6 Cara Cek ID Pelanggan IndiHome yang Mana (Terbaru), Mudah!

Pelanggan IndiHome harus tahu ID pelanggan IndiHome yang mereka miliki. Ini penting, misalnya saja ketika kamu akan menyampaikan keluhan. Biasanya, CS IndiHome akan menanyakan ID Pelanggan terlebih dahulu, sebelum menindaklanjutinya.

Selain itu, tentu banyak manfaat tahu ID pelanggan, seperti untuk melakukan pembayaran, upgrade kecepatan, cek kuota yang tersisa dan lain sebagainya. Karena itu, kamu wajib hafal atau setidaknya mencatat nomor pelanggan IndiHome yang kamu miliki.

Artikel ini secara khusus akan membahas bagaimana cara cek nomor pelanggan IndiHome dengan berbagai cara. Pastinya cepat dan mudah, kamu bisa melakukannya sendiri. Jadi, tidak akan bingung ketika membutuhkan nomor pelanggan tersebut.

Cara Cek ID Pelanggan IndiHome Terbaru 2023

IndiHome adalah layanan internet dan WiFi yang dimiliki oleh PT. Telkom Indonesia. Terkenal memiliki jaringan yang kuat dibandingkan pesaing, membuat layanan ini digunakan oleh jutaan orang di Indonesia. Apalagi, jangkauannya yang sangat luas, berhasil mencapai pelosok nusantara.

Setiap pelanggan akan mendapatkan nomor pelanggan atau ID pelanggan, yang sangat berguna seperti yang disebutkan di atas. ID pelanggan IndiHome terdiri dari 12 digit angka, seharusnya bisa kamu hafalkan seperti menghafalkan nomor ponsel.

Jika kamu lupa atau belum tahu ID pelanggan IndiHome, kamu bisa mengeceknya. Ada beberapa cara cek nomor pelanggan IndiHome yang bisa kamu coba, silakan pelajari tutorial selengkapnya di bawah ini :

1. Cek di Dus Modem

Kamu bisa tahu nomor internet IndiHome 12 digit dengan mudah, salah satunya adalah dengan mengeceknya di dus modem. Ketika kamu baru pertama kali memasang WiFi IndiHome, pasti mendapatkan kardus pembungkus.

Nah, kamu bisa melihat ID pelanggan di dus modem atau router tersebut, karena memang telah dicantumkan di kotak penjualannya. Cara ini termasuk mudah, kamu tidak perlu melakukan langkah-langkah yang ribet.

Jadi, ketika tidak tahu ID IndiHome, silakan cari dus modem, dan lihat tulisan-tulisan di dalamnya. Kamu pasti akan menemukan ID pelanggan, ciri-cirinya berjumlah 12 digit. Jika perlu, kamu bisa mencatat nomor tersebut, atau foto dengan ponsel.

Cara ini bisa kamu lakukan jika masih memiliki dus modem, alias tidak hilang atau rusak. Namun, jika ternyata dus tersebut rusak, tidak perlu khawatir, karena kamu masih bisa menggunakan cara lain, misalnya saja cek melalui STB.

2. Cek Melalui STB

Dus modem hilang, dan kamu tidak bisa menemukan ID pelanggan IndiHome di dalamnya? Well, ada opsi untuk mengecek nomor pelanggan IndiHome di STB. Biasanya, teknisi IndiHome menuliskan ID pelanggan di dalamnya, agar mudah diketahui oleh pelanggan.

Namun, tentu tidak semua teknisi melakukan hal ini, terkadang mereka lupa melakukannya atau sebab lainnya. Jika ini terjadi, kamu masih bisa melakukan cara lainnya kok, intinya menemukan dan mengecek nomor pelanggan IndiHome adalah perkara yang mudah.

3. Cek ID Melalui CS

Terkadang, pelanggan IndiHome lupa dengan ID pelanggan mereka, namun bisa diatasi dengan menelepon CS aluas customer service. Kamu bisa menghubungi CS IndiHome untuk bertanya kepada mereka tentang ID pelanggan.

Jika kamu belum tahu, nomor CS IndiHome adalah 147, bisa kamu hubungi kapan saja untuk berbagai keperluan. Namun ingat, untuk bisa menelepon 147, kamu harus memiliki pulsa. Jadi, pastikan dulu apakah pulsa masih, jika memang habis, segera isi pulsa, minimal Rp10.000, agar cukup untuk bicara dengan CS.

Caranya :

  • Buka menu telepon di ponsel.
  • Masukkan kode area + 147, dan panggil.
  • Setelah tersambung dengan CS IndiHome, katakan keperluanmu, yakni untuk cek ID pelanggan IndiHome.
  • Setelah verifikasi dan semacamnya, CS IndiHome akan memberitahukanmu ID pelanggan.

4. Cek ID Pelanggan dengan MyIndiHome

Apakah kamu sudah tahu tentang MyIndiHome? Well, aplikasi ini merupakan aplikasi yang dibuat untuk pelanggan IndiHome. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur bermanfaat, jadi sangat rugi jika pelanggan IndiHome belum memasangnya di ponsel.

MyIndiHome adalah aplikasi mobile, yang sudah tersedia untuk Android maupun iOS, karenanya bisa di-download  gratis dari Google Play/App Store. Jika belum punya, kamu bisa download, install dan mendaftar ke aplikasinya, dengan email/nomor ponsel yang telah didaftarkan sebelumnya.

Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan di MyIndiHome :

  • Cek ID pelanggan.
  • Cek tagihan bulanan.
  • Daftar layanan tambahan.
  • Layanan pelanggan.
  • Point reward.
  • Upgrade speed IndiHome.
  • Bayar tagihan IndiHome.

Caranya sangat mudah, ID pelanggan IndiHome akan langsung terpampang di beranda aplikasi. Agar makin paham, berikut cara melihat nomor IndiHome di Android dengan MyIndiHome :

  • Download dan install MyIndiHome (jika belum memasangnya sebelumnya).
  • Setelah aplikasi terpasang, buka dan registrasi dengan email/nomor ponsel yang didaftarkan.
  • Setelah berhasil daftar dan masuk ke beranda aplikasi, masuk ke Profile > Manage IndiHome Number.
  • Berikutnya lihat di kotak merah dengan status Active.
  • Selesai, di sana akan terlihat nomor pelanggan, dompet serta tagihan IndiHome.

5. Cek di Website Resmi IndiHome

Jika kamu terlalu malas untuk download dan install MyIndiHome karena memori interneal yang sudah penuh, kamu bisa memanfaatkan website resminya. IndiHome memang memiliki website resmi sendiri, fungsinya tidak jauh berbeda dengan MyIndiHome.

Kamu bisa mengakses situsnya dari berbagai perangkat, mulai komputer, ponsel dan tablet, asalkan tersambung ke internet. Kamu bisa menggunakan browser apa saja, seperti Chrome, Opera Mini, Safari dan lainnya.

Caranya :

  • Buka browser, dan kunjungi situs resmi IndiHome.
  • Setelah situs terbuka, silakan login terlebih dahulu, dengan memasukkan nomor ponsel/email dan password-nya.
  • Setelah berhasil login, langsung klik menu, dan pilih Status Langganan.
  • Setelah terbuka, ID pelanggan IndiHome akan terpampang di layar, silakan catat atau hafalkan agar tidak lupa.

6. Cek Melalui Halaman Admin Modem

Alternatif lain untuk cek nomor pelanggan IndiHome adalah dengan mengakses halaman admin modem. Namun ingat, IP Address setiap modem berbeda-beda, sesuai dengan mereknya, terkadang ZTE, Huawei, TP Link dan lainnya.

ZTE dan Huawei sendiri merupakan dua modem yang sering digunakan. Karena itu, kamu akan mencontohkan bagaimana caranya dengan modem atau router Huawei. Caranya kurang lebih sama, yang penting kamu sudah mengantongi IP Address dulu.

Caranya :

  • Hubungkan perangkat (HP/PC) dengan WiFi IndiHome.
  • Buka browser, dan ketik http://192.168.100.1/ di address bar dan tekan Enter.
  • Selanjutnya masukkan username dan password, kalau baru pertama kali, biasanya menggunakan ‘admin’ untuk kedua-duanya.
  • Jika sudah masuk, klik menu WAN, lalu klik Connection Name.
  • Selanjutnya akan tampil Basic Information atau informasi dasar, termasuk ID pelanggan.
  • Silakan lihat di bagian User Name, di depan @telkom.net terlihat 12 digit angka yang merupakan ID pelanggan milikmu.

Tentunya, cara cek ID pelanggan IndiHome sangat mudah dan cepat, kalau tidak bisa menggunakan cara offline, bisa dengan cara online. Yang termudah tentu saja dengan langsung mengecek nomor tersebut di dus modem, bagian belakang router, STB dan lainnya.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan