8 Cara Memunculkan Keyboard di Laptop (Semua Merk)

Mello.id – 8 Cara Memunculkan Keyboard di Laptop (Semua Merk) Pencarian seputar informasi yang kian dan sangat banyak dicari oleh masyarakat Indonesia, meski sebenarnya kata kunci ini memang sangat banyak dijumpa di search enggine Google, kami tetap berusaha memberikan yang terbaik dengan memberikan sebagian penjelasan perihal 8 Cara Memunculkan Keyboard di Laptop (Semua Merk) terupdate dan terbaik tahun ini.

Kami menghadirkan informasi 8 Cara Memunculkan Keyboard di Laptop (Semua Merk) supaya bisa menambah wawasan, Terlebih melalui link situs kami, kamu bisa mendapat kepuasan karena kami menyajikan dengan susunan kata dan kalimat yang tersusub dengan sangat-sangat rapi, tentunya melalui sajian bacaan yang akan mimin ular dibawah.

Melalui situs ini, kalian sebagai pengguna akan mendapatkan berbagai informasi seputar 8 Cara Memunculkan Keyboard di Laptop (Semua Merk) dari seluruh dunia secara eksklusif, Bahkan situs ini juga disebut-sebut memberikan berbagai update setiap harinya.

Keyboard merupakan salah satu komponen penting pada sebuah laptop, sehingga ketika rusak sudah pasti penggunanya sangat bingung. Namun, ada cara memunculkan keyboard di laptop sehingga bisa tampil di layar, lho.

Cara ini digunakan banyak orang yang memiliki keluhan keyboard rusak tapi belum ada biaya untuk memperbaikinya. Memang rasanya pasti tidak akan menyenangkan, karena pekerjaan yang dilakukan sudah pasti terganggu gara-gara keyboard tidak berfungsi.

Jika hal tersebut terjadi pada kamu, maka silahkan gunakan cara-cara yang akan diulas berikut ini sesuai dengan pilihan masing-masing. Berikut ini ulasan caranya:

Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi

Sebelum mempraktekkan cara memunculkan keyboard di laptop, sepertinya kamu harus tahu apa saja penyebab keyboard di laptop tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kabel dan koneksi harus terhubung dengan baik apabila ingin keyboard laptop berfungsi sebagaimana mestinya.

Apabila ada kemungkinan kabel atau koneksi mengalami kerusakan, kemudian kendor, bahkan tidak terpasang dengan benar maka keyboard laptop juga tidak akan berfungsi maksimal. Penyebabnya ada banyak, khususnya dari pengguna sendiri, misalnya seperti ketidak hati-hatian.

Selain itu, usia keyboard atau laptop sudah tua dan lama digunakan sehingga tidak mampu lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi, jika tidak ingin keyboard kamu rusak alias tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka lebih baik berhati-hati dalam penggunaannya.

Akan tetapi, sebelum kamu bergegas membawa laptop ke service center untuk melakukan perbaikan, ada baiknya jika mencoba mengikuti cara-cara di bawah ini.

Cara Memunculkan Keyboard di Laptop

Keyboard rusak atau tidak bisa digunakan memang banyak dijumpai oleh pengguna, bahkan ada yang merasa kesal karena pekerjaan mereka jadi terganggu. Jika keyboard bawaan laptop tidak berfungsi, tenang saja, masih ada cara untuk mengatasinya, yakni menggunakan keyboard virtual.

1. Menggunakan Taskbar Windows

Cara pertama yang dapat kamu lakukan ketika keyboard mulai tidak berfungsi sebagaimana mestinya adalah menggunakan menu Taskbar Windows. Menu ini biasanya berada di bagian bawah layar laptop dan memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai macam shortcut program.

Caranya seperti berikut:

  • Langkah pertama, silahkan klik “Kanan” pada bagian “Task View” terlebih dahulu.
  • Tunggu sampai muncul “Tab Baru” dengan beberapa pilihan opsi.
  • Silahkan pilih opsi “Show Touch Keyboard Button
  • Setelahnya akan muncul ikon “Keyboard”.
  • Klik ikon tersebut.
  • Tunggu beberapa saat, keyboard yang kamu maksud akan muncul di layar laptop.
  • Selesai.

2. Menggunakan Kotak Dialog Run

Selanjutnya, apabila belum puas atau cara sebelumnya belum bekerja maksimal, maka bisa menggunakan kotak Dialog Run yang ada di sistem operasi Windows. Kotak ini memiliki fungsi untuk membuka program serta aplikasi di laptop, misalnya saja memunculkan keyboard di layar.

Ikuti cara berikut ini:

  • Pertama, buka kotak “Dialog Run” dengan klik tombol “Windows + R” di keyboard.
  • Setelahnya akan muncul kotak “Run”.
  • Silahkan ketik “osk” di kotak Dialog Run dan tekan “Enter”.
  • Kamu perlu menunggu beberapa saat.
  • Keyboard akan muncul pada layar laptop secara otomatis dan bisa langsung digunakan sebagaimana mestinya,
  • Selesai.

3. Melalui Control Panel

Cara memunculkan keyboard di laptop yang ketika adalah memanfaatkan menu Control Panel dan merupakan cara yang paling mudah dilakukan. Bagaimana caranya? Step by step ada di bawah ini:

  • Bukalah menu “Control Panel” terlebih dahulu di laptop masing-masing.
  • Setelah itu, tunggu sampai muncul tab baru lalu lanjutnya dengan memilih opsi “Ease of Access”.
  • Selanjutnya, klik opsi “Ease of Access Center”.
  • Jika sudah, tekan pilihan menu “Use the computer without a mouse or keyboard”.
  • Jangan lupa untuk “Centang” keterangan “On-Screen Keyboard”.
  • Selesai, keyboard akan muncul.

4. Melalui Command Prompt

Command Prompt menjadi salah satu cara yang bisa dipilih ketika keyboard laptop tidak berfungsi atau rusak. Caranya cukup mudah dilakukan, yakni ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:

  • Ketik “Command Prompt” pada “Bar Pencarian” kemudian langsung klik untuk membuka menu tersebut.
  • Beberapa saat kemudian akan muncul tab baru dan silahkan ketik “Ok” lalu tekan “Enter”.
  • Setelahnya, keyboard virtual akan muncul di layar laptop secara otomatis dan kamu hanya perlu menggunakannya sesuai kebutuhan.
  • Selesai.

5. Melalui Cortana

Masih ada beberapa cara lainnya yang bisa menjadi solusi ketika keyboard laptop rusak dan tidak bisa digunakan, salah satunya melalui Cortana. Jika memilih opsi menggunakan Cortana, maka silahkan ikuti step by stepnya di bawah ini:

  • Pertama, ketik “On Screen Keyboard” langsung di kolom pencarian Cortana.
  • Tunggu sebentar dan akan muncul tab yang menunjukkan hasil pencarian.
  • Klik dua kali “On Screen Keyboard”.
  • Beberapa saat keyboard akan muncul dan selesai.

6. Menggunakan Menu Setting Windows

Banyak orang yang ingin memunculkan keyboard di laptop namun lupa bagaimana jalan pintasnya. Nah, jika kamu orangnya, maka bisa menggunakan cara melalui menu Setting Windows karena tidak perlu mengingat-ingat tombol mana yang perlu ditekan. Berikut ini caranya:

  • Setelah membuka laptop masing-masing, klik ikon “Windows” yang berada di bagian pojok kiri bawah.
  • Langkah selanjutnya, buka menu “Setting Windows”.
  • Jika ingin lebih singkat lagi, silahkan klik fungsi “Windows + i”.
  • Pilih opsi “Ease of Access”.
  • Beberapa waktu kemudian akan muncul tab baru lalu scroll ke bawah untuk menemukan opsi “Keyboard”.
  • Kamu hanya perlu mengaktifkan opsi “Use the On-Screen Keyboard” yang ada di sebelah kanan.
  • Selesai. Keyboard di layar akan muncul dan kamu bisa menggunakannya langsung.

7. Menggunakan Keyboard Fisik

Terkadang, keyboard bawaan laptop rusak bahkan virtual keyboard ikut serta error sehingga tidak bisa muncul dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini tentu saja membuat kamu bingung, karena tidak bisa menggunakan keduanya padahal keyboard adalah komponen penting.

Namun, tenang saja. Ada satu cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa menggunakan keyboard yakni menggunakan keyboard fisik sebagai alternatif. Untuk menemukan keyboard fisik kini sangatlah mudah, karena sudah banyak brand yang memproduksi serta memasarkannya secara luas.

8. Membawa Laptop ke Service Center

Apabila semua cara yang dibahas di atas tidak berhasil dilakukan sehingga keyboard sama sekali tidak muncul dan tidak bisa digunakan, maka hanya satu cara yang dapat dilakukan yakni membawanya ke service center untuk diperbaiki.

Ketidak berhasilan cara-cara sebelumnya kemungkinan besar dikarenakan ada permasalahan serius pada device sehingga keyboard tidak berfungsi. Hal tersebut tidak bisa kamu selesaikan sendiri karena hanya teknisi atau ahli saja yang bisa mengatasinya.

Silahkan datang ke service center, kemudian utarakan permasalahan terkait keyboard laptop dan mereka akan memperbaiki laptop kamu sehingga bisa digunakan kembali. Kemungkinan terburuknya, kamu perlu mengganti komponen keyboard dengan sparepart baru agar bisa digunakan.

Cara memunculkan keyboard di laptop bisa dilakukan dengan beberapa langkah dan menggunakan beberapa opsi cara. Kamu bisa memilih salah satu cara yang dianggap paling mudah dan tidak menyulitkan apabila dilakukan. Sudah menemukan cara jitunya?

Baca Juga:

KESIMPULAN

Demikianlah ringkasan informasi mengenai 8 Cara Memunculkan Keyboard di Laptop (Semua Merk), kami pihak tim berharao Artikel ini dapat memberikan manfaat dan pemahaman lebih dalam bagi para pembaca mengenai artikel yang kami ulas menjadi sebiak mungkin, jadi Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda ke halaman blog ini, dan semoga Anda dapat menikmati pengalaman membaca. Jangan ragu untuk kembali lagi ke blog kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya di Lain waktu Hormat kami TIM MELLO.ID . Terima kasih!

Tinggalkan Balasan