Apa itu Bahan Blacu serta Kegunaannya?

    Dengan perkembangan fesyen dan banyaknya permintaan konsumen, bahan kain yang terdapat di pasar semakin banyak jenisnya. Bahan kain ini bisa ditujukan untuk bahan baku pembuatan beragam produk, seperti tas, dompet, dan aksesoris lainnya. Salah satu dari bahan kain yang banyak digunakan misalnya adalah bahan blacu.

    Apa itu bahan blacu?

    Bahan blacu adalah bahan kain mori yang masih mentah, yaitu yang belum dibleaching, sehingga warnanya terlihat rada kekuningan atau kecokelatan. DI Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata baku untuk blacu adalah belacu. Namun kebanyakan orang di Indonesia menyebutnya sebagai blacu.

    Pada proses pembuatan kain, istilah kain blacu biasa dipakai untuk semua kain hasil tenun yang belum difinishing ataupun belum diwarnai. Oleh karena itu, semua kain hasil tenun yang belum diproses finishing ataupun belum diwarnai bisa dikategorikan sebagai bahan blacu.

    Sekarang ini bahan blacu disukai banyak orang karena warnanya yang tampak natural. Kain ini banyak digunakan untuk bahan pembuatan tas suvenir, gorden, dan berbagai kerajinan.

    Selain banyak yang menanyakan bahan blacu itu seperti apa, banyak juga yang menanyakan terkait kain blacu warna warni. Namun warna kain blacu diperoleh dari warna asli benang, oleh karena itu pada umumnya berwarna rada kekuningan atau kecoklatan. Lain jika dipadukan dengan bahan lain, mungkin bisa sedikit berubah, semisal jadi lebih putih, namun tidak bisa menjadi warna warni.

    Oleh sebab itu yang perlu diingat adalah bahwa, untuk mendapatkan kain warna warni, maka memerlukan proses pewarnaan. Dengan begitu, otomatis kain yang melewati proses pewarnaan tersebut tidak bisa disebut sebagai bahan blacu.

    Lalu untuk kain blacu yang bermotif, motif tersebut dibuat bukan melalui proses printing, melainkan dengan penenunan.

    Kegunaan

    Pada awalnya kain blacu digunakan untuk menyaring kedelai pada proses pembuatan tahu. Lalu juga sebagai pembungkus. Semisal pada tepung tapioka adalah barang yang biasanya dikemas dalam kain blacu. Lalu seiring berjalannya waktu, bahan blacu menjadi populer.

    Sekarang ini kain blacu bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk macam-macam kerajinan. Contoh produk kain blacu yang populer adalah tas blacu. Penggunaan bahan blacu untuk tas sangat populer, salah satunya ditujukan untuk suvenir, baik itu pada acara pernikahan, ulang tahun, seminar, maupun acara lain yang memerlukan suvenir.

    Dengan peluang ini, banyak pengrajin yang membuat kerajinan berbahan kain blacu. Kain blacu bisa dikreasikan untuk menghasilkan banyak produk. Perkembangan bisa terjadi berdasarkan dengan jumlah peminatnya.

    Tas Blacu
    Tas Blacu | Image credit: IndiaMART

    Tas blacu bisa dibuat polos maupun disablon. Produsen tas blacu juga bisa memadukan dengan kain batik. Di pasar, biasanya harga tas ini tidak begitu mahal, bisa dibilang standar untuk umum. Tas ini banyak diminati oleh mahasiswa dan remaja. Lalu cocok digunakan untuk ke kampus, ke sekolah, dll.

    Tas blacu juga bisa menjadi salah satu alternatif pengganti kantong plastik selain paper bag. Tas ini bisa digunakan sebagai bentuk kesadaran pentingnya menjaga lingkungan, yaitu dengan mengurangi penggunaan bahan plastik. Diharapkan demikian karena tas ini tidak untuk sekali pakai seperti kantong plastik.

    Lalu selain produk tas, kain blacu juga dapat ditujukan untuk bahan pembuatan gorden, taplak meja, dan kerajinan lain yang menggunakan kain bahan baku sebagai bahan bakunya. Semisal pada gorden yang dibuat dari kain blacu, bisa terlihat bagus dengan penambahan bordir untuk motif gordennya.

    Gorden Bahan Blacu
    Gorden Blacu | Image credit: swiftdirectblinds.co.uk

    Perbedaan bahan blacu dengan kanvas

    Kanvas biasanya mengacu pada kain yang biasa digunakan untuk melukis. Namun kanvas tersebut merupakan salah satu dari banyak jenis kanvas lainnya. Semisal terdapat jenis kanvas yang memiliki keunggulan dengan serat yang lebih halus dan tidak kaku. Kanvas tersebut lain dengan yang biasa digunakan untuk bahan seni lukis, yang mana bertekstur lebih kasar dan tebal. Lalu apa perbedaan bahan blacu dengan kanvas?

    Perbedaan untuk kedua bahan tersebut bisa mengacu pada ketebalan dan harga. Semisal pada tas blacu, biasanya lebih tipis dan sedikit rada kasar ketika disentuh. Sedangkan pada kain kanvas biasanya lebih tebal. Lalu untuk harganya, kain blacu umumnya memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan kain kanvas.

    Referensi:
    1. kbbi.kemdikbud.go.id/entri/belacu
    2. en.wikipedia.org/wiki/Textile_bleaching