7 Outfit Kajian Saat Ramadhan, Sederhana dan Tetap Sopan

Selama bulan Ramadhan biasanya banyak masjid yang mengadakan kajian untuk menambah pahala sambil nunggu buka puasa. Agar semakin semangat dan bisa tampil maksimal, pilihlah outfit kajian saat Ramadhan yang stylish namun tetap sederhana.

Biasanya ketika menghadiri suatu kajian, outfit yang digunakan adalah gamis atau terusan panjang supaya bisa menutup aurat. Selain sopan dan syar’I, outfit ini juga nyaman digunakan karena modelnya yang lebar.

Inspirasi Outfit Kajian Saat Ramadhan

Berbeda dengan outfit bukber yang lebih casual, untuk datang ke kajian sebaiknya Anda menggunakan model pakaian yang sopan dan semi formal. Berikut adalah beberapa inspirasi outfit yang bisa dipakai saat kajian Ramadhan.

1. Gamis Polos Potongan Lurus

Jika ingin tampil kalem dan sederhana saat menghadiri kajian, gamis polos dengan potongan lurus bisa jadi referensi. Outfit ini memiliki bentuk yang lebar dan bisa menutupi beberapa bagian tubuh. Di bagian lengannya dibuat lebih besar agar tidak terlalu ketat.

Modelnya sederhana dan lurus sehingga tidak membentuk lekukan badan. Biasanya gamis polos memiliki tambahan aksen kerutan di bagian tengah atau kancing di tengahnya. Tetapi Anda juga bisa memakai gamis polos tanpa aksen.

Supaya tetap sopan dan terkesan santai, pilihlah gamis polos dengan warna-warna netral. Misalnya seperti hitam, earth tone, abu-abu, atau putih. Jangan lupa padukan dengan model hijab panjang agar penampilan semakin syar’i.

2. Dress Plisket Aksen Tali

Dress plisket merupakan rekomendasi outfit kajian saat Ramadhan yang modelnya unik. Mirip seperti gamis, dress ini bentuknya memanjang sampai ke mata kaki. Di bagian tengahnya terdapat lipatan plisket untuk menambah tekstur dan kesan modis.

Sementara itu untuk bagian tengahnya terdapat tambahan aksen tali yang bisa diikat menjadi pita atau bentuk sabuk. Tali ini berfungsi untuk menonjolkan bagian pinggang serta menyeimbangkan proporsi badan bagian atas dan bawah.

Untuk lengannya terdapat detail kerutan yang membuat bentuknya jadi menggelembung. Bentuk lengan ini cocok untuk Anda yang memiliki tangan berukuran besar. Pilihan warna dress plisket ada banyak dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

3. Tunik Korean Style

Bagi Anda yang kurang suka memakai gamis atau dress, tunik bisa menjadi pilihan outfit terbaik. Tunik merupakan model pakaian yang bentuknya memanjang dari pinggang sampai betis. Oleh karena itu tunik sering dipadukan dengan rok atau celana panjang.

Saat ini ada model yang sedang banyak diminati oleh para wanita, yaitu tunik Korean style. Tunik ini memiliki model seperti baju-baju wanita Korea yang imut dan girly. Desainnya simple namun dipenuhi dengan motif bunga kecil-kecil.

Biasanya model tunik Korean style memiliki bentuk kerah ruffle yang unik. Selain itu tunik ini juga tersedia dalam berbagai model. Mulai dari aksen tali, lengan balon, detail kerutan, dan lain-lain. saat menggunakannya Anda akan terkesan feminim dan ceria.

4. Gamis All Button

Outfit kajian saat Ramadhan berikutnya adalah gamis all button. Gamis ini memiliki model yang unik karena dilengkapi dengan kancing dari atas sampai bawah. Bentuknya lurus dan agak longgar di bagian bawah sehingga nyaman untuk dipakai bergerak.

Aksen kancing disusun lurus pada bagian tengah gamis supaya lebih mudah ketika akan dikenakan. Pemilihan warna kancing biasanya terlihat kontras dengan warna gamis. Namun ada juga gamis yang kancingnya punya warna lebih muda agar terkesan simple.

5. Midi Dress

Midi dress merupakan jenis pakaian wanita yang modelnya hampir mirip dengan tunik. Dress ini dibuat memanjang sampai betis dengan bentuk seperti gaun. Modelnya sangat manis dan bisa memberikan kesan feminim bagi wanita yang memakainya.

Tak hanya itu midi dress juga sering dijadikan ide outfit kajian saat Ramadhan karena modelnya yang tertutup namun tetap stylish dan modern. Outfit ini juga cocok untuk wanita yang pendek karena mampu memberi siluet kaki yang jenjang.

Dikarenakan modelnya yang tidak terlalu panjang, Anda membutuhkan tambahan celana panjang slim fit saat pakai midi dress. Ada beberapa perpaduan midi dress yang cocok digunakan untuk para hijabers, seperti:

  • Midi dress dengan vest atau rompi
  • Midi dress dengan celana kulot
  • Midi dress dengan inner kemeja
  • Midi dress dengan celana jeans

6. Perpaduan Blouse dengan Rok Panjang

Blouse merupakan model atasan wanita yang bentuknya longgar dan biasanya dilengkapi dengan detail kerah atau kancing. Sepintas modelnya mirip dengan tunik dan baju kurung, namun blouse memiliki panjang sebatas sampai paha saja.

Maka dari itu penggunaan blouse harus dipadukan dengan bawahan panjang. Salah satu perpaduan blouse terbaik adalah dengan rok yang modelnya sederhana. Inspirasi outfit ini akan membuat Anda terlihat elegan namun tetap sederhana.

Terdapat berbagai model blouse yang bisa ditemukan di pasaran. Tetapi sebaiknya pilih blouse yang simple dengan warna-warna netral agar tidak terkesan heboh saat hadir ke kajian. Anda juga bisa memilih blouse dengan tambahan aksen tali supaya lebih modis.

7. Abaya Hitam

Abaya hitam merupakan busana muslim dengan panjang sampai mata kaki yang sering sering dijadikan outfit kajian saat Ramadhan. Busana ini memiliki model yang syar’I karena identik dengan pakain orang-orang Timur Tengah.

Saat ini abaya sudah tersedia dalam berbagai model dan motif. Namun sebaiknya pilih model abaya hitam polos untuk memberikan penampilan yang Islami. Jika tidak ingin terlalu monoton, Anda bisa memadukannya dengan hijab motif.

Memilih outfit kajian saat Ramadhan merupakan hal yang penting supaya bisa tampil modis dan menarik. Dengan menggunakan berbagai pilihan outfit di atas, dijamin Anda akan terlihat lebih cantik dan anggun.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan