Peralatan dan Bahan untuk Pembuatan Maket

    Maket merupakan bentuk tiruan dari suatu objek yang dibuat 3 dimensi dengan skala kecil. Kebanyakan digunakan untuk meniru bentuk bangunan, namun bisa juga untuk bentuk lain seperti gedung, kapal, pesawat terbang, dll. Maket bisa dibuat dari bahan kertas, kayu, tanah liat, dll.

    Maket dapat digunakan untuk mewakili bentuk dari suatu objek, meskipun tidak harus akurat sepenuhnya. Namun model ini memungkinkan untuk menunjukkan gambaran mengenai objek yang dimaksud tanpa perlu mengamati objek asli itu sendiri.

    Model seperti maket ini banyak digunakan di bidang arsitektur, pembuatan film, hobi, dll. Masing-masing bisa memanfaatkannya untuk tujuan yang berbeda-beda dan dibuat berdasarkan dengan model yang diinginkan. Namun semua yang bersangkutan dengan objek perlu dimodelkan secara tepat, sehingga hubungan antara objek asli dan bentuk tiruan tampak akurat.

    Alat untuk membuat maket

    Beberapa peralatan yang diperlukan untuk pembuatan maket yaitu sebagai berikut.
    1. Gunting
    2. Cutter
    3. Penggaris
    4. Tang
    5. Kuas

    Bahan untuk membuat maket

    Contoh bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan maket yaitu sebagai berikut.

    1. Styrofoam

    Styrofoam merupakan bahan yang biasa digunakan untuk wadah makanan. Bahan ini ringan namun cukup kuat. Styrofoam dapat dijadikan alas dasar di mana bangunan diletakkan. Bahan ini memiliki ketebalan yang bervariasi, sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

    2. Kain linen

    Kain linen bisa digunakan sebagai pembungkus alas styrofoam biar permukaannya rata. Jika memilih yang berwarna hijau, bisa dijadikan sebagai bahan rumput pada maket.

    3. Kain beludru

    Kain beludru hijau juga bisa digunakan sebagai tekstur layout rumput.

    4. Kertas karton

    Kertas karton merupakan kertas tebal yang biasanya memiliki gramasi lebih dari 200gsm. Kertas ini memiliki beragam jenis dengan ketebalan yang bervariasi. Jika kertas yang dimiliki kurang tebal, bisa melipatgandakannya.

    Kertas karton ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk membentuk dinding dan kolom. Lalu juga dapat dijadikan bahan dasar lantai bangunan tempat menempelkan dinding dan kolom.

    5. Kertas duplex

    Kertas duplex merupakan salah satu jenis kertas karton yang biasanya memiliki 2 sisi permukaan berbeda, misalnya sisi depan berwarna putih, lalu sisi belakang berwarna abu-abu.

    Kertas duplex ini bisa dimanfaatkan untuk melapisi kertas karton yang membentuk dinding. Duplex bisa diprint sesuai dengan corak yang diingin. Lalu bisa ditujukan untuk membuat bangunan tampak lebih realistis.

    6. Kertas mika

    Kertas mika adalah kertas bening yang dibuat dari bahan plastik. Kertas ini bisa digunakan untuk membuat kaca jendela, kaca pintu, dll.

    7. Perekat

    Banyak jenis perekat yang bisa digunakan, misalnya adalah lem fox, alteco, dll. Bahan ini digunakan untuk merekatkan unsur-unsur market lainnya.

    8. Busa

    Busa maket bisa dibuat dari jok kursi yang diblender sampai halus, lalu direndam, diperas, dan dikeringkan untuk dijadikan daun pohon. Lalu bisa menggunakan busa jok bunga sebagai pelengkap pembuatannya. Namun bahan busa yang siap digunakan untuk pembuatan maket juga bisa didapatkan di toko.

    9. Lidi

    Lidi bisa digunakan sebagai batang pohon, yaitu dengan direkatkan menggunakan lem pada daun yang dibuat dari bahan busa.

    10. Kawat

    Kawat bisa digunakan untuk pembuatan tiang listrik dan lampu taman.

    11. Lakban kertas

    Tiang listrik dan batang pohon yang dibuat bisa dilapisi dengan lakban kertas biar tampak seperti aslinya.

    12. Cat

    Jika perlu, unsur-unsur maket bisa diwarnai menggunakan cat biar bisa lebih realistis dan sesuai dengan objek aslinya. Cat yang digunakan 4 warna saja, yaitu merah, biru, kuning, dan putih. Karena warna merah, biru, dan kuning bisa dipadukan untuk menghasilkan berbagai warna yang diinginkan, kecuali putih.

    13. Tinta timbul

    Tinta timbul bisa digunakan untuk bola lampu jalan dan taman. Warna yang biasa digunakan adalah tinta orange cerah.

    14. Kertas pasir

    Kertas pasir bisa digunakan sebagai tekstur fasade.

    Penutup

    Peralatan dan bahan-bahan yang digunakan di atas adalah beberapa contoh dan tidak mengikat. Bahan-bahan lain juga bisa digunakan dan bisa juga untuk melengkapi.


    Share this post:
    Loading...