Saran Agar Pembangunan Ekonomi Indonesia Bisa Cepat

    Sebagai negara berkembang, pembangunan ekonomi di Indonesia belum secepat negara maju. Karena itu, banyak rakyat yang kesejahteraannya belum terjamin. Dengan begitu, saran sangat diperlukan dari masyarakat agar kecepatan pembangunan ekonomi di Indonesia bisa bertambah. Lalu apa saran kalian agar pembangunan ekonomi indonesia bisa cepat?

    Berikut beberapa contoh saran agar pembangunan ekonomi Indonesia bisa dipercepat.

    1. Pemerataan kualitas pendidikan.

    2. Mengembangkan investasi di Indonesia.

    3. Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM).

    4. Mengelola Sumber Daya Alam (SDA) sebaik mungkin.

    5. Mengembangkan objek wisata untuk menambah daya tarik bagi wisatawan.

    6. Memberdayakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

    7. Masyarakat harus mengakui produk lokal.

    8. Melakukan kerjasama dengan luar negeri.

    9. Mengadakan pelatihan kerja untuk mengurangi jumlah pengangguran.

    10. Mengurangi angka kelahiran.

    11. Memperbaiki infrastruktur yang kurang memadai.

    Penjelasan

    Berikut adalah penjelasan untuk saran agar pembangunan ekonomi Indonesia bisa cepat.

    1. Pemerataan kualitas pendidikan

    Saran pertama agar pembangunan ekonomi indonesia bisa cepat adalah pemerataan kualitas pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu parameter human development index yang di mana pada akhirnya berpengaruh pada kemajuan negara. Semua Warga Negara Indonesia harus mendapatkan pendidikan yang berkualitas agar bisa memiliki kompetensi untuk bekerja dan berwirausaha.

    2. Mengembangkan investasi di Indonesia

    Stabilitas nilai mata uang, keamanan negara, kepastian hukum, dan kemudahan administrasi sangat diperlukan untuk dapat berkembangnya investasi di Indonesia. Dengan pengembangan investasi, maka dapat mendorong pembangunan ekonomi di Indonesia. Misalnya investor dapat membuka lapangan kerja bagi penduduk indonesia dan perusahaan mennyuplai dana ke negara melalui pajak. Dana tersebut dapat digunakan untuk pembiayaan pembangunan ekonomi.

    3. Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM)

    Terdapat beberapa bidang pekerjaan profesional di Indonesia yang perlu melibatkan SDM dari luar negeri. Sementara melibatkan pekerja asing pastinya memerlukan upah yang sangat besar. Karena itu, SDM di Indonesia harus dikembangkan sebaik mungkin agar pekerjaan di Indonesia bisa ditangani warga negara Indonesia.

    4. Mengelola Sumber Daya Alam (SDA) sebaik mungkin

    Indonesia memiliki banyak SDA yang potensial. Namun SDA ini perlu dikelola dengan sebaik mungkin agar bisa berkembang dan pada akhirnya bisa berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia.

    5. Mengembangkan objek wisata untuk menambah daya tarik bagi wisatawan

    Dengan mengembangkan objek wisata bagi para wisatawan, dapat meningkatkan devisa negara dan memberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat yang berada di sekitar objek wisata. Semisal masyarakat dapat menawarkan barang ataupun jasa untuk para wisatawan.

    6. Memberdayakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

    Pemerintah harus terus memberdayakan UKM dengan memberikan fasilitas, pelatihan, dan kesempatan untuk berkembang, misalkan dengan bantuan teknologi.

    Dengan peran pemerintah untuk memicu pertumbuhan UKM dalam negeri, perkembangan para wirausahawan dapat mengurangi ketergantungan pada ketersediaan lapangan pekerjaan. Bahkan justru wirausahawan dapat menciptakan lapangan kerja.

    7. Masyarakat harus mengakui produk lokal

    Masyarakat harus lebih mengakui produk lokal. Dengan begitu, perlu mengurangi pemakaian produk impor. Banyak alasan mengapa kita harus cinta produk Indonesia, salah satunya adalah bisa meningkatkan kualitas hasil produksi lokal dan bisa berpeluang untuk bersaing di pasar internasional.

    8. Melakukan kerjasama dengan luar negeri

    Dengan melalukan kerjasama dengan luar negeri, dapat membuka peluang untuk bekerja sama pada bidang ekonomi, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dll.

    9. Mengadakan pelatihan kerja untuk mengurangi jumlah pengangguran

    Seperti halnya SDM yang harus dikembangkan, jumlah pengangguran perlu diperhatikan. Salah satu cara untuk mengatasi banyaknya pengangguran adalah mengadakan pelatihan kerja. Misalkan pelatihan pembuatan kerajinan tangan, pelatihan TIK, pelatihan instalasi listrik, dll.

    10. Mengurangi angka kelahiran

    Angka kelahiran berpengaruh pada perekonomian negara. Jika angka kelahiran tinggi, maka berpengaruh pada jumlah pendapatan per kapita. Begitu juga pada tingkat pendidikan dan kesehatan. Angka kelahiran bisa dikurangi, misalkan melalui program Keluarga Berencana (KB).

    11. Memperbaiki infrastruktur yang kurang memadai

    Beberapa infrastruktur yang menunjang kegiatan ekonomi masyarakat harus dipastikan memadai. Misalnya jalan raya, jembatan, pelabuhan, dll. Jika tidak demikian, pastinya dapat menghambat aktivitas perekonomian masyarakat.

    Penutup

    Beberapa penjelasan di atas merupakan saran agar pembangunan ekonomi Indonesia bisa cepat, yang mungkin beberapa di antaranya sedang dilakukan, diupayakan, ataupun direncanakan oleh pemerintah. Lalu apa saran kalian agar pembangunan ekonomi Indonesia bisa cepat, mungkin terdapat saran lain yang tidak terdapat pada penjelasan di atas?