19 Drama Korea Hukum Terbaru, dari Kriminal sampai Perceraian

Drama Korea hukum atau biasa disebut dengan legal drama menjadi hiburan yang memiliki banyak peminat. Biasanya drama dengan genre hukum akan menyajikan cerita mengenai kehidupan pengacara atau jaksa dalam menangani sebuah kasus.

Selain itu, tayangan ini seringkali menghadirkan permasalahan mengenai politik, mafia, dan bisnis besar yang melibatkan hukum di dalamnya. Seringkali drama hukum diikuti disandingkan dengan genre horor dan thriller yang membuat cerita semakin menegangkan.

Daftar Drama Korea Hukum

Genre drama yang ditawarkan Korea Selatan memang cukup menarik biasanya. Khusus untuk drama dengan genre hukum biasanya mempunyai alur yang tidak mudah untuk ditebak. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda ketika melihat drama Korea dengan tema hukum dibandingkan tema romantis.

Berikut beberapa rekomendasi serial Korea dengan tema hukum yang menarik dan wajib Anda coba tonton:

1. Vincenzo

Siapa yang tidak kenal dengan Song Joong Ki? Mantan suami Song Hye Kyo ini memang namanya sangat populer sebagai bintang di Korea Selatan. Apalagi ketika ia membintangi drama yang sangat fenomenal dengan judul Descendant of The Sun.

Song Joong Ki dalam drama Vincenzo berperan sebagai seorang pengacara dari Italia sekaligus mafia. Ia datang ke Korea Selatan untuk menjalankan suatu misi, namun berakhir dengan menumpaskan berbagai kejatahan sekaligus.

Drama ini menjadi campuran antara genre hukum, action, dan komedi. Setiap episode memiliki kejutan dan plot twist yang tidak terduga, membuat penonton terus terjaga dan ingin tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Selain itu, akting Song Joong-ki sebagai Vincenzo sangatlah mengesankan. Dia dengan sempurna menggambarkan karakter yang kuat, cerdas, dan karismatik. Drama yang berjumlah 20 episode ini berhasil meraih rating 10,4 persen dan menjadi serial populer di awal tahun 2021.

2. Touch Your Heart

Touch Your Heart menjadi drama Korea hukum yang juga mengusung tema komedi dan romantis. Lee Dong Wook berperan sebagai Kwon Jung Rok yang merupakan seorang pengacara elite. Dikatakan sebagai pengacara elite karena ia selalu bekerja dengan keras.

Selain itu, kasus yang ditangani olehnya selalu mengalami kemenangan karena ia mementingkan firma tempatnya bekerja. Suatu ketika ia memperoleh klien Oh Jim Shim (Yoo In Na) yang merupakan seorang aktris.

Tugas Jung Rok ialah membersihkan nama sang klien, namun mereka malah saling jatuh cinta. Banyak kejadian yang mengejutkan setelah mereka bersama.

3. Law School

Dilihat dari judulnya saja sudah jelas bahwa drama ini mempunyai tema hukum. Berjumlah 16 episode, drama ini selesai ditayangkan pada tanggal 9 Juni 2021. Diceritakan seorang mahasiswa hukum di Universitas Hankuk, yakni Han Joo HWi.

Ia dikenal sebagai mahasiswa yang cerdas dan sejak kecil mempunyai mimpi sebagai jaksa. Han Joo Hwi diperankan oleh aktor tampan bernama Kim Bum. Selain itu, diceritakan juga tentang Yang Joong Hoon yang diperankan oleh Kim Myung Min.

Ia adalah professor pada kampus tempat Joo Hwi belajar dan sekaligus merupakan mantan jaksa. Suatu ketika Han Joo Hwi menjadi tersangka dari kasus pembunuhan Seo Byung Ju. Cerita semakin menegangkan ketika ia berupaya mencari dalang sebenarnya dari kasus pembunuhan tersebut.

4. Suits

Suits menceritakan tentang pengacara yang diperankan oleh aktor tampan, yakni Park Hyung Sik. Nama pengacara tersebut ialah Go Yeon Woo yang masih junior, namun menjadi sosok yang sangat jenius.

Choi Kang Seok (Jang Dong Gun) adalah pengacara legendaris yang merekrut Go Yeon Woo karena kemampuan yang dimilikinya. Sebenarnya drama Suits adalah adaptasi dari salah satu serial TV di Amerika Serikat karya Aaron Korsh.

Meskipun merupakan drama adaptasi, namun alur cerita dikemas dengan sangat menarik. Selain itu, Park Hyung Sik sendiri menunjukkan aktingnya dengan menawan sebagai pengacara cerdas. Berkat drama ini Hyung Sik berhasil membawa pulang piala Netizen Awards pada KBS Dramm Awards tahun 2018.

5. Hyena

Drama ini menceritakan kisah pengacara yang ambisius dan kompetitif yang bekerja di firma hukum elit. Kim Hye-soo memerankan karakter utama, Jung Geum-ja, seorang pengacara yang cerdas, karismatik, dan siap melakukan apa saja untuk mendapatkan kemenangan.

Dia berhasil membawa kehidupan pada karakter ini dan menampilkan sisi emosional yang mendalam. Joo Ji-hoon yang memerankan karakter Yoon Hee-jae, seorang pengacara dengan latar belakang yang kaya.

Intrik dan plot twist yang terjadi dalam setiap episode membuat penonton terus terjaga dan ingin tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Drama ini menggambarkan sisi gelap dan korupsi di dalam sistem hukum, sambil menyoroti konflik moral yang dihadapi oleh para pengacara.

6. Suspicious Partner

Drama Korea hukum yang selanjutnya kali ini juga menyajikan cerita semi komedi dan romantis. Dikisahkan seorang jaksa yang beralih profesi menjadi pengacara, yakni Noh Ji Wook yang diperankan oleh Ji Chang Wook.

Posisinya sebagai jaksa hilang diakibatkan ia membela Eun Bong Hee yang diperankan oleh Nam Ji Hyun. Bong Hee adalah wanita yang ditemui Ji Wook ketika berada di gerbong kereta dan sempat terseret pada kasus pembunuhan.

Dua tahun kemudian mereka harus saling melawan sebagai seorang pengacara ketika menangani suatu kasus. Tanpa disadari mereka memperoleh ancaman yang berasal dari psikopat yang sebelumnya mengintasi Eun Bong Hee.

7. I Can Hear Your Voice

Drama ini menceritakan tentang seorang pengacara bernama Jang Hye-sung (Lee Bo-young) yang memiliki kemampuan mendengar suara orang lain, termasuk suara seseorang yang sudah meninggal.

Dia bertemu dengan seorang pemuda bernama Park Soo-ha (Lee Jong-suk), yang memiliki kemampuan telepati dan berusaha melindungi Hye-sung dari berbagai ancaman. I Can Hear Your Voice menawarkan kisah yang manis dan mengharukan antara Jang Hye-sung dan Park Soo-ha.

Kedekatan mereka yang tumbuh seiring berjalannya waktu dan upaya Soo-ha untuk melindungi Hye-sung memberikan sentuhan romantic. Drama ini berhasil menyampaikan pesan tentang pentingnya memiliki suara yang didengar di tengah masyarakat yang sering tidak adil.

8. Lawless Lawyer

Drama yang disutradarai oleh Kim Jin Min ini menceritakan tentang mantan anggpta gangster yang beralih profesi menjadi pengacara. Bong Sang Pil yang diperankan oleh Lee Joon Ki sedang mencari kebenaran dengan kembali ke tempat asalanya.

Dimana kebenaran yang dicari oleh Sang Pil ialah mengenai siapa yang menjadi dalang pembunuhan ibunya. Sang Pil akrab dengan dunia kekerasan karena sempat dititipkan kepada seorang gangster yang merupakan saudara ibunya.

Adapun Ha Jae Yi yang diperankan oleh Seo Ye Ji merupakan seorang pengacara tangguh. Ia kehilangan ibunya sejak masih kecil. Jae Yi dan Sang Pil bekerja sama untuk mengungkap dalang kematian orang tua masing-masing.

9. Partner for Justice

Partner for Justice dirilis pada Mein 2018 dan mempunyai jumlah episode sebanyak 32. HB Entertainment memproduksi drama ini dengan genre campuran antara law, medical, misteri, dan crime.

Oleh sebab itu, tidak heran jika drama ini mempunyai alur cerita yang sangat menegangkan dan menyeramkan. Baek Beom adalah seorang dokter bedah toraks yang pindah ke bagian forensic karena adanya tuduhan malpraktik kepadanya.

Sifat Baek Beom sejak dipindahkan menjadi lebih dingin dan kehidupannya berubah cukup drastis. Eun Sol merupakan putri seorang pengcara terkenal yang tidak memperoleh apresiasi baik dari orang tuanya.

Kemudian Eun Sol bekerja sama untuk menangani kasus Baek Beom untuk membuktikan kepada ayahnya bahwa ia juga handal dalam bidang hukum.

10. While You Were Sleeping

Drama Korea hukum yang satu ini tidak hanya menyuguhkan cerita mengenai hukum saja, namun juga kisah cinta. Diperankan oleh bintang yang sangat terkenal, yakni Bae Suzy sebagai Nam Hong Joo dan Lee Jong Suk sebagai Jung Jae Chan.

Sejak saat masih kecil Hong Joo mempunyai kemampuan untuk melihat masa depan melalui mimpi yang dialaminya. Jung Jae Chan adalah seorang jaksa yang juga mempunyai kemampuan sama seperti Hong Joo ketika sudah dewasa.

Hong Joo dan Jae Chan bekerja sama untuk menangani berbagai kasus dengan dibantu mimpi-mimpi yang mereka alami. Banyak cerita menegangkan yang melibatkan hukum pada drama tersebut.

11. Remember

Remember mengisahkan tentang Seo Jin-woo (Yoo Seung-ho), seorang pria muda yang menderita penyakit Alzheimer. Dia berusaha membalas dendam atas ayahnya yang salah dituduh membunuh seseorang, sambil berjuang melawan penyakit yang semakin merusak ingatannya.

Drama ini menggambarkan betapa pentingnya ingatan dan keadilan dalam hidup seseorang. Plotnya yang penuh teka-teki, intrik hukum, dan konspirasi menghadirkan ketegangan bagi penoton.

Adapun Park Dong-ho (Park Sung-woong), seorang pengacara jujur yang membantu Jin-woo dalam perjuangannya. Kedekatan dan kepercayaan mereka satu sama lain memberikan sentuhan emosional yang kuat dalam cerita.

12. Juvenile Justice

Shim Eun Seok diceritakan dalam drama ini sebagai sosok hakim pengadilan anak yang mempunyai sifat dingin. Menurutnya anak dibawah umur yang terlibat dalam tindakan kriminal harus memperoleh hukuman yang setimpal.

Juvenile Justice menjadi salah satu drama Korea hukum yang disutradarai oleh Hong Jong Chan dan rilis pada tahun 2022. Eun Seok berubah menjadi sangat emosional ketika sedang menyidang remaja yang melakukan kejahatan pornografi.

Hal tersebut dilakukan olehnya karena kenakalan remaja di masa lampau mengakibatkan putra kesayangannya meninggal. Akan tetapi, Eun Seok seringkali merasa kesal karena hukum tentang anak masih longgar sehingga banyak remaja yang terbebaskan.

13. One Ordinary Day

One Ordinary Day menjadi salah satu drama dengan campuran genre law, misteri, dan thriller. Tidak heran jika alur cerita di dalam drama ini mampu membuat penonton tegang dan terus terjaga ketika menyaksikan.

Drama yang rilis di tahun 2021 ini dibintangi oleh Kim Soo Hyun, Kim Sung Kyu, Cha Seung Woon, Kim Shin Rok, dan Kim Hong Pa. Diceritakan seorang mahasiswa bernama Kim Hyun Soo yang mempunyai hobi berkumpul dengan temannya.

Hyun Soo terjebak dengan seorang wanita ketika ia pergi menggunakan mobil taksi milik ayahnya. Bahkan ia sempat bercinta dengan wanita tersebut serta mengonsumsi obat terlarang. Kemudian ia dikagetkan dengan tewasnya wanita yang bersamanya dan Hyun Soo pun menjadi tersangka.

14. Class of Lies

Class of Lies merupakan salah satu drama yang premisnya berhubungan dengan fenomena bullying pada anak sekolah. Konflik yang disajikan pada drama ini tidak kalah seru dengan drama Korea hukum lainnya.

Diceritakan Kim Moo Hyeok seorang pengcara yang melakukan penyamaran sebagai guru SMA. Tujuan penyamaran yang dilakukannya tersebut ialah untuk mengungkap kasus kematian dari Jung Soo A.

Ternyata kematian Jung Soo A melibatkan beberapa temannya yang ada di SMA tersebut. Pelakunya ialah anak orang kaya yang menguasai sekolah karena memperoleh perlakuan khusus. Banyak alur cerita yang mencekam sehingga dapat dikatakan drama ini merupakan campuran dari genre law, thriller, dan misteri.

15. Innocent Defendant

Drama ini mengisahkan tentang Park Jung-woo (Ji Sung), seorang jaksa yang tiba-tiba terbangun di dalam penjara. Jung Woo dituduh melakukan pembunuhan dantidak ingat sama sekali bahwa dia melakukannya.

Dia harus mencari bukti dan mengungkap kebenaran untuk membersihkan namanya. Cerita dalam Innocent Defendant penuh dengan kejutan dan teka-teki yang membuat penonton terus terjaga dan penasaran.

Setiap episode mengungkap lapisan-lapisan baru dari misteri yang melibatkan karakter-karakter yang kompleks. Alur cerita yang terstruktur dengan baik dan twist yang tak terduga membuat drama ini menegangkan dan membuat penonton terus terlibat.

16. The Law Cafe

The Law Cafe adalah salah satu drama Korea dengan genre hukum yang cukup unik alurnya. Kim Yu Ri yang diperankan oleh Lee Se Young adalah seorang pengacara yang akan membeli tanah untuk membangun firma hukum.

Dimana firma hukum yang akan dibangun Yu Ri ini mempunyai konsep seperti kafe. Ternyata tanah yang dibelinya ini milik Kim Jeong Ho yang diperankan oleh Lee Seung Gi yang merupakan teman Yu Ri saat sekolah dan sekaligus mantan jaksa.

Sejak saat itu mereka justru terlibat bersama dalam menangani berbagai kasus yang berkaitan dengan hukum. The Law Cafe berjumlah 16 episode dan dapat Anda tonton di VIU.

17. Confension

Drama Korea hukum yang satu ini mengisahkan tentang Choi Do-hyun (Lee Jun-ho), seorang pengacara yang berjuang untuk membersihkan nama ayahnya yang salah dituduh melakukan pembunuhan bertahun-tahun yang lalu.

Dalam perjalanannya, ia berhadapan dengan konspirasi, intrik, dan rahasia yang tersembunyi. Setiap episode mengungkap lapisan baru dari misteri yang melibatkan karakter-karakter yang beragam.

Penonton akan terus tertarik dan penasaran dengan perkembangan cerita yang terjadi, serta berusaha memecahkan teka-teki yang dihadirkan. Drama ini juga menggambarkan sisi gelap sistem peradilan dan mengeksplorasi moralitas dan integritas karakter-karakternya.

18. Divorce Attorney Shin

Shin Sung Han (Cho Seung Woo) adalah seorang professor musik dengan fokus studi piani di Jerman. Suatu hari Sung Han kembali ke negara Korea Selatan karena alasan tertentu dan berganti profesi menjadi pengacara di bidang perceraian.

Banyak kasus permasalahan perceraian yang dihadapi oleh Shin Sung Han selama menjadi pengacara. Anda dapat menyaksikan drama dengan jumlah 12 episode ini melalui Netflix.

19. Why Her?

Why Her merupakan drama dengan kombinasi genre law, romance, crime, thriller, dan melodrama. Diceritakan tentang Oh Soo Jae yang merupakan pengacara lulusan SMA dan mempunyai sifat tangguh.

Seringkali Oh Soo Jae mendapat nilai yang kurang bagus sebagai seorang pengacara. Hal dikarenakan semata-mata ia hanya lulusan SMA.

Hampir semua drama Korea hukum tersebut mempunyai alur cerita yang menegangkan dan seru. Genre hukum menjadi genre yang biasa pada drama Korea, namun hingga saat ini masih mempunyai peminat yang sangat banyak.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan