Aplikasi Novel Gratis Terbaik, Bisa Diakses Offline & Tanpa Koin

Di era digital yang terus berkembang, aplikasi novel gratis telah menjadi daya tarik besar bagi para pecinta buku di seluruh dunia. Dulu, kita harus mengunjungi toko buku fisik atau perpustakaan untuk menemukan novel yang diinginkan. Namun sekarang tidak perlu lagi.

Pengguna dapat dengan mudah mengunduh aplikasi ini ke perangkat mobile mereka dan membaca tanpa harus berlangganan atau membeli buku fisik. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa aplikasi novel yang sangat populer, gratis dan menyediakan berbagai pilihan genre.

17 Referensi Aplikasi Novel Gratis

Aplikasi novel menawarkan pengalaman membaca yang nyaman dan fleksibel di mana pun kamu berada. Kamu bisa mengakses ribuan judul novel dari berbagai genre. Di aplikasi novel, pilihan genre yang tersedia mulai dari fiksi, fantasi, roman, misteri, hingga non-fiksi dan biografi.

Di bawah ini merupakan referensi aplikasi novel gratis yang bisa kamu dapatkan melalui PlayStore maupun AppStore:

1. Wattpad

Aplikasi pertama yang sudah taka sing lagi adalah Wattpad. Platform ini adalah sebuah platform daring yang sangat populer di kalangan para penulis dan pembaca. Aplikasi novel Wattpad memungkinkan pengguna untuk membaca, menulis, dan berbagi karya fiksi mereka secara gratis.

Pengguna dapat menemukan berbagai genre, mulai dari roman, fantasi, misteri, hingga cerita remaja. Aplikasi ini menawarkan akses mudah ke jutaan novel dan cerita pendek yang dibuat oleh penulis independen dari seluruh dunia.

Salah satu fitur menarik dari aplikasi Wattpad adalah interaksi yang terjadi antara penulis dan pembaca. Pengguna dapat memberikan komentar, mengirim pesan langsung kepada penulis, dan memberikan suara dengan cara memberikan “vote” pada cerita yang mereka sukai.

Hal ini memberikan pengalaman interaktif dan komunitas yang aktif di dalam platform.

2. Goodreads

Aplikasi novel gratis berikutnya adalah Goodreads. Di aplikasi ini, kamu bisa menemukan novel karya penulis internasional. Goodreads menyediakan basis data yang luas yang mencakup jutaan judul buku dari berbagai genre dan penulis.

Pengguna dapat membuat profil pribadi di aplikasi ini, menandai buku yang telah mereka baca, memberikan peringkat, dan menulis ulasan. Aplikasi ini juga menawarkan fitur untuk menandai buku yang ingin dibaca di masa mendatang.

Selain itu, Goodreads memungkinkan pengguna untuk bergabung dalam kelompok diskusi. Penggunanya juga bisa mengikuti penulis favorit mereka, dan mendapatkan rekomendasi buku yang disesuaikan berdasarkan preferensi mereka.

3. Radish Fiction

Platform selanjutnya adalah Radish Fiction. Aplikasi ini merupakan aplikasi novel yang populer dan inovatif yang menawarkan pengguna akses ke berbagai macam cerita fiksi seru di ujung jari mereka.

Aplikasi ini menyediakan koleksi novel dari berbagai genre, termasuk roman, fantasi, misteri, roman remaja, dan banyak lagi. Dengan antarmuka yang intuitif, pengguna dapat dengan mudah menjelajahi berbagai cerita dan memilih yang paling menarik bagi mereka.

Selain itu, Radish Fiction juga menawarkan fitur pembacaan dalam mode “binge-reading”. Pengguna dapat menikmati cerita dengan membaca beberapa bab sekaligus. Ini menciptakan pengalaman yang seru dan menarik, mirip dengan menonton serial televisi atau maraton membaca buku.

Dengan pengguna aktif di seluruh dunia, Radish Fiction telah menciptakan komunitas pembaca dan penulis yang dinamis. Pengguna dapat berinteraksi dengan penulis dan sesama pembaca melalui komentar dan pesan langsung.

4. Innovel

Aplikasi novel yang satu ini menawarkan pengalaman membaca yang menarik dan interaktif kepada para pengguna. Innovel menawarkan berbagai genre dan kategori, mulai dari fiksi hingga non-fiksi, dan memberikan akses ke koleksi novel yang kaya dan beragam.

Selain itu, Innovel juga menawarkan fitur-fitur sosial yang memungkinkan pembaca untuk berinteraksi dengan penulis dan pembaca lainnya. Pengguna dapat memberikan ulasan, memberikan peringkat, dan berbagi pendapat mereka tentang cerita-cerita yang mereka baca.

Ini menciptakan komunitas pembaca yang aktif dan berbagi minat yang sama dalam dunia literatur. Aplikasi ini membuka pintu menuju dunia cerita yang tak terbatas. Pembaca dapat memperluas imajinasi mereka dan menikmati sajian kreativitas para penulis.

5. NovelToon

Aplikasi novel gratis berikutnya yang dapat kamu download adalah NovelToon. Dengan menggunakan NovelToon, pengguna dapat dengan mudah menikmati berbagai jenis novel dalam berbagai genre yang berbeda.

Aplikasi ini menawarkan koleksi yang luas dari ribuan judul yang menarik, mulai dari roman percintaan, fantasi, misteri, aksi, hingga petualangan yang epik. Para pengguna dapat menikmati cerita-cerita melalui tampilan yang ramah pengguna, yang menyediakan antarmuka yang intuitif dan mudah dinavigasi.

NovelToon juga menawarkan fitur-fitur menarik lainnya, seperti opsi untuk memilih antara mode bacaan yang berbeda, mem-bookmark halaman, dan memberikan penilaian serta ulasan untuk cerita yang disukai.

6. GoodNovel

Aplikasi novel ini termasuk yang sangat populer di kalangan pembaca dan penulis. Aplikasi ini menawarkan akses mudah ke berbagai macam novel dari berbagai genre, mulai dari roman, fantasi, aksi, misteri, hingga fiksi ilmiah.

GoodNovel menyediakan platform yang memungkinkan penulis dari seluruh dunia untuk menerbitkan karya mereka. Penulis juga bisa berinteraksi dengan pembaca secara langsung. Pembaca pun dapat menemukan ribuan judul yang menarik dengan kualitas tinggi dan cerita yang menarik.

GoodNovel juga menawarkan beberapa novel yang bisa dibaca secara gratis. Akan tetapi ada juga novel premium yang memerlukan langganan atau pembelian dalam aplikasi.

7. Joylada

Aplikasi novel ini populer di kalangan pembaca seluruh dunia. Aplikasi Joylada menawarkan pengalaman membaca yang menarik dengan berbagai jenis cerita yang tersedia. Dalam Joylada, pengguna dapat menemukan berbagai genre seperti roman, fantasi, misteri, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang intuitif dan ramah pengguna. Pengguna dapat dengan mudah menavigasi dan menemukan novel-novel yang menarik minat mereka.

Joylada juga menyediakan fitur-fitur menarik. Contohnya seperti bookmark untuk menyimpan halaman terakhir yang dibaca, fitur penandaan favorit untuk novel yang disukai, dan opsi untuk mengunduh novel agar bisa dinikmati secara offline.

8. Hinovel

Aplikasi ini menyediakan akses mudah ke berbagai jenis novel, mulai dari fiksi, roman, fantasi, misteri, hingga cerita remaja. Dengan antarmuka yang ramah pengguna, Hinovel menawarkan pengalaman membaca yang menarik dan menghibur.

Aplikasi ini menampilkan ribuan judul novel dari penulis terkenal dan juga penulis baru yang sedang naik daun. Selain itu, Hinovel menawarkan fitur-fitur menarik seperti penanda buku dan kemampuan untuk mengatur ukuran huruf dan gaya teks.

Tersedia juga mode malam untuk kenyamanan membaca di tempat yang gelap. Dengan Hinovel, pengguna dapat menjelajahi dunia novel dengan mudah dan memiliki pengalaman membaca yang memikat kapan saja.

9. NovelPlus

Aplikasi novel gratis berikutnya adalah NovelPlus. NovelPlus adalah sebuah aplikasi novel yang sangat populer di kalangan pembaca dan penulis. Ada banyak genre cerita yang bisa kamu pilih dan nikmati kisahnya dalam NovelPlus.

Dengan antarmuka yang intuitif, pengguna dapat dengan mudah menelusuri berbagai judul novel dan memilih kategori yang diminati. NovelPlus juga menawarkan fitur pembacaan offline. Pengguna pun dapat menikmati novel favorit mereka di mana saja dan kapan saja tanpa koneksi internet.

Aplikasi ini menciptakan lingkungan yang interaktif dan menyenangkan bagi para pecinta novel. Mereka dapat menjelajahi berbagai cerita menarik, berinteraksi dengan penulis dan pembaca lainnya. Baik pembaca atau penulis juga bisa memperluas pengetahuan dan minat mereka dalam dunia literatur.

10. Google Play Books

Aplikasi ini merupakan aplikasi pembaca buku digital yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini memberikan pengguna akses ke berbagai koleksi buku digital yang luas, termasuk novel, buku non-fiksi, buku pelajaran, majalah, dan banyak lagi.

Dengan tampilan yang intuitif dan ramah pengguna, Google Play Books memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menemukan, membeli, dan membaca buku-buku favorit mereka. Pembaca pun dapat langsung membacanya dari perangkat seluler atau tablet mereka.

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur yang berguna. Di antaranya menandai halaman, menyorot teks, membuat catatan, dan mencari definisi kata. Pengguna juga dapat menyesuaikan tampilan bacaan mereka dengan mengubah ukuran teks, warna latar belakang, dan gaya font sesuai preferensi pribadi mereka.

Selain itu, Google Play Books menawarkan sinkronisasi lintas platform. Ini memungkinkan pengguna untuk melanjutkan membaca dari titik terakhir di mana mereka tinggalkan di berbagai perangkat yang terhubung.

11. WeRead

Dengan tampilan yang elegan dan antarmuka yang ramah pengguna, WeRead menyediakan pengalaman membaca yang menarik dan menyenangkan bagi pengguna. Aplikasi ini menawarkan berbagai koleksi novel yang luas dari berbagai genre, termasuk fiksi, nonfiksi, fantasi, roman, dan banyak lagi.

Pengguna dapat menjelajahi katalog yang lengkap dan memilih dari ribuan judul yang tersedia. Salah satu fitur unggulan dari WeRead adalah kemampuannya untuk menyesuaikan preferensi pembaca.

WeRead juga menawarkan fitur-fitur sosial yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan pembaca lainnya. Pengguna dapat bergabung dalam klub buku, dan berbagi saran serta rekomendasi buku dengan anggota komunitas lainnya.

Hal ini menciptakan ruang virtual yang interaktif bagi pembaca untuk berinteraksi dan berbagi pengalaman membaca mereka.

12. NovelReader

Aplikasi ini menawarkan pengalaman membaca novel yang menyenangkan dan memikat langsung melalui perangkat mobile atau tablet. Aplikasi NovelReader menawarkan berbagai fitur yang mempermudah pengalaman membaca.

Pengguna dapat dengan mudah mencari novel berdasarkan judul, penulis, atau genre tertentu. Novel-novel dalam aplikasi ini juga telah diterjemahkan ke dalam berbagai Bahasa. Hal ini membuat pengguna dapat menikmati karya-karya terkenal dari penulis asing tanpa batasan bahasa.

Selain itu, NovelReader juga menyediakan fitur penanda buku yang berguna bagi para pembaca yang ingin mengingat halaman terakhir yang mereka baca. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melanjutkan membaca dari tempat yang mereka tinggalkan tanpa harus mencari halaman yang tepat.

NovelReader juga memiliki fitur baca offline. Pengguna dapat mengunduh novel-novel pilihan mereka ke perangkat mereka. Selanjutnya, tinggal membacanya tanpa koneksi internet.

Ini sangat berguna saat pengguna berada di tempat tanpa akses internet atau saat mereka ingin membaca di perjalanan.

13. NovelMe

Aplikasi novel yang satu ini terbilang sangat inovatif dan menarik. NovelMe dirancang khusus untuk para penggemar buku dan penulis yang ingin berbagi karya mereka dengan dunia.

Dengan NovelMe, pengguna dapat dengan mudah menemukan dan membaca berbagai jenis novel dari berbagai genre. Tersedia mulai dari fiksi, fantasi, roman, hingga misteri dan petualangan. Dengan demikian, pengguna dapat merasakan pengalaman membaca yang lebih mendalam dan personal.

Selain itu, NovelMe juga memberikan kesempatan bagi penulis amatir untuk mengunggah dan mempublikasikan karya mereka sendiri. Pengguna lain dapat memberikan umpan balik dan dukungan kepada penulis, menciptakan komunitas yang dinamis di dalam aplikasi.

14. WebNovel

Aplikasi novel daring ini memberikan akses mudah dan nyaman bagi para penggemar literasi untuk membaca dan menikmati cerita-cerita fiksi dari berbagai genre. Pengguna dapat menelusuri koleksi novel yang luas, yang mencakup beragam genre.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik. Ada bookmark, notifikasi update, komentar. Selain itu juga tersedia penilaian bagi setiap cerita, yang memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi aktif dalam komunitas pembaca.

Dengan antarmuka yang sederhana dan desain yang menarik, WebNovel memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan. Di samping itu, kamu pasti betah berlama-lama di aplikasi ini, terutama bagi penggemar novel daring di seluruh dunia.

15. Storial.co

Aplikasi novel gratis yang bisa kamu dapatkan berikutnya adalah Storial.co. di sana, penulis dan pembaca dapat saling berinteraksi dan menikmati karya-karya fiksi yang kreatif. Dalam aplikasi ini, penulis dapat menerbitkan cerita-cerita mereka secara daring, sehingga dapat diakses oleh para pembaca di berbagai tempat.

Storial.co menawarkan beragam genre, mulai dari romance, fantasi, misteri, hingga cerita remaja. Ragam genre ini memungkinkan para pengguna menemukan kisah yang sesuai dengan minat mereka. Salah satu fitur menarik dari Storial.co adalah kemampuan interaktifnya.

Pembaca dapat memberikan umpan balik dan komentar langsung kepada penulis, memberikan apresiasi atau saran yang membangun untuk pengembangan cerita. Hal ini menciptakan suasana kolaboratif antara penulis dan pembaca.

Selain itu, Storial.co juga menyediakan alat dan sumber daya yang berguna bagi penulis. Mereka dapat menggunakan fitur penulisan yang intuitif. Di antaranya seperti pengaturan bab dan halaman, serta kemampuan mengunggah sampul dan ilustrasi untuk memperindah cerita mereka.

Storial.co juga menyediakan panduan penulisan dan tips bagi penulis pemula yang ingin meningkatkan keterampilan mereka dalam menulis.

16. iPusnas

Aplikasi ini dikembangkan oleh Pusat Perbukuan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

iPusnas memungkinkan pengguna untuk menjelajahi koleksi novel-novel terbaik dari berbagai genre dan penulis terkenal di Indonesia. Melalui iPusnas, pengguna dapat dengan mudah mengakses dan membaca novel-novel pilihan secara digital, tanpa harus membawa buku fisik.

Selain itu, iPusnas juga menyediakan fitur pembacaan yang nyaman dan interaktif. Pengguna dapat mengatur tampilan teks, ukuran huruf, dan mode baca malam yang meminimalisir kelelahan mata.

Dengan segala fitur dan kelebihannya, iPusnas menjadi sebuah aplikasi novel yang inovatif dan praktis. Aplikasi ini memberikan akses mudah dan menyenangkan ke dunia sastra Indonesia kepada pengguna.

17. Free Books – Spirit

Aplikasi novel ini sangat populer dan diakui oleh penggemar literatur di seluruh dunia. Free Books – Spirit menawarkan akses gratis ke berbagai jenis novel, termasuk fiksi, non-fiksi, romance, fantasi, dan banyak lagi.

Free Books – Spirit juga menyediakan fitur penanda halaman. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melanjutkan membaca dari tempat yang mereka tinggalkan sebelumnya.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbagi ulasan dan rekomendasi novel dengan pengguna lainnya. Aplikasi ini memiliki koleksi novel yang terus diperbarui dan beragam, serta kemudahan penggunaan yang ditawarkan.

Free Books – Spirit telah menjadi aplikasi pilihan bagi pecinta buku yang ingin menjelajahi dunia literatur dengan mudah dan tanpa biaya.

Baca Novel Mudah di Aplikasi Gratisan

Dalam era digital saat ini, aplikasi novel telah menjadi sarana yang tak tergantikan bagi pecinta literatur untuk menjelajahi dunia fiksi dengan mudah. Jangan ragu untuk mengunduh aplikasi novel gratis dan nikmati keajaiban cerita-cerita yang menanti di ujung jari Anda. Selamat membaca!

Baca juga:

Tinggalkan Balasan