4 Cara Membuat Polling di Grup Whatsapp Semua Anggota Bisa Vote

4 Cara Membuat Polling di Grup Whatsapp Semua Anggota Bisa Vote
4 Cara Membuat Polling di Grup Whatsapp Semua Anggota Bisa Vote

Mello.id – 4 Cara Membuat Polling di Grup Whatsapp,  WhatsApp terus berusaha untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para penggunanya. Salah satu upaya mereka dalam meningkatkan fungsionalitas aplikasinya adalah dengan memperkenalkan fitur-fitur baru yang relevan dan berguna. Salah satu contoh fitur terbaru yang telah diperkenalkan oleh WhatsApp adalah fitur polling. Fitur ini, meskipun tergolong baru, telah membawa dampak positif yang signifikan, terutama bagi pengguna yang aktif dalam grup chat.

Dengan adanya fitur polling di WhatsApp Group, pengguna kini memiliki cara yang lebih mudah dan efektif untuk melibatkan anggota grup dalam proses pengambilan keputusan. Fitur ini memungkinkan anggota grup untuk membuat jajak pendapat atau survei sederhana mengenai berbagai topik, seperti rencana acara, lokasi pertemuan, atau pilihan-pilihan lainnya. Anggota grup dapat memberikan suara mereka dan hasilnya akan terlihat dengan jelas dalam bentuk persentase, sehingga memudahkan dalam menentukan pilihan yang paling populer.

Pentingnya cara membuat polling di WhatsApp Group tidak dapat diabaikan, terutama dalam konteks kerjasama kelompok atau komunitas yang memerlukan keputusan bersama. Fitur ini tidak hanya membantu dalam memutuskan pilihan terbaik, tetapi juga meningkatkan interaksi dan partisipasi aktif antara anggota grup. Ini adalah contoh bagaimana teknologi bisa memberikan solusi praktis dalam pengelolaan kelompok, bahkan dalam lingkup yang lebih informal seperti grup chatting.

Dalam era informasi dan kolaborasi seperti sekarang, kemampuan untuk mengambil keputusan secara cepat dan efisien adalah hal yang sangat dihargai. Dengan fitur polling di WhatsApp Group, proses ini menjadi lebih mudah dan transparan. Kehadiran fitur ini juga menunjukkan komitmen WhatsApp dalam memberikan solusi yang relevan dan berdampak bagi pengguna aplikasinya. Oleh karena itu, bagi para pengguna aktif WhatsApp Group, penting untuk memahami dan memanfaatkan fitur polling ini untuk meningkatkan produktivitas dan interaksi dalam grup chat mereka.

Mengenal Fitur Polling di Whatsapp

Sebelum membahas tentang cara membuat polling di Whatsapp Group, mari berkenalan dengan fitur polling di Whatsapp terlebih dahulu. Polling adalah salah satu fitur baru di Whatsapp yang memungkinkan pengguna melakukan pengambilan suara untuk menentukan keputusan.

Fitur polling di aplikasi chatting tidak muncul pertama kali di Whatsapp. Jauh sebelum Whatsapp, Telegram sudah lebih dulu memperkenalkan fitur polling. Selain di aplikasi chatting, polling juga bisa ditemukan di beberapa aplikasi media sosial seperti Twitter dan Instagram.

Cara kerja fitur polling di Whatsapp cukup sederhana. Semua anggota grup bisa membuat polling dengan memasukkan pertanyaan dan daftar pilihannya. Kemudian semua anggota grup bisa memilih satu atau lebih dari opsi yang tersedia dengan cara klik.

Dalam setiap polling, Whatsapp mengizinkan pengguna menambahkan hingga 12 opsi berbeda. Pengguna pun bisa memilih salah satu atau lebih pilihan, tergantung pada pengaturan yang dipilih oleh pembuat polling.

Cara Membuat Polling di Whatsapp Group

Karena sudah tahu apa itu fitur polling di Whatsapp, sekarang adalah saatnya untuk mempelajari cara membuatnya.

1. Buka Grup

Pertama, silakan buka aplikasi Whatsapp dan masuk ke grup yang akan dibuat polling. Untuk lebih mudah menemukannya, silakan gunakan fitur pencarian atau search.

2. Buat Polling

Jika sudah menemukan grup yang dimaksud, silakan mulai buat polling mengikuti tutorial yang diberikan di bawah ini.

  • Klik pada ikon attachment atau lampiran yang ada samping text box
  • Setelah itu, silakan pilih Poll
  • Masukkan pertanyaan atau judul polling pada kolom paling atas yaitu Question
  • Kemudian masukkan pilihan pertama, kedua, dan seterusnya pada kolom teks yang ada di bagian bawahnya atau di bagian Options. Total opsi yang bisa diberikan adalah 12
  • Jika anggota grup hanya bisa memilih 1 opsi, silakan nonaktifkan toggle pada opsi Allow multiple answers
  • Namun opsi Allow multiple answers bisa diaktifkan jika anggota grup bisa memilih lebih dari 1 jawaban
  • Kalau sudah selesai menyusun pertanyaan, silakan klik tombol Send untuk mengirimkannya ke grup

3. Anggota Grup Mengisi Polling

Ketika polling sudah selesai dibuat dan dikirimkan ke grup, anggota bisa mulai menentukan pilihannya masing-masing. Caranya tinggal klik saja pada opsi yang ingin dipilih.

Pengguna juga bisa membatalkan pilihannya dengan klik kembali pada opsi yang sudah dipilih. Kemudian tinggal klik pada opsi lainnya untuk mengganti pilihan. Whatsapp tidak menyediakan batas waktu maksimal untuk polling sehingga anggota grup bisa mengubah pilihan kapan saja.

4. Lihat Hasilnya

Untuk mengetahui hasil pengambilan suara yang sudah dilakukan menggunakan Polling di Whatsapp, caranya sangat mudah. Tinggal klik saja pada menu View votes. Menu ini bisa diakses oleh semua anggota grup, tidak hanya admin maupun pembuat polling itu sendiri.

Nantinya, akan terlihat secara detail suara yang didapatkan untuk setiap pilihan. Akan terlihat pula siapa saja yang memilih setiap opsinya.

Manfaat Polling di Whatsapp

Kehadiran fitur polling di Whatsapp benar-benar memberikan manfaat yang besar untuk sebuah grup, antara lain:

1. Melibatkan Seluruh Anggota Grup

Dengan adanya polling, seluruh anggota di dalam grup akan terlibat untuk memberikan suara atau pendapatnya. Secara otomatis, hal ini akan meningkatkan keterlibatan dan interaksi antar anggota grup. Bahkan bisa menjadi trigger bagi anggota grup yang jarang muncul untuk menyampaikan pendapatnya.

2. Diskusi Lebih Teratur

Sebelum fitur polling diperkenalkan dalam WhatsApp, pengguna sering menghadapi kendala dalam melakukan pemungutan suara di dalam grup. Alternatif yang tersedia saat itu adalah menggunakan pesan berantai atau menciptakan polling secara manual menggunakan pesan teks.

Metode ini tentu saja memiliki keterbatasan dan ketidakefektifan. Pertama-tama, terdapat potensi terjadinya suara ganda atau duplikasi suara. Ketika anggota grup memberikan suara, pesan tersebut akan dikirimkan sebagai pesan baru, yang berarti ada risiko beberapa anggota memberikan suara lebih dari sekali. Kondisi ini dapat merumitkan proses dan mengganggu hasil akhir dari pemungutan suara.

Kemudian, alternatif ini dapat menjadi faktor spam di dalam grup. Pesan-pesan baru yang dikirim setiap kali ada anggota yang memberikan suara dapat mengakibatkan gangguan dalam alur percakapan dan membanjiri ruang obrolan dengan pesan-pesan yang tidak perlu.

Dengan diperkenalkannya fitur polling dalam WhatsApp Group, semua kendala ini dapat diatasi dengan efektif. Proses diskusi dalam grup menjadi lebih teratur, lebih akurat, dan lebih efisien. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat polling dengan jelas dan spesifik, mengumpulkan suara tanpa risiko suara ganda, serta menghindari kekacauan yang disebabkan oleh pesan berulang-ulang.

Dengan kata lain, hadirnya fitur polling dalam WhatsApp Group memberikan solusi yang lebih canggih, praktis, dan efisien dalam melakukan pemungutan suara di dalam kelompok. Fitur ini membantu meningkatkan kualitas komunikasi dan kerjasama di dalam grup, serta menyederhanakan proses pengambilan keputusan secara kolektif.

3. Mengetahui Suara Mayoritas

Dengan fitur polling, pengguna akan dengan mudah mengetahui suara terbanyak yang diberikan oleh anggota grup. Indikator suara dan persentasenya bisa dilihat dengan mudah dan jelas.

4. Pengambilan Keputusan Lebih Mudah

Polling di WhatsApp Group tidak hanya sekadar fitur baru yang menarik, tetapi juga membawa manfaat yang signifikan dalam berbagai aspek, terutama dalam pengambilan keputusan. Salah satu manfaat utama yang diperoleh dari fitur polling ini adalah kemudahan dalam proses pengambilan keputusan. Tidak lagi diperlukan diskusi panjang dan kompleks, karena keputusan dapat diambil dengan cepat berdasarkan hasil voting atau polling yang telah dilakukan sebelumnya. Hal ini sangat efektif dalam mengatasi perdebatan yang tak kunjung usai dan mempercepat langkah-langkah tindakan yang harus diambil.

Selain itu, fitur polling juga menghadirkan elemen keadilan dalam pengambilan keputusan di dalam grup. Setiap anggota grup memiliki suara yang sama dalam menentukan keputusan bersama. Tidak ada dominasi suara dari satu pihak atau kelompok tertentu, sehingga setiap pendapat dapat dihargai dan dipertimbangkan dengan seimbang. Ini mendorong partisipasi yang lebih aktif dari semua anggota grup dan mendorong terciptanya lingkungan yang inklusif.

Cara membuat polling di WhatsApp Group pun sangatlah sederhana. Pengguna hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya, dan dalam waktu singkat, sebuah polling dapat dibuat dan dijalankan. Dengan panduan yang mudah diikuti, proses ini dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memerlukan keahlian khusus dalam teknologi.

Dalam keseluruhan, fitur polling di WhatsApp Group memberikan manfaat yang nyata dalam efisiensi, keadilan, dan partisipasi dalam pengambilan keputusan. Dengan adanya fitur ini, proses komunikasi dan koordinasi di dalam grup menjadi lebih efektif dan tertata, serta mampu meningkatkan kualitas interaksi antara anggota grup. Oleh karena itu, penting bagi pengguna WhatsApp untuk memanfaatkan fitur polling ini sebagai alat yang berguna dalam pengambilan keputusan bersama.

Tinggalkan Balasan