Apa Dampak Positif dan Negatif dari Mengonsumsi Kopi?

    Dampak positif satu cangkir kopi yang dikonsumsi di pagi hari bukan rahasia lagi. Bagi siapa pun yang menyukainya, sudah pasti telah merasakan manfaatnya. Isi kafein di dalamnya menjadikan pikiran kita senantiasa hidup serta terjaga untuk memproses perintah dari bagian badan lain. Tetapi selain ada dampak positif, ada pula dampak negatif bilamana mengonsumsi kopi dengan jumlah berlebihan.

    Daftar Isi:

    Seperti yang kita tahu bahwa orang Indonesia memanglah banyak yang suka mengonsumsi kopi. Bahkan kedai kopi bisa dengan gampang kita temui di banyak tempat, mulai dari warung kopi sampai kafe yang menyediakan bermacam jenis kopi. Meski begitu, efeknya samping yang mesti kita ketahui. Apa dampak positif dan negatif dari mengonsumsi kopi? Berikut di jelaskan beberapa di antaranya.

    Dampak positif dari mengonsumsi kopi

    Beberapa dampak positif dari mengonsumsi kopi di antaranya yaitu sebagai berikut.

    1. Menghilangkan kantuk dan meningkatkan semangat

    Dampak positif kopi yang paling populer dan pasti semua orang tahu adalah bisa menghilangkan rasa mengantuk. Dengan begitu, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan semangat beraktivitas bilamana diperlukan.

    2. Mengurangi risiko terserang penyakit parkinson dan alzheimer

    Mengonsumsi kopi tidak cuma berguna untuk menghilangkan rasa kantuk. Minuman ini bisa pula mengurangi risiko terserang penyakit parkinson dan alzheimer.

    3. Kandungan kafein bisa meredakan pusing

    Kopi bisa membantu meredakan sakit kepala. Sebab kopi memiliki kandungan kafein. Karena itu pula, banyak dari obat sakit kepala serta migrain yang mengandung kafein dengan jumlah kecil.

    4. Membantu meningkatkan ingatan jangka pendek

    Kopi dapat membantu meningkatkan memori atau ingatan dalam jangka pendek. Sebab kafein yang dimilikinya bereaksi secara kimia menstimulasi serta membantu kita untuk menangkap dan fokus pada informasi yang diterima, sehingga bisa meningkatkan memori dalam jangka pendek tertentu.

    Dampak negatif dari mengonsumsi kopi

    Beberapa dampak negatif dari mengonsumsi kopi di antaranya yaitu sebagai berikut.

    1. Menguningkan gigi

    Kopi dapat menjadikan gigi nampak kuning bilamana mengonsumsinya dengan jumlah yang berlebihan.

    2. Memunculkan karang gigi

    Selain dapat menguningkan gigi, mengonsumsi kopi berlebihan bisa pula menimbulkan karang gigi.

    3. Menyebabkan kesulitan tidur

    Kafein bisa menimbulkan kesulitan tidur. Karena itu sebaiknya menghindari mengonsumsi kopi menjelang waktu tidur, sebab bisa menyebabkan kesulitan tidur.

    4. Mengganggu pencernaan

    Dampak negatif minum kopi bisa menimbulkan gangguan pencernaan. Sebagian orang yang minum minuman berkafein dapat merasa sakit perut atau gangguan pencernaan. Lebih-lebih bila mengonsumsinya dikala perut sedang kosong.

    5. Meningkatkan risiko keguguran

    Kafein pada kopi bisa meningkatkan risiko keguguran untuk wanita yang sedang hamil. Jadi, bila sedang hamil sebaiknya menghindari konsumsi kopi.

    6. Sakit kepala

    Meski kafein bisa meringankan indikasi sakit kepala, namun bila mengonsumsinya dengan berlebihan justru bisa menimbulkan sakit kepala dan menimbulkan sakit kepala sebelah.

    7. Menimbulkan kecanduan

    Sebetulnya bukan kopi yang membuat kita ingin mengonsumsinya terus menerus, melainkan kandungan kafein di dalamnya.

    Penutup

    Di samping dampak positif dan negatif dari mengonsumsi kopi seperti apa yang di jelaskan di atas. Seperti yang kita tahu bahwa di Indonesia, banyak penggemar minuman ini yang senantiasa menyertakan rokok dikala menikmati satu cangkir kopi. Padahal jelas rokok tidak sehat dan memiliki banyak dampak negatif.

    Yang kedua adalah sebaiknya kita mengonsumsi kopi murni, yaitu kopi yang tidak dicampur dengan gula berlebihan. Satu cangkir kopi meski pahit justru dapat memberikan pengaruh yang lumayan besar daripada yang dicampur.

    Kopi Susu
    Image credit: Freepik/Jcomp

    Sebetulnya ada banyak lagi dampak positif dan negatif dari mengonsumsi kopi. Namun pada akhirnya adalah bagaimana kita mengonsumsi minuman ini. Bila meminumnya sesuai ketentuan dan cara penyajian yang tepat, maka kopi bisa bermanfaat. Sedangkan bila dikonsumsi dengan berlebihan maka bisa berisiko bagi kesehatan kita.


    Share this post:
    Loading...