Bacaan Doa Nabi Khidir Untuk Terkabulnya Hajat dan Keinginan

Doa Nabi Khidir – Didalam Islam Nabi Khidir dianggap sebagai salah satu dari beberapa nabi yang dianugerahi kehidupan abadi dalam artian tidak diwafatkan oleh Allah. Kehidupan abadi Nabi Khidir dipandang sebagai sebuah anugerah yang diberikan oleh Allah sebagai penghargaan atas kesetiaan dan pengabdian yang tulus kepada-Nya.

Meskipun ummat muslim yang awam tidak mengetahui secara pasti tentang keberadaan fisik dan tempat tinggal Nabi Khidir dalam dunia ini (kecuali orang yang Allah beri tahu). Akan tetapi keberadaannya diyakini sebagai simbol kebijaksanaan dan petunjuk spiritual dalam Islam.

Orang-orang Muslim sangat memuliakan Nabi Khidir, bahkan ada sebagian yang jika berdoa sebelumnya berwasilah terlebih dahulu kepada Nabi Khidir. Memohon bimbingannya dalam upaya mencapai kedamaian batin dan mendapatkan keberkahan dalam menjalani kehidupan, namun dalam hal ini tidak terlepas  dari kekuasaan Allah SWT.

Beberapa Doa Nabi Khidir Yang Diamalkan Ummat Muslim

Sebagai seorang Nabi tentunya diberikan mukjizat oleh Allah SWT sebagai tameng dalam menemani perjalanan dakwahnya. Begitu pula dengan Nabi Khidir yakni memiliki mukjizat baik berupa doa maupun amalan yang hingga saat ini banyak diamalkan ummat muslim.

Beberapa doa Nabi Khidir yang masyhur dan banyak diamalkan ummat muslim adalah seperti :

  • Doa Nabi Khidir Menundukkan Musuh
  • Doa Nabi Khidir Untuk Kekayaan
  • Doa Nabi Khidir Untuk Memancing
  • Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat
  • Doa Nabi Khidir Bismillahi Masya Allah
  • Doa Nabi Khidir Untuk Menyembuhkan Penyakit
  • Doa Nabi Khidir Pendek

Untuk lebih jelasnya simak terus artikel Mello.id yang merangkum bacaan doa Nabi Khidir pada laman berikutnya.

Doa Nabi Khidir Menundukkan Musuh

Musuh dapat diartikan sebagai seseorang yang menjadi penghalang atau rintangan dalam mencapai tujuan atau kebahagiaan diri sendiri maupun orang lain.

Dalam perjalanan kehidupan musuh bisa berasal dari berbagai hal seperti perbedaan pendapat, sikap yang tidak menyenangkan, tindakan yang merugikan, atau hal-hal lain yang dianggap mengganggu atau mengancam kehidupan seseorang.

Akan tetapi islam mengajarkan sikap terhadap musuh dipandang sebagai sebuah kesempatan untuk berlaku bijaksana dan mempraktikkan nilai-nilai kebaikan.

Hal ini sejalan dengan ajaran Rosulullah SAW yang menekankan pentingnya berlaku adil, bersikap lemah lembut, dan memperlakukan semua orang dengan baik.

Salah satu cara untuk merampungkan masalah dengan musuh agar tidak terjadi perselisihan yang besar adalah dengan berdoa memohon kepada Allah sang pemilik hidup.

Adapun doanya bisa membaca doa yang diajarkan oleh nabi Khidir seperti dibawah ini :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَدْرَأُ بِكَ فِيْ نَحْرِهِ وَاسْتَكْفِيْكَ غَضَبَهُ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ

Allahumma inni idzroubika fiyy nahrihi wastakfyyka ghidzobahu wa ‘audzubika min syarrihi

Artinya :

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung padaMu pada lehernya musuh itu (kuserahkan matinya musuh itu padaMu), dan aku mohon perlindungan kepadaMu dari marahnya musuh itu, dan aku berlindung padaMu dari kejahatannya musuh itu.

Doa Nabi Khidir Untuk Kekayaan

Kebanyakan orang mengakui bahwa uang dan kekayaan memiliki peran penting dalam kehidupan, terutama dalam mencukupi kebutuhan dasar, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Serta dalam memperoleh akses pada pendidikan, kesehatan, dan kesempatan ekonomi lainnya.

Maka dari itu kebanyakan orang berusaha untuk mencapai keadaan finansial yang stabil dan dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan nyaman.

Akan tetapi sangat penting untuk diingat bahwa uang dan kekayaan tidak menjamin kebahagiaan atau kesuksesan sejati dalam hidup.

Karena kebahagiaan dalam hidup seringkali berasal dari nilai-nilai kebaikan hati, kasih sayang, keikhlasan, dan tujuan hidup yang bermakna. Selain daripada itu kaya bukanlah hanay dipandang dari segi harta akan tetapi boleh jadi lihat dari segi hati yakni kaya hati, pemaaf tidak mudah marah dll.

Salah satu cara untuk mendapatkan kekayaan harta dan juga hati adalah dengan berdoa memohon kepada Allah SWT agar dilapangkan rejeki dan hatinya.

Berikut doa Nabi Khidir untuk kekayaan :

اَللَّهُمَّ كَمَا لَطَفْتَ فِى عَظَمَتِكَ دُونَ اللُّطَفَاءِ، وَعَلوْتَ بِعَظَمَتِكَ عَلَى الْعُظَمَاءِ ، وَعَلِمْتَ مَاتَحْتَ أَرْضِكَ كَعِلْمِكَ بِمَا فَوْقَ عَرْشِكَ ، وَكَانَتْ وَسَاوِسُ الصُدُورِ كَاْلعَلاَنِيَّةِ عِنْدَكَ ، وَعَلاَنِيَّةُ اْلقَوْلِ كَالسِّرِ فِى عِلْمِكَ ، وَانْقَادَ كُلُّ شَىْءٍ لِعَظَمَتِكَ ، وَخَضَعَ كُلُّ ذِى سُلْطَانٍ لسُلْطَانِكَ ، وَصَارَ أَمْرُ الدُّنْيَا والْأَخِرَةِ كُلُّهُ بِيَدِكَ،

Artinya :

“Ya Allah, sebagaimana Engkau bersikap lemah lembut dalam keagungan-Mu melebihi segala yang lemah lembut, dan Engkau Maha Tinggi degan kegungan-Mu atas segala yang agung, dan Engkau Maha Mengetahui apa yang aada di dalam buni-Mu sebagaimana Engkau mengetahui apa yang ada di atas ‘arsy-Mu, dan bisikan hati di sisi-Mu sama seperti ucapan terang-terangan, dan ucapan terang-terangan sama di sisi-Mu dengan bisikan hati, dan tunduklah segala sesuatu kepada keagungan-Mu, dan merendahlah segala yang memiliki kekuasaan kepada kekuasaan-Mu, dan jadilah perkara dunia dan akhirat berada di tangan-Mu.

Doa Nabi Khidir Untuk Memancing

Mancing ikan memang dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan hati bagi sebagian orang. Bahkan menurut kebiasaan orang yang mancing aktifitas tersebut dapat menjadikan efek positif pada kesehatan mental dan fisik seseorang.

Salah satu alasan mengapa memancing ikan dapat menenangkan hati adalah karena kegiatan ini dapat membantu seseorang untuk mengalihkan perhatiannya dari masalah atau kekhawatiran yang sedang dialaminya.

Selain itu, suara alam yang tenang dan aliran air yang lembut dapat membantu mengurangi ketegangan dan stres yang mungkin dirasakan oleh seseorang.

Agar aktifitas memancing tidak hanya sekedar hiburan semata dan bisa mendapatkan hasil pancingan yang banyak, maka perlu memiliki amalan atau doa yang pernah diajarkan oleh Nabi Khidir.

Adapun bacaan doanya seperti dibawah ini :

بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا يَسُوْقُ الْخَيْرَ إلَّا اللهِ بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا يَصْرِفُ السُّوْءَ إلَّا اللهُ بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ مَا كَانَ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللهِ بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah, tidak ada yang mampu mendatangkan kebaikan kecuali Allah. Sengaja menyebut asma Allah, tidak ada yang bisa menolak kejelekan kecuali Allah, dengan asma Allah, semua kenikmatan hanya datang dari Allah. Dengan menyebut nama Allah, tidak ada daya dan kekuatan melainkan dari Allah Dzat yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah Zat yang Maha Agung. Dan tidak ada daya dan kekuatan melainkan dari Allah Dzat yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

Doa Nabi Khidir Untuk Menyembuhkan Penyakit

Meskipun banyak penyakit yang dapat diobati dengan pengobatan medis atau terapi tertentu. Akan tetapi ada beberapa penyakit yang saat ini belum memiliki obat yang efektif atau belum ditemukan obat yang mampu menyembuhkannya sepenuhnya.

Hal ini tidak berarti bahwa seseorang tidak dapat melakukan upaya untuk mengurangi dampak dari penyakit atau menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit.

Dalam proses melakukan ikhtiar penyembuhan dari penyakit maka jangan sampai tidak diiringi dengan doa kepada Allah SWt agar penyakitnya lekas sembuh.

Salah satu doa yang dapat diamalkan adalah doa Nabi Khidir untuk menyembuhkan penyakit yakni seperti dibwah ini :

أَقْسَمْتُ عَلَيْكِ أَيَّتُهَا اْلعِلَةُ بِعِزَّةِ عِزَّةِ اللهِ وَبِعَظَمَةِ عَظَمَةِ اللهِ وَبِجَلاَلِ جَلَالِ اللهِ وَبِقُدْرَةِ قُدْرَةِ اللهِ وَبِسُلْطَانِ سُلْطَانِ اللهِ وَبِلاَ إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَبِمَا جَرَى بِهِ اْلقَلَمُ مِنْ عِنْدِ اللهِ وَبِلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ إِلاَّ انْصَرَفْتِ

Artinya :

Saya bersumpah, duhai penyakit, dengan banyaknya kemulian Allah, dengan kebesaran dan kebesarannya Allah, dengan keagungan dan keagungan Allah, dengan kekuasaan dan kekuasaan Allah, dengan kerajaan dan kerajaan Allah, dengan kalimat ‘Laa ilaaha illaah’, dan apa yang ditulis oleh Al-Qalam di sisi Allah, juga dengan kalimat ‘Laa hawla walaa quwwata illaa billaah’, kecuali engkau pergi.

Penutup

Demikianlah ringkasan terkait bacaan doa Nabi Khidir yang penulis sampaikan dalam artikel Mello.id. Semoga tulisan ini bermanfaat terutama bagi ummat yag membutuhkan. Wallahu A’lam….

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan