4 Cara Cek Pajak Kendaraan Online (Semua Wilayah) Terbaru

Cek pajak kendaraan perlu dilakukan oleh para pemilik kendaraan bermotor untuk memastikan pembayaran pajak dilakukan tepat waktu. Pada dasarnya pajak kendaraan wajib dibayarkan setiap tahun oleh pemilik kendaraan.

Selain merupakan kewajiban, membayar pajak tepat waktu juga akan membuat kamu terhindar dari denda dan memastikan STNK tetap aktif. Nominal pajak kendaraan bermotor ditentukan berdasarkan nilai jual kendaraan bermotor yang bersangkutan.

Pajak kendaraan bermotor mungkin lebih mahal ketika seseorang memiliki kendaraan lebih dari satu atau sering dikenal dengan pajak progresif. Contohnya kepemilikan kendaraan pertama dikenakan biaya 1-2%, sedangkan kepemilikan selanjutnya dikenakan biaya 2-10%.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online

Pemilik kendaraan sangat dianjurkan untuk dapat melakukan cara cek kendaraan untuk mendapatkan informasi terkait biaya pajak kendaraan baik motor maupun mobil. Kini kamu dapat dengan mudah melakukan pengecekan tersebut secara online via hp.

Saat ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek pajak mobil atau motor secara online. Berikut ini adalah ulasan lengkap untuk caranya.

1. Mengecek Pajak Motor atau Mobil Via Web Samsat

Ini adalah cara paling mudah untuk mengecek pajak motor atau mobil secara online yaitu melalui website Samsat. Selain dapat mengetahui biaya pajak kendaraan, kamu juga dapat mengakses berbagai informasi penting lainnya dari website ini, termasuk tanggal jatuh tempo pajak.

Namun yang perlu diperhatikan adalah website Samsat di setiap wilayah mungkin berbeda-beda. Berikut ini langkah-langkah untuk mencegak pajak kendaraan melalui website Samsat.

a. Buka Website Samsat

Melalui ponsel pintar, kamu bisa membuka situs resmi Samsat di laman samsat.info. Di sana terdapat daftar situs samsat berbagai daerah yang dapat dipilih sesuai dengan daerah tempat tinggal atau kendaraan yang akan dicek pajaknya.

Kamu cukup masuk ke situs https://samsat.info/index-desktop.html. Dari daftar samsat daerah yang muncul, klik daerah yang kamu pilih. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke laman samsat sesuai daerah yang dipilih.

Atau jika kamu ingin mengakses situs resmi Samsat dari laptop, kamu juga dapat mengakses situs resmi sesuai dengan daerahnya misalnya untuk DKI Jakarta di laman www.jakarta.go.id/e-samsat

b. Masukkan Data Kendaraan

Jika sudah berhasil masuk ke laman resmi, isi data kendaraan agar dapat mengetahui biaya pajak kendaraan dan jatuh temponya. Isi nomor polisi motor atau mobil yang akan dicek status pajaknya serta NIK di kolom yang disediakan di situs tersebut. Klik untuk proses selanjutnya.

c. Cek Biaya Pajak

Selanjutnya, informasi terkait jumlah kewajiban pajak yang harus dibayar akan muncul. Perlu dicatat bahwa biaya yang muncul di website tersebut tidak termasuk pajak progresif dan denda keterlambatan.

2. Cek Pajak Via Aplikasi Sambara

Saat ini Samsat juga sudah menyediakan aplikasi khusus untuk memudahkan para pemilik kendaraan untuk mengecek pajak motor atau mobil secara online. Aplikasi e-Samsat tersebut dapat dicari di Google Playstore dengan nama Sambara.

Selain dapat digunakan untuk mengecek pajak, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan menu lain yang berkaitan dengan pajak kendaran. Berikut ini langkah-langkah cara cek pajak kendaraan melalui aplikasi Sambara.

a. Download Aplikasi Sambara

Pastikan hp kamu memiliki koneksi internet dan memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menginstal aplikasi baru. Di Google Playstore, cari aplikasi Samsat Online Nasional atau Sambara.

b. Login atau Registrasi

Jika sudah berhasil mengunduh Sambara, login atau registrasi dengan mengisi data diri dan informasi terkait kendaraan. Pastikan kamu tidak salah ketika memasukkan NIK maupun nomor polisi kendaraan yang akan dicek pajaknya.

c. Pilih Bagian Pendaftaran

Aplikasi Sambara telah dilengkapi dengan beberapa pilihan menu. Pilih menu Pendaftaran untuk mengetahui biaya pajak kendaraan kamu. Di menu tersebut kamu dapat mengikuti instruksi untuk mengisi formulir sehingga dapat melakukan pengecekan pajak kendaraan.

d. Mengisi Formulir

Lengkapi formulir sesuai dengan informasi yang diminta. Setelah itu, kamu akan memperoleh informasi seperti tanggal jatuh tempo pajak kendaraan, dan nilai pajak yang harus dibayar.

e. Memilih Opsi Pembayaran

Setelah mendapatkan informasi tersebut, kamu juga akan menerime kode bayar perbankan dan pilihan pembayaran jika ingin membayar pajak tersebut. Saat ini pembayaran pajak kendaraan sudah dapat dilakukan melalui bank-bank yang telah bekerjasama dengan Samsat.

3. Cek Pajak Mobil/Motor Via Aplikasi Signal – Samsat Digital Nasional

Selain Sambara, saat ini juga terdapat aplikasi Signal atau Samsat Digital Nasional yang dapat diunduh secara gratis oleh pengguna Android maupun pengguna iOs. Aplikasi ini selain dapat digunakan untuk cek pajak kendaraan juga dapat memudahkan melakukan pembayaran.

Tetapi untuk menggunakannya, kamu wajib melakukan registrasi terlebih dahulu sesuai dengan petunjuk yang telah disediakan oleh aplikasi ini. Setelah melakukan pendaftaran, kamu juga perlu mendaftarkan kendaraan yang akan dicek dan dibayarkan pajaknya.

Masukkan nomor registrasi kendaraan bermotor atau NRKB dan nomor kode rangka kendaraan. Jika kendaraan yang akan dicek adalah milik anggota keluarga yang masih satu KK, maka kamu perlu memasukkan NIK milik anggota keluarga yang bersangkutan dan mengupload foto e-KTP nya.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Signal.

  • Download aplikasi SIGNAL dari hp kamu melalui Google Playstore untuk pengguna Android dan AppStore untuk pengguna Iphone.
  • Setelah berhasil didownload, buka aplikasi Signal tersebut
  • Lakukan regsitrasi akun dengan mengisi nama sesuai KTP, NIK, nomor hp, alamat email, dan mengatur password yang akan digunakan
  • Upload foto e-KTP
  • Unggah swafoto untuk verifikasi biometric wajah
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor yang sudah kamu daftarkan tadi.
  • Setelah berhasil regsitrasi, verifikasi ulang dengan mengklik tautan yang dikirimkan ke email yang kamu daftaran.

4. Cek Pajak Kendaraan Via SMS

Jika kamu tidak ingin repot-repot melakukan pengecekan via web atau aplikasi, cara lainnya untuk cek pajak motor atau mobil adalah melalui SMS. Namun cara ini hanya dapat dilakukan untuk memeriksa pajak tahunan kendaraan, bukan pajak 5 tahunan.

Selain itu, pengecekan pajak via SMS saat ini hanya berlaku di beberapa daerah saja seperti Jakarta, DIY, Jawa Timur, dan Jawa Barat.  Untuk mengecek pajak via SMS, kamu cukup mengetikkan kode provinsi kemudian diikuti nomor plat kendaraan.

Contoh kode pengecekan pajak kendaraan untuk wilayah Jakarta adalah dengan kode METRO. Sedangkan untuk wilayah Jawa Barat menggunakan kode POLDAJBR. Jadi untuk mengecek pajak, kamu bisa kirim SMS dengan format METRO<Spasi>B1188SKG kemudian kirim ke nomor 1717.

Untuk pemilik kendaraan di wilayah Yogyakarta, kamu juga dapat melakukan pengecekan pajak kendaraan via SMS dengan kode DIY. Formatnya SMSnya adalah DIY<spasi>nomorkendaraan. Misalnya DIY AB/1011/KC kirim SMS tersebut ke 9600 dan tunggu SMS balasannya.

Setelah kamu berhasil mengecek pajak mobil/motor dengan langkah-langkah di atas, pastikan untuk melakukan pembayaran pajak sebelum jatuh tempo agar tidak terkena denda. Saat ini denda keterlambatan untuk pajak mobil dapat mencapai 25% selama satu tahun.

Membayar pajak pada dasarnya adalah kewajiban seluruh pemilik kendaraan bermotor. Dengan kemudahan cara cek pajak kendaraan yang ditawarkan oleh Samsat, resiko keterlambatan pembayaran seharusnya dapat diminimalisir.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan