Peralatan dan Bahan untuk Seni Lukis dan Gambar

    Jika Kamu ingin berkarya seni rupa 2 dimensi, baik itu seni lukis maupun gambar, maka Kamu memerlukan peralatan dan bahan untuk melukis dan menggambar di media yang Kamu gunakan. Banyak alat, bahan, dan media yang bisa dipilih, dapat disesuaikan dengan jenis dan gaya lukisan atau gambar yang ingin dibuat. Lalu juga dengan teknik apa yang Kamu gunakan.

    Terdapat perbedaan melukis dan menggambar, karena itu peralatan dan bahan yang digunakan pun tidak sama.

    Daftar Isi:

    Di bawah ini adalah peralatan dan bahan yang bisa digunakan untuk seni lukis dan gambar.

    Alat dan Bahan untuk Menggambar

    1. Pensil

    Beberapa pensil memiliki tingkat kehitaman yang berbeda. Parameter yang bisa diacu biasanya menggunakan kode huruf B dan H. Pensil dengan kode B merupakan jenis pensil yang lunak dan hitam, misalnya B, 2B, 3B, hingga 6B. Pensil B ini cocok untuk menggambar. Sedangkan pensil dengan kode H merupakan jenis pensil yang keras, misalnya H, 2H, 3H, hingga 6H. Pensil H ini biasa digunakan untuk menggambar proyeksi.

    Pensil
    Credit: nationalbookstore.com

    2. Pensil arang

    Pensil arang yaitu pensil yang dibuat dari sejenis arang halus. Pensil ini biasa digunakan untuk menggambar potret. Pensil arang memiliki arsiran yang hitam pekat dan rada sulit untuk dihapus.

    Pensil Arang
    Credit: thesydneyartstore.com.au

    3. Pastel dan krayon

    Pastel dan krayon tampak serupa, namun keduanya berbeda. Krayon dibuat dari bahan lilin, sedangkan pastel dibuat dari bahan lilin yang dicampur minyak. Kandungan minyak yang terdapat pada pastel menjadikannya memiliki hasil arsiran yang berbeda dengan krayon.

    Krayon memiliki tekstur yang keras, sehingga rada sulit untuk menghasilkan gambar yang halus dan menyisakan bagian-bagian kecil pada arsirannya. Sedangkan pastel memiliki tekstur yang lembut, sehingga mudah melekat pada media yang digunakan dan menghasilkan gambar yang halus.

    Pastel dan Krayon
    Credit: blibli.com

    4. Pena/pulpen

    Pena/pulpen bisa digunakan untuk menggambar dengan tinta. Ujung pulpen ini dibuat dari logam dengan beragam bentuk dan ukuran.

    Pulpen
    Credit: eBay

    Alat dan Bahan untuk Melukis

    1. Tinta bak

    Tinta bak dikenal juga sebagai tinta tiongkok. Tinta ini memiliki warna hitam yang pekat dan tidak luntur jika terkena air. Biasanya kemasan tinta ini berupa botol, yang mana di dalamnya merupakan cairan tinta tersebut. Namun ada juga yang berupa balok-balok kecil, lalu perlu dicairkan sebelum digunakan.

    Tinta Bak
    Credit: Shopee

    2. Cat

    Cat bisa dijadikan sebagai bahan pewarna lukisan. Bahan cat untuk melukis bisa dipilih antara cat air dan cat minyak.

    a. Chat berbasis air kebanyakan digunakan untuk melukis di atas media kertas. Cat ini memerlukan air untuk melarutkannya. Cat air ini memiliki sifat yang cepat kering.

    Cat Air
    Credit: Tokopedia

    b. Cat berbasis minyak biasanya digunakan untuk melukis di atas media kanvas. Cat ini memiliki sifat yang tidak mudah kering dan warnanya tahan lama.

    Cat Minyak
    Credit: artsuppliesaustralia.com.au

    3. Kuas

    Kuas terdiri dari kayu kecil dengan bulu halus di salah satu ujungnya. Alat ini digunakan untuk menempelkan cat ke media lukisan. Kuas memiliki beragam bentuk dan ukuran dengan harga yang bervariasi. Untuk memilihnya, bisa didasarkan pada bagaimana hasil goresan yang diinginkan.

    Jenis kuas yang bentuknya memiliki ujung rata, biasanya digunakan untuk cat minyak. Sedangkan kuas yang memiliki ujung runcing, biasanya digunakan untuk cat air.

    Kuas
    Credit: IndiaMART

    4. Pisau palet

    Pisau palet dibuat dari aluminium tipis. Fungsi alat ini adalah untuk mencampur cat di atas palet untuk mendapat komposisi warna yang rata dan maksimal. Seperti halnya kuas, alat ini juga bisa digunakan untuk membuat efek goresan pada media seni lukis. Pisau palet memiliki beragam ukuran yang bisa dipilih, ada yang memiliki bentuk runcing dan ada juga yang bulat.

    Pisau Palet
    Credit: principlearttalk.com

    5. Palet

    Palet adalah media yang digunakan sebagai tempat mencampur cat. Untuk palet cat air, biasanya memiliki lengkungan untuk tempat air cat. Sedangkan palet cat minyak, biasanya memiliki bentuk datar saja tanpa lengkungan, namun memiliki lubang untuk memudahkan memegangnya.

    Palet Cat Air
    Image credit: Google Images
    Palet Cat Minyak
    Credit: TurboSquid

    6. Pembersih kuas

    Pembersih kuas diperlukan untuk membersihkan kuas dari sisa cat. Dengan pembersih ini, kuas bisa digunakan kembali untuk warna yang lain tanpa terkena warna sebelumnya. Contoh bahan yang bisa digunakan adalah cairan thinner, solar, dan minyak tanah.

    Alat Pembersih Kuas
    Credit: The Family Handyman

    7. Easel

    Easel merupakan alat penyangga yang biasanya memiliki 3 kaki. Pada peralatan seni lukis, alat ini bisa digunakan sebagai papan untuk mendudukkan kanvas. Selain untuk melukis alat ini bisa digunakan untuk perlengkapan pameran.

    Easel
    Credit: IndiaMART

    Media

    Media yang biasa digunakan untuk menggambar adalah kertas. Sedangkan media untuk melukis bisa menggunakan kertas maupun kanvas.

    a. Kertas merupakan media seni lukis yang memiliki daya serap yang tinggi. Media ini bisa dilukis menggunakan cat air.

    Jenis Jenis Kertas
    Credit: Freepik

    b. Kanvas merupakan kain yang bisa digunakan sebagai media untuk melukis. Media ini biasa digunakan untuk melukis dengan cat minyak.

    Bahan Banner Kanvas
    Credit: canvasdiscount.com