Arti Kata ISTG Adalah, Istilah Bahasa Gaul Viral di TikTok

Mello.id – Arti Kata ISTG Adalah, Istilah Bahasa Gaul Viral di TikTok Pencarian seputar informasi yang kian dan sangat banyak dicari oleh masyarakat Indonesia, meski sebenarnya kata kunci ini memang sangat banyak dijumpa di search enggine Google, kami tetap berusaha memberikan yang terbaik dengan memberikan sebagian penjelasan perihal Arti Kata ISTG Adalah, Istilah Bahasa Gaul Viral di TikTok terupdate dan terbaik tahun ini.

Kami menghadirkan informasi Arti Kata ISTG Adalah, Istilah Bahasa Gaul Viral di TikTok supaya bisa menambah wawasan, Terlebih melalui link situs kami, kamu bisa mendapat kepuasan karena kami menyajikan dengan susunan kata dan kalimat yang tersusub dengan sangat-sangat rapi, tentunya melalui sajian bacaan yang akan mimin ular dibawah.

Melalui situs ini, kalian sebagai pengguna akan mendapatkan berbagai informasi seputar Arti Kata ISTG Adalah, Istilah Bahasa Gaul Viral di TikTok dari seluruh dunia secara eksklusif, Bahkan situs ini juga disebut-sebut memberikan berbagai update setiap harinya.

Mello.id – Tahukah kamu arti kata ISTG? Istilah viral di TikTok yang populer di kalangan anak-anak muda.

Istilah viral kini banyak muncul di media sosial. Banyak postingan konten video atau kolom komentar yang menyebut beberapa istilah viral di TikTok, Twitter, hingga Instagram.

Banyak istilah viral yang muncul berasal dari singkatan dan kata bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, bahasa daerah, atau memang bahasa gaul yang tercipta.

Meski kerap seliweran di media sosial, masih banyak warganet yang bingung karena tidak mengetahui arti dari istilah-istilah viral yang muncul. Terkadang membuat kita gagal paham dengan postingan atau komentar dari warganet lain.

Ilustrasi. (Canva.com)

Mau tidak mau kita harus tahu apa arti dari istilah-istilah viral yang ada di media sosial. Agar tak lagi bingung dan gagal paham, juga untuk membuat kita lebih berhati-hati jika ada istilah viral yang memiliki konotasi negatif.

Salah satu istilah viral yang tengah viral di TikTok adalah ISTG. Banyak warganet yang menduga jika ISTG adalah singkatan dari ‘Istigfar’. Namun ternyata hal itu salah besar.

Lantas apa sebenarnya arti kata ISTG? Simak penjelasan lengkapnya di Ayovaksindinkeskdi.

Apa Itu ISTG?

Kata ISTG kerap disangka singkatan dari ‘Istigfar’ oleh banyak warganet. Padahal arti dari ISTG sama sekali berbeda.

ISTG berasal dari singkatan bahasa Inggris yakni ‘I Swear to God’. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, arti kata ‘I Swear to God’ yakni:

Aku bersumpah, demi Tuhan

Demi Tuhan

Aku bersumpah

Aku tidak bohong, serius aku berani untuk bersumpah

ISTG atau I Swear God kerap digunakan disaat seseorang ingin menyakinkan orang lain yang tidak percaya dengan kata-katanya.

ISTG adalah slang bahasa Inggris, namun kini kata ini sudah sering digunakan oleh anak-anak muda jaman now di media sosial atau dalam kehidupan sehari-hari.

Anak Gen Z atau generasi Z yang lahir pada tahun 1997 – 2012 kerap berkomunikasi dengan mencampurkan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, saat berbincang dengan teman terutama di media sosial.

Dilansir dari Dictionary.com, ISTG bisa digunakan dalam konteks penyampaian keseriusan yang ekstrem dan mengungkapkan suatu kejujuran. Dan dipakai di luar dari konteks keagamaan.

Orang akan mengatakan kata ISTG saat mengungkapkan sebuah kebenaran atau berkata hal jujur. Atau untuk menyatakan jika ia tidak berbohong.

Untuk lebih memahami konsep penggunaan ISTG yang viral di TikTok, Ayovaksindinkeskdi akan memberkan contohnya di bawah ini:

Contoh Penggunaan ISTG dalam Percakapan

1. A: Guys besok datang ke X harus tepat waktu ya. Jangan sampai ada yang telat. Rudi jangan telat ya karena kamu yang bawa perlengkapan inti.

B: Iya iya gua pastiin nggak telat dah. Tapi nggak janji.

A:  Awas ya sampai telat lagi kayak kemarin.

B: Yaelah ISTG dah. Ini gua sudah pasang alarm.

2. A: Eh itu si X cantik banget ya gua suka deh. Ada yang tau nomornya nggak ya.

B: Itu kakak sepupu gua. Mau gua kasih nomor HP-nya atau langsung dikenalin?

