Arti Penting Perdamaian Dunia bagi Kemajuan Negara

    Perdamaian dunia memiliki arti penting bagi kemajuan sebuah negara, yang di mana bersangkutan dengan hubungan internasional negara tersebut. Oleh karena itu, bangsa Indonesia pun harus memiliki keterlibatan dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia. Meski demikian, terdapat juga faktor yang menyebabkan suatu negara harus mengadakan hubungan internasional. Dengan begitu, berbagai bentuk kerja sama dilakukan Indonesia dengan negara lain. Di bawah ini di jelaskan semuanya dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

    Berikut di jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara.

    Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara adalah menjadikan sebuah negara dapat menjalin hubungan internasional. Melalui hubungan internasional, sebuah negara dapat mencukupi kebutuhan dan bisa menjamin kelangsungan peradaban. Lalu dapat mendorong terciptanya stabilitas. Dengan stabilitas, kegiatan ekonomi dapat dijalankan dengan sebaik mungkin. Dengan begitu, kemajuan dapat dicapai oleh sebuah negara.”

    Perdamaian dunia sangat penting bagi kemajuan sebuah negara. Jika tidak demikian, maka negara mengalami kesulitan untuk menjalin hubungan internasional. Lalu jika tidak memiliki hubungan internasional, jangankan untuk kemajuan, namun negara menjadi kesulitan untuk mencukupi kebutuhan dan tidak bisa menjamin kelangsungan peradaban.

    Oleh karena itu, Indonesia pun harus memiliki keterlibatan dalam mewujudkan perdamaian dunia.

    Lalu bagaimana keterlibatan bangsa Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia ini?

    Keterlibatan bangsa Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia adalah dengan beberapa upaya, yaitu dengan terlibat pada beberapa organisasi internasional. Misalnya Indonesia berperan pada organisasi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), ASEAN (Association of Southeast Asian Nations), GNB (Gerakan Non-Blok), dll.

    Keterlibatan dalam mewujudkan perdamaian dunia ini sangat penting dan harus dilakukan.

    Mengapa bangsa Indonesia harus terlibat?

    Bangsa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia karena merupakan salah satu cita-cita bangsa Indonesia. Seperti yang terdapat pada alinea ke 4 Pembukaan UUD (Undang-Undang Dasar) 1945, yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

    Di samping cita-cita tersebut, bangsa Indonesia merupakan bagian dari peradaban di dunia, sehingga sudah semestinya bangsa Indonesia terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia.

    Jika tidak demikian, bangsa Indonesia bisa mendapati kesulitan untuk menjalin hubungan internasional, yang di mana sangat penting suatu negara mengadakan hubungan internasional.

    Faktor yang menyebabkan suatu negara mengadakan hubungan internasional

    Berikut di jelaskan faktor yang menyebabkan suatu negara mengadakan hubungan internasional.

    Terdapat 2 faktor yang menyebabkan suatu negara mengadakan hubungan internasional, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

    a. Faktor internal, yakni terdapat kekhawatiran terancamnya eksistensi suatu negara, misalnya menghindari kudeta dan intervensi dari negara lain yang mungkin bisa terjadi.

    b. Faktor ekternal, yakni suatu negara tidak bisa mencukupi kebutuhannya jika tidak dengan bantuan dan kerja sama dengan negara lainnya. Misalnya untuk persoalan ekonomi, politik, hukum, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

    Berbagai bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain

    Berikut di deskripsikan berbagai bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain.

    Bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain adalah kerja sama bilateral, regional, dan multilateral.

    a. Kerja sama bilateral

    Kerja sama bilateral, yakni kerja sama yang dilakukan oleh dua negara, yang di mana kebanyakan menitikberatkan untuk bidang ekonomi, yaitu ekspor dan impor.

    Contohnya Indonesia mengekspor hasil hutan dan bahan tambang ke Jepang. Sementara Jepang mengekspor barang elektronik dan barang otomotif ke Indonesia.

    b. Kerja sama regional

    Kerja sama regional adalah kerja sama dengan negara lain pada satu kawasan regional. 

    Contohnya Indonesia berperan aktif di ASEAN dan APEC.

    c. Kerja sama multilateral

    Kerja sama multilateral adalah kerja sama dengan berbagai negara yang tidak dibatasi oleh kawasan, yang di mana biasanya dilakukan melalui organisasi internasional.

    Contohnya Indonesia bergabung dan aktif di PBB, IMF, ILO, World Bank, dan WHO.

    Kesimpulan

    Melalui beberapa penjelasan di atas, sangat jelaskan bahwa perdamaian dunia memiliki arti penting bagi kemajuan sebuah negara? Meskipun kenyataannya, dengan perdamaian pun sebuah negara belum tentu maju. Namun jika tidak terdapat perdamaian, maka semakin tidak mungkin untuk maju. Paling tidak, sebuah negara bisa mencukupi kebutuhan dan menjamin kelangsungan peradabannya.

    Semisal terdapat perdagangan dengan negara lain. Jika negara pengekspor bermusuhan dengan negara pengimpor, maka hubungan perdagangan menjadi terputus.

    Arti penting perdamaian dunia sangat berpengaruh pada sebuah negara. Karena hanya dengan keadaan damai sebuah negara bisa membangun dan menghasilkan peradaban baru.

    Kesimpulannya adalah perdamaian dunia memiliki arti dan pengaruh yang sangat penting bagi sebuah negara karena dapat meningkatkan kemakmuran, mempertahankan kemerdekaan, dan menjaga keselamatan. Lalu dapat meningkatkan persaudaraan antar negara melalui hubungan internasional.