Cara Suatu Kemasan Dapat Melindungi Benda yang Dikemasnya

    Ada berbagai fungsi kemasan, salah satunya untuk melindungi produk yang dikemasnya. Namun kemasan tidak hanya melindungi produk selama pengiriman dari produsen ke pengecer, melainkan juga mencegah kerusakan saat produk berada di rak toko. Lalu bagaimana suatu kemasan dapat melindungi benda yang dikemasnya? Berikut dijelaskan.

    Suatu kemasan dapat melindungi benda yang dikemasnya karena kemasan menjadi bagian yang terluar dari benda. Meski demikian, diperlukan bahan baku berkualitas dan bentuk segel untuk memastikan keutuhan benda di dalamnya. Dengan begitu, produk dapat terlindungi dari berbagai risiko, seperti suhu, benturan, kelembapan, sinar ultraviolet, dll dari mulai dikemas hingga sampai di tangan konsumen.”

    Pembahasan lebih lanjut

    Bagaimana pun, fungsi pertama suatu kemasan memang ditujukan untuk dapat melindungi benda yang dikemasnya. Melalui bentuk tertentu, semisal box yang dibuat dari kertas karton atau bahan kemasan lain dengan menyesuaikan produk. Box tersebut harus cukup kuat untuk melindungi produk dari kerusakan. Dengan cara ini produk bisa diangkut dengan aman dari satu tempat ke tempat lain.

    Tetapi sekarang ini, suatu kemasan tidak hanya untuk melindungi benda yang dikemasnya, melainkan juga sebagai alat pemasaran. Banyak perusahaan menggunakan berbagai jenis bahan yang diprint dengan warna berbeda dan memiliki layout desain grafis yang unik untuk menarik konsumen.

    Melalui kemasan, mereka dapat menyertakan label, merek, slogan, gambar, ataupun lainnya yang nantinya menjadi ciri khas produk. Lalu saat di rak toko, produk dapat bersaing menarik pelanggan di antara banyak produk lainnya. Karena itu, kemasan harus dibuat sedimikian rupa untuk dapat memastikan bahwa produk memang berkualitas kepada konsumen.

    Dengan demikian, kemasan dapat memainkan peran penting pada keberhasilan penjualan produk. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa lebih dari setengah konsumen memilih produk dengan mengacu kemasannya. Dengan alasan ini, banyak perusahaan menuntut pekerjaan desain grafis untuk menemukan skema warna, desain, dan bentuk kemasan yang paling disukai konsumen.

    Lalu kemasan juga penting bagi komsumen untuk mendapat informasi tentang produk. Misalkan kemasan mungkin berisi petunjuk tentang cara menggunakan produk, peringatan mengandung bahan tertentu, informasi nutrisi produk, dll. Informasi ini dapat membantu konsumen untuk mendapatkan informasi yang diperlukan, lalu menentukan keputusan pembelian. Informasi yang terdapat pada produk dapat mendorong mereka untuk membaca dan membeli produk tanpa harus berbicara dengan karyawan toko.