Apa Itu Seni Rupa Murni? Ini Penjelasan, Jenis dan Contohnya

Seni rupa murni merupakan jenis cabang seni yang mengutamakan bagian keunikan dan keindahan. Hal ini tentu akan menyebabkan kehadiran seni banyak ditemukan dalam kehidupan masyarakat untuk berbagai macam tujuan mulai dari hiasan atau ornamen, kerajinan, arsitektur, dan lainnya.

Pada umumnya seni rupa murni kebalikan dari seni rupa terapan, sehingga memiliki fungsi, batasan, dan pengertian yang berbeda. Ingin tahu lebih jauh tentang seni rupa murni? Seni murni atau fine art mampu menawarkan arti seni lebih detail dibandingkan dengan cabang seni lainnya seperti penjelasan berikut.

Sekilas Tentang Seni Rupa Murni

Seni murni atau fine art merupakan hasil karya seni yang dalam proses pembuatannya mampu hasilkan seni rupa dengan mengedepankan sisi keindahan dan juga keunikan. Intinya sebuah karya akan tetap dikatakan murni karena mampu menjunjung tinggi nilai keindahan dibandingkan kegunaannya sendiri.

Seni murni sudah ada sejak lama, sehingga sudah banyak masyarakat yang mengetahuinya. Pada awal zaman pra sejarah ditemukan cat alami yang berasal dari getah pohon. Seiring berkembangnya waktu, seni murni mulai berkembang pesat dan mampu membuat orang yang melihatnya merasa tertarik.

Kini seni murni sudah mampu diwujudkan dengan media keras, sehingga banyak ditemukan ukiran kayu unik dan patung yang dijual dipasaran. Namanya juga seni rupa murni, kebanyakan karyanya diperoleh langsung dari alam, kemudian dikembangkan menjadi sebuah bentuk yang sangat menarik.

Seni murni pada umumnya tergolong suatu karya seni rupa yang sifatnya bebas. Pada sebuah karya seni murni, Anda bisa menemukan beberapa aliran atau gaya seperti surealisme, romantisme, impresionisme, ekspresionisme, dan masih banyak lagi yang berkembang di masyarakat luas.

Seolah-olah aliran naturalisme dalam seni murni lebih menonjol dibandingkan dengan karya seni rupa lainnya. Kira-kira apa kegunaan dari seni murni dalam kehidupan masyarakat? Anda bisa dapatkan info selengkapnya melalui pembahasan berikutnya.

Fungsi Penting Seni Murni atau Fine Art

Pada umumnya seni murni atau fine art tidak memiliki perbedaan terlalu jauh dengan seni rupa lainnya yang berkembang di masyarakat luas. Seperti dalam kehidupan sehari-hari, seni rupa murni akan menawarkan fungsi sebagai berikut, baik secara tersurat maupun tersirat.

1. Sebagai Sarana Komunikasi

Seni murni juga memiliki fungsi sebagai media yang mudah digunakan untuk menyampaikan suatu pesan kepada orang lain. Sudah fungsi utama karya seni rupa sebagai sarana komunikasi bagi masyarakat, namun terkadang belum tentu semua orang mampu memaknainya.

Terkadang untuk mengetahui arti dari seni murni, Anda harus menanyakannya langsung kepada orang yang menciptakannya. Tentunya setiap seniman sudah memiliki tujuan tersendiri dalam upaya mewujudkan suatu karya yang akan dipublikasikan kepada masyarakat luas.

2. Sebagai Sarana Edukasi

Mewujudkan karya seni murni atau fine art bisa dijadikan sebagai sarana edukasi atau pendidikan bagi siapapun yang melihatnya. Seni bisa menjadi tempat terbaik untuk menyampaikan informasi ataupun pengetahuan bagi seseorang yang membutuhkannya atau mereka yang berjiwa seni.

Seni murni dijadikan sebagai sarana edukasi sebenarnya sudah sejak zaman dulu, tepatnya pada zaman pra-sejarah sebelum teknologi masuk dalam kehidupan. Karya seni murni dijadikan sebagai sarana edukasi bisa terlihat dari sebuah foto, kaligrafi, lukisan, diorama, dan masih banyak lagi.

3. Untuk Memenuhi Kebutuhan Emosional

Seni rupa murni yang berkembang dalam kehidupan masyarakat juga mampu memenuhi adanya kebutuhan emosional manusia. Seperti yang Anda ketahui, manusia memiliki beragam emosi mulai dari sedih, malas, marah, senang, dan emosi lainnya yang tiba-tiba muncul dalam diri.

Kemunculan seni murni di tengah masyarakat, membuat mereka merasa mampu menenangkan perasaan dan membahagiakan dirinya sendiri. Mengapa bisa demikian? Seniman memberikan pendapatnya bahwa hal itu disebabkan oleh keindahan yang ditawarkan oleh karya seni tersebut.

4. Sebagai Sarana Peribadatan

Seni murni bisa berperan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta, bahkan bisa dirasakan langsung oleh penganut agama tertentu. Misalnya ada karya kaligrafi yang berisi penggalan ayat suci Al-Qur’an seolah-olah mengajak pembaca untuk mengamalkannya.

Ada juga bentuk seni murni berupa pahatan patung yang digunakan untuk sarana komunikasi manusia dengan Tuhannya. Memang tanpa disadari, setiap karya seni murni yang ada akan membantu memunculkan rasa takjub dan membuat seseorang mudah ingat dengan Tuhannya.

Jenis Seni Murni Berdasarkan Bentuknya

Sudah tahu kan seni rupa murni apa artinya? Karya seni seperti ini sebenarnya dibagi menjadi 2 jenis diantaranya seni rupa 3 dimensi dan seni rupa 2 dimensi. Untuk memahami kedua jenis seni rupa, coba simak ulasan keduanya dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Apa yang dimaksud seni rupa 3 dimensi? Seni rupa 3 dimensi memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi sehingga mencakup banyak hal dalam kehidupan manusia. Pada umumnya hasil dari seni rupa 3 dimensi mampu dilihat dari segala arah, sehingga tampak indah untuk sebagian orang.

Beberapa contoh karya seni rupa 3 dimensi meliputi seni ukir kayu, patung, dan jenis kerajinan lain yang sering ditemui dalam pameran ataupun pinggir jalan. Seni menampakkan keindahan, namun kegunaannya tidak begitu signifikan bagi kehidupan manusia pada umumnya.

2. Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa murni 2 dimensi merupakan seni rupa yang terdiri atas 2 unsur penyusun yakni panjang dan lebar. Berbeda dengan seni rupa 3 dimensi, seni rupa 2 dimensi hanya dapat dinikmati oleh pemiliknya dari arah-arah tertentu saja, sehingga sifatnya cukup terbatas.

Meski karya seni rupa 2 dimensi hanya bisa dinikmati dari 1 arah saja, namun seniman selalu berusaha menorehkan kreativitasnya agar bisa mencapai hasil optimal. Beberapa contoh karya seni rupa 2 dimensi meliputi gambar grafis, lukisan, karikatur, dan masih banyak lagi.

Ragam Contoh Seni Murni atau Fine Art

Memang sebelumnya sedikit dijelaskan mengenai contoh karya seni murni dalam kehidupan sehari-hari, namun pasti masih ada yang belum memahami secara pasti mengenai contohnya. Contoh seni murni yang banyak ditemukan di tengah masyarakat adalah sebagai berikut.

  • Seni Grafis termasuk dalam karya 2 dimensi yang bisa diciptakan menggunakan tangan dan mesin printing seperti spanduk, stampel, banner, baliho, poster, dan lainnya.
  • Seni fotografi merupakan sebuah seni yang diciptakan dari kamera untuk mengabadikan momen paling berharga dalam kehidupan sehari-hari.
  • Seni koreografi merupakan bentuk karya seni murni untuk menciptakan sebuah tarian dengan gerakan utuh dan menarik, sehingga bisa menghibur siapapun yang melihatnya.
  • Seni kaligrafi adalah bentuk akulturasi dari seni tulisan menawan menggunakan ayat suci Al-Quran sehingga siapapun yang melihatnya secara otomatis membaca ayat.
  • Seni pahat biasanya menggunakan batu ataupun kayu, kemudian diciptakan dengan beberapa teknik seperti memahat, membutsir, mencetak, dan lainnya.
  • Seni Ukir biasanya memanfaatkan perpaduan kayu, pasir, logam, pasir, semen, gifsum untuk membentuk relief seolah menjadi patung timbul.

Seni rupa murni merupakan salah satu jenis karya seni yang bisa dinikmati keindahannya, namun tidak terlalu memikirkan nilai fungsinya. Beberapa jenis seni rupa murni dalam kehidupan sehari-hari meliputi patung, pahatan, keramik, mozaik, kaligrafi, dan lainnya dengan menawarkan beragam fungsi.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan