Apakah yang Menjadi Media Ragam Seni Musik?

    Apakah yang Menjadi Media Ragam Seni Musik – Musik adalah hasil karya seni melalui media suara atau bunyi dengan wujud lagu atau komposisi musik yang diciptakan dari unsur musik dan bisa digunakan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan. Seni musik senantiasa berhubungan dengan seni suara atau bunyi, sebab substansi dasar dari musik merupakan suara atau bunyi, baik yang diciptakan dari suara manusia ataupun bunyi alat musik.

    Jika musik dihasilkan dari suara manusia, maka disebut sebagai musik vokal. Sedangkan jika musik dihasilkan dari bunyi alat musik, maka disebut sebagai musik instrumental. Lalu jika suara dihasilkan oleh suara manusia dan bunyi alat musik, maka bisa disebut sebagai musik campuran.

    Media ragam seni musik

    Apakah yang menjadi media ragam seni musik? Media seni musik adalah suara atau bunyi dari alat, nada, dan syair. Medium dari jenis suara atau bunyi, wujudnya adalah nyanyian dan instrumentalia.

    Berdasarkan karakteristik dan asalnya, ragam seni musik instrumen bisa dibedakan atas instrumen musik barat (Internasional), instrumen musik nusantara (Nasional), dan instrumen musik daerah. Sedangkan nyanyian atau lagu merupakan rangkaian suara yang memiliki nada dengan syair. Lagu sebagai hasil karya seni dapat terwujud dengan beragam jenisnya. Misalnya lagu-lagu daerah, lagu-lagu Indonesia dan lagu-lagu Barat yang diciptakan untuk disajikan dengan gaya yang bervariasi. Antara lain lagu pop, lagu rock, lagu keroncong, bosanova, rap, dangdut, seriosa, rakyat, country, jazz, melayu, dan lain-lain.

    Namun sekarang ini, terdapat juga musik yang diciptakan melalui media elektronik dan software komputer. Melalui media ini kita dapat menciptakan musik dan tidak memerlukan suara kita maupun alat instrumen. Salah satu contohnya adalah EDM (Electronic Dance Music) yang semakin berkembang dan populer.

    Apa bedanya musik tradisional dengan musik modern?

    Musik tradisional

    Musik tradisional atau musik daerah adalah istilah untuk musik yang lahir dan berkembang di daerah Indonesia. Musik tradisional ini turun temurun di masyarakat daerah, cenderung dipertahankan sebbagai fasilitas hiburan. Karakteristik khas untuk musik ini berada pada isi lagu dan instrumen musiknya. Musik tradisional mempunyai ciri khas, yaitu syair dan melodinya memakai bahasa dan gaya daerah setempat. Seni musik tradisiional biasanya menjadi identitas, jati diri, dan media ekspresi dari masyarakat yang mendukungnya.

    Musik Modern

    Musik Modern adalah istilah untuk musik yang mendapatkan penambahan teknologi pada penyajian. Musik ini sekarang berkembang cepat bersamaan berkembangnya zaman. Musik modern memiliki ciri khas, yaitu bersifat universal, sehingga seluruh orang dapat memahami, menguasai, dan menikmatinya.

    Apakah yang membedakan musik daerah dengan musik nusantara?

    Musik nusantara

    Musik nusantara adalah istilah untuk semua musik yang berkembang di nusantara, yang mana menunjukkan karakteristik keindonesiaan, baik itu pada bahasa ataupun gaya melodinya. Musik ini dapat terdiri dari musik tradisi daerah, musik keroncong, musik dangdut, musik langgam, musik gambus, musik perjuangan, dan musik pop.

    Musik daerah

    Musik daerah adalah istilah untuk musik yang menggunakan media suara atau bunyi yang berkembang di masyarakat daerah tertentu dan disajikan sesuai dengan aturan daerah tersebut. Musik ini menggunakan bahasa daerah setempat, karena itu cuma dapat dimengerti oleh masyarakat daerah tersebut.

    Catatan tambahan

    1. Unsur musik

    Unsur musik meliputi irama, melodi, harmoni, bentuk, dan ekspresi sebagai komposisi musik yang utuh.

    2. Musik yang bersifat auditif

    Musik yang bersifat auditif, yaitu seni pengungkapan ide atau gagasan melalui suara atau bunyi, yang mana unsur utamanya meliputi irama, melodi, dan harmoni. Lalu dengan unsur pendukung berupa bentuk ekspresi yang dapat mengungkapkan ide atau gagasan, sifat, tempo, dinamika, dan timbre.

    3. Seni suara yang bersifat auditif

    Seni suara yang bersifat auditif adalah bentuk panyampaian isi hati manusia melalui suara yang indah. Media dari jenis seni suara atau bunyi wujudnya adalah nyanyian atau lagu. Unsur lagu dapat meliputi nada, irama, dan syair.