18 Aplikasi PDF Gratis untuk PC, Fitur Lengkap dan Ringan!

Portable Document Format (PDF) merupakan suatu jenis dokumen yang saat ini sudah sangat sering digunakan. Untuk mengakses dan membuka file dokumen berformat PDF, diperlukan aplikasi PDF gratis untuk PC. Penggunaan dokumen ini sangat bervariasi.

Biasanya, para penggunanya menggunakan format PDF saat membuat jurnal, menciptakan majalah digital, mengirim tugas, dan sebagainya. Agar bisa mengakses file PDF yang diterima, sebaiknya segera download salah satu aplikasi pembaca file PDF yang mudah digunakan.

Daftar Aplikasi PDF Gratis untuk PC Windows dan Mac

Salah satu aplikasi paling terkenal untuk membuka dan membaca dokumen dengan format PDF adalah Adobe Reader. Padahal masih banyak lagi aplikasi lainnya yang bisa digunakan secara gratis. Di bawah ini rentetan aplikasi gratis yang bisa digunakan oleh pengguna PC untuk mengakses file PDF.

1. Sumatra PDF

Aplikasi pertama yang bisa dipertimbangkan adalah Sumatra PDF yang keunggulan utamanya adalah ukurannya yang sangat ringan. Aplikasi pembaca PDF yang satu ini juga mempunyai tampilan antarmuka yang sangat sederhana.

Selain itu, Sumatra PDF juga menghadirkan versi portable yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja dengan mudah. Tapi aplikasi pembaca PDF yang satu ini belum mempunyai fitur edit atau sunting. Tapi, tetap saja Sumatra PDF bisa menampilkan file PDF dengan lebih cepat.

Selain untuk membuka dan membaca file PDF, penggunanya juga bisa memakai aplikasi Sumatra PDF untuk mengakses file dengan format lainnya, misalnya CBR, CBZ, DjVU, XPS, CHM, FB2, Mobi, dan ePub. Sumatra PDF bisa dijalankan di perangkat dengan Windows 10 atau versi yang lebih tua.

2. Foxit Reader

Pilihan lainnya adalah Foxit Reader yang sangat bagus untuk membuka file PDF serta menciptakan file PDF. Aplikasi ini juga bisa diintegrasikan dengan akun Microsoft Office. Sehingga pengguna Foxit Reader bisa digunakan dengan mudah untuk mengubah file apapun menjadi file PDF.

Seperti halnya Sumatra PDF, Foxit Reader juga menampilkan antarmuka yang sederhana. Penggunanya bisa melakukan berbagai proses editing dengan mudah menggunakan Foxit Reader. Misalnya, pengguna Foxit Reader bisa menambah tanda tangan dan memberikan komentar pada file.

Foxit Reader juga menyediakan mode Safe Reading. Artinya, pengguna yang mencari pembaca PDF untuk laptop bisa mematikan Javascript dalam file PDF langsung ketika file PDF tersebut diunduh.

3. Nitro PDF Reader

Bagi yang ingin menggunakan aplikasi pembaca PDF dengan fitur yang cukup bervariasi, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi Nitro PDF Reader. Aplikasi yang tersedia gratis ini punya tampilan yang benar-benar menyerupai Microsoft Office.

Jadi, para pengguna Microsoft Office bisa langsung memahami seluruh menu yang ada di bagian ribbonnya. Kalau pengguna tidak ingin melihat tampilan Microsoft Ribbon pada aplikasi Nitro PDF Ribbon, ada menu khusus untuk memilih tampilan yang lain.

Berbagai fitur dalam aplikasi Nitro PDF Reader sangat bervariasi. Di dalamnya ada fitur unik seperti QuickSign. Fitur tersebut bisa menangkan tanda tangan digital kemudian menambahkannya ke file PDF. Aplikasi ini juga bisa dilakukan untuk mengubah file dari Word ke PDF dan lain sebagainya.

4. Adobe Acrobat Reader DC

Kemudian ada Adobe yang merupakan aplikasi pembaca PDF standar untuk laptop atau PC meskipun aplikasi ini bukan yang paling cepat. Sebagian file PDF yang lumayan kompleks hanya bisa diakses pada aplikasi khusus, misalnya saja aplikasi Adobe Reader ini.

Contoh file yang hanya bisa diakses di aplikasi Adobe adalah file PDF khusus yang diakses melalui Google Chrome. Adobe Reader termasuk salah satu aplikasi PDF gratis untuk PC yang fiturnya cukup lengkap. Salah satu fiturnya merupakan cloud saving.

Fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk menyimpan file PDF di layanan cloud, misalnya di Box, Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan lain sebagainya.

5. Slim PDF Reader

Para pengguna laptop dan PC yang mencari aplikasi ringan dan ramping wajib mempertimbangkan aplikasi Slim PDF Reader. Ukuran yang dimiliki oleh aplikasi ini kurang lebih hanya 1,5 MB saja. Kecepatan Slim PDF Reader dalam membuka file PDF sangat tinggi.

Karena ukuran aplikasinya yang sangat kecil membuat aplikasi pembaca PDF ini tidak mempunyai terlalu banyak fitur. Hanya ada beberapa fitur standar yang bisa ditemukan di aplikasi yang satu ini, misalnya saja fitur untuk komentar, membaca PDF, mengisi form PDF, dan menambah tanda tangan.

Untuk mengubah file dengan format lainnya ke format PDF, pengguna bisa menggunakan aplikasi Slim PDF Reader bersama dengan software tambahan.

6. Expert PDF Reader

App PDF lain yang bisa dipertimbangkan oleh para pengguna PC adalah Expert PDF Reader. Ukuran aplikasi yang satu ini juga cukup ringan dan membawa fitur yang cukup banyak. Dengan aplikasi yang satu ini, pengguna bisa mengisi dokumen PDF dan menandatanganinya.

Kelemahan aplikasi PDF yang satu ini adalah tidak bisa digunakan untuk mengubah file dari format lain menjadi format PDF. Aplikasi Expert PDF Reader juga tidak mempunyai keamanan yang ketat maupun mode baca bagi para penggunanya.

Meskipun demikian, aplikasi pembaca PDF yang satu ini hadir dengan ukuran yang terbilang minimalis dan tampilan antarmuka yang lebih mudah digunakan karena menyerupai Microsoft Word.

7. PDF-Xchange Viewer

Dibandingkan dengan beberapa aplikasi PDF gratis untuk PC yang lainnya, PDF-Xchange Viewer memang tidak sama ringan. Tapi aplikasi pembaca PDF yang satu ini cukup ringan dan cepat untuk digunakan. beberapa fitur menarik juga sudah ditambahkan ke dalam aplikasi yang satu ini.

Misalnya saja, ada fitur anotasi dan sunting dalam aplikasi pembaca PDF yang satu ini. Tapi, kalau pengguna membutuhkan proses yang lebih rumit, maka bisa jadi pengguna perlu menggunakan aplikasi pembaca PDF lain yang fiturnya lebih lengkap.

Fitur edit yang ditambahkan ke dalam aplikasi PDF-Xchange Viewer ini hanya berupa alat pengeditan mendasar saja dan tidak dirancang untuk proses pengeditan yang lebih kompleks. Gunakan Adobe Acrobat premium jika benar-benar memerlukan aplikasi PDF dengan fitur paling lengkap.

8. Built-In PDF Reader

Aplikasi yang berikutnya merupakan Built-In PDF Reader yang kecepatannya sangat memuaskan. Aplikasi pembaca PDF untuk laptop yang satu ini akan memudahkan para penggunanya dalam membaca dokumen PDF di aplikasi browser.

Pengguna tidak perlu repot mengunduh file PDF dan membukanya menggunakan aplikasi yang terpasang di komputer atau laptop. Built-In PDF Reader seringkali telah terpasang pada aplikasi web browser Google Chrome dan bisa digunakan secara otomatis.

File PDF yang diakses menggunakan aplikasi ini akan membuat tampilannya menyerupai halaman web. Dan akan muncul toolbar saat penggunanya mengarahkan kursor ke file PDF yang terbuka. Windows versi terbaru mempunyai fitur yang satu ini.

9. Xodo

Aplikasi selanjutnya bernama Xodo yang adalah suatu aplikasi Universal Windows Platform atau UWP. Artinya, aplikasi pembaca PDF yang satu ini sudah tersedia di seluruh laptop atau PC yang sistem operasinya adalah Windows 10. Selain itu, Xodo versi iOS dan Android juga sudah tersedia.

Dengan aplikasi Xodo, pengguna bisa membaca file PDF dan mengeditnya tanpa proses yang rumit. Xodo juga bisa digunakan untuk mengakses file ebook secara gratis. Berbagai fitur unik tersedia dalam aplikasi pembaca PDF yang satu ini. Salah satunya adalah untuk mengubah tampilan file PDF.

Pengguna juga bisa mencoret-coret dokumen, memberikan highlight, mengubah dokumen berwarna menjadi hitam putih, rotasi dokumen, dan sebagainya. Fiturnya yang sangat bervariasi tidak membuat dokumen yang satu ini menjadi berat.

10. STDU Viewer File PDF

STDU merupakan suatu aplikasi khusus untuk membaca file PDF yang juga bisa digunakan untuk membuka berbagai format dokumen lainnya secara gratis. Aplikasi yang satu ini bisa mendukung banyak sekali format dokumen, seperti WWF, JBIG2, DjVU, TIFF, serta XPS.

STDU juga bisa digunakan untuk mendukung file komik seperti CBZ atau CBR, TXT, FB2, DCX, EPub, AZW, MOBI, Palm Doc atau PDB, dan TCR. File gambar seperti PSD, EMF, WMF, PNG, GIF, JPEG, PCX, dan BMP juga bisa dibuka dengan menggunakan aplikasi STDU ini.

Pilihan bahasa yang tersedia dalam aplikasi STDU juga sangat bervariasi. Bahkan ada bahasa-bahasa lain seperti Perancis, Inggris, dan Rusia. Tampilan yang disediakan oleh STDU cukup menarik, ringan, modern, dan nyaman. Fitur tambahan dalam aplikasi yang satu ini juga sangat bervariasi.

11. Google Chrome

Aplikasi web browser yang satu ini memang tidak akan pernah gagal menyediakan yang dibutuhkan oleh setiap pengguna laptop. Salah satu kemampuan terbaik Google Chrome adalah membuka file dokumen yang formatnya cukup bervariasi, termasuk file PDF.

Aplikasi PDF gratis untuk PC yang satu ini bisa digunakan untuk membaca file PDF dengan ekstra mudah. Tinggal buka saja aplikasi File Eksplorer kemudian seret file PDF yang akan dibuka ke jendela Google Chrome maka file tersebut akan otomatis terbuka hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Cara lain untuk membuka file PDF tersebut adalah dengan mengklik kanan file tersebut kemudian memilih menu Open With. Selanjutnya pilih Google Chrome maka file PDF akan terbuka di aplikasi web browser tersebut.

12. LibreOffice

LibreOffice juga termasuk salah satu aplikasi pembaca PDF yang sangat multifungsi. Selain untuk mengakses file PDF, aplikasi yang satu ini juga bisa digunakan untuk membuka dan membaca file dengan format lainnya, yaitu CBZ, CBR, CHM, MOBI, XPS, ePub, dan DjVu.

Selain itu, LibreOffice juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan beberapa proses pengeditan. Fitur pengeditan ini bisa diakses oleh setiap penggunanya secara gratis tanpa harus melakukan pembelian atau pembayaran apapun.

13. Javelin PDF Reader

Pilihan berikutnya yang bisa dipertimbangkan oleh para pencari pembaca PDF gratis adalah Javelin PDF Reader yang sangat sederhana serta mempunyai ukuran yang sangat minimalis. Ukurannya hanya sebesar 2 MB saja sehingga tidak heran kalau fitur di dalamnya cukup terbatas.

Meskipun ukurannya sangat kecil, aplikasi pembaca PDF yang satu ini hadir dengan tampilan pengguna yang sangat bersih. Dengan tampilan yang bersih tersebut, pengguna bisa menikmati pembacaan PDF yang jauh lebih baik.

14. Soda PDF

Aplikasi khusus untuk membaca PDF yang satu ini juga merupakan alat yang bagus untuk mengubah atau mengedit file PDF. Soda PDF merupakan salah satu aplikasi pembaca PDF yang cukup banyak digunakan oleh para pengguna MacOS.

Fitur dalam aplikasi Soda PDF tidak bisa dikalahkan oleh aplikasi lainnya. Soda PDF memungkinkan penggunanya untuk menambahkan bentuk panah, bintang, atau bentuk lainnya. Selain itu, pengguna bisa membandingkan beberapa dokumen sekaligus dan menyoroti bedanya dalam konten.

Para pengguna aplikasi ini juga bisa menggunakannya untuk membuat formulir. Memasukkan kotak centak, skrip, tombol, atau bidang yang lain dengan mudah. Menandatangani dokumen juga sangat mudah untuk dilakukan dengan Soda PDF.

15. PhantomPDF

Masih merupakan saudara dari Foxit Reader, PhantomPDF mempunyai kemampuan yang mengungguli Foxit Reader. Misalnya, PhantomPDF bisa digunakan untuk memindai dokumen, mengubah format PDF ke format lainnya, dan menggabungkan atau membagi file PDF.

Bagi yang ingin mengkonversi file PDF, PhantomPDF bisa digunakan untuk mengubah file PDF menjadi JPEG atau PNG, HTML, PowerPoint, maupun Word. Semua ini dimungkinkan oleh teknologi ConnectedPDF dalam aplikasi pembaca PDF MacOS tersebut.

Dengan aplikasi yang satu ini, pengguna bisa mengamankan file PDF dengan menggunakan password. Selain itu, PhantomPDF juga mempunyai fitur untuk mencari serta menghapus teks yang sensitif untuk melindungi informasi dari pembaca yang tidak berhak.

16. Mozilla Firefox

Mirip dengan Google Chrome, Mozilla Firefox juga menyediakan fitur khusus untuk membuka dan mengakses file PDF. Selain sebagai mesin pencari, Firefox memungkinkan penggunanya untuk membaca file PDF dengan cukup mudah.

Cara membuka file PDF di aplikasi Mozilla Firefox sama dengan yang dijelaskan dalam poin 11. Salah satu caranya adalah dengan menyeret file PDF dari File Eksplorer ke jendela Mozilla Firefox yang sudah terbuka. Maka file PDF pun akan langsung terbuka dan bisa dibaca.

Cara lainnya adalah dengan mengklik kanan file PDF tersebut kemudian mengklik pilihan Open With dan memilih Mozilla Firefox. Cara yang kedua ini bisa diterapkan meskipun pengguna belum membuka jendela Mozilla Firefox.

17. Kofax Power PDF

Selanjutnya, ada aplikasi Kofax Power yang bisa dipakai untuk membaca file PDF dan melakukan berbagai tindakan. Misalnya, pengguna bisa membuat file PDF, mengubah file PDF, dan mengedit file PDF tanpa ada masalah. Membagikan dokumen PDF juga bisa dilaksanakan dengan sangat mudah.

Software Kofax ini juga sangat memudahkan pengguna untuk mengerjakan file PDF dengan lebih aman, mulus, dan efisien. Pengguna bisa memasang dan mengakses aplikasi ini di perangkat Mac maupun Windows. Fitur cloud dalam aplikasi Kofax memungkinkan penyimpanan yang fleksibel.

Pengguna bisa menyimpan dokumen di penyimpanan cloud kemudian mengaksesnya di perangkat yang lainnya.

18. Nuance Power PDF

Pilihan terakhir adalah Nuance Power PDF yang bisa dijalankan di perangkat Windows dan sudah banyak digunakan oleh para pebisnis. Biasanya, pebisnis menggunakan aplikasi yang satu ini untuk mengedit, membuat, membaca, dan membagikan file PDF.

Fitur lengkap dalam aplikasi Nuance Power PDF bisa digunakan untuk mendukung proses pengeditan. Misalnya saja, ada fitur tanda tangan, pengatur besar kecil ukuran file PDF, konversi file PDF, dan lain sebagainya. Sayangnya, app ini masih belum tersedia untuk komputer Mac dan Linux.

Ada 18 aplikasi PDF gratis untuk PC yang bisa diunduh dan digunakan dengan mudah. Penting untuk memilih salah satu yang ukuran dan speknya sesuai dengan perangkat yang digunakan oleh setiap pengguna. Temukan yang terbaik dengan membandingkan setiap aplikasi yang tersedia.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan