Apa Itu Pengertian Tas Spunbond: Tujuan dan Manfaatnya

Mello.idTahukah apa itu tas spunbond? Simak pengertian tas spunbond dan manfaatnya. Tas spunbond  apakah ramah lingkungan? Untuk mengetahui lebih lengkap tentang tas spunbond serta manfaatnya, bisa menyimak penjelasannya di artikel ini.

Berbelanja merupakan salah satu kegiatan yang sangat sering dilakukan oleh masyarakat, baik berbelanja pakaian, makanan, ataupun kebutuhan sehari-hari seperti di minimarket, supermarket atau pusat perbelanjaan lainnya. Tentu saja dalam melakukan kegiatan berbelanja pun para pembeli sangat membutuhkan tas belanja untuk mempermudah dalam membawa barang-barang yang sudah dibeli.

Awalnya, kantung plastik merupakan salah satu wadah belanja yang lumrah digunakan. Selain karena bentuk dan bahannya yang ringan, harga plastik yang cenderung lebih murah kerap kali menjadi alasan para penjual maupun pembeli untuk memilih plastik sebagai tas belanja. Namun, pemakaian tas dengan bahan plastik secara cuma-cuma dan berlebihan tentu saja meninggalkan dampak buruk bagi lingkungan sekitar.

Hal tersebut dikarenakan sampah kantung plastik adalah salah satu jenis sampah yang sulit untuk terurai dan menyebabkan pencemaran. Butuh waktu dan proses khusus untuk membuat sampah dari plastik dapat dimusnahkan atau digunakan kembali. Salah satu cara yang paling umum adalah membakar plastik, namun hal ini akan mencemari udara.

Meskipun sudah banyak gerakan untuk mendaur ulang sampah plastik menjadi barang berharga lainnya, namun tidak menghilangkan bahayanya sampah plastik bagi lingkungan sekitar. Oleh karena itu, penggunaan tas dengan bahan yang ramah lingkugan kini lebih banyak dicari dan dikembangkan untuk menggantikan penggunaan tas plastik sekali pakai, salah satunya adalah Tas spunbond. Tapi sebenarnya, apa itu tas spunbond?

Pengertian Tas Spunbond: Tujuan dan Manfaat Tas Spunbond

Pengertian

Tas spunbond atau tas dengan bahan spunbond adalah tas yang terbuat dari kain sintetis dan terbukti lebih ramah lingkungan serta aman untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu, tas spunbond dirancang secara mekanis sehingga lebih kuat dalam membawa barang berat dan cocok digunakan dalam kegiatan berbelanja.

Tas spunbond sendiri sudah mulai beredar diberbagai pusat perbelanjaan dan ditawarkan sebagai tas yang ramah lingkungan. Melihat kualitas dan model tas spunbond yang lebih trendy dibandingkan tas plastik, tentu saja membuat tas spunbound dapat digunakan dalam banyak kesempatan, dan tidak hanya digunakan dalam kegiatan berbelanja ke minimarket atau supermarket saja.

Selain kegunaannya yang bertujuan untuk menaruh barang, tas spunbound juga bisa digunakan sebagai souvenir dalam berbagai acara, seperti acara sekolah, kampus, kantor atau dijadikan hadiah dalam acara brand-brand tertentu. Karena banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh tas spunbound, masyarakat mulai tertarik untuk menggunakan tas dengan bahan kain ini sebagai tempat menaruh barang-barang ketika berpergian.

Penggunaannya yang bisa berulang kali pun menjadi nilai tambah bagi pembeli karena lebih hemat.

Fakta lain yang terdapat dalam tas spunbond adalah bahannya yang dapat dihancurkan oleh bakteri dan mudah untuk didaur ulang. Mengingat bahwa plastik sangat sulit untuk diuraikan bahkan bisa bertahan hingga 1000 tahun jika terkubur didalam tanah, menjadikan tas spunbond jauh lebih unggul dibandingkan dengan plastik.

Tujuan dan Manfaat

Menggunakan tas spunbond tentu saja dapat membantu dalam menanggulangi permasalahan lingkungan, khususnya dalam pencemaran dari sampah plastik. Bahan yang kuat, desain yang kekinian, dan bisa digunakan berulang kali merupakan alasan besar untuk beralih dari penggunaan plastik menuju tas spunbond.

Penggunaan tas ramah lingkungan seperti tas spunbond memang sewajarnya mulai diterapkan, mengingat pencemaran lingkungan yang makin parah diberitakan saat ini. Mengganti plastik dengan bahan yang lebih mudah untuk didaur ulang dan digunakan Kembali, menjadi sebuah cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Hal ini bertujuan dalam melakukan kegiatan berbelanja diluar rumah.

Selain itu, beralih kepada tas spunbond memberikan banyak sekali manfaat bagi diri sendiri seperti tidak perlu memakai tas sekali buang, dapat memilih model dan desain tas sesuai keinginan, serta pemakaiannya yang bisa berulang membuat masyarakat akan lebih berhemat dalam menggunakan tas belanja.

Secara keseluruhan, Tas spunbond dapat dijadikan alternatif paling baik bagi masyarakat dan toko-toko di pusat perbelanjaan dalam membantu menjaga lingkungan tetap sehat. Dengan menerapkan memakai tas spunbound dalam kegiatan sehari-hari, sudah menjadi salah satu bentuk kesadaran kita sebagai manusia dalam menjaga lingkungan dan alam yang kita tempati serta tinggali.

Oleh karena itu, mari kita beralih menggunakan tas spunbound sebagai bentuk peduli terhadap lingkungan kita semua. Itulah penjelasan mengenai pengertian tas spunbond, tujuan, dan manfaatnya. Semoga pembahasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat, ya.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan