Total Ada Berapa Jenis Karya Seni Rupa ya?

    Seni rupa merupakan cabang seni yang menghasilkan karya dengan media yang dapat dilihat dan dirasakan. Karya ini dihasilkan dengan mengolah unsur-unsur seni rupa dengan acuan prinsip-prinsipnya. Sedangkan untuk pembahasan ada berapa jenis karya seni rupa, kita memerlukan dasar klasifikasinya terlebih dahulu.

    Berikut merupakan pembahasan ada berapa jenis karya seni rupa dengan dasar klasifikasi fungsi dan bentuk yang dimilikinya.

    Jenis karya seni rupa berdasarkan fungsinya

    Berdasarkan fungsinya, total ada 2 jenis karya seni rupa, yaitu karya seni rupa murni dan terapan.

    1. Karya seni rupa murni

    Karya seni rupa murni adalah karya seni rupa yang memfokuskan pada keindahan semata.

    Fungsi keindahan ini ditujukan sebagai benda dekorasi. Misalnya karya batik dan tenun yang dibuat khusus untuk hiasan dinding dan seni lukis.

    2. Karya seni rupa terapan

    Karya seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang diciptakan untuk memiliki tujuan dan fungsi tertentu di samping nilai keindahan yang dimilikinya.

    Fungsi terapan ini ditujukan sebagai benda pakai. Misalnya perabotan rumah tangga, meja, kursi, tekstil, dan seni kriya.

    Jenis karya seni rupa berdasarkan bentuknya

    Berdasarkan bentuknya, total ada 2 jenis karya seni rupa, yaitu karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi.

    1. Karya seni rupa 2 dimensi

    Karya seni rupa 2 dimensi adalah karya seni rupa yang mempunyai ukuran panjang dan lebar saja.

    Berikut ada beberapa contoh jenis karya seni rupa 2 dimensi.

    a. Lukisan

    Lukisan merupakan karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan menerapkan cat dengan alat lukis ke media lain. Alat lukis bisa berupa kuas, pisau palet, dan peralatan seni lukis lainnya. Sedangkan medianya bisa berupa permukaan seperti dinding, kertas, kanvas, kaca, dll.

    b. Sketsa

    Sketsa merupakan karya gambar bebas yang biasanya tidak ditujukan sebagai hasil akhir. Sketsa bisa memiliki beberapa tujuan, misalnya untuk merekam ide yang didapat oleh seniman, mengembangkan ide untuk digunakan nanti, menggambarkan gagasan dan prinsip, dll.

    Sketsa dapat diterapkan ke media gambar apa pun. Kebanyakan diterapkan pada pekerjaan melukis yang menggunakan media kering seperti pensil, arang, pastel, dll. Namun juga berlaku untuk gambar yang diterapkan menggunakan pena, tinta, pulpen, spidol, cat air dan cat minyak, input digital, dll.

    c. Poster

    Poster merupakan karya seni yang menyertakan komposisi gambar dan teks di atas kertas ataupun bahan poster lainnya.

    Biasanya unsur poster menyertakan gambar dan teks, meskipun poster dapat sepenuhnya gambar maupun seluruhnya teks. Pengaplikasiannya dengan ditempelkan ke permukaan vertikal seperti dinding.

    d. Kolase

    Kolase merupakan karya seni yang diciptakan dengan komposisi dari berbagai bahan hingga menciptakan bentuk baru. Komposisi dapat dari berbagai bahan seperti kertas, kain, kaca, dll yang ditempelkan pada permukaan gambar. Misalnya ke lembaran kertas dan kanvas.

    e. Kaligrafi

    Kaligrafi merupakan karya seni yang dihasilkan dengan tulisan indah yang dapat digunakan sebagai hiasan. Tulisan dengan bentuk kaligrafi biasanya tidak ditujukan untuk teks bacaan panjang, karena memiliki tingkat readability yang rendah.

    2. Karya seni rupa 3 dimensi

    Karya seni rupa 3 dimensi adalah karya seni rupa yang bisa dilihat dari semua arah dengan mempunyai ukuran panjang, lebar, dan ruang.

    Berikut ada beberapa contoh jenis karya seni rupa 3 dimensi.

    a. Patung

    Patung merupakan karya seni 3 dimensi yang biasanya berupa ukiran dengan bentuk manusia, hewan, dll. Pada umumnya karya seni ini ditujukan untuk dapat bertahan selama mungkin. Oleh sebab itu, patung biasanya dibentuk menggunakan bahan yang tahan lama seperti keramik dan kayu. Bahkan, meskipun tidak banyak, patung dapat dibentuk menggunakan emas dan perak.

    b. Relief

    Relief merupakan seni pahat dan ukiran 3 dimensi yang biasanya diterapkan di atas batu. Bentuk ukiran ini bisa kita jumpai di bangunan candi dan kuil. Semisal di Candi Borobudur bisa kita jumpai relief Buddha Gautama.

    c. Gerabah

    Gerabah adalah karya seni rupa terapan 3 dimensi dari tanah liat. Pembuatan gerabah dilakukan dengan membentuk tanah liat menjadi objek yang dikehendaki, lalu dibakar.

    Referensi:
    id.wikipedia.org/wiki/Seni_rupa
    id.wikipedia.org/wiki/Seni_rupa_terapan