5 Perbedaan Tablet dan iPad, Lebih Bagus dan Worth It Mana?

Ketika ingin membeli perangkat elektronik yang ukurannya lebih besar daripada handphone, pilihannya ada dua, yaitu tablet dan iPad. Sebenarnya, apa sih perbedaan tablet dan iPad itu? Ini pertanyaan penting mengingat kedua benda ini cukup membingungkan khususnya untuk orang yang masih awam.

Bahkan tidak jarang juga ada yang menyebut tablet sebagai iPad dan iPad sebagai tablet. Karena kedua nama perangkat elektronik ini berbeda, sudah tentu perbedaan lainnya juga ada. Nah, perbedaan kedua benda tersebut diantaranya sebagai berikut:

Ternyata Ini Perbedaan Tablet dan iPad

1. Cara Penyebutannya

Pada dasarnya, tablet itu merupakan sebutan bagi perangkat yang menggunakan sistem operasi Android, apapun merknya. Termasuk dalam hal ini adalah Huawei, Xiaomi, Samsung dan bahkan sejumlah merk lokal dari Indonesia seperti Evercoss dan Advan.

Dengan sistem operasi yang menggunakan Android, tablet ini memiliki spesifikasi yang bisa dikatakan mirip dengan HP atau smartphone Android.

Kemudian kalau iPad, ini adalah sebutan yang sebenarnya untuk perangkat berupa tablet juga namun khusus yang dikeluarkan oleh Apple. Sebagaimana yang sudah diketahui, Apple menggunakan sistem operasinya sendiri yang disebut dengan iOS.

Sama halnya dengan iPad, sistem operasi yang digunakan juga iOS. Mengingat sistem operasi ini dikembangkan secara eksklusif dan berasal dari merk yang bergengsi, tentunya harga iPad lebih mahal dibandingkan dengan tablet Android.

2. Aplikasi iPad yang Lebih Matang dari Android

Perbedaan tablet dan iPad yang kedua ialah aplikasi milik iPad lebih matang jika dibandingkan dengan tablet yang berbasis Android. Hal ini terbukti dengan banyaknya aplikasi profesional dan juga aplikasi yang pada umumnya hanya ada dalam laptop atau komputer juga ada dalam perangkat milik Apple ini.

iPad memiliki banyak sekali fitur yang lengkap dan mengadopsi berbagai fitur yang ada di dalam laptop atau komputer. Berbagai fitur yang dimaksud dapat diakses dengan mudah dengan adanya dukungan layar sentuh serta pen stylus.

Ambil contoh dalam hal ini aplikasi desain grafis Procreate, Affinity Designer, Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Semua aplikasi tersebut tersedia secara eksklusif di iPad, namun tidak bisa Anda temukan di tablet yang berbasis Android.

3. Soal Harga dan Masa Pakai

Kalau soal harga, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, harga iPad lebih tinggi dibandingkan dengan harga tablet Android. Walaupun demikian, memang tidak bisa dipungkiri bahwa harga tablet Android cukup beragam tergantung pada merk, type dan spesifikasinya.

Lebih lanjut lagi, untuk masa pakai, masa pakai iPad juga cenderung lebih lama dari tablet Android. Hal ini sangat berkaitan dengan perangkat lunak yang diusung oleh iPad itu sendiri. Secara umum, iPad akan mendapatkan update sistem operasi sampai dengan 4 tahun lamanya.

Dengan demikian, iPad yang bahkan sudah dirilis pada 3 tahun hingga 4 tahun yang lalu masih dapat Anda gunakan tanpa perlu dikhawatirkan keamanannya. Tetapi kalau soal ketahanan, harus diakui bahwa ini juga tergantung pada cara pengguna memakainya.

4. Update Sistem Operasi

Masih berkaitan dengan perbedaan yang sebelumnya, seperti yang sudah diketahui bahwasanya Android lebih sering menawarkan update sistem operasi lebih sering. Biasanya hanya sekitar 1 tahun atau 2 tahun saja.

Berbeda dengan Apple. Perusahaan ini menawarkan update sistem operasi pada produk besutannya iPad sampai dengan 4 tahun yang akan datang yang dimulai dari tanggal perilisannya. Alhasil dengan begini sistem keamannya juga lebih menenangkan para pengguna.

5. Aplikasi Dapat Berjalan Lebih Optimal di Perangkat iPad

Ada sejumlah aplikasi yang bisa digunakan lebih optimal di perangkat iPad daripada perangkat tablet berbasis Android. Alasannya adalah karena aplikasi yang ada di iPad memang lebih fokus dikembangkan penggunaannya di perangkat yang layarnya lebih besar.

Sedangkan kalau pada tablet biasa yang berbasis Android, aplikasi tersebut pengembangannya lebih diutamakan untuk perangkat HP atau smartphone. Hal ini membuat aplikasi tersebut dikembangkan dengan lebih menekankan pada tampilan serta respnsivitas desain saja.

Tablet dan iPad, Kira-Kira Bagus Mana?

Kalau berbicara soal lebih bagus mana antara tablet dengan iPad, bisa dikatakan bahwa ini tidak ada jawabannya. Sebab, jawabannya sangat tergantung pada kebutuhan Anda sebagai penggunanya.

Kalau memang Anda hanya memerlukan perangkat berlayar besar ini untuk hiburan, misalnya untuk main game atau nonton film, tablet Android sudah cukup. Selain untuk hiburan, untuk melakukan kegiatan yang sifatnya sederhana, tablet Android saja sudah mumpuni.

Apalagi kalau budget yang Anda sediakan cukup terbatas, maka lebih disarankan untuk memilih tablet Android. Sedangkan kalau Anda menginginkan tablet untuk melakukan aktivitas yang lebih berat seperti editing video, membuat music, 3D modelling, rendering dan ilustrasi digital, iPad lebih baik.

Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aplikasi-aplikasi dengan tugas berat seperti itu bisa dioperasikan lebih baik di perangkat iPad. Hanya saja, untuk mendapatkan perangkat yang satu ini, Anda harus menyiapkan dana lebih.

Perbedaan Tablet dan Laptop

Berdasarkan sebuah informasi, konon tablet pada awalnya diciptakan untuk menggeser laptop. Bahkan, kehadirannya dahulu sempat menjadi momok yang cukup menakutkan bagi para vendor laptop. Antara tablet dengan laptop, keduanya tentu saja berbeda dan beberapa perbedaan tersebut sebagai berikut:

1. Dari Segi Performa dan Software

Tablet yang ada sebagian besarnya memakai sistem operasi mobile, dua contohnya seperti yang sudah sering disebutkan sebelumnya yaitu iOS dan Android. Sehingga, tablet ini akan bekerja dengan berbasis aplikasi.

Sedangkan kalau laptop, sistem operasinya adalah sistem operasi PC yang programnya juga lebih kompleks. Tetapi mungkin untuk tablet yang menggunakan Windows 10 bisa dikecualikan dari hal ini karena menggunakan program PC.

Dengan adanya perbedaan ini, kalau misalnya Anda hanya akan membuat foto, audio visual, edit dokumen serta berbagai pekerjaan sederhana, tablet bisa menjadi jawabannya.

Tetapi kalau Anda ingin menggunakan perangkat yang bisa dipakai secara lebih profesional, tentu program untuk PC berada jauh di atas aplikasi mobile tersebut. Selain itu, jeroan laptop juga cenderung lebih canggih dibandingkan tablet. Termasuk dalam hal ini kartu grafis, RAM, prosesor dan sebagainya.

2. Layar serta Bidang Kerja

Laptop bisa dikatakan lebih unggul dalam hal multitasking atau berpindah program. Alasannya adalah karena layar laptop lebih luas daripada tablet. Bahkan bisa juga laptop memungkinkan Anda untuk melihat semua jendela sekaligus, sesuatu yang tidak bisa dilakukan dengan tablet.

3. Kemudahan untuk Dibawa

Kalau untuk kategori yang satu ini, tentu tablet lebih mudah dipindah dan dibawa ke mana-mana. Dengan tablet, Anda juga tidak perlu membuka ataupun menutup layar. Hanya saja, laptop sekarang juga ada yang bodinya tipis serta bisa dilipat sehingga ukurannya lebih kecil lagi.

Kesimpulan

Pada intinya, perbedaan iPad dengan tablet terutama terletak pada cara penyebutannya serta harganya. iPad itu merupakan sebutan untuk tablet besutan Apple sedangkan kalau tablet sendiri biasanya lebih sering digunakan untuk menyebut perangkat yang berbasis Android.

Meskipun demikian, iPad juga tergolong sebagai tablet dan secara umum harganya lebih tinggi dari tablet Android. Jadi sudah jelas ya perbedaan tablet dan iPad lagi. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda membedakan kedua perangkat ini dengan lebih mudah.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan