Bacaan Doa Untuk Anak Sakit & Cara Mengamalkannya

Mello.id – Nikmat kesehatan merupakan hal yang wajib untuk disyukuri. Jika sudah diberikan musibah berupa penyakit pastinya tubuh tidak merasa nyaman seperti biasa. Apalagi yang terkena sakit tersebut adalah anak-anak sehingga diperlukan cara mengatasinya, seperti mengamalkan doa untuk anak sakit.

Sebagai orang tua, pastinya menginginkan anak selalu sehat dan dilimpahkan nikmat kesehatan agar tumbuh kembangnya dapat berjalan dengan baik. Ketika anak sakit, perlu dilakukan beberapa hal untuk mengatasinya.

Dengan begitu, anak bisa sehat kembali seperti semula dengan izin dari Allah SWT. Amalan doa untuk anak yang sedang sakit bisa dilakukan untuk memohon belas kasihan kepada Allah agar anak lekas sembuh. Contoh doa tersebut bisa dilihat dalam rangkuman di bawah ini.

Macam-macam Doa untuk Anak Sakit

Kegelisahan akan terus berdatangan apabila anak ditimpa penyakit. Anak biasanya akan rewel dan banyak mengeluh saat merasakan sakit. Hal ini bisa dikatakan sebagai ujian kesabaran bagi orang tua sehingga diperlukan amalan doa untuk mengimbanginya.

Usaha pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membawa anak ke rumah sakit dan memberinya obat. Akan tetapi, hal tersebut kadang tidak manjur seratus persen. Perlu dilakukan pengecekan ulang sampai anak benar-benar sembuh.

Saat seluruh usaha dan upaya telah dilakukan agar anak dapat kembali sehat, tentunya perlu diiringi dengan doa. Ini merupakan bentuk kesungguhan orang tua yang ingin anaknya pulih dan beraktivitas seperti biasa. Amalan doa berikut dapat membantu Anda saat merawat anak yang sedang sakit.

1. Doa untuk Anak yang Sakit Demam Panas

Sakit demam atau panas tinggi sangat rentan terjadi pada anak-anak. Daya tahan tubuh anak yang kurang baik biasanya menjadi pemicu timbulnya demam. Untuk pencegahannya para orang tua perlu memberikan suplemen daya tahan tubuh untuk anak mereka.

Apabila anak sudah terlanjur demam, bisa diberikan obat turun panas sambil diiringi dengan doa agar Allah SWT mengangkat penyakitnya tersebut. Doa untuk demam panas yang bisa diamalkan adalah sebagai berikut.

Bismillaahil Kabiiri. Nauudzu Billaahil Adhiimi Mm Syarri Irqin Na aarin Wa Min Syarri Harrin Naari.

Artinya:

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan nama Allah Yang Maha Besar. Saya berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari kejahatan keringat yang mendidihkan darah dan dan kejahatan panas api nereka.”

Dari doa di atas dapat disimpulkan bahwa Allah-lah yang mampu memberikan penyakit panas demam dan Dia juga yang bisa mengangkat penyakit tersebut dari anak-anak.

2. Doa untuk Anak Sakit Pilek dan Batuk

Selain demam dan panas, anak juga rentan terkena batuk dan pilek. Pastinya keadaan tersebut sangat mengganggu dan tidak nyaman bagi anak. Tenggorokan mereka terasa sakit bahkan susah untuk menelan makanan. Pemberian obat pilek dan batuk adalah salah satu cara untuk mengatasinya.

Agar anak dapat sembuh dengan lebih cepat, Rasulullah memberikan anjuran untuk berdoa sehingga Allah mendengar permintaan dari para orang tua dan mengangkat penyakit yang diderita oleh anak-anak. Doa yang bisa diamalkan saat anak sakit pilek dan batuk adalah sebagai berikut.

Asalulallahu ‘Azhiim robbul ‘arsyil ‘szhiim ayyasyfiyak.

Artinya:

“Aku memohon kepada Allah, Dzat yang Maha Besar, Tuhan yang Mempunyai Arasy, yang Maha Besar, smoga Dia berkenan memberi kesembuhan padamu,” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

Doa tersebut adalah anjuran langsung dari Rasulullah SAW karena berasal dari sebuah hadist shahih. Dengan begitu, bacaan doa tersebut bisa dijadikan sebagai amalan doa untuk memohon kesembuhan bagi anak yang menderita pilek dan batuk.

3. Doa untuk Anak yang Menderita Sakit Perut dan Diare

Penyakit berikutnya yang seringkali dialami oleh anak-anak adalah sakit perut dan diare. Penyakit ini pada umumnya dipicu oleh makan makanan sembarangan sehingga pencernaan mereka jadi terganggu. Tentunya tidak boleh disepelekan oleh orang tua.

Saat anak mengalami sakit perut, diare hingga mencret pastikan sudah memberikan obat sakit perut dengan benar. Setelah itu bantu anak untuk beristirahat sambi dibacakan doa berikut.

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wadawaa-iha wa‘aafiyatil abdaani wasyifaa-ihaa wanuuril ab-shaari wadhiyaa-ihaa wa’alaa aalihii washohbihii wasaliim.

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah rohmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad sebagai penyembuh hati sekaligus obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, yang menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan berkah dan kesejahteraan.”

4. Doa untuk Anak yang Sakit Mata

Mata merupakan area sensitif bagi seorang anak. Biasanya anak seringkali mengucek mata sehingga timbul kemerahan, atau munculnya bengkak pada kelopak mata anak karena infeksi debu dan material yang mungkin saja masuk ke dalam mata.

Tentunya anak akan merasa kesakitan sulit untuk melihat. Oleh karena itu Anda perlu memeriksakan kondisi tersebut dengan dokter atau pihak medis agar mendapatkan perawatan lebih lanjut. Di samping usaha tersebut kesembuhan anak tetap bergantung pada Allah SWT.

Amalan doa yang paling umum dibaca pada saat anak sakit mata adalah membaca Surah Al-Fatihah. Nabi Muhammad SAW pernah menjelaskan bahwa barang siapa yang ingin sembuh dari penyakit mata bisa mengobatinya dengan membaca Al-Fatihah sebanyak 10 kali dan Ya Rabbi 5 kali.

Tak hanya itu, amalan doa lainnya yang bisa dibaca adalah:

Ya Allah berikanlah kesembuhan, karena Engkaulah Maha Menyembuhkan, Ya Allah berilah kesehatan, karena Engkaulah yang Maha Menyehatkan.

Cara berdoanya adalah dengan mengusapkan tangan ke mata anak sambil membaca Al-Fatihah dan doa di atas. Dengan kesabaran dan doa yang dipanjatkan, niscaya Allah akan memberikan nikmat kesehatan mata kembali pada anak.

5. Membaca Shalawat Tibbil Qulub

Shalawat Tibbil Qulub merupakan salah satu bacaan doa untuk anak sakit. Apa pun sakit yang diderita oleh anak insha Allah bisa diatasi dengan membaca shalawat tersebut. Cara mengamalkan doanya adalah dengan membaca shalawat ini sebanyak 10 kali sambil menyentuh bagian tubuh yang sakit.

Bacaan shalawat Tibbil Qulub bisa dibaca seperti di bawah ini.

Allahumma Shalli ‘alaa Sayyidina Muhammadin Tibbil Quluubi Wadawaaiha Wa’aafiyatil Abdaani Wasyifaaihaa Wanuuril Abshaari Wadiyaaihaa wa’alaa aalihi washohbihi wabaarik wasallim.

Artinya:

“Ya Allah berikanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi besar Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhan. Penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinat mata serta cahayanya yang merupakan makanan utama jasmani dan rohani. Semoga sholawat dan salam tersampaikan pula kepada keluarga serta para sahabat beliau.”

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Anak Sakit

Selain membaca doa untuk anak sakit, usaha yang perlu dilakukan mengatasi hal tersebut perlu diperhatikan. Oleh karena itu, antara usaha yang dilakukan dan doa yang diucapkan harus beriringan. Beberapa hal yang harus diperhatikan jika anak sakit adalah sebagai berikut.

1. Memberikan Makanan Bergizi

Pada saat anak sakit, kebutuhan nutrisi dan gizi mereka harus dipenuhi dengan baik. Sakit tersebut disebabkan oleh daya tahan tubuh anak yang lemah sehingga rentan terkena penyakit. Agar daya tahan tubuh anak kembali, maka perlu diberikan makanan yang bergizi.

Contoh makanan yang bisa dimakan oleh anak ketika sakit adalah sup ayam lengkap dengan sayuran, bubur, tambahan vitamin, dan susu. Makanan tersebut sebisa mungkin harus dalam tekstur yang lunak agar mudah ditelan oleh anak.

2. Memastikan Anak Mendapatkan Istirahat yang Cukup

Tubuh anak ketika sakit pastinya sangat lelah dan tidak bertenaga. Dengan begitu perlu diberikan waktu istirahat yang cukup agar tubuh bisa merasa fresh kembali. Orang tua harus memastikan anak mereka tidur lelap saat sedang sakit.

3. Memberikan Obat yang Sesuai

Asupan obat merupakan hal penting untuk diperhatikan saat menghadapi anak sakit. Kesalahan dalam memberikan obat akan menimbulkan masalah yang serius sehingga anak sulit untuk disembuhkan. Untuk itu, lakukan konsultasi dengan dokter atau pihak medis sebelum memberikan obat tersebut.

Pemakaian obat yang berlebihan juga bisa berakibat fatal jika tidak diikuti dengan resep dokter. Agar lebih aman, maka disarankan untuk membawa anak ke dokter sesaat setelah anak sakit. Penanganan dari dokter pastinya lebih terpercaya dan anak bisa sembuh dalam waktu dekat.

4. Perhatikan Gejala Sakit yang Timbul

Gejala yang timbul pada anak ketika sakit tentunya berbeda-beda. Untuk itu, perlu diketahui gejala atau ciri-ciri penyakit yang diderita oleh anak. Dengan demikian, penyakit anak tersebut dapat dikenali dengan mudah dan mendapatkan pertolongan pertama.

Bacaan doa untuk anak sakit di atas adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan ketika menghadapi kesehatan yang bermasalah pada anak. Jangan lupa terapkan cara untuk menghadapinya agar penyakit anak bisa disembuhkan dengan cepat.

Baca juga artikel yang berkaitan :

Tinggalkan Balasan