7 Cara Cek Kuota Telkomsel via SMS, Aplikasi, UMB, Website, Dial

Bagaimana cara cek kuota Telkomsel pastinya harus diketahui oleh pemilik nomor dari operator tersebut. Seperti yang diketahui, di mana sekarang ini penggunaan internet sangat dibutuhkan. Tanpa adanya internet, berbagai hal akan sulit dilakukan seperti berkomunikasi lewat WhatsApp, sosial media, streaming, dan lain-lain.

Untuk bisa mengakses internet, tentunya dibutuhkan kuota yang mencukupi di perangkat handphone. Kuota ini harus diperiksa secara berkala untuk mengetahui apakah sudah mendekati habis atau belum? Pada setiap operator, cara pengecekan kuota ini berbeda-beda, termasuk pada Telkomsel.

Mengecek kuota internet di Telkomsel, bisa dilakukan melalui beberapa cara yang mudah dari cara lama sampai yang terbaru. Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara mengecek kuota tersebut bisa menyimak ulasan pada artikel kali ini hingga selesai.

Cara Mengecek Kuota Telkomsel Cepat dan Mudah

Untuk mengecek kuota Telkomsel, pada beberapa caranya yang dapat dilakukan dan diperhatikan oleh para penggunanya. Berikut penjelasannya:

1. Melalui Telepon

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek pulsa Telkomsel, yaitu melalui panggilan telepon. Para pengguna tinggal mengaktifkan kode tertentu melalui menu telepon yang ada di handphone. Untuk langkah-langkahnya sendiri, bisa kamu ikuti sebagai berikut:

  • Bukalah aplikasi panggilan telepon yang ada di handphone kamu.
  • Selanjutnya, pada dial pad kamu bisa mengetikkan *888#, dan tekan tombol call atau panggil.
  • Lalu, akan muncul di layar berupa informasi yang menunjukkan menu di sana dan bisa pilih cek pulsa dan kuota.
  • Inputlah angka yang menunjukkan untuk mengecek kuota internet.
  • Pilih pada menu cek kuota internet.

Apabila langkah-langkah di atas sudah dilakukan, maka tunggulah balasan berupa SMS dari operator Telkomsel. Isi dari pesan tersebut akan memperlihatkan berapa sisa kuota internet yang ada di kartu sim kamu. Kalau menemui kegagalan, bisa coba mengulangi langkah-langkahnya.

2. Cara Cek Kuota Telkomsel lewat SMS

Selain dengan cara yang pertama untuk mengecek kuota Telkomsel juga bisa melalui perintah SMS. Cara ini bisa dilakukan sebagai alternatif kalau dengan menggunakan langkah pertama tidak ada jawaban atau respon. Langkah-langkahnya sendiri cukup mudah dan dapat diikuti berikut ini:

  • Bukalah aplikasi perpesanan di handphone
  • Kemudian, ketikan SMS baru yang memakai format UL(spasi)INFO.
  • Lalu, kirimkan pesan tersebut ke nomor 3636.
  • Jika sudah berhasil dikirim, kamu bisa menunggu balasan dari pihak Telkomsel yang akan menginformasikan sisa kuota.

Apabila dengan cara di atas terjadi gangguan, kamu juga dapat melakukan alternatif lain dengan cara mengetik Flash(spasi)infov2. Dengan cara ini, bisa memperoleh informasi yang sama. Pastikanlah bahwa kamu menunggu pesan SMS itu masuk dan jangan sampai terlewat.

3. Melalui Aplikasi My Telkomsel

Operator Telkomsel juga memberikan kemudahan lain dalam pengecekan kuota maupun pulsa, yaitu melalui aplikasi my Telkomsel. Dengan aplikasi ini, berbagai data bisa dilihat, bahkan untuk melihat paket apa yang terbaru. Khusus untuk cara cek kuota Telkomsel, kamu dapat melakukan langkah berikut:

  • Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi my Telkomsel yang tersedia di Playstore maupun app store.
  • Jika sudah terinstal, buka aplikasi.
  • Kemudian, kamu bisa menginput nomor handphone dan melakukan verifikasi.
  • Cek pada bagian kuota di kolom internet.

Selain untuk mengecek kuota di aplikasi cek kuota Telkomsel, kamu juga dapat mengecek nomor yang lain termasuk simpati, kartu halo dan produk lain. Di aplikasi ini, kamu juga bisa mengetahui nomor Telkomsel yang dimiliki.

4. Melalui dial UMB

Mengecek pulsa Telkomsel juga dapat kamu lakukan melalui kode dial UMB. Jadi, para pengguna tidak usah repot-repot lagi untuk melakukan cara lain seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Untuk menerapkan cara ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Dial atau tekan pada menu panggilan telepon angka *363#.
  • Selanjutnya, lihat pada menu yang tersedia dan pilih pada cek status.
  • Selesai, kamu bisa melihat berapa sisa kuota yang dimiliki secara instan dan cepat.

Untuk berapa sisa kuota Telkomsel yang dimiliki, nantinya akan ada SMS yang masuk ke nomor handphone kamu. Jadi, pastikan untuk menunggu balasan dari pihak operator Telkomsel terlebih dahulu mengenai berapa sisa kuota yang dimiliki tersebut.

5. Melalui Website

Kemudahan lain yang diberikan oleh operator Telkomsel, yaitu pengecekan sisa kuota internet melalui website www.telkomsel.com. Ini merupakan situs resmi dari operator yang akan memiliki fungsi serupa dengan yang lain termasuk dalam hal mengecek kuota yang tersedia.

Adapun cara cek kuota Telkomsel, dapat kamu ikuti di bawah ini:

  • Buka browser yang ada di handphone atau komputer, misalnya Google Chrome.
  • Berikutnya, bukalah situs my.telkomsel.com dan tunggu hingga website terbuka sepenuhnya.
  • Klik pada menu login dengan menggunakan nomor Telkomsel yang dimiliki, kemudian klik masuk.
  • Selanjutnya, klik pada icon telepon yang ada di menu utama website.
  • Akan muncul sejumlah informasi mulai dari kuota internet 4G, kuota telepon, videomax, dan lain-lain.

Jika sudah mengetahui berapa sisa kuotanya, kamu bisa logout dari website tersebut. Kalau memang menggunakan browser atau handphone pribadi tidak masalah jika tidak logout. Namun, kalau menggunakan PC yang digunakan banyak orang, sebaiknya keluar atau logout.

6. Cara Mengecek Kuota Telkomsel Pascabayar

Telkomsel menyediakan layanan sistem pascabayar, khususnya untuk produk kartu halo. Para pelanggan, tidak usah lagi mengisi pulsa seperti halnya pada kartu prabayar. Akan tetapi, pelanggan juga akan memperoleh tagihan yang sesuai dengan pilihan atau pemakaian paket di awal. Untuk langkah-langkahnya sendiri akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Unduh dan instal aplikasi my Telkomsel terlebih dahulu ke handphone.
  • Selanjutnya, buka aplikasi dan input nomor handphone kamu.
  • Lalu, klik pada bagian menu internet dan akan muncul informasi kuota secara terperinci.

Di samping itu, kamu juga dapat melakukan pengecekan dengan dial up maupun kode UMB *363#. Selanjutnya, panggilan ini akan memperlihatkan nomor Telkomsel serta sejumlah menu lainnya dan berikut ini adalah langkah mengecek kuota pascabayar:

  • Bukalah menu telepon, kemudian ketikkan kode *363#.
  • Selanjutnya, kamu bisa menekan tombol call atau panggilan.
  • Pilih pada bagian menu cek kuota.
  • Pilih juga pada bagian cek kuota internet dan nantinya akan muncul SMS yang berisikan berapa sisa kuota Telkomsel pascabayar.

Pada dasarnya, cara pengecekan kuota pada pascabayar ini sama dengan prabayar. Akan tetapi, dengan fitur ini punya keistimewaan bahwa pelanggan bisa membayar setelah menggunakannya.

7. Mendatangi Gerai Langsung

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecek sisa kuota Telkomsel, yaitu mendatangi gerainya secara langsung. Kamu bisa bertemu ke petugas atau customer service di sana, dan meminta untuk dibantu mengecek sisa kuota yang ada di nomor sim.

Cara cek kuota internet ini memang tidak banyak dilakukan karena cukup repot. Pelanggan harus datang langsung ke lokasi gerai terdekat yang tentu akan menghabiskan waktu dan tenaga. Biasanya, untuk datang ke gerai disertai dengan keperluan lain misalnya ingin upgrade kartu, ada keluhan terkait layanan, dan sebagainya.

Penutup

Dengan cara cek kuota Telkomsel yang sudah jelaskan, tentu akan semakin mempermudah kamu untuk mengetahui berapa sisa kuota yang tersedia. Selanjutnya, bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan. Semoga yang disampaikan pada artikel ini bermanfaat untuk kamu!

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan