Apa yang Dimaksud dengan Negara Maritim?

    Jika Kamu melakukan pencarian apa yang dimaksud dengan negara maritim di mesin pencari, maka Kamu menemukan beberapa definisi. Namun secara umum, pengertian negara maritim bisa didefinisikan dengan singkat sebagai berikut.

    Negara maritim adalah negara yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan, dengan luas lautan yang lebih besar daripada luas daratan.”

    Definisi tersebut merupakan yang paling umum dan banyak digunakan. Melalui definisi tersebut, maka Indonesia disebut sebagai negara maritim juga.

    Pengertian Maritim menurut KBBI

    Di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata maritim diartikan sebagai berikut.

    1. Berkenaan dengan laut.
    2. Berhubungan dengan pelayaran dan pergadangan di laut.

    Dengan begitu, maka kita bisa mengambil arti maritim di nomor 1 untuk mendefinisikan pengertian negara maritim di atas, yang mana berkaitan dengan laut. Namun maritim memiliki beberapa definisi lain yang juga dapat dijadikan acuan dan berkaitan juga dengan laut.

    Beberapa Pengertian Lain untuk Negara Maritim

    1. Negara dengan kawasan atau teritorial laut yang sangat luas.
    2. Negara yang memiliki wilayah kedaulatan atas laut yang luas dengan menyimpan berbagai sumber daya alam yang berlimpah.
    3. Negara yang wilayahnya dikelilingi oleh banyak laut dan perairan.
    4. Negara yang memiliki konsep untuk mengedepankan pemanfaatan semua sumber daya laut untuk perekonomian.

    Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa negara maritim memiliki teritorial laut yang sangat luas dan mengelilinginya. Lalu memiliki konsep untuk memanfaatkan berbagai sumber daya alam yang melimpah untuk pertumbuhan perekonomian.

    Potensi yang Dimiliki

    Di negara kita, mungkin kebanyakan sekadar mengerti istilah ini, namun banyak yang kurang memahami fakta negara maritim secara keseluruhan. Namun pada pembahasan ini kita tidak masuk ke sejarah dan persoalan yang substansi. Kita masuk sedikit ke keilmuan dan potensi yang dimiliki.

    Jika kita mengacu ke KBBI dengan dengan 2 arti di atas, maka mengandung ambigu. Satu sisi berarti sekadar berhubungan dengan laut. Namun di sisi lain memiliki arti yang sangat luas dengan meliputi aktivitas yang berhubungan dengan kelautan secara menyeluruh.

    Secara sederhana, dengan perairan yang luas dan hasil laut yang berlimpah, maka penduduk di dapat menjadikannya sebagai mata pencaharian. Mereka dapat menyambung hidup dengan menangkap ikan dan menjualnya di pasar. Tentu mereka juga harus tahu bagaimana menjaganya dan mengetahui limitasi. Laut harus dilindungi untuk menghindari kerusakan ekosistem.

    Namun untuk potensi yang dimiliki, negara dapat memanfaatkan kelautan untuk pertumbuhan perekonomian dan kemakmuran penduduk, bukan sekadar menangkap ikan. Laut dapat diberdayakan untuk pelayaran, perdagangan, eksplorasi, dan pelabuhan. Kenyataannya yang terjadi, kita lebih ke negara agraris daripada maritim. Namun serupa dengan kesimpulan di atas, bahwa untuk memanfaatkan sumber daya laut ini harus memiliki konsep dan dipahami secara keseluruhan.


    Share this post:
    Loading...