A: Bohong banget lo!

B: ISTG! Orang beneran geh, ibunya itu adik ayah gua.

Selain arti kata ISTG, di bawah ini adalah arti dari istilah viral lainnya yang harus kamu ketahui. Di antaranya yakni arti IRL, arti halu, arti engkol, arti bucin, dan arti gabut.

Arti IRL

Kata IRL ternyata berasal dari sebuah singkatan yakni In Real Life. Bahasa gaul ini memang kerap ditemui di Twitter, Instagram dan TikTok.

In Real Life sendiri memiliki arti dalam kehidupan sebenarnya atau di kehidupan nyata. Biasanya banyak orang yang menggunakan istilah kata IRL untuk menceritakan sifat atau karakter seseorang, mulai diri sendiri, orang tua, teman, kekasih, atau yang lainnya.

Contoh: Kata orang sih dia itu sombong kelihatannya, cuma kalo sudah ketemu langsung tuh doi IRL nya bener-bener humble lho.

Arti Halu

Kata halu kerap kali terdengar dan digunakan oleh anak-anak jaman now. Untuk istilah viral ini nampaknya sebagian besar sudah mengetahui maknanya ya, walaupun masih ada pula yang masih bingung terkait arti halu.

Kata halu ini merupakan singkatan dari halusinasi. Arti halu ini ditujukan untuk orang yang berandai-andai terhadap sesuatu hal, bisa dengan seseorang, barang yang dimiliki, atau hal yang lainnya.

Kata halu ini banyak sekali dijumpai di media social Instagram, Twitter, TikTok, dan Facebook. Bahkan, kata halu sudah digunakan dalam keseharian saat tengah berbincang dengan orang.

Contohnya: Ada penggemar KPop yang bermimpi menjadi kekasih biasnya.

‘Ya Allah nge-halu jadi pacarnya Siwon nih gua, pasti bahagia banget nih hidup’

Arti Engkol

Istilah kata lain yang viral adalah engkol. Secara umum, mungkin banyak orang yang menganggap ‘Engkol’ memiliki arti untuk menghidupkan mesin motor dengan menggunakan kaki.

Namun ternyata, kata engkol di dalam istilah gaul memiliki makna yang berbeda lho teman.  Kata ini ternyata kerap digunakan untuk mengajak orang untuk melakukan sesuatu, seperti berbelanja, nongkrong, liburan, dan lain-lain.

Contoh:

A: Ron, sibuk nggak? Temenin gua ke warung Teh Ela yuk ambil yang kemarin

B: Oh yang itu, oke engkol dah. Jemput gua di rumah ya

Arti Bucin

Kata bucin kerap kali terdengar disaat kita mengomentari atau meledek seseorang yang tengah kasmaran.

Bucin adalah akronim atau singkatan dari budak cinta. Ya benar, istilah kata ini dipakai untuk seseorang yang tengah dimabuk asmara, sehingga mau melakukan apa saja demi pasangannya. Bucin tak hanya ditujukan kepada pria saja, namun wanita juga bisa disematkan kata bucin.

Contoh:

‘Si A baru aja ngebeliin si doi iphone baru woy, gila ya memang bucin banget tuh orang’

Arti Gabut

Kata gabut juga menjadi istilah viral yang hingga kini masih kerap digunakan. Istilah kata gabut awalnya merupakan ringkasan dari kata magabut, yang berarti makan gaji buta.

Dan kini, magabut lebih dikenal dengan kata gabut yang berarti gaji buta. Gaji buta ini ditujukan untuk seseorang karyawan atau pekerja yang mendapatkan upah, namun tidak sebanding dengan tanggung jawab atau usaha yang dilakukan.

Akan tetapi kini, arti kata gabut mengalami pergeseran yang bermakna menunjukkan  luangnya waktu atau kosongnya aktivitas atau tidak ada pekerjaan apa pun.

Bahkan, kata gabut sudah masuk dalam KBBI. Arti kata gabut di KKBI adalah bingung untuk melakukan sesuatu atau tak ada kegiatan yang dilakukan dan akhirnya merasa bosan.

Demikian penjelasan tentang arti kata ISTG atau istilah-istilah viral lainnya. Semoga membantu ya.

Baca Juga:

KESIMPULAN

Demikianlah ringkasan informasi mengenai Arti Kata ISTG Adalah, Istilah Bahasa Gaul Viral di TikTok, kami pihak tim berharao Artikel ini dapat memberikan manfaat dan pemahaman lebih dalam bagi para pembaca mengenai artikel yang kami ulas menjadi sebiak mungkin, jadi Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda ke halaman blog ini, dan semoga Anda dapat menikmati pengalaman membaca.

Jangan ragu untuk kembali lagi ke blog kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya di Lain waktu Hormat kami TIM MELLO.ID . Terima kasih!