Review Bahan Albatros: Kertas yang Semi Plastik

    Beragam bahan bisa dipakai untuk memenuhi keperluan cetak. Mulai dari bahan kertas, stiker, plastik, banner, dll bisa dipilih. Pada pemilihan pastinya perlu penyesuaian dengan keperluan dan bujet yang dimiliki. Lalu pada keperluan tertentu mungkin menginginkan bahan yang seperti kertas namun lebih awet dari kertas? Jika memang demikian, maka bisa mempertimbangkan bahan cetak yang biasa disebut Albatros.

    Apa itu Bahan Albatros?

    Bahan Albatros adalah salah satu bahan cetak yang banyak diaplikasikan untuk media indoor. Bahan ini relatif tipis dengan tekstur permukaannya yang halus. Lalu jika diaplikasikan langsung begitu saja, biasanya tampak semi glossy.

    Bahan ini banyak yang menganggapnya sebagai kertas semi plastik atau plastik semi kertas. Sepertinya memang tidak bisa disebut sebagai kertas saja. Karena Albatros lain dengan kertas pada umumnya, yang mana kebanyakan kertas biasanya mudah sobek atau robek.

    Sedangkan Albatros ini memiliki daya tahan yang lebih bagus daripada kertas biasa, sehingga tidak mudah sobek atau robek. Namun perlu diingat bahwa, Albatros ini merupakan bahan untuk media indoor, sehingga pemasangannya perlu di tempat yang tidak terlalu terpapar sinar matahari dan terkena hujan karena bisa rusak.

    Ciri-Ciri Albatros

    Bahan Albatros memiliki ciri-ciri seperti berikut.

    1. Relatif tipis.

    2. Tekstur permukaannya halus.

    3. Tidak mudah sobek atau robek.

    4. Tidak mudah menjadi kusut.

    5. Mudah melengkung pada jangka waktu yang lama.

    Ukuran Cetak

    Pada umumnya jasa percetakan memiliki batas lebar bahan cetak rol untuk bisa masuk ke mesin. Beberapa di antaranya adalah 90cm, 125cm, 150cm. Namun bisa saja jasa percetakan tertentu memiliki kapasitas mesin digital printing yang bisa memasukkan bahan lebih lebar dari ukuran tersebut. Sedangkan untuk ukuran panjangnya biasanya bebas.

    Kegunaan

    Albatros banyak digunakan untuk bahan cetak indoor Standing Banner seperti X Banner, Mini X Banner, Y Banner dan Roll Banner. Lalu pada cetak foto yang memiliki ukuran besar, Albatros juga bisa menjadi pilihan, namun perlu diperhatikan bagaimana kualitas foto tersebut.

    Albatros juga dapat menjadi alternatif pengganti bagi kertas poster. Bahan cetak ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk media dinding, jendela, dan tempat pemasangan yang memiliki permukaan vertikal lainnya.

    Pengaplikasian

    Pada pengaplikasiannya, bahan Albatros bisa dikombinasikan dengan laminasi. Laminasi merupakan lembaran film plastik yang bening dan tipis untuk melapisi permukaan bahan cetak. Lapisan ini bisa ditujukan untuk melindungi bahan cetak biar lebih awet. Meski demikian, terdapat laminasi glossy dan laminasi doff, yang mana keduanya sangat memengaruhi hasil akhirnya.

    1. Laminasi glossy, laminasi dengan hasil akhir yang mengkilau dan memantulkan cahaya dari permukaannya. Glossy ini cocok untuk pengaplikasian Albatros di tempat yang tidak memiliki cahaya tinggi biar tidak menyilaukan.

    2. Laminasi doff, laminasi dengan hasil akhir yang redup. Doff ini bisa tujukan untuk pengaplikasian Albatros di tempat yang memiliki penerangan tinggi, seperti poster di dekat lampu sekalipun, karena tidak memantulkan cahaya.

    Kesimpulan

    Bahan Albatros ini bisa dengan mudah didapatkan di percetakan. Kebanyakan digital printing yang melayani percetakan untuk indoor dan outdoor menyediakannya.

    Harga cetak Albatros biasanya juga cukup murah, namun beda percetakan bisa beda harga. Begitu juga kualitasnya, dapat dipengaruhi oleh mesin digital printing yang digunakannya. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan jasa percetakan yang memiliki review bagus.