13 Aplikasi Download Video Youtube Terbaik di Laptop dan PC

Ada banyak video menarik di Youtube, yang tidak cukup jika hanya ditonton sekali saja. Misalnya saja, lagi favorit, materi pelajaran, komedi terlucu dan lain sebagainya. Sekarang, kamu bisa download video tersebut, yaitu dengan aplikasi download video Youtube.

Ini adalah cara terbaik untuk menghemat kuota, khususnya jika kamu tidak memiliki WiFi dengan kuota unlimited. Dengan mengunduhnya ke memori internal atau eksternal, kamu bisa menonton video tersebut secara offline, tidak butuh internet lagi.

Lalu, apa saja aplikasi yang bisa digunakan untuk download video dari Youtube? Sebenarnya, ada banyak, namun kami hanya akan merekomendasikan yang terbaik, dengan fitur terlengkap. Nah, silakan cek daftarnya di bawah ini untuk tahu apa saja aplikasinya.

Aplikasi Download Video Youtube Terbaik 2023

Aplikasi download video Youtube di bawah ini sangat ampuh, karena bisa download video apa saja  tanpa terkecuali. Namun, terkadang aplikasinya tidak atau belum tersedia di Google Play atau App Store, jadi mungkin kamu harus mencarinya di sumber lain.

Jangan khawatir, sudah banyak yang membagikan link download aplikasi-aplikasi tersebut. Yang penting, kamu tahu apa aplikasinya, agar bisa mencarinya sendiri di Google. Kalau perlu, kamu harus menghafalkannya, agar tidak salah memasukkan keyword pencarian.

1. TubePaw

APK download video Youtube pertama yang bisa kamu coba adalah TubePaw. Ini adalah salah satu aplikasi download video Youtube terbaik, dan telah digunakan banyak orang. Sedikit banyak, berkat kemudahannya dan fiturnya yang lengkap.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa download video Youtube dalam berbagai resolusi, seperti 1080p, 2K dan 4K. Kamu bisa memilih format video yang kompatibel dengan perangkatmu, misalnya saja MP4, format yang paling banyak digunakan.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah fitur untuk download video-video dari playlist atau channel Youtube. Artinya, kamu bisa download video dalam jumlah yang banyak sekaligus. Kamu bisa buat playlist sendiri, atau playlist orang lain, lalu download dengan praktis.

Selain dari Youtube, kamu juga bisa download video dari platform lain, sepeti IG,  FB, TikTok, DailyMotion dan lain sebagainya. Sayangnya, aplikasi ini tidak tersedia di Google Play, namun kamu tetap bisa download TubePaw di situs aplikasi pihak ketiga.

2. TubeMate

Berikutnya ada TubeMate, aplikasi download video Youtube yang paling populer. Betapa tidak, aplikasi ini sudah ada sejak lama, dan telah diandalkan banyak orang untuk download video Youtube dan menyimpannya di penyimpanan perangkat.

Ada banyak resolusi video yang bisa kamu download  dengan TubeMate, mulai dari 144p, 360p sampai 1080p. Kamu juga bisa memilih format yang kamu sukai, yang pasti harus kompatibel dengan perangkat, agar bisa diputar di dalamnya.

TubeMate memiliki fitur download dengan kecepatan yang tinggi, apalagi jika didukung dengan koneksi internet yang stabil. Kamu pun memiliki opsi untuk menghentikan, melanjutkan sampai membatalkan proses download sesuai kebutuhan.

Cara menggunakannya juga mudah, kamu tinggal masuk ke aplikasi, dan cari video Youtube yang ingin kamu download. Setelahnya, video akan disimpan ke memori internal, atau bisa kamu ubah ke memori eksternal kalau perlu.

3. InsTube

Cara download video Youtube yang mudah adalah dengan aplikasi, seperti InsTube. InsTube adalah aplikasi yang didesain untuk download video dari internet, termasuk Youtube. Selain dari Youtube, kamu juga bisa download video dari sumber lainnya seperti FB, Twitter, IG, Vimeo, TikTok sampai WhatsApp.

Kamu bisa download video apa saja, dengan proses yang sangat mudah dan cepat. Selain itu, kamu pun bisa mengonversi video tersebut ke audio. Jadi, kamu bisa mendengarkannya seperti ketika kamu mendengarkan lagu tanpa video.

Kalau belum familier dengan aplikasi download video Youtube, kamu hanya  perlu mencari URL video saja untuk mengunduhnya. Nanti, akan ada pilihan format dan resolusi video yang bisa kamu tentukan sesuai dengan selera.

4. Videoder

Opsi aplikasi lainnya untuk download video dari Youtube adalah Videoder. Menariknya, aplikasi ini memiliki antarmuka seperti Youtube, jadi kamu tidak akan bingung ketika menggunakannya. Selain dari Youtube, kamu bisa download video dari platform lain, misalnya saja SoundCloud.

Selain itu, ada fitur untuk download video dalam resolusi 4K, yang penting device sudah support. Kamu pun bisa download video dalam format yang berbeda-beda, asal bisa diputar di perangkatmu. Kualitas video menentukan seberapa besar ukuran download-nya.

Kecuali kamu terbubung dengan WiFi, disarankan untuk download video dengan resolusi yang biasa saja. Namun, jika memang terhubung dengan WiFi yang unlimited, kamu bisa memilih resolusi tertinggi, agar lebih memuaskan untuk ditonton.

Aplikasi ini memiliki ukuran ringan, dan bisa berjalan dengan baik di Android versi lama, minimal Android 2.1 ke atas. Sayangnya, kamu harus download Videoder dari platform pihak ketiga, karena aplikasi ini tidak atau belum tersedia di sumber resmi.

5. VidMate

Berikutnya ada  VidMate, aplikasi download video Youtube Full HD, yang juga tersedia dalam resolusi lainnya. Ini termasuk aplikasi download video dari Youtube terbaik, dan konon tercepat dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sejenis.

Aplikasi ini memang menyediakan server terbaik, jadi pengguna bisa download video Youtube dengan cepat. VidMate juga mudah digunakan, karena aplikasi ini didesain memiliki user interface yang ramah pengguna dan tidak membingungkan.

Kalau tidak menemukan video yang kamu cari di Youtube, kamu bisa mencarinya di platform lain, seperti IG, Tumblr, SoundCloud dan lain sebagainya. Kamu bisa download video dengan gratis, tidak perlu berlangganan sebelumnya.

Namun, tentu akan ada iklan di aplikasi, yang masih wajar, dan sebenarnya bisa dimengerti. Tentunya, developer VidMate juga butuh uang, salah satunya untuk mengembangkan aplikasi ini agar lebih baik. Jika ingin menggunakan VidMate, silakan download aplikasinya di internet.

6. NewPipe

Aplikasi download video Youtube yang wajib kamu coba berikutnya adalah NewPipe. Aplikasi ini hanya bisa download video dari Youtube saja. Tidak cocok kalau kamu ingin download video dari platform lainnya seperti IG, TikTok atau Twitter.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang ramah pengguna, begitu aplikasi terbuka, kamu akan disuguhkan video-video Youtube yang sedang trending. Jangan khawatir, kamu pun bisa mencari video lainnya melalui fitur pencarian yang ada di dalamnya.

Dengan NewPipe, kamu bisa unduh video dari Youtube, atau mengonversi video tersebut ke audio. Aplikasinya juga sangat ringan, bisa berjalan dengan smooth di HP spesifikasi rendah. Setidaknya, kamu harus menggunakan Android 4.0.3 ke atas untuk bisa download dan menggunakan aplikasi ini.

Namun, jika aplikasi ini memiliki kekurangan, itu di kecepatan download-nya yang biasa saja. Jadi, terkadang kamu harus menunggu lebih lama sampai download selesai. Meski iklannya minim, namun lambatnya proses download ini sering dikeluhkan pengguna.

7. Savefrom

Pasti kamu pernah mendengar yang namanya aplikasi Savefrom. Well, ini memang aplikasi download video Youtube yang terkenal, memungkinkanmu bisa download video Youtube dengan mudah. Savefrom juga tersedia dalam bentuk website/situs, bisa diakses melalui PC atau HP.

Dengan Savefrom, kamu bisa download video Youtube dengan cepat. Selain video, kamu pun bisa download audionya saja, alias MP3. Resolusi yang ditawarkan pun bermacam-macam, pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan device.

Tidak hanya dari Youtube, kamu bahkan bisa download video dari platform lainnya, seperti Instagram dan TikTok. Prosesnya pun sangat cepat, karena Savefrom memiliki server terbaik, jadi download video akan berlangsung dalam beberapa detik atau menit saja.

Disarankan, agar tidak terlalu boros kuota, download video hanya ketika kamu terhubung dengan WiFi. Apalagi, jika kamu suka download video dengan kualitas yang bagus, yang membuat ukurannya besar dan bisa  mengonsumsi banyak data seluler.

8. ArkTube

Aplikasi download video Youtube terbaik berikutnya adalah ArkTube Youtube Downloader. Download video Youtube tidak pernah semudah ini, kamu bisa download video apa saja tanpa terkecuali, dari berbagai channel dan Youtuber yang kamu idolakan.

Menariknya, kamu bisa download video dalam resolusi yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan. Tidak kaleng-kaleng, karena kamu bahkan bisa download video Youtube kualitas 8K. Tentunya, kamu harus menyesuaikannya dengan kemampuan perangkat yang kamu miliki.

Kamu pun bisa download video dari platform lainnya, mulai dari Instagram, TikTok, Facebook, Vimeo dan masih banyak lagi. Kecepatan download-nya juga cukup bagus, jadi kamu tidak perlu menunggu lama sampai download selesai.

Sementara ini, ArkTube belum tersedia di sumber resmi, alias Google Play. Namun, kamu tetap bisa download aplikasi ini kok, yaitu langsung dari website resminya. Jangan khawatir, ArkTube kompatibel dengan banyak device, tidak perlu memiliki spesifikasi tinggi.

9. VideoBuddy

Alternatif aplikasi lainnya untuk download video dari Youtube adalah VideoBuddy. Ini termasuk aplikasi yang terbaik untuk download video dari Youtube, sedikit banyak berkat proses download yang kencang, karena menggunakan server terbaik.

Di sini, kamu tidak hanya bisa download video Youtube saja, namun juga dari platform lainnya. Bahkan, ada tab khusus bernama Movie, di mana tersedia film keluaran lama dan terbaru, yang semuanya bisa kamu download dengan gratis.

Kalau tidak menemukan video yang kamu inginkan, kamu bisa mencarinya di fitur pencarian. Berkat integrated browser yang disematkan ke aplikasi, kamu akan selalu bisa menemukan video tersebut. Apalagi jika kamu menggunakan keyword yang tepat.

Tersedia berbagai resolusi download hingga 4K, silakan pilih sesuai selera. Namun ingat, semakin bagus resolusinya, semakin besar pula ukurannya. Jika tidak mau kehabisan kuota internet, disarankan untuk menggunakan WiFi ketika download video.

10. Dentex Youtube Video Downloader

Aplikasi download MP3 dan Mp4 dari Youtube berikutnya adalah Dentex Youtube Video Downloader. Jika ada satu hal yang khas dari aplikasi ini adalah user interface yang minimalis dan sederhana. Tak pelak, pengguna tidak akan kebingungan ketika menggunakannya.

Selain user interface yang sederhana, aplikasi ini juga unggul di kecepatan download-nya yang luar biasa. Apalagi, jika kamu tersambung dengan koneksi internet yang cepat, tentu proses download akan semakin cepat selesai.

Ada banyak opsi download yang bisa kamu pilih, apakah MP3 atau MP4. Begitu juga resolusinya, yang tersedia dalam berbagai opsi yang berbeda. Kalau kuota terbatas, dan tidak tersambung dengan WiFi, disarankan untuk memilih kualitas yang biasa saja.

Dentex memiliki ukuran yang sangat ringan, hanya 4MB, dan yang pasti tidak akan memberatkan RAM sama sekali. Kamu pun bisa menggunakan Android lawas, setidaknya harus sudah Android 4.1 atau di atasnya. Jika tertarik, kamu bisa download aplikasi ini di situs resminya.

11. AyaTube Video Downloader

Jika kamu mencari aplikasi download video Youtube dengan antarmuka yang simpel dan minimalis, kamu bisa download AyaTube. Aplikasi ini memang didesain dengan sederhana, siapa pun bisa menggunakannya dengan mudah, termasuk pengguna pemula.

Menariknya, kamu tidak hanya bisa download video dari Youtube saja di sini, namun juga dari platform lain seperti IG, FB atau Twitter. Silakan cari video yang ingin kamu download, atau cukup copy dan paste URL dari video tersebut.

Cara menggunakan ArkTube sangat mudah, begitu masuk ke aplikasi, sudah tersedia video-video yang sedang ramai dibicarakan. Kalau itu video yang ingin kamu download, tinggal buka, lalu klik ikon download untuk mengunduhnya.

Kamu akan dimanjakan dengan beragam opsi resolusi video, mulai dari yang terjelek sampai yang terbagus. Selain download video, kamu bisa mengonversinya menjadi audio, dan menyimpannya sebagai MP3.

12. MTube

MTube adalah aplikasi download video Youtube, yang juga bisa digunakan untuk download dari platform lainnya. Aplikasi ini tentu gratis 100%, kamu tidak harus berlangganan bulanan untuk memanfaatkan fitur full version dari MTube.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah tersedianya  berbagai format video, bisa disesuaikan dengan kemampuan perangkat. Begitu juga dengan resolusinya, di mana ada pilihan 144p, 240p, 260p sampai yang tertinggi 4K.

Proses download bisa berjalan dengan cepat, dan sembari download berjalan, kamu bisa memutar videonya. Namun, kalau ingin proses download lebih cepat, jangan pernah memutar video di background, karena akan mengganggu.

MTube hanya memiliki ukuran kecil, dan bisa dijalankan di perangkat dengan spesifikasi minimalis. Namun, setidaknya kamu harus memiliki Android 4.1 ke atas agar bisa download dan install aplikasi ini dengan baik dan lancar. Versi Android yang lebih tinggi, justru sangat disarankan.

13. Youtube Go

Terakhir ada Youtube Go, aplikasi yang juga bisa kamu manfaatkan untuk download video dari Youtube. Tentunya, aplikasi ini berbeda dari Youtube biasanya, karena memiliki ukuran yang lebih ringan, dan tidak terlalu memakan banyak kuota internet.

Pasalnya, akan ada keterangan berapa kuota yang akan dihabiskan setelah memutar video tertentu. Jadi, ketika kamu sedang menggunakan data seluler, kamu bisa mengatur penggunaan data tersebut dengan lebih baik.

Nah, aplikasi ini pun bisa kamu gunakan untuk download video dari Youtube, dan menontonnya secara offline. Videonya akan tersimpan ke memori internal atau eksternal, bisa kamu atur sendiri. Berbeda dengan Youtube biasa, di mana video hanya akan tersimpan di aplikasi.

Kamu bebas memilih ukuran video dan resolusinya, sesuaikan saja dengan kuota internet dan kebutuhan. Intinya, semakin bagus resolusinya, maka semakin besar pula ukurannya, dan kuota internet yang akan dihabiskannya.

Sebenarnya, masih banyak aplikasi download video Youtube lainnya, yang tidak mungkin dibahas seluruhnya di sini. Namun kami jamin, aplikasi yang telah dibahas di atas adalah yang terbaik, mudah digunakan dan memiliki fitur yang sangat lengkap.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan