6 Bahan Masker Wajah Alami dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah

Biasanya untuk mendapatkan kondisi wajah yang sehat, glowing, dan sehat, banyak orang menggunakan produk skincare. Namun produk ini harganya mahal dan belum tentu cocok dengan kulit. Sebagai alternatif masker wajah alami bisa dijadikan produk perawatan yang aman.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat masker ini terdiri dari buah, sayur, tumbuhan, dan bahan alami lainnya. Selain kandungannya yang bagus untuk kulit, bahan tersebut juga mudah untuk ditemukan di rumah.

Bahan Masker Wajah Alami Terbaik

Masker alami tidak mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan efek samping bagi kondisi kulit tertentu. Terdapat beberapa bahan yang sering digunakan untuk membuat masker wajah dari berbagai sumber, seperti:

1. Timun

Timun merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat masker wajah alami. Jenis buah ini sering digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit wajah. Selain itu timun juga mengandung kadar air yang tinggi sehingga bagus untuk menghidrasi kulit.

Lebih bagusnya lagi, timun mempunyai sifat antioksdian yang mampu menjaga kondisi sel kulit dari efek buruk radikal bebas. Di dalamnya terkandung vitamin K, vitamin C dan serat yang dipercaya ampuh dalam mencerahkan wajah.

Selain itu timun juga merupakan kandungan bahan alami yang bagus untuk menyamarkan kerutan dan mencegah munculnya tanda penuaan dini. Supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal, timun juga juga bisa dikonsumsi secara rutin.

Cara membuat masker timun adalah dengan memartu buahnya terlebih dahulu agar semua sari-sari nya keluar. Kemudian aplikasikan dan ratakan masker alami ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas ekstrak timun menggunakan air hangat.

2. Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung banyak nutrisi, mulai dari lemak sehat, kalium, sampai vitamin B. Selain baik untuk dikonsumsi, alpukat ternyata juga bisa digunakan untuk membuat masker wajah. Kandungan nutrisi dalam alpukat bisa melembabkan dan mengeksfoliasi kulit.

Maka dari itu masker alpukat cocok digunakan ketika Anda ingin melakukan eksfoliasi kulit untuk membersihkan pori-pori dari kotoran. Namun untuk memaksimalkan hasilnya alpukat harus dicampur bahan lainnya dan dibuat dengan cara berikut:

  • Campurkan 1/2 buah alpukat yang sudah dihancurkan dengan 2 sendok makan oatmeal, 1 putih telur, dan 1 sendok the perasan lemon.
  • Aduh semua bahan sampai rata dalam sebuah wadah atau mangkok bersih.
  • Oleskan ke seluruh area wajah sampai merata dan jangan lewatkan bagian lipatan dekat hidung.
  • Diamkan dan tunggu selama 15 sampai 20 menit, setelah itu bilas masker alpukat dengan air hangat.

3. Bengkuang

Bengkuang merupakan bahan masker wajah alami untuk memutihkan kulit. Buah ini sudah terkenal dari dulu dengan khasiatnya yang bagus untuk meratakan warna dan memberikan nutrisi tambahan pada kulit.

Dj dalam bengkuang terdapat kandungan antioksidan, vitamin E, selenium, dan beta karoten yang bisa membantu menjaga dan menyehatkan kondisi kulit. Manfaat utama dari bengkuang dalam masker adalah untuk membuat kulit tampak cerah.

Tetapi bengkuang juga baik untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini, melembabkan, mengontrol minyak, serta memudarkan bekas jerawat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda bisa membuat masker bengkuang dengan mudah di rumah.

Caranya adalah dengan memarut bengkuang yang sudah dikupas dan dicuci ke dalam sebuah wadah. Kemudian peras airnya sampai keluar semua sari-sari dan kandungan di dalam bengkuang. Oleskan perasan tersebut ke seluruh wajah dan tunggu sampai kering, lalu bilas.

4. Lidah Buaya

Seringkali lidah buaya dijadikan bahan utama dalam produk skincare. Lantaran bahan ini mengandung aloesin yang mampu memperlambat pembentukan melanin pada kulit. Saking bagusnya, sekarang banyak masker wajah dengan klaim terbuat dari 99% aloe vera extract.

Sebenarnya Anda bisa membeli masker wajah alami yang terbuat dari lidah buaya di toko kosmetik. Namun jika ingin lebih hemat, masker ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Bahan yang perlu disiapkan hanyalah lidah buaya dan wadah.

Pisahkan ekstrak lidah buaya asli dari kulit atau lapisan berduri terluarnya. Masukkan ke dalam mangkok atau wadah lalu aduk sampai teksturnya menjadi agak cair. Setelah itu aplikasikan masker lidah buaya ke seluruh wajah, diamkan, dan bilas jika sudah kering.

5. Oatmeal

Selain dikonsumsi sebagai makanan diet, oatmeal juga sering digunakan dalam bahan masker wajah alami untuk kulit kusam. Bahan ini mampu mengeksfoliasi sel kulit mati dan membuat wajah dari lebih cerah dan terlihat mulus.

Biasanya oatmeal sering dijadikan kandungan bahan dalam produk skincare karena kandungannya yang ampuh dalam mengatasi masalah kulit kusam. Teksturnya yang agak kasar juga bisa digunakan untuk proses pembersihan pori-pori.

Cara membuat masker oatmeal juga sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah tanpa perlu membeli tambahan bahan lainnya. Campurkan oatmeal dan air hangat dalam mangkok sampai teksturnya mirip krim. Oleskan ke seluruh wajah, diamkan 10 sampai 15 menit, kemudian bilas maker oatmeal.

6. Madu

Sudah bukan rahasia lagi jika madu mempunyai banyaks ekali manfaat untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Kandungan di dalam madu berkhasiat untuk meluruhkan sel kulit mati dan mengurangi kusam pada kulit wajah.

Maka tak heran jika madu juga sering dijadikan kandungan utama dalam produk skincare. Kalau ingin mendapatkan hasil yang maksimal, utamakn untuk memilih madu mentah alami. Cara membuat masker madu cukup mudah dengan cara berikut:

  • Campurkan madu dengan sedikit air agar tekstusnya lebih cair dan tidak lengket.
  • Oleskan masker madu ke seluruh area wajah
  • Diamkan beberapa menit kemudian bilas sisa madu menggunakan air hangat.

Masker wajah alami merupakan skincare alternatif untuk Anda yang tidak cocok menggunakan skincare dengan bahan kimia. Selain itu bahan alami yang digunakan dalam pembuatan masker juga mudah untuk ditemukan dah harganya murah.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan