Arti Pancasila sebagai Dasar Negara & Pandangan Hidup

    Bagi Indonesia, pancasila dijadikan sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, lalu memiliki arti penting. Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea ke 4 menegaskan, bahwa bangsa Indonesia memiliki dasar kepada Pancasila. Sebagai dasar, pancasila mendasari pasal-pasal di Undang-Undang Dasar Negara Indonesia.

    Lalu apa arti penting pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa? Berikut adalah penjelasan untuk keduanya.

    Arti penting pancasila

    1. Sebagai dasar negara

    Arti penting pancasila sebagai dasar negara adalah pancasila memiliki kedudukan sebagai landasan dasar berdirinya Negara Indonesia. Yang mana memiliki fungsi untuk membentuk identitas dan jati diri bangsa. Lalu menjadi sarana pemersatu bangsa dan negara.

    2. Sebagai pandangan hidup bangsa

    Arti penting pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah memiliki kedudukan sebagai pedoman berbangsa dan bernegara. Yang mana memiliki fungsi untuk memberikan arah biar bisa mencapai tujuan bangsa. Lalu menjadi sarana untuk memecahkan berbagai masalah berbangsa dan bernegara.

    Penjelasan

    1. Membentuk identitas dan jati diri bangsa

    Semua negara di dunia ini perlu memiliki dasar negara, yang mana menjadi landasan atau fondasi berdirinya negara tersebut. Dengan landasannya, negara bisa membentuk dan memiliki identitas bangsa dan jati diri bangsa. Lalu dengan memilikinya, bangsa menjadi tidak mudah dipengaruhi dan diintervensi oleh budaya lain yang tidak sesuai dengan cita-cita dan tujuannya.

    2. Sarana pemersatu bangsa dan negara

    Melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang tertulis pada lambang negara. Penerapan pancasila diharapkan bisa menjadi pemersatu bangsa dan negara. Bisa membantu menempatkan kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan

    3. Memberikan arah untuk mencapai tujuan bangsa

    Sebagai pandangan hidup, pancasila dapat dijadikan pedoman untuk mencapai tujuan dan cita-cita bangsa dan negara. Tujuan tersebut adalah tujuan yang sesuai dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 Alenia ke 4.

    4. Sarana untuk memecahkan berbagai masalah

    Pancasila diharapkan bisa menjadi sarana untuk memecahkan berbagai masalah dan persoalan berbangsa dan bernegara. Misalnya untuk persoalan politik, ekonomi, sosial, budaya, hingga pertahanan dan keamanan. Lalu juga diharapkan dapat mengatasi berbagai pertentangan dan ketegangan sosial yang mungkin bisa terjadi.


    Share this post:
    Loading...