9 Kuliner Legendaris di Malang Raya, Enak dan Bikin Ketagihan

Malang memiliki banyak tempat wisata kuliner yang dianggap legendaris, karena sudah berdiri sejak lama dan hingga kini masih mempertahankan kualitasnya. Kuliner legendaris di Malang bahkan ada yang berusia hampir 100 tahun, tapi masih tetap eksis hingga kini.

Jika berkesempatan berkunjung ke Malang Raya, pastikan Anda mampir ke salah satu rekomendasi kuliner legendaris yang akan diulas pada informasi di bawah ini. Semua makanan yang direkomendasikan, dijamin akan membuat Anda ketagihan dan rindu kuliner Malang!

Daftar Kuliner Legendaris di Malang Raya

1. Pos Ketan Legenda

Kalau mendengar nama Pos Ketan Legenda pasti sudah identik dengan kuliner hits Malang Raya, kan? Tempat kuliner satu ini menjadi idola para wisatawan yang berkunjung ke Malang, karena selain legendaris rasanya tidak mengecewakan sama sekali.

Ada berbagai macam topping ketan yang bisa Anda coba jika datang ke sini, mulai dari durian, kemudian meses, keju, nangka, pisang, susu, gula merah, dan masih banyak topping lainnya yang siap untuk dicoba.

Harganya yang begitu ramah di kantong juga menjadi salah satu alasan mengapa Pos Ketan Legenda selalu penuh akan pelanggan. Bagaimana, Anda siap menikmati ketan enak ini?

2. Depot Hok Lay

Depot Hok Lay merupakan salah satu tempat kuliner legendaris di Malang yang memiliki menu spesial berupa pangsit cwimie. Pangsit di tempat ini sudah terkenal berisi pangsit renyah, daging ayam, bawang goreng dan daun bawang yang merupakan perpaduan nikmat serta menggoyang lidah.

Selain itu, ada menu camilan yang sangat populer di tempat ini, yakni lumpia dan menjadi rebutan para pelanggan Depot Hok Lay. Tidak perlu menguras dompet, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp15.000 apabila ingin menikmati satu porsi dengan pangsit cwie mie.

Sedangkan lokasi Depot Hok Lay berada di pusat Kota Malang, sehingga bisa dijangkau dengan mudah, baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi, tepatnya di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan Nomor 10 Klojen.

3. Sego Resek

Sego Resek, begitulah orang-orang Malang menyebut salah satu tempat makan legendaris di kota tersebut, yang hingga kini masih menjadi langganan orang banyak.

Makanan khas legendaris khas Malang ini adalah hidangan nasi dengan racikan bumbu tradisional yang kaya akan rasa dan khas dari provinsi Jawa Timur, khususnya daerah Malang.

Selain itu, proses pembuatan makanan masih sangat tradisional yakni dimasak di atas arang yang kini sulit sekali ditemui di manapun.

Nasi yang telah diberikan bumbu kemudian akan dijadikan aneka menu masakan lain yang menggoyang lidah, misalnya saja seperti nasi goreng dan nasi mawut yang telah menjadi andalan di tempat makan ini.

Kalau soal harga, di Malang memang terkenal paling murah karena bisa Anda nikmati hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp8.000 saja.

4. Es Tawon Kidul Dalem

Pernah dengar Es Tawon Kidul Dalem? Ini merupakan tempat kuliner Malang yang menu andalannya minuman es, sehingga cocok untuk melepas dahaga setelah berkeliling Kota Malang.

Es yang dihidangkan di tempat ini terdiri dari campuran cincau, cendol, mutiara, tape, kacang hijau, sirup merah, dan blewah yang merupakan perpaduan terbaik serta menyegarkan.

Selain nikmat, harga per porsi juga tidak akan membuat Anda mengeluarkan uang banyak karena hanya dibanderol dengan harga Rp10.000 saja.

Kalau Anda termasuk orang Malang yang sudah tinggal di sana lama, maka pasti tahu bahwa lokasi awal dari tempat kuliner ini berada di bawah pohon asem yang ada sarang tawon atau lebah.

Nah, itulah yang menjadi asal muasal mengapa minuman cincau ini dijuluki atau dinamai sebagai Es Tawon Kidul Dalem. Sekarang mereka berjualan di tempat yang lebih strategis lagi yaitu di Jalan Kyai Haji Zainul Arifin nomor 15, Sukoharjo, Klojen, Malang.

5. Orem-Orem Khas Arema

Kalau kuliner legendaris di Malang satu ini sudah ada sejak tahun 1995 dan menjual hidangan berupa orem-orem yang berbahan dasar dari tempe.

Pada penyajiannya tempe akan disajikan dengan potongan ketupat, kemudian ditambah dengan toge lalu disiram kuah santan yang begitu nikmat.

Orem-orem sendiri banyak dijual di Kota Malang, bahkan Anda bisa menemukannya di pinggir jalan. Namun, yang paling terkenal adalah orem-orem yang ada di Jalan Blitar, dengan dibuktikan banyaknya pelanggan yang berdatangan untuk menikmati kuliner tersebut.

6. Warung Sate Gebug

Kuliner legendaris di Malang selanjutnya adalah Warung Sate gepuk yang sudah berdiri sejak tahun 1920-an dan kini kira-kira sudah berusia 100 tahun.

Meskipun sudah berdiri sejak lama, namun warung sate gebuk masih tetap eksis bahkan hingga kini masih banyak yang mencarinya, baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar kota.

Tak hanya itu saja, tempat jualan sate yang begitu populer di Malang ini juga tergolong unik, karena terletak di sebuah gardu listrik zaman dulu, tepatnya di Jalan Basuki Rahmat Nomor 113A Kota Malang.

Apabila ingin merasakan kenikmatan sate gebug, Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp25.000 hingga Rp30.000 saja dan rasakan kenikmatannya.

7. Rujak Cingur Budhe Ruk

Siapa yang hobi makan rujak cingur? Di Malang juga ada menu rujak cingur yang sudah melegenda dari zaman dulu, yaitu Rujak Cingur Budhe Ruk.

Menu legendaris ini sudah ada sejak tahun 1960 dan pastinya sudah tidak asing lagi bagi warga sekitar, karena menjadi tempat tujuan banyak wisatawan yang ke Malang.

Silahkan datang ke tempat jualan rujak cingur khas dari Malang – Jawa Timur yang beralamatkan di Jln. Soeraji Nomor 17 Gang 1 yang masih berada di kawasan Kepanjen Malang. Harga per porsinya hanya Rp15.000,- saja.

8. Puthu Lanang

Di urutan kesepuluh daftar kuliner legendaris di Malang ada Puthu Lanang yang sudah bisa dinikmati sejak tahun 1935, sebelum negara ini merdeka. Warung Puthu Lanang, begitulah orang Malang menyebutnya, menyediakan berbagai macam makanan atau jajan pasar tradisional yang enak-enak.

Banyak jajanan tradisional yang sudah langka dan sulit didapatkan dijual di tempat ini, misalnya saja puthu, lupis, cenil, klepon, dan masih banyak lainnya. Anda dapat menjumpai tempat jajanan pasar ini ketika melewati Jln. Jaksa Agung Gang Buntu RT 03, Samaan, Klojen, Malang.

Sedangkan harga setiap kue di butuh Lanang sekitar Rp10.000 per kue, harga yang cukup murah untuk lapisan masyarakat.

9. Soto Ayam Lombok

Terakhir, ada Soto Ayam Lombok yang super mantap dan wajib Anda cicipi ketika datang ke Malang. Sajian soto kampung yang bisa membuat Anda kembali pada kenangan zaman dulu dapat dirasakan di sini.

Soto Ayam Lombok merupakan menu khas dari Kota Malang sendiri, sehingga citarasanya hanya bisa ditemukan di kota ini saja. Jika dulu untuk menikmati menu kuliner ini harus datang ke Jln. Lombok Nomor 1 Kasin, Kota Malang, kini Anda bisa menemukan banyak cabangnya, lho.

Hanya dengan merogoh kocek sebanyak Rp25.000,- saja, dijamin sudah bisa membuat perut Anda kenyang dan puas akan rasanya. Yuk, coba sekarang!

Semua kuliner legendaris di Malang patut Anda coba tanpa melewatkan satu pun tempat, karena dijamin rasanya nikmat dan super menggoyang lidah. Kira-kira kalau berkesempatan berkunjung ke Malang, Anda mau datang ke tempat kuliner yang mana, nih?

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan