3 Cara Mempelajari Kehidupan pada Masa Praaksara

    Masa praaksara dapat didefinisikan sebagai masa yang terjadi sebelum adanya catatan tertulis pada budaya ataupun masyarakat tertentu. Mempelajari kehidupan pada masa ini tidak mudah, sebab terjadi sebelum adanya tulisan. Jika demikian, bagaimana cara kita mempelajari kehidupan pada masa praaksara? Berikut dijelaskan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

    Bagaimana cara kita mempelajari kehidupan pada masa praaksara?

    Kita bisa mempelajari kehidupan pada masa praaksara dengan cara berikut ini.

    1. Mempelajari benda peninggalan masa praaksara

    Para ahli dapat menafsirkan kehidupan pada masa praaksara berdasarkan benda peninggalan pada masa praaksara. Meski demikian, tidak mudah untuk mendapatkan jawaban yang akurat kapan dimulainya dan berakhirnya masa praaksara. Para ahli biasanya memberikan penjelasan yang bersifat perkiraan, baik itu berdasarkan fosil maupun peralatan kehidupan masa praaksara yang ditemukan.

    2. Mempelajari berbagai sumber sejarah

    Kita dapat mempelajari kehidupan masa praaksara melalui berbagai sumber sejarah. Misalnya situs peninggalan arkeologi, museum purbakala, dan dapat pula melalui buku yang berhubungan dengan masa praaksara.

    3. Mempelajari cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan sejarah

    Terdapat beberapa cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pembelajaran kehidupan masa kuno. Misalnya paleontologi, paleoantropologi, geologi, antropologi, arkeologi, dll.

    a. Paleontologi

    Paleontologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang sejarah kehidupan di bumi serta tumbuhan dan binatang purba dengan berdasarkan fosil yang didapati di bebatuan.

    b. Paleontropologi

    Paleontropologi merupakan ilmu yang mempelajari asal mula dan perkembangan manusia melalui fosil manusia purba sebagai objek penelitian.

    c. Geologi

    Geologi merupakan ilmu yang mempelajari bumi, komposisi, sistematika, sifat fisik, sejarah, dan proses terbentuknya.

    d. Antropologi

    Antropologi merupakan ilmu tentang manusia. Pada proses kajiannya, antropologi mengutamakan 2 konsep penting yaitu: holistik dan komparatif. Sebab itu, kajian antropologi memfokuskan sejarah dan penjelasan menyeluruh untuk menggambarkan manusia melalui ilmu sosial, ilmu alam, dan juga humaniora.

    e. Arkeologi

    Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari kebudayaan masa lalu melalui kajian dari data benda yang ditinggalkan. Kajian ini meliputi penemuan, dokumentasi, analisis, dan menafsirkan data berupa artefak dan ekofak.

    Arti penting mempelajari kehidupan pada masa praaksara

    Masa praaksara atau masa prasejarah merupakan masa yang berlangsung dari awal muncul manusia hingga penemuan sistem tulis menulis. Masa ini tidak mudah dipelajari, sebab belum adanya sistem tulisan, sehingga tidak didapati peninggalan seperti prasasti.

    Meskti demikian, mempelajari masa ini sangat penting bagi kita. Kehidupan pada masa ini penting dipelajari pada masa sekarang untuk memahami asal mula kehidupan.

    Dengan cara mempelajari kehidupan pada masa praaksara, kita bisa memahami bagaimana manusia berkembang hingga seperti sekarang ini. Kita bisa mengetahui misalnya, asal usul pertanian dan perternakan. Pertanian dan perternakan dimulai pada masa Neolitikum, yaitu zaman batu muda. Kala itu manusia mulai mengenal penjinakan hewan dan domestikasi tumbuhan.,