17 Aplikasi Edit Video PC yang Ringan, Tersedia Tanpa Watermark

Siapapun pasti sudah paham kalau untuk urusan edit video di perangkat PC atau laptop terbilang sulit dan tentunya membutuhkan skill khusus. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah tersedia berbagai jenis aplikasi edit video PC yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

Dengan banyaknya aplikasi edit video yang tersedia, Anda bisa lebih leluasa dalam memilih aplikasi. Mau yang gratis atau yang berbayar, semuanya ada. Untuk mendapatkan informasi lengkap seputar aplikasi edit video di PC, silakan simak ulasan berikut.

Daftar Aplikasi Edit Video PC Terbaik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat ini ada berbagai macam aplikasi yang bisa digunakan untuk keperluan edit video di PC dengan beragam fitur dan keunggulan yang ditawarkan. Dari sekian banyak aplikasi edit video buat PC, berikut ini adalah daftar rekomendasi terbaik yang bisa dipilih.

1. Shotcut

Shotcut merupakan salah satu aplikasi edit video gratis tanpa watermark PC yang sangat layak untuk digunakan. Ukuran file aplikasi Shotcut cukup ringan sehingga bisa dijadikan solusi terbaik bagi Anda yang menggunakan PC dengan spesifikasi rendah.

Aplikasi edit video ini menawarkan interface yang sederhana sehingga mudah digunakan. Selain itu, fitur yang disediakan juga lengkap sehingga memungkinkan kegiatan edit video berjalan maksimal.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan Shotcut antara lain adalah hasil edit dengan kualitas tinggi sampai 4K, proses edit video dengan ukuran besar yang cepat serta tidak memerlukan impor file. Aplikasi ini kompatibel untuk Windows, Mac, Linux dan bersifat open source.

2. Lightworks

Salah satu aplikasi edit video PC untuk pemula yang bisa dicoba bagi Anda yang sedang belajar mengedit video adalah Lightworks. Selain kompatibel untuk berbagai perangkat seperti Windows, Linux dan Mac, aplikasi ini juga support dengan semua format video.

Aplikasi ini bisa diakses secara gratis. Meskipun gratis, namun fitur yang tersedia cukup lengkap. Bahkan dengan kemampuan editnya yang handal, aplikasi ini mampu menghasilkan video dengan kualitas tinggi hingga 4K layaknya Adobe Premiere Pro.

Aplikasi yang telah eksis sejak 25 tahun yang lalu ini sudah sangat populer. Apalagi beberapa judul film terkenal seperti Mission Impossible, The Wolf of Wall Street dan Hugo diketahui menggunakan aplikasi Lightworks untuk keperluan editing.

3. Filmora

Filmora termasuk salah satu aplikasi edit video di PC terbaik yang bisa dijadikan pilihan menarik untuk keperluan editing. Meskipun tampil dengan interface yang sederhana, namun fitur yang ditawarkan cukup lengkap.

Sebagai informasi, Filmora menyediakan dua versi layanan yaitu gratis dan berbayar. Jika Anda membutuhkan fitur premium, maka bisa berlangganan dengan biaya sekitar Rp200.000 – Rp400.000.

Tentunya ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi edit video Filmora. Diantaranya adalah proses editing yang cepat, ukuran yang cukup ringan serta tampilan yang ramah pengguna. Selain itu, efek yang disediakan juga sangat beragam dan pastinya menarik.

4. Blender

Aplikasi yang bagus untuk edit video di PC selanjutnya adalah Blender yang bisa diakses secara gratis. Aplikasi edit video dengan ukuran 190 MB ini kompatibel untuk Windows, Linux dan Mac. Sementara dari segi fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap sehingga layak dipilih.

Beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan antara lain adalah audio mixing, live preview, scrubbing, syncing, hingga waveform visualization. Untuk menambahkan image, video, scene, audio, effect dan mask sudah tersedia 32 slot yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Blender sendiri dikenal sebagai aplikasi untuk membuat video animasi 3D sehingga memungkinkan gambar bergerak. Yang tidak kalah menarik, Blender juga memungkinkan pengguna memasukkan script sehingga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan game.

5. Kdenlive

Rekomendasi aplikasi edit video PC gratis yang bisa dijadikan pilihan terbaik selanjutnya adalah Kdenlive. Untuk bisa menggunakan aplikasi edit video ini Anda tidak memerlukan PC dengan spesifikasi tinggi.

Dengan ukuran yang cukup ringan sekitar 85 MB, PC dengan spesifikasi rendah pun bisa menggunakan aplikasi dengan kinerja yang stabil. Meski begitu, performa terbaik Kdenlive akan didapatkan dengan PC Windows versi 64-bit. Aplikasi ini juga bekerja di Max dan Linux.

Adapun kelebihan dari Kdenlive antara lain adalah menyediakan fitur automatic back-up yang memungkinkan sistem menyimpan bahan video secara otomatis. Fitur lainnya adalah keyframe effect yang akan membuat kualitas video semakin maksimal.

6. OpenShot Video Editor

Aplikasi edit video PC tanpa watermark yang satu ini bisa diakses secara gratis. Dengan interface yang cukup simple, Openshot bisa digunakan dengan mudah termasuk untuk keperluan drag and drop. Bagaimana dengan fiturnya?

Tidak perlu khawatir, karena aplikasi edit video ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur yang akan membuat kegiatan editing semakin menyenangkan. Beberapa diantaranya adalah unlimited layers/tracks, transisi video, preview video real time, dan template judul beragam.

OpenShot juga memiliki beberapa kelebihan seperti interface yang sederhana dan mudah dipahami, open source, hingga kinerja yang powerful. Namun sayangnya OpenShot juga memiliki keterbatasan effect sehingga pilihannya tidak terlalu banyak.

7. iMovie

iMovie merupakan salah satu aplikasi buat edit video di PC yang disediakan oleh Apple bagi pengguna Mac OS. Dengan memanfaatkan aplikasi ini Anda bisa dengan mudah mengedit video dan membuatnya semakin menarik layaknya film sekelas Hollywood.

Hal ini tidak terlepas dari beragam fitur yang telah disematkan di dalam aplikasi. Beberapa diantaranya yaitu efek spesial yang akan membuat hasil edit video terlihat lebih menarik. Selain itu juga berbagai filter keren yang akan memberikan sentuhan sinematik yang estetik.

Fitur lainnya berupa efek suara latar yang bisa dibuat sesuai keinginan, mulai dari suara musik, rekaman alih suara dan lain sebagainya sehingga suasana di dalam video semakin hidup. Yang menarik, Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara bergantian di Mac OS dan perangkat iOS.

7. Avidemux

Jika saat ini Anda sedang mencari aplikasi video edit PC ringan, salah satu rekomendasi terbaiknya adalah Avidemux. Selain bisa digunakan secara gratis, aplikasi ini juga memiliki ukuran yang ringan, antara 28 MB sampai 39 MB sehingga tidak akan membebani perangkat.

Avidemux kompatibel untuk Windows maupun Mac. Fitur yang ditawarkan aplikasi juga cukup lengkap. Diantaranya meliputi fitur edit, simpan video dalam format tertentu, konversi video ke format DVD, simpan video tanpa audio, konversi DVD ke Avi, batch video, scripting dan lainnya.

Sementara dari segi tampilan interface terlihat simple dan mudah dimengerti. Meskipun ditawarkan secara gratis dan tanpa watermark, namun sayangnya dari segi efek dan transisinya cukup minim.

8. Windows Movie Maker

Rekomendasi aplikasi edit video PC selanjutnya adalah Windows Movie Maker yang merupakan aplikasi bawaan yang disediakan Microsoft. Jika dibandingkan dengan aplikasi edit video lainnya, keberadaan aplikasi ini cukup diminati karena dinilai lebih mudah digunakan.

Khususnya bagi pengguna yang memang masih pemula dan sekedar ingin mengedit video dari perangkat ponsel. Sebagai informasi, aplikasi ini sebenarnya sudah tersedia sejak tahun 2000 dan namanya sempat diubah menjadi Windows Live Movie Maker pada tahun 2009.

Adapun kegiatan edit yang bisa dilakukan melalui aplikasi ini antara lain adalah memotong bagian depan maupun akhir video, membagi video menjadi beberapa video untuk diedit secara terpisah, menambahkan lagu atau musik favorit ke dalam video, dan menambahkan teks.

9. VirtualDub

Selain dari beberapa rekomendasi yang sudah disebutkan sebelumnya, VirtualDub juga bisa dijadikan pilihan menarik bagi Anda yang sedang mencari aplikasi edit video di PC gratis. Aplikasi yang sudah eksis sejak tahun 2011 ini dikembangkan oleh Avery Lee.

Keberadaan VirtualDub sendiri sudah sangat populer di kalangan komunitas editor video karena memiliki banyak kelebihan. Selain tampil dengan interface yang sederhana, aplikasi ini juga mendukung berbagai macam format video seperti MPEG, AVI hingga QuickTime.

VirtualDub sudah dilengkapi tool yang lengkap sehingga memungkinkan penggunanya menjalankan aplikasi secara mudah dan cepat. Termasuk untuk menambahkan filter, teks, efek dan lain sebagainya sesuai kebutuhan. Untuk kualitas videonya sendiri sampai 4K atau HD.

10. Camtasia

Aplikasi edit video PC Camtasia merupakan sebuah aplikasi yang biasanya digunakan untuk membuat video tutorial maupun presentasi melalui fitur screencast ataupun plug-in recording secara langsung ke MS Power Point. Namun selain itu, Camtasia juga bisa untuk edit video.

Selain menawarkan beragam fitur unggulan yang canggih, aplikasi edit video Camtasia memiliki banyak kelebihan. Diantaranya adalah memiliki ukuran yang cukup ringan sehingga perangkat PC dengan spesifikasi rendah pun bisa menggunakannya.

Untuk keperluan edit video, Anda bisa menambahkan teks, audio, maupun video sesuai kebutuhan. Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah fitur render yang memungkinkan Anda menyimpan hasil editan dan langsung mengunggahnya ke YouTube dan Google Drive.

11. Adobe Premiere Pro

Aplikasi edit video untuk PC berikutnya yang sudah sangat populer dan banyak digunakan dalam dunia perfilman dan broadcasting adalah Adobe Premiere Pro. Beberapa proyek film besar bahkan menggunakan aplikasi ini untuk keperluan editing, salah satunya Deadpool.

Beberapa kelebihan yang dimiliki Adobe Premier Pro antara lain adalah mudah dalam pengoperasian, fitur efek yang sangat lengkap, hingga mendukung berbagai macam format video, efek animasi, serta mengkombinasikan efek video yang cukup banyak.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik untuk dimanfaatkan adalah import footage dalam berbagai format, trim footage atau memangkas cuplikan, menyesuaikan pewarnaan, dan lain sebagainya.

12. Corel VideoStudio

Aplikasi edit video PC gratis terbaik berikutnya yang tidak kalah menarik untuk digunakan adalah Corel Video Studio. Dengan tampilan yang simple, aplikasi edit video ini cocok digunakan pemula maupun kalangan editor profesional.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk berbagi file ke berbagai macam perangkat dengan format yang beragam, seperti MPEG, AVI, WMV dan MOV. Selanjutnya hasil video juga bisa dibagikan ke platform media sosial seperti Vimeo, YouTube, Facebook dan Flickr.

Adapun fitur unggulan yang tersedia antara lain adalah edit trek, mode storyboard untuk proses editing semi otomatis, editing multi camera, melacak gerak secara otomatis, efek video dan transisi dengan lebih dari 78 efek dan 150 transisi. Ada pula alat teks untuk memformat subtitle.

13. VSDC Free Video Editor

Rekomendasi aplikasi edit viedo PC terbaik lainnya yang bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin menjadi creator handal adalah VSDC Free Video Editor. Dengan aplikasi ini Anda bisa menyimpan hasil editing dalam berbagai format video seperti AVI, MOV dan lainnya.

Sama seperti aplikasi edit video sebelumnya, aplikasi ini juga menawarkan beragam keunggulan. Diantaranya adalah memiliki tampilan antar muka yang sederhana, hasil edit yang berkualitas HD sampai 4K, ada tutorialnya dan selalu tersedia update terbaru.

Kelebihan lainya adalah hasil edit tanpa watermark sehingga terlihat profesional. Aplikasi ini juga bisa diakses secara gratis sehingga tidak akan membebani keuangan Anda. selain itu, fiturnya lengkap dan bisa digunakan untuk edit video dengan durasi panjang.

14. Davinci Resolve

Jika Anda sedang mencari aplikasi edit video PC berbayar terbaik, maka salah satu pilihannya adalah Davinci Resolve. Aplikasi ini dikembangkan oleh da Vinci System sejak tahun 2004 dan sudah sangat populer di kalangan sineas.

Sebagai salah satu aplikasi edit video untuk kalangan profesional, Davinci Resolve membutuhkan skill khusus dalam penggunaannya. Dengan kualitas dan kinerjanya yang handal, aplikasi ini menjadi salah satu pesaing Adobe Premiere Pro yang layak diperhitungkan.

Davinci Resolve banyak dipilih pengguna karena menawarkan fitur yang sangat lengkap. Mulai dari pengeditan, pemotongan, koreksi warna, fusion dengan efek visual sinematik yang menakjubkan, hingga audio setelah produksi dengan sistem yang terintegrasi.

15. CyberLink Power Director

Aplikasi edit video sederhana untuk PC yang satu ini sangat cocok bagi pemula. Cyberlink ini bisa diakses melalui perangkat PC maupun smartphone sehingga akan memudahkan Anda dalam melakukan proses edit sesuai ketersediaan perangkat.

Aplikasi edit video ini mendukung hampir semua format seperti MPEG-4, AVI, FLV dan lain sebagainya dengan kualitas video hingga 4K. Keunggulan lain dari aplikasi adalah proses render yang cepat, multicam, hingga kemampuan edit video yang mumpuni.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mengedit video layaknya seorang profesional dengan tiga mode pengeditan yang tersedia. Yaitu editor mudah, editor dengan fitur lengkap serta pembuat slideshow. Selain itu juga  tersedia lebih dari 100 fitur editing video dan audio.

16. EaseUS Video Editor

Aplikasi edit video bagi pemula di PC ini tersedia secara gratis. Dengan tampilan yang cukup sederhana, siapapun bisa dengan mudah melakukan proses editing melalui aplikasi. Tentunya ada banyak fitur dan keunggulan yang akan membuat kegiatan edit semakin maksimal.

Fitur yang disediakan aplikasi antara lain adalah menambahkan image, audio maupun teks kedalam video. Melakukan overlays dengan hasil yang sempurna, menambahkan elemen seperti stiker lucu, hingga transisi dan menambahkan filter agar hasilnya semakin estetik.

Selain menyediakan fitur yang lengkap, aplikasi ini mampu menghasilkan video yang berkualitas dengan pilihan efek visual yang menarik. Untuk format videonya sendiri bisa dikonversi ke dalam MOV, MP4, MKV dan format video lainnya.

17. Machete Lite

Aplikasi edit video PC gratis terakhir yang layak untuk dicoba adalah Machete Lite, dan bisa dijadikan pilihan bagi pemula. Aplikasi ini memiliki ukuran yang paling ringan jika dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya, yaitu hanya 2,5 MB saja.

Dengan ukuran yang sangat ringan, tampilan aplikasi ini terlihat sederhana dan minimalis. Meski begitu kemampuannya untuk mengedit video sederhana cukup cepat dan memuaskan. Seperti menghapus frame, menghapus trek audio, memindahkan dan menggabungkan video.

Pada dasarnya melakukan proses edit video melalui PC jauh lebih nyaman daripada di perangkat ponsel, karena layarnya lebih luas. Untuk keperluan edit video dengan hasil terbaik, Anda bisa menggunakan salah satu dari aplikasi edit video PC yang telah dijelaskan di atas.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan