17 Aplikasi Presentasi Banyak Fitur di PC Selain PPT (PowerPoint)

Microsoft PowerPoint sudah sejak lama menjadi aplikasi presentasi andalan yang banyak digunakan. Namun sebenarnya ada juga beragam aplikasi lainnya yang bisa dijadikan sebagai alternatif. Fitur yang dihadirkan semakin beragam sehingga mampu menunjang kebutuhan dengan optimal.

Ada berbagai koleksi tema menarik serta tambahan elemen grafis yang bisa digunakan untuk menghadirkan presentasi yang lebih fresh dan tidak membosankan. Visualisasi yang menawan dapat memberikan pemahaman bagi audience sehingga informasi dapat disampaikan secara efektif.

Pilihan Alternatif Aplikasi Presentasi Untuk PC atau Laptop

Untuk dapat menyajikan presentasi yang menarik, bantuan tools yang lengkap bisa jadi dukungan terbaik. Fitur andalan yang dihadirkan aplikasi dapat membantu dalam proses pembuatan slide presentasi agar terlihat menawan.

Hal ini perlu dilakukan untuk dapat mengambil perhatian audiens agar lebih memperhatikan materi yang dibahas oleh penyaji. Agar berjalan lancar, terdapat beberapa media yang perlu ditambahkan, misalkan animasi, video, musik, grafik, dan lain sebagainya.

Mengetahui macam macam aplikasi presentasi dapat memberikan rekomendasi terbaik sehingga tidak monoton dengan hanya menggunakan PowerPoint saja.

Hal ini tentu dapat mendukung pembuatan desain presentasi yang lebih fresh dan unik. Apa saja aplikasi alternatif lain yang bisa diandalkan, berikut informasinya.

1. Slidebean

Slidebean terkenal dengan toolsnya yang beragam sehingga mudah untuk digunakan. Aplikasi ini sering disebut sebagai Al-powered presentation maker sehingga sangat cocok bagi pengguna yang tidak memiliki banyak waktu untuk membuat presentasi.

Akses fiturnya yang mudah membuat langkah-langkah pembuatan presentasi dapat dilakukan secara instan dan cepat. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya perlu memasukkan konten yang ingin dijadikan sebagai presentasi saja.

Nantinya Slidebean secara otomatis akan membuatkan presentasinya. Meskipun ragam template yang tersedia tidak banyak, namun desainnya sangat menarik dan modern. Tema yang dihadirkan berfokus pada kategori startup dan entrepreneur.

Fitur yang bisa diakses secara gratis terbilang cukup terbatas. Apabila ingin menikmati layanan yang lebih lengkap, Anda perlu melakukan upgrade akun dan membayar biaya langganan.

2. Prezi

Untuk membuat presentasi nonlinear, Prezi merupakan aplikasi yang mampu menjadi andalan. Pengguna bisa secara bebas menggunakan fitur zoom out dan zoom in pada bagian tertentu. Contohnya ketika Anda ingin membuat mind map pada salah satu bagian slide presentasi.

Bisa langsung menambahkan efek zoom pada bagian mind map agar mudah saat menjelaskannya. Dengan begitu presentasi juga akan terlihat lebih menarik. Aplikasi presentasi ini menggunakan sistem penyimpanan cloud sehingga mudah diakses kapan saja.

Selain itu pengguna bisa dengan mudah berkolaborasi dengan pengguna lainnya untuk membuat presentasi bersama-sama.

Dilengkapi dengan template dan efek yang lengkap, membuat Anda bisa mendapatkan akses terbaik untuk membuat presentasi berkualitas dengan mudah. Apabila sudah membuat presentasi di Prezi, hasilnya bisa langsung diunduh untuk dapat digunakan.

3. Academic Presenter

Jika sedang mencari aplikasi presentasi yang bisa diakses secara offline, Academic Presenter bisa jadi alternatif. Aksesnya cukup mudah dan fleksibel sehingga pengguna dapat memanfaatkannya secara optimal.

Hasil presentasi yang dibuat bisa langsung dibagikan secara online melalui blog atau email. Tampilan interfacenya dikemas secara sederhana sehingga setiap fiturnya dapat dipahami secara lebih mudah.

File editing bisa dikonversikan ke berbagai jenis file dengan format yang diinginkan. Silahkan langsung menentukan sendiri format file sebelum menyimpannya.

4. Slides

Aplikasi presentasi di laptop berbasis cloud ini memiliki tampilan yang user friendly sehingga sangat mudah untuk digunakan. Setiap fitur dapat dimanfaatkan dengan mudah untuk mendukung proses pembuatan presentasi.

Tidak hanya bekerja sendirian, koordinasi dengan tim juga bisa dilakukan secara lebih mudah lewat aplikasi ini. Untuk membuat presentasi terlihat menarik, pengguna bisa menambahkan GIF atau elemen lainnya langsung dari Unsplash dan Giphy.

Tema pilihan yang dihadirkan pada aplikasi ini cukup terbatas, sehingga tidak memiliki banyak pilihan. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan presentasi milik orang lain untuk bisa dijadikan sebagai template.

5. Visme

Berbeda dengan aplikasi presentasi lainnya yang dilengkapi dengan template dan fitur khusus. Namun Visme hadir konsep yang berbeda dengan kemampuan yang dapat mendukung proses pembuatan desain grafik seperti flyer, laporan, infografik, hingga GIF.

Selain itu, ada juga ribuan template yang bisa digunakan secara mudah. Ada juga elemen lainnya seperti peta, grafik, ikon, gambar, dan data widget yang bisa ditambahkan agar presentasi terlihat lebih menarik.

Pengguna juga bisa menambahkan video dan audio ke dalam presentasi secara simpel. Tersedia akses bebas yang memungkinkan pengguna dapat mengkombinasikan berbagai fitur yang tersedia dan bisa melakukan editing secara online lewat situs Visme.

Hasilnya bisa diunduh ke dalam berbagai format seperti video, powerpoint, dokumen, dan gambar.

6. Keynote

Aplikasi presentasi andalan Apple ini menghadirkan kemudahan bagi seluruh pengguna untuk dapat menciptakan konsep presentasi yang menarik. Tersedia sekitar 30 template professional yang bisa langsung dipilih dan diterapkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Tersedia juga fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menambahkan elemen lainnya seperti objek, foto, grafik, transisi, dan lainnya ke dalam presentasi. Apabila menggunakan aplikasi ini di iPad, pengguna bisa langsung membuat grafik dengan menggunakan pen khusus.

Fitur dukungannya sangat lengkap sehingga pengguna bisa membuat konsep presentasi yang lebih unik. Tersedia juga interaksi grafik dengan berbagai pilihan transisi yang menawan. Untuk sesama pengguna Keynote, kolaborasi bisa dengan mudah dilakukan.

Menariknya, Anda bisa langsung mempresentasikan hasilnya pada aplikasi yang sama. Keynote mendukung perangkat iPhone, Mac, PC Apple, dan iPad.

7. Canva

Platform desain yang satu ini sudah jadi unggulan banyak orang karena fiturnya sangat lengkap dan mudah digunakan.

Ada banyak sekali koleksi template untuk berbagai kebutuhan. Aplikasi presentasi Canva menyediakan template post media sosial, brosur, infografik, CV, dan masih banyak yang lainnya. Kategori template dibagi atas beberapa jenis dan bisa diakses secara mudah.

Anda hanya perlu memilih kategori untuk mendapatkan rekomendasi yang lebih lengkap, misalnya tema simple, modern, dan lainnya. Koleksi template Canva umumnya sangat unik dan terus di update sehingga pengguna bisa mendapatkan lebih banyak lagi rekomendasi.

Tersedia juga elemen lainnya seperti gambar, video, huruf, dan lainnya yang bisa ditambahkan ke presentasi sesuai dengan kebutuhan.

Ada juga elemen interaktif yang bisa dimanfaatkan. Editing bisa dilakukan di situs resmi Canva, tersedia dua pilihan akses yaitu gratis dan berbayar.

8. DigiDeck

Jika membutuhkan tools untuk membuat presentasi dalam waktu singkat, DigiDeck bisa jadi salah satu. Tools ini didesain untuk dapat bekerja secara efisien sehingga sangat mudah untuk digunakan.

Fitur menarik yang dihadirkan oleh tools ini adalah dapat terintegrasi secara langsung dengan layanan platform yang lainnya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna bisa memanfaatkan layanan yang tersedia secara leluasa untuk membuat presentasi menarik.

Berbagai koleksi template dalam berbagai kategori juga sudah tersedia di dalamnya. Pengguna hanya perlu memilih salah satu diantaranya untuk digunakan.

9. Haiku Deck

Selain dapat membantu dalam membuat media presentasi, aplikasi ini juga bisa mengubah slide menjadi lebih menarik dan powerfull. Dengan begitu informasi yang dihadirkan dalam presentasi dapat menyeluruh dan bisa disampaikan dengan cara yang menarik.

Dengan memanfaatkan aplikasi presentasi, bisa membantu dalam menghemat waktu dan dapat menyajikan bahan presentasi berkualitas secara mudah. Fiturnya hadir dengan konsep yang sederhana sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

Di aplikasi, pengguna dapat memilih gambar background yang sesuai dengan selera. Anda juga bisa menyisipkan kalimat atau kata sederhana pada bagian background slide. Hal ini yang nantinya akan menjadi fokus dari presentasi yang akan dibahas.

10. Google Slides

Seperti namanya, aplikasi presentasi ini merupakan layanan Google. Layanan ini sudah cukup populer karena memang kebanyakan orang sudah biasa dengan layanan Google yang beragam.

Meskipun tidak menghadirkan banyak pilihan template presentasi, namun Google Slides memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna untuk membuat presentasi dimana saja dan kapan saja. Pengguna bisa mendapatkan akses leluasa sesuai dengan kebutuhannya.

Interface aplikasi dikemas dengan simpel sehingga siapa saja bisa dengan mudah menggunakannya. Bahkan untuk para pemula, menu opsinya tidak akan sulit untuk diakses sehingga mampu menghadirkan sarana pembuatan presentasi secara maksimal.

Fitur yang dihadirkan oleh Google Slides bisa diakses melalui online maupun offline dengan mengunduh aplikasinya. Melalui Google Slides, pengguna bisa melakukan berkolaborasi secara real time dengan pengguna lainnya.

Hal tersebut tentu dapat mendukung proses pembuatan presentasi agar bisa dilakukan secara lebih mudah dan cepat bersama rekan.

11. SlideDog

Layanan SlideDog sangatlah menarik untuk digunakan karena dilengkapi dengan fitur yang mampu menggabungkan beberapa format file untuk dijadikan sebagai bahan presentasi. Diantaranya seperti PDF, Powerpoint, Excel, Word, hingga Prezi.

Fitur unggulan ini memberikan akses yang mudah bagi seluruh pengguna sehingga dapat membuat presentasi secara lebih cepat dan simpel. Untuk Anda yang menggunakan banyak bahan untuk melakukan presentasi, aplikasi ini bisa jadi pilihan terbaik.

Aplikasi alternatif presentasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur interaktif seperti audience feedback dan live chat. Fitur audience feedback bisa digunakan untuk meminta tanggapan dari presentasi yang dilakukan.

Sedangkan live chat bisa dimanfaatkan untuk dapat terhubung secara langsung dengan audience untuk melakukan tanya jawab.

12. Libre Office

Tampilan aplikasi presentasi ini mirip dengan PowerPoint sehingga pengguna tidak akan merasa canggung dan bisa melakukan penyesuaian secara lebih mudah. Aplikasi open source ini bisa digunakan secara gratis dan sudah mendukung 115 bahasa.

Pengguna bisa menyesuaikan sendiri pengaturan bahasa yang ingin digunakan. Keunggulannya adalah fiturnya lebih menarik dan sangat mudah untuk digunakan sehingga dapat jadi pilihan terbaik untuk membuat presentasi yang powerfull.

Selain mendukung sistem operasi Windows, layanan aplikasi juga bisa digunakan pada iOS, Mac, Android, dan Linux.

13. Venngage

Platform desain berbasis online ini memiliki fitur yang hampir mirip dengan Canva. Fiturnya sangat beragam sehingga bisa diandalkan untuk membuat slide presentasi yang bagus dan menawan.

Tidak hanya untuk membuat presentasi, platform ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat desain yang lainnya. Diantaranya seperti infografik, logo, sertifikat, sampai e-book.

Fiturnya yang lengkap mampu memberikan akses yang lebih fleksibel dan mudah bagi pengguna untuk membuat desain sesuai dengan keinginan. Koleksi template yang dihadirkan sangat banyak sehingga pengguna dapat menyesuaikannya dengan bahan presentasi secara mudah.

Tampilan aplikasi menerapkan konsep yang modern sehingga elemen presentasi bisa ditambahkan secara mudah.

Kekurangannya adalah tidak adanya fitur transisi karena memang platform ini tidak hanya fokus pada pembuatan slide presentasi saja. Fungsionalnya lebih berfokus terhadap tools desain untuk berbagai kebutuhan.

14. Beautiful.ai

Rekomendasi aplikasi presentasi alternatif berikutnya adalah Beautiful.ai. Platform ini dikembangkan memang khusus untuk mendukung kegiatan pembuatan presentasi. Jika menginginkan tools yang simpel dan mudah, aplikasi ini bisa sangat diandalkan.

Tersedia sekitar 8 tema. Meskipun menawarkan pilihan tema yang terbatas, namun ragam layout yang dihadirkan cukup banyak. Ada 60 layout yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Namun kekurangan dari layanan ini adalah pengguna tidak bisa melakukan kustomisasi sesuka hati.

Tata letak beberapa elemen juga tidak bisa diubah sehingga cenderung kaku. Tetapi jika menginginkan konsep aplikasi yang mudah digunakan dan fiturnya lengkap, layanan ini bisa jadi pilihan. Akses fiturnya sangat mudah digunakan melalui sistem online.

15. Ludus

Ketika merasa bosan menggunakan PowerPoint, Anda tentu bertanya apa saja aplikasi presentasi lainnya yang bisa dijadikan alternatif.

Jawabannya adalah Ludus. Fitur yang disediakan memungkinkan pengguna dapat melakukan kolaborasi dengan rekan kerjanya untuk dapat membuat presentasi secara real time.

Dengan begitu koordinasi bersama rekan kerja bisa dibangun secara lebih efisien untuk menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan.

Bukan hanya itu, pengguna juga bisa memilih media yang beragam dari Giphy hingga Unsplash secara mudah tanpa harus keluar dari aplikasi pembuat presentasi.

Akses elemen bisa didapatkan secara lebih mudah sehingga mampu memberikan dukungan yang optimal untuk membuat bahan presentasi. Tools dan fiturnya sangat fleksibel sehingga cocok untuk membuat presentasi yang menarik dan enak dilihat.

16. Focusky

Menghadirkan berbagai elemen saat presentasi merupakan keharusan. Hal tersebut dilakukan agar bisa memberikan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan. Dengan begitu audience tidak akan merasa bosan menyimak materi yang disampaikan.

Untuk dapat membuat presentasi yang menarik, Anda bisa mengandalkan berbagai fitur dan template yang disediakan oleh aplikasi tertentu. Contoh aplikasi presentasi adalah Focusky. Aplikasi ini terdiri dari dua versi sehingga bisa diunduh sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Apakah yang 32 bit atau 64 bit. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat secara mudah menyisipkan animasi, transisi, bagan, grafik, dan lainnya. Untuk membuat tampilan slide presentasi yang menarik, pengguna juga bisa memasukkan rekaman narasi, video, dan elemen lainnya.

Aplikasi ini sangat direkomendasikan karena dilengkapi dengan fitur cross platform, integrated with interaction designer, dan integrated with whiteboard animation.

17. FlowVella

Apabila ingin menghadirkan konsep presentasi yang berbeda dan lebih unik, cobalah untuk menggunakan FlowVella. Melalui fitur yang tersedia, pengguna bisa membuat presentasi seperti tampilan desain yang ada di website.

Ada banyak sekali koleksi template yang dibuat secara menarik dengan konsep profesional yang dapat secara mudah untuk digunakan. Terdapat navigasi bar yang bisa digunakan untuk menunjukkan berbagai media tanpa perlu meninggalkan halaman presentasi.

Hal tersebut memungkinkan pengguna bisa memilih media yang ingin ditambahkan secara mudah. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa memasukkan file PDF hingga video secara instan.

Rekomendasi aplikasi presentasi lain bisa dijadikan sebagai alternatif untuk dapat menghadirkan suasana yang berbeda dan unik. Fitur dan koleksi tema yang tersedia sangat beragam sehingga dapat disesuaikan secara mudah dengan selera dan tema pembahasan yang ingin disajikan.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan