11 Tempat Wisata Solo Terbaru, Ada Alam Indah & Instagrammable

Solo menjadi salah satu kota yang ramai pengunjung. Bukan hanya kaya dengan pilihan spot belanja murah meriah, namun ada juga banyak wisata Solo yang menarik dikunjungi. Bahkan tidak sedikit pula pilihan wisata Solo terbaru yang bisa menjadi pilihan tempat berlibur bersama keluarga.

Ketika berada di Solo, sebaiknya jangan hanya menikmati wisata belanja atau kulineran saja. Cobalah untuk menjelajah Solo dan kunjungi berbagai macam pilihan lokasi wisata lainnya. Terlebih jika ini merupakan pengalaman pertama ketika berada di kota ini.

Macam-Macam Pilihan Wisata Solo Terbaru

Solo merupakan kota menarik di Indonesia untuk dikunjungi. Ada begitu banyak spot wisata yang bisa dijelajah ketika berada di Solo. Mulai dari tempat bersejarah, museum hingga destinasi belanja pakaian. Selain beberapa daftar wisata solo pupuler, rupanya juga ada pilihan tempat wisata terbaru di Solo.

Rekomendasi wisata Solo terbaru 2023 berikut tampaknya bisa memberikan pilihan yang tepat bagi siapa saja untuk melepas penat selama berada di Kota Batik ini. Jangan lupa untuk membawa cukup perbekalan sebelum berangkat ke Solo.

1. The Herritage Palace

Salah satu destinasi wisata yang ada di Solo dan wajib dikunjungi adalah The Herritage Palace. Ini merupakan sejenis bangunan yang dahulunya menjadi pabrik gula dengan vibes khas Eropa tempo dulu. Jadi, di setiap sudut lokasi pengunjung bisa menjumpai beragam arsitektur ala Eropa.

The Herritage Palace tentunya bisa menjadi tempat wisata Solo yang sangat instagramable. Bukan hanya arsitektur bangunan yang eye catching saja, melainkan juga ada banyak wahana menarik disini. Misalnya. Museum 3D Trick Art yang bisa menjadi objek foto mengagumkan.

2. Ponten Ngebrusan

Sebetulnya ini merupakan fasilitas MCK yang masih kokoh berdiri sampai saar ini sejak zaman Raja Mangkunegara VII. Ponten Ngebrusan menjadi bangunan yang memiliki perpaduan arsitektur Belanda dengan arsitektur lokal yang bagus.

Lokasi wisata yang berada di Kestalan ini biasanya digunakan oleh para wisatawan untuk verfoto. Bisa untuk sekedar mengambil foto selfie, prewedding maupun kebutuhan foto lainnya. Destinasi wisata ini tentunya bisa masuk ke dalam wishlist selama berkunjung ke Solo.

3. Sendang Plesungan

Destinasi wisata Solo terbaru berikutnya adalah Sendang Plesungan. Walaupun lokasi wisata ini masih tergolong cukup baru, akan tetapi para pengunjung sudah terlihat memadati Sendang Plesungan. Apalagi bagi mereka yang membawa serta keluarga tercinta.

Disini juga terdapat wahana wisata yang bisa dicoba. Misalnya, aneka wahana permainan serta outbond yang seru, khususnya di bagian air. Pengunjung juga bisa berenang di kolam renang yang tersedia.

4. Taman Cerdas

Kemudian, ada destinasi wisata Taman Cerdas di Jebres yang juga bisa dikatakan sebagai lokasi wisata baru Solo. Menariknya, saat kemari pengunjung tidak perlu merogoh kocek untuk bisa masuk. Semuanya gratis. Biasanya tempat ini selalu ramai didatangi pengunjung anak-anak.

Umumnya mereka kemari sambil belajar. Terlebih disini juga terdapat berbagai macam fasilitas yang bisa digunakan untuk kegiatan bermain sembari belajar. Misalnya, area bermain anak, radio anak, perpustakaan, ruang IT, ruang gamelan, ruang teater terbuka, ruang serbaguna dan sebagainya.

5. Parapet Bengawan Solo

Wisata Kota Solo terbaru berikutnya adalah Parapet Bengawan Solo. Lokasi wisata ini berada di wilayah sisi jembatan kali Bengawan Solo. Disini pengunjung bisa menjumpai begitu banyak mural-mural unik sekaligus artistik yang menghiasai sekitaran jembatan.

Disini para pengunjung bisa melakukan swafoto secara bebas, seru dan tentunya menyenangkan. Beberapa tema mural yang ada di bagian jembatan ini diantaranya berupa kritik sosial, kehidupan sehari-hari hingga larangan untuk melakukan buang sampah secara sembarangan.

6. Trans Studio Mini Solo

Masih banyak destinasi wisata Solo yang menarik dikunjungi. Salah satunya ialah Trans Studio Mini Solo. Tempat bermain ini berlokasi di dalam Transmart Pabelan Sukoharjo. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati berbagai macam wahana permainan yang seru dan super menyenangkan.

Contohnya, roller coaster, swinger, skyscrapper, swinger, bumber car dan lainnya. Di samping itu, jika para pengunjung merasa lelah menjelajah Trans Studio Mini Solo, maka bisa langsung bersantai sejenak di food court yang sudah tersedia.

7. Air Mancur Menari Manahan

Opsi wisata Solo terbaru lainnya adalah Air Mancur Menari Manahan. Tempat wisata yang ada di Solo ini sangat cocok dikunjungi bagi siiapa saja yang tertarik merasakan vibes air mancur di malam hari layaknya Tokyo.

Jadi, tidak perlu jauh-jauh singgah ke Tokyo. Siapapun bisa langsung datang ke Manahan, Solo untuk merasakan nuansa ala Jepang di depan air mancur. Menarimnya, juga ada atraksi air mancur dengan animasi dan suara yang sangat keren dan mengagumkan.

8. Night Market Ngarsopuro

Wisata pasar malam memang selalu menarik ditilik. Seperti halnya Night Market Ngarsopuro, Solo. Destinasi ini selalu buka di setiap hari Sabtu, khususnya malam hari. Di tempat ini, para pengunjung bisa menjumpai begitu banyak pilihan produk.

Mulai dari cindera mata, kulineran khas Solo, kerajinan tangan, aksesoris dan lain sebagainya. Rata-rata produk yang dijual di Night Market Ngarsopuro ini merupakan hasil karya dari para UMKM masyarakat Solo dan sekitarnya.

9. Gedung Wayang Orang Sriwedari

Bagi pecinta budaya asli Indonesia khususnya wayang, maka bisa langsung singgah ke Gedung Wayang Orang Sriwedari. Disini seni pertunjukan wayang di Solo amat rutin dilakukan. Pada umumnya, cerita yang disuguhkan seringkali berkaitan dengan cerita Ramayana maupun Mahabarata.

Di samping itu, tempat ini juga kerap dijadikan sebagai sarana gedung pentas seni remaja maupun tempat acara wisuda sekolah yang selalu ramai. Pastikan untuk mengecek jadwal pementasan seni wayang sebelum bertandang kemari.

10. Taman Transformer

Sebetulnya ini merupakan area yang dimiliki oleh Perum Jasa Tirta I Bengawan Solo. Saat ini area ini dipakai sebagai tempat wisata dengan objek utama yaitu bangkai mobil. Persis seperti namanya, seluruh area yang berada disini dipenuhi oleh mobil tua bekas yang sudah tidak lagi dipakai.

Taman Transforemer merupakan tempat wisata yang tergolong anti mainstream. Hal ini dikarenakan bahwa konsepnya sangatlah unik serta memiliki nilai estetika tersendiri. HTM yang diberlakukan di Taman Transformer cukup terjangkau yakni hanya Rp5000,00 saja.

11. De Tjolomadoe

Ini merupakan tempat wisata yang ada di Solo yang baru dibuka kembali untuk umum. Ini adalah bekas bangunan pabrik gula jadul yang amat tersohor di Solo. Area ini sampai sekarang ditangani oleh PT. Sinergi Colomadu. Warga Solo dan sekitarnya tentu tidak merasa asing dengan perusahaan satu ini.

Area destinasi wisata De Tjolomadoe ini terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya museum, aula konser, restoran, aula serbaguna Sarkara hingga pertokoan souvenir. Para wisatawan bisa berkunjung kemari sembari membawa sanak keluarga. Silahkan berwisata bersama orang-orang tercinta.

Rekomendasi daftar wisata Solo terbau tersebut kiranya bisa memberikan inspirasi. Terutama jika ingin melakukan liburan akhir pekan bersama keluarga tercinta. Meskipun menjadi lokasi wisata yang baru, nyatanya beberapa daftar tersebut mampu menawarkan begitu banyak spot terbaik.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan