Apa Bahan untuk Cetak Poster yang Bagus ya? Kertas, Albatros, dll

    Ada beberapa pilihan bahan untuk cetak poster, dari bahan kertas ataupun banner seperti Albatros. Memilih bahan mana yang paling tepat dapat mengacu pada bagaimana hasil yang diinginkan, di mana poster diaplikasikan, dan berapa lama dipajang. Tentu baik kertas maupun banner, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di bawah ini adalah bahan kertas dan banner yang bisa dipilih untuk membuat poster.

    Daftar Isi:
    Bahan Kertas
    Bahan Banner

    Bahan Kertas untuk Poster

    Macam-macam jenis kertas dapat dijadikan sebagai bahan poster. Namun perlu memilih karakteristik kertas dengan gramasi yang relevan untuk mendapatkan hasil akhir sesuai yang diinginkan. Di bawah ini adalah jenis-jenis kertas untuk cetak poster.

    1. Art Carton

    Art Carton memiliki permukaan yang halus dan mengkilau. Kertas ini banyak digunakan untuk mencetak poster karena sangat mudah didapatkan. Pada umumnya setiap percetakan di Indonesia menyediakannya.

    Ketika dipajang di ruangan dengan penerangan standar, cetakan Art Carton memberikan tampilan lebih mencolok, dengan memantulkan cahaya dari permukaannya. Namun jika dipajang di bawah sorot lampu, cetakan tampak menyilaukan. Gramasi kertas ini yang biasanya digunakan untuk poster adalah 210gsm, 260gsm, dan 310gsm.

    Kertas Glossy Paper
    Image credit: Bukalapak

    2. BW Carton

    Bila dilihat sekilas, BW Carton memiliki ciri-ciri serupa dengan Art Carton. Namun bila dilihat lebih saksama, permukaannya sangat berbeda. Kertas ini tidak mengkilau, namun kelihatan redup dan tidak memantulkan cahaya.

    Dengan begitu, BW Carton bisa dipajang di ruangan dengan penerangan apapun. Baik penerangan standar ataupun tinggi, tanpa menyilaukan mata.

    Kertas Matte Paper
    Image credit: cutcardstock.com

    3. Ivory

    Ivory memiliki dua sisi yang berbeda, satu sisi permukaannya memiliki tampilan mengkilau serupa dengan Art Carton. Lalu di sisi lain memiliki tampilan redup serupa dengan BW Carton. Mencetak poster dengan jenis kertas ini, bisa memilih di sisi yang mengkilau atau redup untuk dipajang. Gramasi Ivory yang tersedia di pasaran mulai dari 210gsm hingga 400gsm.

    Bahan Banner untuk Poster

    Macam-macam bahan banner juga dapat dijadikan sebagai bahan poster. Setiap bahan memiliki berbagai jenis dengan ciri-ciri yang berbeda. Oleh karena itu, perlu mempertimbangkan bahan mana yang relevan untuk mendapatkan hasil akhir sesuai yang diinginkan. Di bawah ini adalah jenis-jenis bahan banner untuk poster.

    1. Albatros

    Albatros dapat dikatakan sebagai kertas semi plastik, atau plastik semi kertas. Bahan ini jauh lebih tahan lama daripada kertas biasa. Albatros biasanya digunakan untuk poster indoor atau di dalam ruangan. Bahan ini bisa dilaminasi glossy jika ingin mendapatkan hasil yang mengkilap. Dapat juga dilaminasi doff untuk mendapatkan hasil yang redup.

    Bahan Banner Albatros
    Image credit: en.zjfly.com

    2. PVC

    PVC merupakan pilihan modern daripada sekadar mencetak poster di atas kertas. Bahan ini memiliki daya tahan lebih tinggi daripada kertas. PVC tidak mudah robek, sangat disarankan bagi poster yang dipajang untuk jangka waktu yang lama.

    Bahan Banner PVC
    Image credit: drysuit-repairs-uk.co.uk

    3. Kanvas

    Kanvas biasanya digunakan di indoor untuk menjaga kualitas gambar. Warna poster dari cetakan Kanvas tampak sangat mengesankan. Hasil akhir dari bahan ini kelihatan berbeda dengan bahan yang lain. Dengan permukaan bertekstur, Kanvas menambahkan kesan berkelas dan artistik. Ketika diaplikasikan di dalam ruangan, bahan ini dapat dipajang di permukaan yang berpotensi lembab. Tidak seperti kertas, kanvas tidak mudah rusak atau sobek ketika basah.

    Bahan Banner Kanvas
    Image credit: canvasdiscount.com

    4. Flexi

    Flexi merupakan pilihan tepat untuk poster outdoor yang tahan cuaca dan memiliki daya tahan optimal. Dengan tinta outdoor, Flexi aman untuk menghindari pudar dan perubahan warna di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama. Di bawah ini adalah tiga jenis bahan Flexi yang paling populer di Indonesia.

    1. Fexi China 280gsm
    2. Flexi Korea 440gsm
    3. Flexi Jerman 510gsm
    Bahan Banner Flexi
    Image credit: shjanehong.en.made-in-china.com


    Share this post:
    Loading...