13 Aplikasi Kompres Foto di HP Bisa Offline dan Online, Praktis!

Kadang, ukuran foto yang diambil menggunakan kamera HP ternyata terlalu besar untuk diunggah ke platform tertentu. Untungnya, banyak aplikasi kompres foto tersedia dan bisa mengubah ukuran file foto secara kilat dan tanpa persyaratan yang rumit.

Saat ini, hampir semua smartphone dilengkapi dengan kamera yang resolusinya sangat tinggi. Karena resolusi yang tinggi itulah ukuran foto juga menjadi lebih besar dan mempunyai detail yang jelas dan lebih padat. Kecilkan resolusi atau ukuran foto dengan mengkompres foto tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Kompres Foto Terbaru

Dulu, pengguna HP perlu memindahkan dulu foto yang akan dikompres ke PC, mengecilkannya lewat aplikasi bawaan PC, lalu memindahkannya lagi ke HP. Rangkaian proses ini sangat rumit dan terlalu panjang. Sekarang, tinggal gunakan saja salah satu aplikasi di bawah ini.

1. Photo & Picture Resizer

Aplikasi untuk kompres foto ini disediakan oleh Farluner Apps & Games dan bisa dijalankan secara offline. Untuk menggunakannya, tinggal download aplikasinya dari Play Store, jalankan, dan pilih foto yang akan diperkecil ukurannya. Photo & Picture Resizer menawarkan kelebihan berikut ini.

Fitur batch resize memungkinkan para pengguna aplikasi untuk memperkecil ukuran beberapa file foto sekaligus, jadi tidak perlu mengkompres ukuran foto satu demi satu.

Photo & Picture Resizer juga sudah menyediakan fitur autosave sehingga setiap hasil kompres foto akan secara otomatis tersimpan di folder khusus, yaitu folder Picture/Photo Resizer.

Setelah selesai mengubah ukuran foto di smartphone Android, pengguna bisa langsung membagikannya ke media sosial seperti KakaoTalk, Discord, Flickr, YouTube, Facebook, dan Instagram.

2. Puma Image Compressor, Resizer

Pengembang aplikasi yang satu ini sama dengan yang sebelumnya, yaitu Farluner Apps & Games. Aplikasi ini cocok untuk yang ingin membuat penyimpanan di HP menjadi lebih lega. Proses kompres foto dengan Puma sangat sederhana dan cepat. Kelebihannya antara lain:

Puma memungkinkan penggunanya untuk memilih ukuran tertentu, bisa secara manual atau dari preset yang sudah tersedia.

  • Ubah kualitas dan resolusi

Selain mengubah ukuran foto, pengguna juga bisa memilih untuk mengubah resolusi foto sesuai keinginan. Secara otomatis, kualitas foto juga akan diubah.

Fitur yang satu ini bisa digunakan jika pengguna sudah melakukan upgrade ke versi premium. Saat ini, Puma hadir untuk perangkat Android dan belum tersedia versi iPhone.

3. Image Size – Photo Resizer

Codenia merupakan pengembang yang merilis aplikasi yang satu ini. Photo Resizer ini memungkinkan pengguna untuk memilih format output dari empat pilihan ukuran yang tersedia, yaitu inci, centimeter, millimeter, dan pixel. Aplikasi yang satu ini menyediakan beberapa keunggulan, yaitu:

Selain untuk mengubah ukuran foto, pengguna juga bisa memanfaatkan aplikasi Photo Resizer untuk mengedit foto dengan menambahkan teks, stiker, filter, dan sebagainya.

Pengguna Photo Resizer bisa mengubah kualitas file JPG dengan cara mengakses bagian pengaturan, lalu menyesuaikan kualitas default dan menggunakannya sebagai preset.

Setelah selesai diedit dan dikompres, aplikasi kompres foto ini memungkinkan pengguna untuk mencetak, mengirim via email, atau menyimpan file yang sudah jadi di penyimpanan lokal.

4. Photo Resizer: Crop, Resize, S

Z Mobile Apps juga menyediakan aplikasi untuk memperkecil ukuran foto yang formatnya PNG dan JPEG. Kemudian pengguna bisa langsung mengunggah file yang sudah dikompres ke Tumblr, Reddit, Pinterest, Twitter, Facebook, atau akun media sosial lainnya. Fitur unggulan aplikasi ini adalah:

Dengan fitur yang satu ini, pengguna Photo Resizer bisa melihat perbedaan foto asli dan yang sudah dikecilkan ukurannya dengan cara membandingkannya secara berdampingan.

Fitur yang kedua cocok untuk pengguna yang ingin memperkecil banyak foto sekaligus agar tidak memenuhi penyimpanan HP.

Fitur ketiga ini merupakan pilihan terbaik bagi yang ingin mengompres satu foto untuk diunggah ke berbagai platform media sosial. Sudah tersedia pilihan resolusi yang bisa langsung disentuh untuk memperkecil ukuran foto.

5. Photo Compressor & Resizer

Pocket App Maker telah merilis aplikasi pengubah ukuran foto yang sepenuhnya gratis dan bisa digunakan oleh para pengguna Android. Tidak perlu upgrade akun untuk menikmati seluruh fitur yang disediakan oleh Pocket App Maker. Beberapa contoh fiturnya antara lain:

Salah satu fitur uniknya adalah color picker yang bisa dipakai untuk membuat salah satu warna pada foto lebih menonjol dibandingkan dengan warna lainnya.

Photo Compressor bisa digunakan secara online dan mendukung berbagai format untuk outputnya, termasuk WEBP, PNG, JPG, dan JPEG.

  • Memperkecil dan memperbesar

Selain untuk membuat ukuran foto menjadi lebih kecil, Photo Compressor juga bisa digunakan untuk memperbesar ukuran foto.

6. Resize Me! Pro – Photo Resizer

Aplikasi kompres foto berikutnya adalah besutan XnView yang tidak tersedia secara gratis. Untuk bisa memakai aplikasi ini di HP Android, pengguna perlu membayar seharga Rp21.000. Resize Me! Pro bisa dipakai untuk mengubah ukuran foto, memotong foto, dan mengkonversi banyak foto.

Berfungsi untuk mengubah ukuran dari beberapa file foto secara sekaligus. Fitur ini membantu para pengguna aplikasi untuk menghemat waktu.

Fitur lain yang bagus adalah text watermark yang bisa dipakai untuk menambahkan watermark berbentuk tulisan pada foto yang ukurannya sudah dikompres.

  • Gunakan sebagai wallpaper

Foto yang sudah selesai dikompres dengan aplikasi ini juga bisa langsung diatur sebagai wallpaper HP.

7. Compress Image Chitro: KB, MB

Rating yang ditinggalkan oleh pengguna aplikasi ini sangat tinggi. Alasannya tentu saja karena Chitro menawarkan banyak fitur keren untuk semua penggunanya. Dari sekian banyak fitur tersebut, beberapa yang paling unggul adalah:

Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih untuk mengirimkan foto yang sudah selesai dikompres melalui email, mengunggahnya ke media sosial, atau menyimpannya di HP tanpa memenuhi penyimpanan.

Tanpa aplikasi ini, pengguna tidak bisa melihat perbedaan foto yang sudah dikompres dan file aslinya. Fitur compare photo mempermudah pengguna untuk membandingkan kedua file.

Pengguna Chitro bisa mengatur resolusi yang diinginkan dengan lebih bebas. Selain menggunakan pilihan resolusi yang sudah ada, pengguna bisa menambahkan resolusi lain sesuai keinginan.

8. InstaSize Photo Editor + Resizer

InstaSize bukan sekedar aplikasi untuk mengubah ukuran foto, tapi juga aplikasi editor yang sangat serbaguna. Ada banyak sekali keistimewaan yang disediakan oleh InstaSize, khususnya bagi para pengguna Android dan media sosial Instagram.

Aplikasi kompres foto InstaSize menyediakan banyak sekali alat yang bisa dipakai untuk mengedit foto, misalnya clarity, grain, saturation, exposure, dan contrast.

Lebih dari 130 filter dan preset hadir untuk membuat video dan foto menjadi lebih indah dan menarik. Tinggal tambahkan saja preset favorit ke foto yang akan diedit.

Kombinasikan beberapa foto sekaligus dengan sangat mudah menggunakan fitur collage maker ini. Coba gunakan pilihan background dan frame yang membuat file foto membuat lebih unik.

9. Image Compressor – MB to KB

Aculix Technologies LLP menawarkan Image Compressor dengan banyak keistimewaan di dalamnya. Keistimewaan utamanya adalah mengkompres beberapa file foto dengan format PNG dan JPG dengan lebih cepat. Beberapa keistimewaan lainnya adalah:

Fitur share bisa digunakan jika pengguna ingin langsung membagikan foto segera setelah proses kompres gambar selesai dilakukan. Tidak perlu repot mencari lokasi penyimpanannya.

Fitur target size memungkinkan pengguna untuk menentukan ukuran output foto setelah selesai dikompres sehingga seluruh foto yang dikompres akan punya ukuran yang sama.

Fitur ini bisa digunakan untuk membuat proses kompres foto mampu memberikan hasil yang lebih optimal. Tapi nantinya kualitas atau resolusi foto akan ikut terpengaruh.

10. Compress Image Size in KB & MB

Aplikasi buat kompres foto yang satu ini dibuat oleh Mobso Apps dan bisa dipakai secara gratis. Banyak pengguna yang menyukai aplikasi ini karena adanya beberapa kelebihan yang tidak ada di aplikasi lainnya, misalnya:

Para pengguna yang masih bingung bisa mengakses link YouTube yang tersedia di Play Store untuk mempelajari caranya menggunakan seluruh fitur dan alat di dalamnya.

Aplikasi kompres foto Compress Image Size in KB & MB hadir secara gratis dan tidak ada upgrade akun. Seluruh fitur sudah terbuka dan langsung bisa diakses.

11. TinyPhoto: Convert (JPEG, PNG)

Iris Studio and Services juga ikut menyediakan aplikasi lain yang bisa digunakan untuk menyesuaikan ukuran foto. Selain untuk mengubah ukuran foto, aplikasi kompres file foto TinyPhoto juga bisa mengubah atau mengkonversi format foto. Apa saja kelebihannya?

Kelebihan yang satu ini memungkinkan pengguna TinyPhoto untuk mengkonversi file dari JPEG ke PNG dan sebaliknya.

  • Mempertahankan kualitas foto

Meskipun ukurannya diubah berkali-kali, kualitas foto tidak akan berkurang. Di aplikasi lain, kualitas foto akan terpengaruh saat foto dikompres sekali saja.

12. Photoshop Express Photo Editor

Adobe menyediakan aplikasi yang sangat bermanfaat bagi para pengguna iOS dan Android, yaitu Photoshop Express Photo Editor. Fitur di dalamnya sangat lengkap sehingga mampu memotivasi banyak pengguna smartphone untuk download aplikasi kompres foto yang satu ini.

Ada banyak alat yang tersedia, seperti photo enhancer untuk membuat tampilan foto lebih sempurna, editor wajah untuk membuat objek utama tampak lebih cantik, dan sebagainya.

Segera setelah dikompres dan diedit, pengguna juga bisa membagikan foto dengan mudah ke Instagram, Telegram, Line, Signal, Facebook Messenger, WhatsApp, TikTok, Pinterest, dan Snapchat.

13. Photo Compress 2.0

Saawan Apps merupakan pengembang terakhir yang menawarkan aplikasi pengubah ukuran foto. Photo Compress 2.0 bebas dari gangguan iklan dan menyediakan banyak sekali fitur yang sangat berguna, misalnya:

Versi gratis bisa dipakai untuk mengkompres 10 foto sekaligus. Sedangkan versi pro bisa digunakan untuk mengkompres lebih banyak foto sekaligus.

Sudah tersedia fitur bantuan dalam aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh setiap pengguna, khususnya yang ingin mendapatkan penjelasan lengkap sebelum mulai mengkompres foto.

Setiap aplikasi kompres foto di atas hadir dengan berbagai kelebihannya sendiri. Pastikan untuk menggunakan yang terbaik dan kompatibel dengan perangkat yang Anda miliki saat ini.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan