4 Cara Memutus IndiHome Terbaru Tanpa Denda, Ini Syaratnya!

Apakah kamu ingin berhenti berlangganan IndiHome? Jangan khawatir, cara memutus IndiHome atau berhenti berlangganan IndiHome sangat mudah. Kamu bisa berhenti berlangganan dengan cara online maupun offline, terserah cara mana yang kamu pilih.

Terkadang, karena masalah finansial, kita ingin berhenti berlangganan layanan WiFi IndiHome. Alasan lainnya adalah, kita ingin beralih ke layanan internet lain yang lebih terjangkau. Ketika kamu mengalami hal ini, harus tahu cara memutus IndiHome yang benar.

Tentu kamu tidak mau kan langganan berjalan terus, padahal kamu ingin berhenti? Nah, di bawah ini akan kami jelaskan cara berhenti berlangganan atau memutus IndiHome yang benar, sehingga kamu tidak akan ditagih lagi bulan berikutnya.

Syarat Agar Bisa Berhenti Berlangganan IndiHome

Untuk bisa berhenti berlangganan IndiHome, kamu harus memenuhi persyaratan-persyaratan di bawah ini, yaitu :

  • Telah membayar tagihan IndiHome pada bulan ini.
  • Telah berlangganan IndiHome minimal 12 bulan (1 tahun), bilang kurang dari waktu tersebut, maka uang jaminan/deposit IndiHome akan hangus.
  • Jika berhenti berlangganan IndiHome kurang dari 12 bulan (1 tahun), maka akan dikenakan denda 1 juta.
  • Membawa alat yang dipinjamkan PT. Telkom Indonesia, seperti modem/rotuer, STB/decoder TV dst (tidak perlu membawa kabel fiber optik).
  • Bawa identitas (KK, KTP dst).

Cara Memutus IndiHome Terbaru 2023

Ada banyak cara berhenti berlangganan IndiHome, kalau kamu tidak bisa melakukan cara satu, bisa memilih cara lainnya. Misal, jika kamu sedang tidak punya pulsa untuk menelepon, kamu bisa menggunakan cara online.

Sebaliknya, jika tidak punya data dan kebetulan pulsa masih, bisa  langsung menelepon call center. Tidak perlu khawatir, mau online atau offline, caranya sama-sama mudah kok. Berikut silakan disimak cara memutus IndiHome terbaru 2023 :

1. Telepon Call Center 147

Jika kamu belum tahu, IndiHome memiliki nomor telepon yang bisa kamu panggil untuk menyampaikan keluhan dan semacamnya, yaitu 147. Ternyata, kamu pun bisa menghubungi nomor ini untuk memutus langganan IndiHome.

Namun perhatikan, menelepon call center IndiHome ini tidak gratis, kamu harus memiliki pulsa, karena akan dikenakan biaya sekitar Rp1.000/detik. Cara ini termasuk offline, karena cukup dengan pulsa, dan tidak perlu menggunakan paket data.

Berikut cara menonaktifkan IndiHome sementara atau selamanya melalui call center 147 :

  • Pertama, buka menu telepon di HP, panggil 147.
  • Tunggu sampai telepon terhubung, lalu tekan 1 untuk menggunakan Bahasa Indonesia.
  • Kemudian tekan 2 jika ingin menelepon tentang masalah IndiHome.
  • Berikutnya tekan 1 kembali untuk pelanggan IndiHome.
  • Begitu ada operator yang menyapa, katakan tujuan menelepon, yaitu untuk memutus langganan IndiHome.
  • Berikutnya berikan informasi yang diminta, seperti nomor ID pelanggan.
  • Selanjutnya operator akan memroses permintaanmu, tunggu prosesnya sampai selesai.

2. Berhenti Berlangganan IndiHome di Plasa Telkom

Jika rumahmu kebetulan berada di dekat dengan Plasa Telkom, kamu bisa langsung ke sana untuk berhenti berlangganan IndiHome. Namun, jika ternyata rumahmu jauh, mending menggunakan cara lain, seperti menelepon call center atau online.

Salah satu keuntungan menggunakan cara offline ini adalah kamu bisa mendapatkan informasi yang lengkap dari petugas. Kamu bisa  bertanya apa saja kepada mereka terkait dengan pemutusan IndiHome, apakah ada biaya, denda dan semacamnya.

Kamu bisa datang ke Plasa Telkom kapan saja, kecuali di hari libur atau akhir pekan. Ingat, Plasa Telkom berbeda dengan Grapari ya, meski sama-sama miliki PT Telkom Indonesia. Adapun syarat agar bisa mengajukan berhenti berlangganan IndiHome adalah sebagai berikut :

  • Mengisi formulir pengajuan pemberhentian IndiHome.
  • Menuliskan nomor tagihan IndiHOme.
  • Menuliskan alasan kenapa ingin memutus IndiHome.
  • Menyerahkan foto kopi KTP dan KK pelanggan IndiHome.
  • Membawa materai 6000 sebagai bukti bahwa kamu benar-benar ingin berhenti berlangganan IndiHome.
  • Membawa modem/router IndiHome.

Jika persyaratan di atas sudah lengkap, kamu hanya akan diminta untuk melunasi tagihan IndiHome yang belum kamu bayar.

3. Berhenti Berlangganan IndiHome di MyIndiHome

Cara ini lebih mudah, karena tidak butuh pulsa, atau harus datang ke Plasa Telkom. Namun, kamu harus memiliki paket data, dan telah memasang aplikasi MyIndiHome. Aplikasi ini dikhususkan untuk pelanggan IndiHome, sudah tersedia untuk Android/iOS dan bisa diunduh dari Google Play/App Store.

Dibandingkan harus capek-capek keluar rumah, cara ini memang lebih disarankan. Karena hanya dari rumah dan dengan ponsel saja, kamu bisa berhenti berlangganan IndiHome dengan mudah. Selain praktis, juga gratis dan tidak membutuhkan tenaga.

Berikut cara berhenti berlangganan IndiHome secara online dengan aplikasi MyIndiHome :

  • Download aplikasi MyIndiHome, buka dan login dengan email/nomor HP yang telah didaftarkan.
  • Setelah masuk ke beranda aplikasi, klik Bantuan dan pilih opsi Indita.
  • Indita adalah virtual chat assistant di MyIndiHome, kamu bisa chat dengannya untuk berhenti berlangganan IndiHome.
  • Silakan chat Indita bahwa kamu ingin berhenti berlangganan IndiHome.
  • Tunggu respons dari Indita, dan ikuti instruksinya sampai selesai.

Selain berhenti berlangganan, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengirimkan keluhan, cek tagihan, ubah paket dan masih banyak lagi. Pelanggan IndiHome disarankan untuk sekalian download aplikasi ini, karena kemudahan yang ditawarkannya.

4. Memutus Langganan IndiHome dengan Twitter

Cara memutus IndiHome berikutnya adalah melalui media sosial seperti Twitter. Kamu bisa langsung menghungi Twitter IndiHome untuk berhenti berlangganan. Prosesnya pasti cepat, mudah dan gratis, yang penting telah memenuhi persyaratan seperti yang dijelaskan di atas.

Jika belum tahu, akun Twitter resmi IndiHome adalah @indihome, mereka buka 24 jam, dan siap merespons keluhan pelanggan, termasuk jika mereka ingin berhenti berlangganan. Kamu tinggal DM mereka dan katakan tujuanmu.

Caranya :

  • Kirim DM (Direct Message) ke @indihome di Twitter.
  • Katakan bahwa kamu ingin berhenti berlangganan IndiHome.
  • Selanjutnya CS TelkomCare akan DM akunmu, berikan alasan kenapa kamu ingin berhenti berlangganan.
  • Jika perlu, tambahkan informasi tentang FUB yang digunakan selama berlangganan.
  • Lampirkan persyaratan seperti nomor ponsel, alamat email, kartu KK, foto KTP.
  • Tunggu validasi dari pihak IndiHome, biasanya butuh waktu beberapa lama.
  • Jika lancar dan proses validasi selesai, kamu akan diminta untuk melunasi tagihan bulan ini.

Selain melalui Twitter, kamu juga bisa menghubungi akun Facebook resmi IndiHome. Caranya kurang lebih sama, kamu bisa menghubungi mereka, berikan alasan kenapa ingin berhenti berlangganan dan lampirkan data yang dibutuhkan seperti foto KTP, KK dan lainnya.

Nanti, ketika kamu telah memenuhi syarat dan ketentuan, kamu akan mendapatkan surat pemberhentian berlangganan IndiHome. Syaratnya jelas seperti di atas, yaitu telah melunasi tagihan IndiHome, dan setidaknya telah berlangganan selama 12 bulan.

Cara memutus IndiHome sangat mudah, ada banyak caranya, bisa dengan offline maupun online. Biasanya, pelanggan yang berhenti berlangganan adalah yang tidak mampu lagi membayar tagihan, pindah rumah/lokasi, ingin menggunakan produk lain dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan