Apa itu yang Dimaksud dengan Desain Grafis?

    Mungkin terlintas di pikiran kita tentang apa itu yang dimaksud dengan desain grafis tetapi tidak terdefinisi dengan jelas. Pengertian desain grafis umumnya bisa didefinisikan sebagai berikut

    Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi yang menggunakan unsur-unsur visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar untuk menyampaikan pesan dan informasi dengan seefektif mungkin.”

    Proses Desan Grafis

    Desain grafis apa pun, itu biasanya diwujudkan melalui proses pengerjaan dengan menggabungkan unsur-unsur serta menerapkan prinsip-prinsip desain. Proses pengerjaan ini dapat dilakukan dalam waktu yang singkat ataupun lama.

    Pekerjaan desain grafis ini dapat dimaksud kan untuk proyek dengan skala apa pun. Mulai dari poster yang ditujukan untuk sejumlah kecil orang, pameran dagang dengan satu kali pertunjukan, dan konten digital yang dapat dilihat jutaan orang. Lalu dapat pula untuk tujuan komersial, pendidikan, budaya, dan politik.

    Perbedaan Desain Grafis dengan Ilustrasi

    Desain grafis berbeda dengan ilustrasi. Ilustrator membuat atau menggambar suatu ide, sementara desainer menggabungkan ilustrasi, foto, dan unsur-unsur lainnya untuk mengkomunikasikan suatu ide. Tetapi Ilustrator bisa juga menjadi seorang desainer yang terampil, demikian juga sebaliknya.

    Maksudnya adalah ilustrator juga bisa memiliki keterampilan konteks desain grafis. Keterampilan itu memungkinkan kita untuk menemukan ilustrator yang juga bekerja sebagai desainer grafis dan juga sebaliknya. Yaitu menemukan desainer grafis yang juga bekerja sebagai ilustrator.

    Bekerja sebagai Desainer Grafis

    Banyak desainer bekerja di perusahaan yang bertujuan biar desain mereka bisa digunakan oleh orang banyak. Dengan demikian, tidak heran jika desainer mengandalkan desain yang bisa diterima secara luas dan mengutamakan fungsionalitas daripada keindahan desain.

    Desainer dapat bekerja untuk proyek digital seperti situs web, user interface, dan proyek cetak seperti banner, stiker, dan box kemasan. Mereka dapat membuat desain layout baru maupun mengacu referensi dari desain sebelumnya dari waktu ke waktu.

    Proses pengerjaan didasarkan pada skala konteks, desain dapat dibuat oleh satu desainer, beberapa, ataupun dalam tim kreatif. Perusahaan yang lebih besar dapat memperkerjakan sejumlah desainer dengan arahan direktur kreatif. Sedangkan perusahaan kecil mungkin harus memiliki satu desainer yang mampu di berbagai bidang.

    Desain Kuno dengan Modern

    Kendati era digital telah menggunakan software komputer desain untuk proses pengerjaan, desain grafis masih mengacu prinsip-prinsip desain kuno. Sebagai desainer, harus memiliki pemahaman tentang teori dan pemilihan warna yang tepat. Unsur-unsur desain juga harus disusun dengan saksama, karena bisa menjadi pembentuk emosi bagi audiens. Secara keseluruhan, desain grafis ditujukan untuk dapat membawa informasi secara jelas beserta dengan keindahannya yang harus berjalan seiring. Melalui visual yang indah, informasi bisa disampaikan dengan menyenangkan.

    Alat Desain Grafis Modern

    Apa yang dimaksud dengan desain grafis, itu merupakan seni yang kompleks. Kemampuan mengamati sebagai suplai energi untuk mengaktifkan imajinasi merupakan alat penting bagi desainer. Mereka menggunakan berbagai metode dalam menggabungkan seni dan teknologi untuk mengkomunikasikan pesan tertentu dan membuat visual yang mengesankan. Desainer harus menginterpretasikan kebutuhan klien dengan mendengarkan, meneliti, mengembangkan konsep, dan menemukan keseimbangan antara keindahan dan fungsionalitas.

    Menjadi seorang desainer harus menguasai banyak keterampilan dan alat software desain grafis yang berbeda. Lalu masuk ke dalam alur kerja desain yang khas untuk menerapkan proses kreatif, seperti layout, tipografi, dan warna.

    Misalnya ketika ingin mendesain brosur, desainer perlu menggunakan Photoshop untuk menyesuaikan dan memperbaiki gambar yang digunakan pada proyek brosur. Lalu menggunakan Illustrator untuk membuat logo khusus atau menggambar vektor yang akan dipakai nanti. Setelah itu, menggunakan InDesign untuk menyusun layout dan proses persiapan produksi percetakan.

    Desain grafis apa pun, itu disusun dari unsur-unsur dan didasarkan pada prinsip-prinsipnya untuk dimaksud kan dapat menciptakan desain dengan visual yang mengesankan.


    Share this post:
    Loading...