Apa itu Aliran Energi pada Sebuah Rantai Makanan? Adakah Hubungan?

    Aliran Energi pada Sebuah Rantai Makanan – Ekosistem merupakan semacam interaksi atau hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan unsur abiotiknya pada satu kesatuan lingkungan hidup. Ekosistem ini terdiri dari satuan makhluk hidup. Pada ekosistem, ada unsur biotik dan ada pula unsur abiotik.

    Sementara itu, rantai makanan merupakan serangkaian proses memakan dan dimakan antara makhluk hidup dengan yang diurutan dengan pengurutan tertentu. Misalnya padi yang dimakan oleh tikus, tikus yang dimakan oleh ular, ular yang dimakan oleh elang, dll. Namun pernahkah Kamu mendengar istilah aliran energi pada sebuah rantai makanan?

    Jika belum, atau sudah pernah namun belum memahami, maka bisa menyimak posting berikut. Di bawah ini adalah pembahasan tentang apa yang dimaksud dengan aliran energi pada sebuah rantai makanan serta hubungan keduanya.

    Apa yang dimaksud dengan aliran energi pada sebuah rantai makanan?

    Aliran energi pada sebuah rantai makanan adalah suatu perpindahan energi dari makhluk hidup ke makhluk hidup yang lainnya. Energi tersebut berupa zat makanan dan terjadi ketika makhluk hidup memangsa makhluk hidup yang lain.

    Makanan digunakan oleh makhluk hidup sebagai sumber energi lewat metabolisme.

    Adakah hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi?

    Ada hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi. Berikut di jelaskan.

    Agar dapat melakukan aktivitas dalam kehidupannya, makhluk hidup membutuhkan energi. Energi itu bisa didapatkan dari makanan. Proses konsumsi makanan tersebut merupakan proses perpindahan energi. Pada ekosistem, aliran energi bisa digambarkan lewat rantai makanan serta jaring makanan.

    Peran produsen penting dalam sebuah rantai makanan

    Peran produsen penting pada sebuah rantai makanan sebab dia adalah penghasil makanan bagi konsumen tingkat pertama. Kalau produsen tersebut tidak ada, maka rantai makanan terhambat dan konsumen tidak bisa mempertahankan hidup.

    Rantai makanan pada puncaknya disebut sebagai konsumen puncak. Namun apabila konsumen puncak tersebut punah, apa yang akan terjadi pada konsumen I dan konsumen II?

    Apabila konsumen puncak punah, apa yang akan terjadi pada konsumen I dan II?

    Apabila konsumen puncak berkurang, yang terjadi adalah konsumen pertama menjadi berkurang, sebab dimakan oleh konsumen kedua yang jumlahnya semakin banyak. Konsumen kedua bisa meningkat banyak sebab memperoleh makanan, namun dia tidak dimakan oleh konsumen puncak.

    Perbedaan autotrof dan heterotrof

    Asal energi adalah dari tanaman padi, yakni tanaman yang sifatnya autotrof. Maksud dari autotrof tersebut adalah makhluk hidup atau organisme yang bisa menghasilkan makanan sendiri. Proses untuk menghasilkan makanan tersebut dilakukan lewat fotosintesis, yaitu merubah karbon dioksida dan air ke zat gula dan oksigen.

    Sementara itu, untuk organisme atau makhluk hidup yang tidak bisa membuat energi sendiri sifatnya adalah heterotrof. Di dalamnya termasuk hewan yang di mana mereka perlu mengambil sumber energi dengan memangsa organisme lain.

    Contoh heterotrof itu terjadi ketika tikus memakan padi dan juga ular yang memakan tikus. Oleh mereka, sumber makanan tersebut dicerna, lalu hasilnya dimetabolisme dengan bantuan oksigen menjadi energi.

    Penutup

    Pindahnya energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup yang lain seperti pembahasan di atas bisa pula kita gambarkan dalam kehidupan sehari-hari. Sekedar contoh misalnya pada telur ayam yang biasa kita konsumsi.

    Telur dihasilkan oleh ayam dan ketika kita mengonsumsinya, maka kita memperoleh energi dari telur ayam tersebut. Namun dari mana ayam memperoleh energi untuk menghasilkan telur?

    Nah, ayam memperoleh energi dari makanan yang dimakan oleh ayam. Telur ayam yang kita makan itu sebetulnya merupakan bahan makanan yang diperuntukan bagi anak ayam saat berada di cangkang telur.

    Mungkin sementara itu cukup untuk pembahasan apa yang dimaksud dengan aliran energi pada sebuah rantai makanan serta hubungan antara keduanya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat ya.


    Share this post:
    Loading...