Asas: Sesuatu yang Menjadi Tumpuan Berpendapat atau Berpikir

    KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mengartikan asas sebagai dasar (sesuatu yang menjadi tumpuan berpikir atau berpendapat). Contoh penggunaan katanya misalnya adalah “pada asasnya, saya setuju dengan pendapat Saudara”.

    Lebih lanjut KBBI juga mengartikan asas sebagai dasar cita-cita (perkumpulan atau organisasi). Contoh pemakaian katanya yaitu “sebelum memasuki suatu organisasi, kita harus tahu asasnya dan tujuannya.”

    Diartikan pula oleh KBBI asas sebagai hukum dasar. Contoh penggunaan katanya yaitu “tindakannya itu melanggar asas kemanusiaan”.

    Contoh istilah

    Pada contoh kasus yang kerap terjadi, kata asas ini biasa diucap pada beberapa istilah berikut.

    1. Asas Archimedes dalam fisika, yaitu hukum Archimedes.
    2. Asas bilateral, yaitu asas hubungan kekerabatan lewat garis kerabat pria serta garis kerabat wanita.
    3. Asas keadilan, yaitu landasan perlakuan adil kepada manusia yang menjadi warga masyarakat.
    4. Asas keturunan, yaitu asas yang memastikan bahwa kewarganegaraan seorang anak otomatis mengikuti kewarganegaraan orang tua.
    5. Asas konkordan, yaitu asas yang sejajar, yang bersamaan.
    6. Asas matrilineal, yaitu asas hubungan kekerabatan lewat garis kerabat wanita.
    7. Asas patrilineal, yaitu asas hubungan kekerabatan melalui garis kerabat pria.
    8. Asas praduga tidak bersalah, yaitu asas yang menyatakan kalau setiap orang yang disangka, ditangkap, ditahan, dituntut, atau diperiksa pada sidang pengadilan, harus dianggap tidak bersalah hingga terdapat putusan hakim yang berkekuatan hukum yang menyatakan bahwa tersangka atau tertuduh bersalah.
    9. Asas primogenitur, yaitu asas warisan yang berkaitan dengan ahli waris yang sudah meninggal.
    10. Asas tempat kelahiran, yaitu asas yang memastikan bahwa tempat lahir ialah yang menentukan kewarganegaraan seseorang.
    11. Asas tunggal, yaitu satu-satunya asas.
    12. Asas ultimogenitur dalam Antropologi, yaitu asas warisan yang berkaitan dengan anak paling muda dari ahli waris yang sudah meninggal.
    13. Asas unilineal, yaitu asas hubungan kekerabatan satu garis kerabat. Misalnya garis kerabat pria (patrilineal) saja atau garis kerabat wanita (matrilineal) saja.

    Di Indonesia kerap dibicarakan mengenai asas kewarganegaraan. Asas kewarganegaraan adalah asas dasar yang dipakai sebagai penentu layak atau tidaknya seseorang digolongkan dan dianggap sebagai warga negara. Terdapat dua dasar yang biasa dipakai untuk menentukannya, yakni asas keturunan dan tempat kelahiran seperti yang disebutkan di atas.

    Asas: Sesuatu yang Menjadi Tumpuan Berpendapat | Referensi: kbbi.kemdikbud.go.id

    Loading...