17 Aplikasi Pemutar Video di Laptop Semua Format Terbaik

Aktivitas menonton video saat ini telah menjadi bagian dari rutinitas yang sering dilakukan oleh banyak orang. Saat merasa bosan, aplikasi pemutar video di laptop menjadi sarana untuk mendapatkan hiburan secara simpel dan mudah. Meskipun saat ini ponsel menjadi andalan untuk berbagai aktivitas.

Namun untuk kebutuhan menonton, tentu lebih seru jika menggunakan laptop karena bisa dinikmati pada layar yang lebih besar. Dukungan fiturnya yang lengkap, membuat pengguna mudah untuk memasukkan subtitle dan menonton berbagai jenis video, karena sudah support beragam format.

Daftar Aplikasi Pemutar Video di Laptop Terbaik

Untuk menunjang kegiatan menonton, dibutuhkan bantuan dari aplikasi pemutar video di laptop yang dilengkapi dengan berbagai fitur. Hal tersebut perlu dilakukan karena pengguna tidak hanya bisa menonton saja, namun juga perlu menambahkan subtitle, mengatur rasio, dan lain sebagainya.

Adanya fitur yang lengkap membuat aktivitas menonton akan terasa lebih menyenangkan. Menonton video melalui laptop dapat menghadirkan pengalaman yang berbeda karena didukung dengan layar yang lebih besar serta audio yang menawan.

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa diandalkan untuk memutar video kapan saja. Aksesnya yang mudah dan interfacenya yang menarik mampu menghadirkan kenyamanan tersendiri. Berikut daftar aplikasinya.

1. DivX Player

Aplikasi pemutar video satu ini sangat mudah untuk digunakan dan telah mendukung berbagai jenis format video, diantaranya seperti AVI, MP4, DivX, Ultra HD, hingga 4K. Selain video, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memutar file berformat audio.

Sistem kerjanya cukup simpel dan fleksibel, pengguna hanya perlu memilih file dari galeri untuk dapat memutarnya.

Ada banyak sekali fitur menarik yang bisa dinikmati di aplikasi ini, yang paling populer adalah Chapter Points dan TrickPlay. Melalui fitur tersebut, pengguna bisa menonton berbagai macam scene berbeda dalam video.

2. SM Player

Jika mencari aplikasi player yang ringan, SM Player bisa jadi salah satu pilihan. Tidak hanya bisa digunakan sebagai video player saja, namun juga sudah mendukung layanan audio player.

Layanan aplikasi sudah mendukung berbagai format, sehingga Anda tidak perlu ragu apabila file audio atau film yang dimiliki tidak terbaca.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur streaming yang dapat digunakan untuk menikmati tayangan dari beberapa platform video seperti contohnya YouTube.

Cara menggunakannya cukup mudah, silahkan langsung memasukkan link URL video untuk bisa langsung menikmatinya melalui SM Player.

3. VLC Media Player

Aplikasi pemutar video di laptop terbaik ini sudah sangat populer digunakan. Layanan aplikasi dapat secara mudah dipasang pada berbagai platform seperti Windows Vista, Windows 7, Windows 10, dan lainnya.

Sebagian besar pengguna tentu sudah mengetahui aplikasi yang satu ini karena sudah ada sejak dahulu dan masih diandalkan sebagai pemutar video terbaik hingga saat ini. Jenis file yang bisa dibuka melalui aplikasi ini antara lain seperti MKV, AVI, FLV, RMVB, dan MP4.

Meskipun tampilannya sederhana, namun sudah dilengkapi dengan beragam fitur menarik sehingga pengguna bisa melakukan kustomisasi secara lebih mudah. Misalnya mengatur kecepatan tayang video dan lainnya.

Tidak hanya untuk kebutuhan memutar video, namun juga bisa digunakan untuk memutar file audio dengan format ALAC, FLAC, WMA, Real Audio, dan MP3.

4. PowerDVD

Sistem kerja aplikasi pemutar video di laptop ini sangat fleksibel karena sudah kompatibel dengan beragam sistem operasi. Tidak hanya bisa digunakan untuk perangkat Windows saja, namun juga sudah support untuk sistem operasi iOS dan Android.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa menonton beragam konten dengan tampilan resolusi hingga 8K. Selain dukungan tampilan yang menawan, pengalaman audio yang dihadirkan aplikasi juga sangat berkualitas sehingga mampu memberikan kepuasan saat menikmati film.

Tersedia juga fitur download video yang bisa dimanfaatkan untuk menonton secara offline. Ada juga fitur berbagi dan penyimpanan cloud yang mampu digunakan sebagai media penyimpanan hingga 40 film. Video dengan resolusi tinggi dapat diputar secara praktis.

Dengan mengandalkan aplikasi ini, Anda bisa mudah mengelola perpustakaan media termasuk di dalamnya untuk musik, foto, video, film DVD, dan lainnya.

5. Media Player Classic HC

Keunikan yang dimiliki aplikasi ini adalah tampilannya yang dibalut dengan konsep klasik yang sederhana sehingga sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi pemutar video di laptop satu ini dapat mendukung banyak sekali format audio dan video.

Antara lain seperti AAC, WAV, MP4, FLV, MKV, dan lainnya. Fitur yang dihadirkan cukup lengkap, tidak heran jika aplikasi ini menjadi andalan sejak dahulu. Hingga saat ini layanan aplikasi masih diandalkan oleh banyak pengguna.

Interfacenya yang simpel membuat kegiatan menonton terasa mudah. Dukungan fiturnya cukup beragam, mulai dari pengaturan GPU, hingga decoder untuk kebutuhan video serta audio, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk memutar DVD melalui laptop. Layanan aplikasi bisa digunakan untuk beragam platform Windows, seperti Windows 7, Windows 10, dan lainnya.

6. PotPlayer

Nama aplikasi pemutar video di laptop yang direkomendasikan selanjutnya adalah PotPlayer. Dikemas dengan tampilan interface yang simpel dengan gaya minimalis membuat para pengguna bisa lebih nyaman saat menonton video.

Pilihan menu yang tersedia cukup mudah untuk dioperasikan sehingga tidak akan menyulitkan bagi pengguna. Untuk pecinta drama Korea, PotPlayer sangatlah cocok karena terintegrasi secara langsung ke layanan streaming Viki.

Dengan begitu pengguna bisa lebih mudah untuk memutar berbagai jenis TV series atau tontonan menarik lainnya. Tersedia berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan, diantaranya seperti pengaturan subtitle, playback, dan lainnya.

Akses yang mudah membantu pengguna dapat melakukan penyesuaian secara mudah. Selain itu ada juga fitur menawan lainnya seperti video output 360 derajat, pixel shader, 3D mode, dan bahkan bisa menonton Blu-Ray.

7. KMPlayer

Layanan fitur pada aplikasi ini sangat bisa diandalkan untuk memutar video melalui laptop atau PC. Dukungan format videonya sangat beragam sehingga bisa memutar jenis media apa saja.

Beberapa format yang sudah didukung diantaranya seperti WMV, AVI, MKV, OGM, MPEG4, bahkan untuk video dengan resolusi 4K dan UHD.

Selain untuk menonton, aplikasi pemutar video di laptop ini juga bisa dimanfaatkan untuk proses rendering, hingga decoding video yang sesuai dengan keinginan pengguna.

Tersedia quick menu tools yang memudahkan pengguna untuk bisa melakukan penyesuaian pengaturan saat menonton video. Beberapa pengaturan yang bisa dilakukan seperti rotasi layar, pengaturan subtitle, dan lainnya.

Untuk bisa mendapatkan pengalaman menonton yang lebih memuaskan, pengguna bisa mengaktifkan VR mode melalui menu pilihan yang tersedia.

8. Zoom Player

Apabila mencari aplikasi pemutar video yang ringan, Zoom Player Free bisa jadi pilihan terbaik. Layanan aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu Free (gratis) dan MAX (premium).

Walaupun menggunakan versi gratis, namun fitur yang dihadirkan sudah cukup lengkap untuk memenuhi kegiatan memutar video yang mudah dan fleksibel. Zoom Player adalah media player customizable yang cocok untuk Windows.

Tampilan playlist dihadirkan dalam bentuk grid mode sehingga terlihat lebih mewah namun tetap mudah digunakan. Bahkan para pemula yang baru pertama kali menggunakannya tidak akan merasa kesulitan.

Menariknya, app pemutar video di laptop ini dilengkapi dengan fitur skin untuk setiap resolusi sehingga mampu menghadirkan tampilan yang menarik. Aplikasi sudah mendukung berbagai resolusi video hingga 4K. fitur lainnya seperti untuk pengulangan juga tersedia.

Dukungan video rendering dengan teknologi mutakhir juga bisa didapatkan melalui aplikasi ini. Diantaranya seperti VMR7, Overlay, dan lainnya.

9. 5KPlayer

Dukungan fitur yang disediakan aplikasi pemutar video di laptop ini mampu menghadirkan suasana menonton media yang lebih nyaman. Format video yang bisa diputar beragam, diantara mulai dari FLV, WebM, MKV, sampai VP8/9.

Tampilan antarmukanya terlihat cukup simpel dan tidak sulit untuk dipahami. Hal tersebut memungkinkan siapa saja bisa menggunakan fitur yang ada secara mudah.

Pada aplikasi juga sudah tersedia fitur download video yang mendukung akses ke berbagai situs seperti Vimeo, YouTube, DailyMotion, dan lainnya.

Pengguna juga bisa mengubah file video menjadi audio. Ada juga fitur AirPlay yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna iPhone untuk menghubungkan layar ke PC atau laptop.

10. Wondershare UniConverter

Untuk akses aplikasi pemutar video di laptop yang multifungsi, Wondershare UniConverter bisa sangat diandalkan.

Tidak hanya menyediakan fitur yang dapat dimanfaatkan untuk pemutar video saja, namun juga telah dilengkapi dengan fitur video converter yang sangat mudah untuk digunakan.

Fitur unggulan lainnya adalah aplikasi ini mampu memproses video dengan kualitas tinggi secara cepat serta hemat penggunaan memori sehingga lebih ringan.

Hanya dengan mengunduh satu aplikasi, pengguna bisa mendapatkan tools lengkap yang bisa digunakan untuk kompres video, memutar video, konversi video, hingga mengedit video. Tidak perlu lagi mengunduh aplikasi tambahan karena semua tools sudah tersedia.

Untuk pengguna yang memiliki hobi mendengarkan musik, bisa langsung mengunduh video playlist dari YouTube menjadi MP3 melalui aplikasi ini.

11. GOM Player

GOM adalah singkatan dari Gretech Online Movie. Fiturnya sangat beragam dan mudah untuk digunakan. Bahkan para pemula bisa dengan cepat menyesuaikan diri untuk bisa memanfaatkan setiap fitur yang tersedia.

Dukungan format yang bisa dibaca aplikasi ini cukup lengkap, seperti AVI, MP4, hingga MOV. Fitur yang tersedia sangat menarik dan bisa secara leluasa digunakan sesuai kebutuhan.

Beberapa fitur unggulan diantaranya seperti speed control, mengambil tangkapan layar untuk video, hingga fitur yang dapat digunakan untuk menambah efek di video maupun audio.

Menariknya lagi, pengguna bisa mengubah tema yang diterapkan sehingga tampilan interface aplikasi dapat disesuaikan dengan selera. Hal ini membuat aplikasi terlihat lebih indah dan fresh. Setiap saat ingin mengganti suasana, Anda bisa memilih tema lainnya yang tersedia.

12. SMPlayer

Tampilan aplikasi dikemas secara sederhana sehingga sangat mudah untuk dioperasikan. aplikasi pemutar video di laptop gratis SMPlayer sudah mendukung berbagai jenis format audio dan juga video.

Sehingga proses menikmati konten menarik bisa secara mudah dilakukan melalui PC atau laptop. Selain itu, tersedia juga fitur yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan streaming video dari YouTube.

Caranya cukup mudah, yaitu hanya melalui link URL video terkait. Sudah tersedia juga dukungan pemutaran video Blu-Ray DVD sehingga tentunya sangat bermanfaat untuk Anda yang memiliki koleksi agar bisa menontonnya secara lebih mudah.

13. MediaMonkey

Bagi pengguna yang suka menjaga agar media playlist bisa tetap teratur, aplikasi pemutar video di laptop MediaMonkey bisa jadi salah satu pilihan. Pemutar video ini hadir untuk Windows dengan kemampuan fitur yang memiliki fungsional luas dengan adanya bantuan plugin.

Pilihan plugin bisa digunakan untuk membuat tampilan terlihat menarik dan meningkatkan dukungan lainnya.

Cara menggunakannya cukup mudah, hanya perlu memilih dan menambahkan plugin yang diinginkan. Aplikasi juga sudah dilengkapi dengan fitur penemuan musik yang lebih fresh.

Layanannya sangat fleksibel karena bisa dengan mudah disinkronisasikan dengan perangkat Android atau iOS. Jika membutuhkan aplikasi pemutar video serba bisa, MediaMonkey dapat jadi pilihan yang tepat.

14. Plex

Referensi aplikasi pemutar video terbaik di laptop yang dapat diandalkan lainnya adalah Plex. Tidak hanya menyediakan fitur yang mampu memutar video saja.

Namun juga telah dilengkapi oleh fitur yang mampu mempermudah akses koleksi video yang dimiliki dan mengaturnya agar terlihat lebih rapi. Beragam file yang bisa disusun diantaranya seperti foto, musik, video, acara TV, film, dan lain sebagainya.

Aplikasi memiliki fitur berbagi yang dapat diatur sesuai kebutuhan pengguna. File yang ingin dipublikasikan dapat diatur aksesnya. Dengan begitu Anda bisa menentukan sendiri privasi yang diinginkan.

Tersedia layanan streaming gratis dengan koleksi yang cukup menarik, sehingga dapat menambah bahan hiburan. Hampir semua jenis file sudah bisa didukung oleh aplikasi ini termasuk format video dan musik hi-fi.

Aplikasi juga sudah didukung oleh Chromecast, sehingga pengguna bisa menonton video secara langsung pada layar TV untuk tampilan yang lebih besar. Layanan aplikasi sangat fleksibel, tidak hanya tersedia untuk Windows. Namun tersedia juga versi Android dan iOS.

15. QuickTime Player

QuickTime Player menjadi aplikasi pemutar video untuk laptop yang direkomendasikan karena memiliki fitur yang beragam dan dapat digunakan untuk platform Windows serta MacOS.

Ada banyak sekali fitur andalan yang bisa digunakan, antara lain seperti streaming video, konversi video, menggabungkan klip video, rotasi video, menampilkan subtitle, hingga merekam video saat diputar.

Tidak hanya itu, melalui aplikasi ini pengguna juga dapat mengunggah video ke sosial media seperti YouTube dan Facebook secara mudah. Tersedia juga dukungan konten interaktif dan VR mode untuk suasana menonton yang lebih menyenangkan.

16. Kodi

Aplikasi berbasis open source ini dapat digunakan untuk perangkat Windows 10. Tampilan interfacenya sangat terkenal, yaitu mengusung konsep desain seperti menu galeri yang akan menjadi halaman utama untuk pusat akses ke berbagai media.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa memutar semua format video, memanfaatkan fitur playback agar bisa melakukan navigasi, hingga memasukkan subtitle. Aplikasi ini dapat diunduh sebagai alternatif player video yang memiliki fitur lebih lengkap.

Pengguna bahkan bisa menambahkan plugin untuk meningkatkan fungsionalnya, misalnya streaming YouTube, Netflix, dan lain sebagainya. User interfacenya modern sehingga nyaman dipandang.

17. ACG Player

Fitur yang disediakan aplikasi ini cukup beragam seperti pengaturan rasio video, huruf untuk subtitle, hingga menambah visual effect di video.

Tidak hanya sekedar memutar video saja, namun aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan streaming online. ACG Player bisa digunakan untuk sistem operasi Windows 10.

Berbagai format video bisa diputar melalui layanan yang tersedia. Tampilan interfacenya sederhana sehingga nyaman digunakan.

Beberapa rekomendasi aplikasi pemutar video di laptop dapat memberikan banyak alternatif bagi pengguna untuk menikmati tontonan secara mudah dan cepat. Setiap aplikasi menawarkan fitur yang berbeda. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan agar dapat menunjang kenyamanan.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan