7 Tempat Wisata Kulon Progo Jogja, Lokasi dekat Bandara YIA!

Dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain di Daerah Istimewa Yogyakarta, Kulon Progo sangat jarang dipilih sebagai destinasi wisata. Padahal ada banyak tempat wisata Kulon Progo yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Perlu Anda ketahui bahwa Kulon Progo terletak di sisi barat provinsi DIY. Di kabupaten ini jugalah Yogyakarta International Airport berada. Jadi, kalau Anda datang ke Yogyakarta dari luar kota menggunakan pesawat, tidak akan sulit untuk menjangkau daerah ini.

Tempat Wisata Kulon Progo

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi di wilayah Kulon Progo.

1. Pantai Glagah

Rekomendasi yang pertama datang dari objek wisata Kulon Progo dekat bandara, namanya adalah Pantai Glagah. Dari bandara tersebut, jaraknya hanya 9 km yang artinya bisa ditempuh dengan berkendara kurang dari 20 menit.

Layaknya pantai lain di pesisir selatan Jawa, Pantai Glagah punya ombak yang cukup besar. Untuk menghindari abrasi pantai, dibuatlah tetrapod untuk memecah ombak. Tetrapod yang terbuat dari beton berkaki empat ini menjadi salah satu daya tarik di pantai ini.

Pasalnya, tidak semua pantai memiliki pemecah ombak seindah ini. Di antara jajaran tetrapod juga dibuat sebuah jalan setapak sehingga pengunjung bisa berjalan-jalan di sana menikmati pemandangan. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan di pantai ini, antara lain:

  • Berkeliling pantai dengan motorcross
  • Naik kano
  • Wisata kuliner
  • Memancing

Harga tiket masuk Pantai Glagah terbilang sangat murah, yaitu Rp6.000 per orang. Jika membawa sepeda motor, Anda juga harus membayar parkir sebesar Rp2.000. Sementara untuk mobil, biaya parkirnya Rp5.000.

2. Pantai Congot

Di sisi barat Pantai Glagah, ada satu pantai lagi yang menjadi favorit masyarakat setempat maupun wisatawan dari luar kota. Pantai yang dimaksud adalah Pantai Congot yang hanya berjarak 1,5 km dari Pantai Glagah.

Dari bandara YIA, jaraknya juga hanya sekitar 9 km dan bisa ditempuh dengan kendaraan kurang dari 20 menit. Pantai ini sama-sama memiliki terapod seperti Pantai Glagah. Bedanya, wisatawan juga akan disuguhkan pemandangan hutan mangrove di Pantai Congot ini.

Wisatawan dapat berjalan mengelilingi hutan mangrove karena sudah tersedia akses jalan dari kayu yang dibuat oleh pengelola. Jika ingin merasakan pengalaman yang lebih seru, Anda juga dapat naik perahu untuk berkeliling.

Pantai Congot juga menjadi muara untuk sungai Bogowonto sehingga terjadi pertemuan antara air tawar dan air asin. Area muara ini sangat sering dijadikan sebagai spot memancing. HTM Pantai Congot adalah Rp5.000 per orang, dengan biaya parkir Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

3. Kedung Pedut

Kalau di atas sudah ada rekomendasi wisata pantai di Kulon Progo, mari sedikit bergeser ke sisi utara. Kedung Pedut merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun atau curug yang berada di wilayah Kulon Progo.

Air terjun ini berada di Jalan Kutogiri Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kab. Kulon Progo. Dari bandar YIA, jaraknya kurang lebih 27,5 kilometer. Jika mengendarai mobil, maka dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai ke lokasinya.

Air terjun ini sangat indah karena memiliki air berwarna hijau tosca. Inilah yang menjadi daya tarik utama dan membuat Kedung Pedut viral di media sosial. Terbilang masih baru, air terjun atau curug ini baru resmi dibuka pada 2015 lalu.

Di dalam kawasan Kedung Pedut, terdapat 5 kawasan yang menawarkan keindahan berbeda. Berdasarkan update terbaru, HTM untuk wisatawan Kedung Pedut adalah Rp11.000 per orang.

Tersedia juga fasilitas loker dengan biaya sewa Rp5.000. Anda juga disarankan menyewa pelampung untuk keselamatan, harga sewanya Rp10.000.

4. Goa Kiskendo

Berkunjung ke Kedung Pedut, sebaiknya mampir juga ke Goa Kiskendo karena dua objek wisata tersebut terletak di satu desa yang sama. Goa Kiskendo merupakan tipe goa basah di mana di dalamnya terdapat perairan dan dari sisi atapnya selalu meneteskan air.

Goa ini tidak hanya menawarkan keindahan seperti tempat wisata alam lain. Pengunjung juga diajak untuk memahami nilai-nilai sejarah dan keagamaan di Goa Kiskendo ini.

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Goa Kiskendo. Pertama, Anda bisa susur goa untuk melihat keindahannya dari dekat. Jangan lupa membawa senter karena di dalamnya sangat gelap. Helm juga sangat penting dikenakan untuk perlindungan diri.

Sepanjang perjalanan susur goa, pemandu akan menjelaskan mengenai sejarah terbentuknya goa ini. Ajaklah teman-teman dan keluarga agar lebih seru ketika jalan-jalan di Goa Kiskendo. Jika berminat berkunjung ke sini, silakan simak rincian biaya berikut ini:

  • Tiket masuk: Rp6.000
  • Parkir sepeda motor: Rp2.000
  • Parkir mobil: Rp5.000
  • Jasa tour guide: Rp50.000
  • Sewa helm dan senter: Rp5.000

5. Kalibiru

Tempat wisata Kulon Progo memang didominasi dengan wisata alam. Kali ini ada Kalibiru yang berada di Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Dari YIA, jaraknya sekitar 20 km dan bisa ditempuh dengan berkendara selama 40 menit.

Sementara dari pusat Kota Yogyakarta, jaraknya kurang lebih 35 km dan bisa ditempuh dengan naik kendaraan selama 1 jam 10 menit. Kalibiru berada di 450 mdpl dan menyajikan pemandangan perbukitan, hutan, serta danau.

Selain menikmati pemandangan, ada aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung, salah satunya adalah berfoto di spot-spot foto yang tersedia. Setelah puas berfoto-foto, Anda dapat menikmati kopi dan aneka camilan di warung-warung yang ada di Kalibiru ini.

Setiap orang wajib membeli tiket seharga Rp10.000 untuk masuk ke Kalibiru. Jika ingin berfoto-foto, Anda harus membayar lagi di setiap spot dengan tarif beragam, mulai dari Rp10.000 hingga Rp35.000.

6. Pule Payung

Tidak jauh dari Kalibiru, ada tempat wisata sejenis yang bernama Bukit Wisata Pule Payung. Di sini, wisatawan dapat menikmati pemandangan perbukitan dan hutan dari ketinggian. Ada juga banyak spot foto yang tersedia.

Selain punya spot foto, Pule Payung juga menawarkan wahana flying fox sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan alam dengan cara yang lebih menantang.

Untuk masuk ke Pule Payung, HTM-nya adalah Rp5.000 untuk hari Senin hingga Jumat. Sementara untuk weekend dari hari libur lainnya, HTM-nya adalah Rp10.000. Sebaiknya kunjungi Pule Payung di pagi hari karena tutup di jam 4 sore.

7. Rafting Kalibawang

Jika Anda suka wisata air yang menantang nyali, maka Rafting Kalibawang bisa menjadi pilihan terbaiknya. Sebenarnya, rafting ini merupakan salah satu wahana yang terdapat di dalam tempat wisata Dolan Ndeso.

Alamatnya ada di Desa Banjarsari, Kalibawang, Kab, Kulon Progo. Dari bandara YIA, jaraknya adalah 44 km dan bisa ditempuh dengan 1 jam berkendara. Kalau Anda berkunjung dari Kota Yogyakarta, maka butuh perjalanan 45 menit karena jaraknya lebih dekat, yaitu 23 km saja.

Untuk masuk ke Dolan Ndeso saja, Anda akan dikenakan biaya Rp5.000. Sementara untuk mengikuti rafting dan outbound, akan dikenakan biaya tambahan sebesar RP255.000 per orang.

Anda akan diajak untuk menikmati pemandangan sungai dan sekelilingnya yang masih alami. Tentu saja sambil merasakan sensasi melewati jeram sepanjang aliran sungai.

Anda bisa mengunjungi semua tempat wisata Kulon Progo yang sudah dijelaskan di atas. Rasakan pengalaman liburan di Jogja yang berbeda dengan explore Kulon Progo!

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan