5 Cara Menghapus Cache di Iphone yang Menumpuk, Mudah!

Cara menghapus cache di iPhone tentu menjadi langkah yang sangat mudah dan perlu dilakukan bagi para pengguna produk Apple. Tujuannya supaya ponsel tidak terlalu banyak sampah. Sehingga mampu bekerja lebih cepat dan pastinya terhindar dari lelet atau ngelag.

Sementara cache berisi riwayat aktivitas ketika membuka maupun melihat konten yang ada di situs web atau aplikasi. Namun apabila charger dibiarkan terus-menerus menumpuk, tentu saja hal ini bisa memakan ruang yang ada di memori ponsel dan mengganggu performa dari iPhone itu sendiri.

Cara Menghapus Cache di iPhone

Pengaruh cache yang semakin banyak dan menumpuk, maka sangat beresiko terhadap performa ponsel yang tidak mampu bekerja sebagaimana mestinya. Solusi yang harus dilakukan yaitu dengan menghapus cache secara berkala.

Pada biasanya, untuk para pengguna ponsel, baik itu Android atau iPhone mempunyai cara-cara khusus untuk menghapus data sampah. Sementara untuk pengguna iPhone tidak memiliki tombol maupun opsi khusus untuk instruksi penghapusan cache.

Oleh karena itu, beberapa cara berikut bisa membantu kamu supaya penghapusan cache di iPhone bisa dilakukan dengan mudah, seperti berikut:

1. Melalui Safari

Apabila kamu ingin menghapus cache di iPhone, akan tetapi tidak ingin mendownload aplikasi ketiga, maka bisa mengandalkan Safari. Safari adalah browser yang ada untuk perangkat iOS maupun Mac OS yang berguna untuk mengakses internet.

Kamu dapat membersihkan sampah dengan sangat mudah melalui bantuan browser Safari tersebut. Namun bagi yang belum pernah melakukannya, bisa mengikuti langkah berikut supaya tidak salah:

  • Pada langkah pertama, langsung saja buka browser Safari yang ada di iPhone.
  • Kemudian buka bagian menu setting.
  • Masuk ke bagian akun dan password.
  • Lalu pilih clear history and website data untuk melakukan konfirmasi.
  • Langsung saja pilih menu clear history and data.
  • Proses selesai.

2. Melalui Data Aplikasi

Melalui data aplikasi juga bisa membantu untuk para pengguna iPhone agar menghapus cache yang ada di ponsel. Sementara cara menghapus cache di iPhone melalui data aplikasi sangatlah mudah dan pada biasanya dengan menghapus data aplikasi bisa mencapai hingga 500 MB.

Ternyata cara ini sangat berguna dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan ponsel yang kamu gunakan. Oleh karena itu, silakan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Silakan masuk ke bagian menu setting.
  • Pilih general lalu pilih iPhone storage.
  • Selanjutnya kamu bisa melihat daftar aplikasi apa saja yang diinstal.
  • Jika data sudah lebih dari 500 MB, maka sangat disarankan agar menghapus dengan cara tap di bagian delete app.
  • Apabila sudah, maka kamu tinggal menyetujuinya ketika proses sudah selesai.
  • Lakukan penginstalan kembali aplikasi yang sudah dihapus melalui App Store.
  • Proses selesai.

3. Restart iPhone

Cara termudah dan paling efektif yang bisa dilakukan untuk menghapus cache pada iPhone yaitu dengan melakukan restart. Memang sangat disarankan bagi pengguna iPhone agar melakukan restart secara rutin, minimal seminggu satu kali.

Tujuannya supaya bisa membersihkan sampah data yang ada di ponsel. Selain itu juga menjaga kualitas ponsel agar lebih terjamin. Untuk untuk membersihkan cache atau sampah data yang ada di iPhone silahkan mengikuti cara berikut:

  • Di langkah pertama langsung saja tekan tombol sleep atau wake.
  • Kemudian tunggu sampai beberapa detik hingga layar iPhone muncul tulisan slide to power off.
  • Kemudian geser slider ke kanan agar mematikan ponsel iPhone.
  • Untuk menyalakannya kembali, silahkan tekan tombol sleep atau week sampai iPhone menyala.
  • Langkah ini, ponsel iPhone secara otomatis akan merefresh sistemnya. Termasuk cache atau sampah-sampah data yang ada di aplikasi.

Cara Menghapus Cache di iPhone Menggunakan Aplikasi Tambahan

Selain cara menghapus cache di iPhone tanpa aplikasi, terkadang pengguna juga merasa kurang puas apabila tidak menggunakan aplikasi yang bisa diandalkan. Memang melalui App Store, kamu bisa menemukan banyak sekali aplikasi yang bisa membantu untuk menghapus cache.

Berikut ini daftar aplikasi untuk menghapus cache di iPhone:

1. Phonecleaner

Untuk aplikasi yang pertama ini bisa mengatasi segala jenis sampah yang ada di ponsel cukup efektif, karena clear chache yang ada di aplikasi ini sangat mudah dilakukan. Cukup dengan melakukan penginstalan aplikasi, maka aplikasi akan mendeteksi sampah di dalamnya.

Selain itu juga secara otomatis akan menghapusnya. Penggunaan aplikasi ini bisa dinikmati secara gratis, namun tetap memiliki kinerja yang sangat efektif. Berhubung aplikasi ini sangat user friendly, maka kamu tidak perlu bingung ketika baru pertama kali mengaplikasikan aplikasi tersebut.

2. Aplikasi Clean Doctor

Untuk aplikasi kedua yaitu Clean Doctor yang dapat dijadikan sebagai solusi terbaik pada saat kamu ingin membersihkan cache pada iPhone. Cara menghapus cache di iPhone dengan Clean Doctor ini bisa dinikmati secara gratis dan semua sampah yang ada di ponsel akan terhapus.

Ada juga fitur pemantauan maupun notifikasi apabila sampah yang ada di perangkat tersebut telah melampaui batas atau terlalu penuh, sehingga perlu untuk dihapus.

3. Aplikasi Clean Fox

Clean Fox dapat dijadikan sebagai aplikasi tambahan yang bisa membantu para pengguna iPhone untuk menghapus sampah di perangkat ponsel secara gratis dan mudah. Melalui aplikasi inilah, kamu akan memperoleh banyak fitur yang bisa membantu untuk menghapus sampah secara general.

Bisa dipastikan pengguna akan merasakan kenyamanan ketika menghapus cache yang tidak penting. Termasuk kotak masuk email yang masuk sebagai kategori spam akan dibersihkan. Perangkat ini cukup ringan, namun memiliki performa yang sangat bisa diandalkan.

4. Master Clean Up

Aplikasi Master Clean Up mempunyai banyak sekali fitur yang terbaik dan pastinya sangat bermanfaat. Terutama cara menghapus cache di iPhone. Bagaimana tidak? Master Clean Up dapat dengan mudah memindai maupun mengurutkan video berdasarkan dari ukuran.

Sehingga lebih mudah menghapus banyak file besar. Selain itu juga menjadi penghapus kontak duplikat, mengelola kontak dengan cepat atau manfaat lainnya.

Dengan mengandalkan aplikasi master Clean Up, maka bisa dipastikan penggunaan iPhone akan terbebas dari yang namanya file-file sampah atau cache yang bisa menimbulkan kinerja ponsel menjadi melambat.

5. Phone Cleaner For iPhone

Ini merupakan aplikasi yang mempunyai fungsi untuk membersihkan sampah pada perangkat iPad atau iPhone. Secara tidak langsung aplikasi ini bisa membantu untuk mengosongkan banyak ruang yang ada di perangkat.

Selain itu juga bisa membantu untuk mengoptimalkan penyimpanan dengan cara mengatur media serta membuang sampah yang sekiranya tidak dibutuhkan lagi. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan.

Seperti mengurutkan file berdasarkan dari ukuran, menghapus secara keseluruhan, menemukan duplikat foto, menggunakan mode extra pembersihan Web dari iklan atau yang lainnya.

Berhubung keberadaan dari cache atau data sampah yang semakin hari semakin menumpuk dan dibiarkan begitu saja maka sangat beresiko terhadap penggunaan ponsel. Demi menjaga kesehatan iPhone yang kamu miliki, sangat disarankan untuk rutin menghapus cache atau data history.

Oleh karena itu, berdasarkan dari cara menghapus cache di iPhone seperti langkah di atas bisa dijadikan sebagai solusi, karena langkahnya benar-benar sangat mudah dan efektif. Baik itu dengan bantuan aplikasi tambahan atau tanpa aplikasi.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan