuk ke dalam pada pork pie, dan dengan pinggiran yang melengkung ke atas. Topi wanita cantik ini identik dengan aksen pin, bulu-bulu, atau bros di salah satu sisi.

Jika di luar negeri, jenis topi ini identik dengan penyanyi jazz wanita. Menambahkan topi ini ke dalam gaya busana Anda akan memberikan sentuhan klasik yang berkelas, dan paling cocok dikenakan pada acara formal.

10. Bowler

Model topi wanita bowler memiliki pinggiran yang melengkung ke atas mirip seperti pork pie hat, namun bagian atasnya lebih bulat. Topi asal Inggris ini identik dengan Charlie Chaplin, dan dulunya banyak dipakai oleh para bangsawan terutama yang berwarna hitam.

Topi ini paling banyak dibuat dari laken beludru dengan hiasan pita di bagian tepi. Gaya busana feminim akan sangat cocok dengan topi bowler.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan