5 Cara Agar WhatsApp Tidak Terlihat Online dan Mengetik (Typing)

Mematikan notifikasi online pada akun WhatsApp saat ini memang banyak digunakan untuk menjaga status privasi pengguna. Khususnya bagi pekerja yang sedang mengambil cuti dan tidak ingin diganggu sementara waktu, tentunya cara agar WhatsApp tidak terlihat online sangat dibutuhkan.

Daripada menghapus akun WhatsApp, lebih baik kamu menggunakan beberapa alternatif untuk bisa menyembunyikan status online akun. Orang-orang yang menghubungi lewat WhatsApp pastinya mengira bahwa pengguna sedang tidak aktif WA, padahal pengguna sedang dalam kondisi online.

Cara atur WhatsApp agar tidak terlihat online bisa mengatur opsi last seen, mematikan centang biru, mengganti privasi WhatsApp, dan masih banyak lagi. Fitur memastikan status online tentunya sangat berguna untuk menjaga privasi pengguna agar lebih nyaman dan merasa bebas.

Cara Agar WhatsApp Tidak Terlihat Online dan Mengetik

Saat menerapkan opsi sembunyikan status online juga akan mengontrol pengguna menentukan sendiri daftar pengguna WA lain yang diizinkan melihat status online. Dilansir dari berbagai sumber, ada alternatif untuk menyembunyikan status online sekaligus tahapan untuk menerapkannya.

1. Mengganti Privasi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp sebenarnya sudah memberikan setting tersendiri bagi pengguna yang tidak ingin status onlinenya diketahui banyak orang. Untuk menyembunyikan status online pada ruang obrolan atau chat room bisa melakukan tahapan setting aplikasi kali ini.

  • Silahkan buka aplikasi WhatsApp, kemudian klik icon “Titik Tiga” yang letaknya ada pada bagian kanan atas.
  • Klik “Settings”, kemudian “Account” dan “Privacy”. Pada laman berikutnya akan muncul menu “Last Seen” atau terakhir dilihat dan keterangan “Online”.
  • Pada menu “Siapa Saja yang Bisa Melihat Status Terakhir Dilihat”, langsung saja klik “Nobody” agar tidak ada yang bisa mengetahui informasi terakhir dilihat.
  • Jika kamu sudah mengaktifkannya, maka status online WhatsApp sudah disembunyikan dari orang lain yang membuka laman chat room sebelumnya.

Mengganti setting privasi WhatsApp akan membuat privasi pengguna terjaga, terutama dalam hal mengetahui interaksi online. Orang lain tidak akan mengetahui kapan kamu terakhir online sekaligus sedang dalam kondisi online atau tidak. Ingin mencoba mengubah setting privasi?

2. Menonaktifkan Centang Biru

Cara agar WhatsApp tidak terlihat aktif padahal online juga bisa mencoba menonaktifkan centang biru pada laman setting WhatsApp. Centang biru menandakan bahwa perpesanan WhatsApp sudah dibaca oleh penerima, sehingga bisa segera mendapatkan balasan.

  • Silahkan buka aplikasi WhatsApp bisa menggunakan HP ataupun laptop sesuai dengan kebutuhan, kemudian klik icon “Titik Tiga” bagian kanan atas.
  • Klik “Settings”, kemudian pilih opsi “Account” atau “Akun”. Klik menu “Privacy”, lalu “Read Receipt” untuk menggeser tombol hijaunya berubah menjadi putih (nonaktif).

Jika kamu ingin menunda untuk membalas pesan, maka centang biru yang dimatikan akan membuat pengirim tidak merasa salah paham. Pesan yang tidak kunjung membiru akan membuat pengirim mengira bahwa penerima belum aktif WA dan belum membaca pesan.

3. Menyembunyikan Status WhatsApp

Cara agar WhatsApp tidak terlihat online padahal sedang online dengan menyembunyikan status atau story dari orang lain yang bersangkutan. Kamu bisa pilih beberapa orang yang tidak bisa melihatnya atau menonaktifkan secara keseluruhan agar tidak diganggu siapapun.

  • Silahkan buka aplikasi WhatsApp bisa menggunakan smartphone ataupun laptop dengan mengakses WhatsApp Web.
  • Buka laman setting WhatsApp, kemudian masuk menu “Privacy”. Pilih opsi “Status”, kemudian atur masalah pembagian status atau story.
  • Kamu bisa pilih “Kontak Saya” atau “Kontak Saya Kecuali” atau “Hanya Bagikan Dengan” beberapa orang yang dikehendaki.
  • Centang beberapa kontak yang bisa melihat status atau story, baru kemudian klik “Oke” untuk menyimpan perubahan.

Orang yang tidak bisa melihat story WhatsApp akan mengira bahwa pengguna jarang aktif WhatsApp, padahal sudah sering membagikan story. Bagi kamu yang sedang menjaga privasi saat liburan tentunya opsi ini sangat bermanfaat untuk menikmati me time bersama keluarga.

4. Mematikan Background Data

Aplikasi WhatsApp biasanya dapat bekerja melalui background dan membuatmu terus menerus menerima pesan, baik dari kontak pribadi maupun grup. Jika ingin terlihat offline, bisa mencoba mematikan background data yang terletak pada laman setting aplikasi.

  • Silahkan buka aplikasi WhatsApp, kemudian bukan menu “Settings”, lalu buka opsi “Data” pada laman aplikasi.
  • Klik “Nonaktifkan Background Data” untuk membuat aplikasi WhatsApp terlihat tidak aktif seperti biasanya.

Setting background data yang sudah dijelaskan sebelumnya hanya bisa diterapkan pada HP Android, kalau iPhone beda lagi aturannya. Jika opsi di atas sudah diaktifkan, kamu tidak bisa mengirim atau menerima pesan dari siapapun yang tergabung dalam kontak WA.

5. Membalas Pesan WA Menggunakan Panel Notifikasi

Cara agar WhatsApp tidak terlihat online bisa dilakukan dengan membalas pesan melalui panel notifikasi. Saat pesan WhatsApp masuk akan muncul pada laman awal smartphone, kemudian ada pilihan “Balas” atau “Kelola Notifikasi” sesuai kebutuhan.

  • Ketika ada pesan WhatsApp masuk dan muncul pada laman beranda smartphone, klik “Balas”, kemudian ketik pesan balasan sesuai keinginan.
  • Jika sudah selesai mengetik pesan balasan, klik “Kirim” untuk mengirimkannya kepada kontak terkait.

Dengan mengetik pesan balasan dari laman notifikasi, pengirim tidak mengetahui bahwa kamu sedang dalam keadaan online atau tidak. Tiba-tiba saja pesan balasan sudah masuk pada chat room, namun bagi pengguna yang ingin mengirim pesan panjang rasanya kurang efektif.

Manfaat Menyembunyikan Status Online

Setelan status online yang tercantum pada aplikasi WhatsApp gunanya untuk memperlihatkan kepada pengguna WA mengenai aktif atau tidaknya aplikasi WhatsApp. Kebanyakan pengguna WA akan menyiasati agar status online tidak muncul walaupun aktif digunakan. Apa manfaatnya?

1. Untuk Membantu Menjaga Privasi

Privasi merupakan aspek utama yang saat ini banyak dipertimbangkan oleh pengguna media sosial khususnya aplikasi perpesanan WhatsApp. Dengan menyembunyikan status online, maka pengguna WhatsApp lain tidak mengetahui aktif atau tidaknya akun tersebut.

Biasanya para karyawan yang sudah kelelahan bekerja dan mengambil cuti akan terapkan metode tersebut. Tujuan menyembunyikan status online tidak lain untuk menjaga privasi terjaga dan mencegah orang lain yang ingin menghubunginya perkara pekerjaan.

2. Menjaga Transparansi Pesan

Mengetahui cara agar WhatsApp tidak terlihat online ternyata bisa membantu menjaga transparansi pesan. Pengguna bisa menentukan ingin membalas pesan siapa saja yang dikehendaki misalnya dari orang tua, pasangan, dan lain-lain.

Untuk pesan yang berasal dari rekan kerja dan membahas perihal pekerjaan bisa diasingkan lebih dulu agar bisa menikmati waktu weekend. Mengatur opsi online atau tidak bisa bantu transparansi pesan lebih terjaga dan membuat pengguna merasa nyaman.

3. Tidak Diganggu Orang Lain

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, mengatur opsi online atau tidak akan membantu jaga privasi agar tidak diganggu orang lain yang dikehendaki. Dalam kehidupan sehari-hari pasti tidak jauh dengan interaksi sosial yang terkadang berjalan kurang efektif.

Untuk membuat hubungan sosial lebih terjaga, makanya pihak WhatsApp menyediakan adanya fitur sembunyikan status, menghilangkan centang biru, dan lainnya. Sebagai aplikasi perpesanan terbaik, tentu WhatsApp akan sangat memperhatikan kenyamanan pengguna.

Ternyata cara agar WhatsApp tidak terlihat online bisa dilakukan dengan alternatif mengubah laman setting, menghilangkan centang biru, dan lainnya. Dengan mengelola informasi WhatsApp, maka privasi pengguna lebih terjaga dan terhindar dari gangguan orang lain yang dikehendaki.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan