13 Cabang Ilmu Geografi Fisik dan Manusia (+Penjelasannya)

Ilmu geografi adalah ilmu yang berkaitan dengan bumi, lautan, dan ekosistem, manusia dengan lingkungannya. Di dalam ilmu geografi ini masih ada beberapa ilmu lainnya yang khusus mempelajari fokus tertentu. Berikut ini akan dijabarkan tentang beberapa contoh cabang ilmu geografi.

Penting dipahami bahwa ilmu geografi adalah pembelajaran yang berkaitan dengan bentang alam bumi dan lingkungannya. Hal ini juga berhubungan dengan interaksi manusia dengan lingkungannya.

Oleh sebab itu, ada berbagai sub kajian dari geografi dan mencakup lebih banyak cabang. Untuk memahami apa saja yang termasuk dengan cabang ilmu geografi, simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Geografi

Geografi secara bahasa terdiri dari dua kata dan asal katanya berasal dari Bahasa Yunani. Nama ini berasal dari geo yan artinya Bumi dan Graphein yang artinya tulisan. Jadi, dapat dikatakan bahwa geografi adalah tulisan tentang bumi.

Selain itu, ada juga pengertian geografi secara definisi yaitu sebuah studi yang berkaitan dengan kenampakan fisik dan atmosfer. Di dalamnya juga mencakup faktor kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi lingkungan dan termasuk dalam distribusi populasi dan sumber daya politik serta kegiatan ekonomi.

Ada juga pengertian geografi menurut para ahli yang perlu Anda pahami diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Erathosthenes: Geografi merupakan penggambaran atau penjelasan terkait dengan permukaan bumi.
  • Immanuel Kant: Geografi adalah sebuat ilmu yang berkaitan dengan benda atau gejala yang ada di permukaan bumi.
  • Hasil seminar dan lokakarya tahun 1998: Geografi adalah studi yang mempelajar perbedaan dan persamaan gejala geosfer yang dilihat berdasarkan segi lingkungan, ruang, dan willayah.

Cabang Ilmu Geografi

Pendidikan geografi ini termasuk pembelajaran yang interdispliner. Ilmu ini sudah dipelajari di bangku SMP. Kemudian, berlanjut dibangku SMA dan sampai perguruan tinggi jika Anda tertarik pada geografi.

Ada beberapa cabang ilmu geografi di dalamnya yang perlu Anda ketahui. Pembagian cabang ini terdiri dari geografi fisik dan manusia. Geografi fisik adalah cabang geografi yang berkaitan dengan fenomena alam di bumi pembagiannya yaitu sebagai berikut:

1. Geomorfologi

Cabang ilmu geografi yang pertama adalah geomorfologi yaitu ilmu yang mempelajari bentukan bumi atau bentang alam yang sudah tersedia di bumi. Pembelajarannya mulai dari sejarah sampai perubahan bentang alam yang terjadi di permukaan bumi.

Ilmu ini juga memprediksi bagaimana bentukan alam fisik yang terjadi di kemudian hari.

2. Oseanografi

Ilmu oseanografi berkaitan dengan ilmu kelautan. Sudah diketahui bahwa laut mengisi hampir 97% permukaan bumi. Itulah yang menyebabkan munculnya ilmu khusus yang merupakan cabang dari geografi.

Ada lagi beberapa sub materi dari oseanografi ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Geografi oseanografi: pembelajaran tentang geologi di dasar laut dan gunung-gunung.
  • Oseanografi biologis: pembelajaran tentang biota dan ekosistem di laut.
  • Oseanografi kimia: pembelajaran tentang kandungan kimia dar laut dan dampaknya bagi kehidupan yang ada di laut.
  • Oseanografi fisik: pembelajaran tentang gerakan dari laut contohnya ombak, arus, dsb.

3. Hidrologi

Cabang ilmu berikutnya adalah hidrologi. Ilmu ini mempelajari tentang air di bumi serta dinamika dari pergerakan air. Objek yang dipelajari dari hidrologi mencakup sungai, danau, gletser, maupun air tanah.

Dipelajari juga siklus hidrologi yang merupakan suatu daur air yang terjadi secara terus-menerus dan berkelanjutan dari air yang dibawa ke atmosfer sampai jatuh kembali ke permukaan bumi dalam bentuk hujan.

4. Klimatologi

Klimatologi adalah ilmu yang mempelajari tentang iklim di suatu wilayah baik iklim lokal ataupun iklim secara global. Ilmu ini mempelajari semua hal yang berkaitan dengan iklim dan ciri iklim di suatu wilayah.

Selanjutnya, dipelajari juga aktvitas manusia yang menimbulkan dampak perubahan iklim yang terjadi di suatu wilayah.

5. Pedologi

Ilmu berikutnya adalah pedologi yaitu kajian yang mempelajari tentang lapisan tanah di bumi. Bidang ini berkaitan dengan studi yang berkaitan dengan pembentukan tanah, klasifikasi tanah, tekstur tanah, dan induk penyusun dari tanah tersebut.

6. Biogeografi

Bio artinya hidup sehingga biogeografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persebaran dari makhluk hidup yang ada di lingkungan geografis. Ilmu ini berhubungan dengan penyebaran suatu spesies selama kurun waktu tertentu.

Pasalnya, setiap wilayah memiliki keunikan tersendiri sehingga setiap wilayahnya punya ekosistem yang berbeda. Ilmu ini akan menjelaskan tentang seperti apa ekosistem di wilayah tersebut.

Selain itu, dijelaskan pula hubungan antara ekosistem tersebut dengan geografis fisiknya. Ada berbagai jenis biogeografi yaitu persebaran geografis hewan, tumbuhan, dsb.

7. Geografi Lingkungan

Cabang geografi lingkungan adalah ilmu yang berkaitan tentang interaksi antara manusia dengan lingkungannya. Anda bisa menemukan dampak dan pengaruh manusia terhadap geografi fisik begitu juga sebaliknya dampak geografis terhadap manusia.

8. Meteorologi

Ilmu meteorologi sering dikaitkan dengan klimatologi. Nyatanya, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Khusus untuk meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala yang ada di atmosfer bumi serta beberapa unsurnya.

Contohnya adalah panas atmosfer, kandungan uap air, tekanan udara, dan berbagai komponen lainnya. Ilmu meteorologi berfungsi untuk mengetahui cuaca dan memperkirakan cuaca di suatu wilayah.

Sedangkan untuk klimatologi mempelajari tentang iklim yang berlangsung lebih lama dibandingkan cuaca.

9. Geografi Pesisir

Contoh ilmu geografi fisik berikutnya adalah geografi pesisir. Ilmu ini melibatkan pembelajaran tentang pesisir dan lautan. Dari geografi pesisir ini akan dipelajari proses yang membentuk pantai dan pengaruh laut di wilayah pesisir.

Hal ini juga berkaitan dengan interaksi masyarakat di pesisir yang mempengaruhi ekosistem.

Cabang Geografi Manusia

Selain jenis dari geografi fisik, ada juga cabang ilmu geografi manusia diantaranya sebagai berikut:

1. Geografi Kependudukan

Cabang kependudukan ini berkaitan dengan antroposfer yaitu menejleaskan tentang variasi spasial, komposisi penduduk, perpindahan penduduk, sampai dengan pertumbuhan penduduk di suatu ruang.

2. Geografi Sejarah

Jenis cabang ilmu geografi berikutnya adalah geografis sejarah yang mempelajari tentang terjadinya peristiwa di bumi dan perubahannya dalam periode tertentu. Di ilmu ini akan dipelajari bagaimana, mengapa, dan kapan tempat wilayah tersebut terjadi.

3. Geografi Budaya

Geografi budaya mempelajari tentang kenapa suatu budaya di tiap tempat berbeda dan bervariasi. Hal ini juga dipengaruhi oleh tempat tempat tersebut. Contohnya budaya terkait bahasa, agama, mata pencaharian, dsb. Semua itu dipengaruhi oleh tempat tinggal dari masyarakatnya.

4. Geografi Ekonomi

Berikutnya adalah geografi ekonomi yaitu studi yang mempelajari tentang aspek keruangan dengan kegiatan ekonomi manusia. Di cabang geografi manusia ini dipelajari tentang distribusi dari barang dan jasa sebagai produk dari ekonomi.

Penyebaran barang dan jasa ini sangat dipengaruhi oleh kondisi ruang atau wilayah tersebut. Contoh wilayah pedalaman akan kesulitan akses untuk mendapatkan barang dan jasa. Adapun tujuan dari kajian ini untuk mengetahui potensi ekonomi dan kesejahteraan di suatu wilayah.

Dari penjelasan di atas, ada banyak cabang ilmu geografi yang tersedia. Cabang tersebut dibagi menjadi dua cabang besar yaitu geografi fisik dan manusia. Dengan adanya cabang ini akan memudahkan Anda untuk fokus mempelajari bidang geografi lebih fokus.

Baca Juga:

  • Batuan Metamorf: Ini Pengertian, Proses, dan Contohnya
  • Batuan Sedimen: Pengertian, Proses, Jenis, dan Kegunaan
  • Batuan Beku: Pengertian, Proses, Jenis, dan Contohnya
  • Jenis-jenis Batuan, Pengertian, Cara Terbentuk & Contohnya

Tinggalkan Balasan