Bahan Diadora untuk Pakaian Bagus atau Tidak ya?

    Bahan kain yang terdapat di pasar sekarang ini memiliki banyak jenis. Bahan ini bisa ditujukan untuk pembuatan macam-macam produk seperti jaket, baju, celana, dll. Dengan banyaknya jenis, masing-masing dapat memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh sebab itu jika memiliki kebutuhan bahan kain, bisa memilih dengan menyesuaikan karakteristik yang dimilikinya. Salah satu jenis yang banyak digunakan misalnya adalah bahan diadora.

    Pengertian bahan diadora

    Bahan diadora adalah jenis bahan kain yang dibuat dengan warp knitting dari polyester. Bahan kain ini biasanya ditujukan untuk pembuatan pakaian yang bernuansa olahraga. Pada namanya, diadora biasa juga disingkat sebagai DDR.

    Bagi yang hobi olahraga, pastinya tidak asing dengan bahan ini. Paling tidak minimal pernah mendengar namanya. Lalu bagi beberapa orang mungkin terdapat pertanyaan, yakni kenapa namanya seperti perusahaan perlengkapan olahraga?

    Benar demikian, bahan kain ini awalnya biasa digunakan oleh perusahaan swasta perlengkapan olahraga dari Negara Italia yang bernama Diadora. Mereka merupakan produsen fesyen yang sekarang ini tidak hanya di Italian, namun juga berada di Amerika Serikat dan Hongkong.

    Sedangkan di Indonesia, berkembang produksi bahan kain lokal yang mana memiliki kesamaan dengan karakteristik yang digunakan perusahaan tersebut. Lalu akhirnya orang kita terbiasa menyebutnya sebagai bahan diadora.

    Karakteristik bahan diadora

    Sangat penting untuk memperhatikan karakteristik dan kualitas bahan kain sebelum membeli dan menggunakannya. Jika perlu lihat kelebihan dan kekurangannya juga, karena masing-masing memiliki perbedaan.

    Pada bahan diadora ini memilliki karakteristik dengan permukaan yang tampak mengkilau ketika terkena cahaya, baik itu cahaya lampu maupun sinar matahari. Namun pada bagian sisi luar dan dalamnya biasanya berbeda, yakni pada bagian luar memiliki karakteristik yang halus dengan kerapatan yang tinggi. Sedangkan pada bagian dalam berbulu halus seperti pada selimut, yang mana bisa menimbulkan efek kehangatan.

    Jaket Bahan Diadora Bagian Dalam dan Luar
    Image credit: Konveksi Jakarta

    Karena bisa menimbulkan kehangatan, maka sebenarnya bahan ini tidak terbatas untuk pakaian olahraga saja. Melainkan bisa juga untuk dipakai ketika hawa dingin.

    Kebanyakan orang berpendapat, bahan diadora nyaman digunakan. Bahan ini memiliki daya serap keringat meski tidak sebanding dengan bahan cotton. Lalu karena masuk sebagai kategori bahan sport, maka kainnya cukup tebal, sehingga tidak tampak tembus pandang.

    Bahan diadora juga memiliki banyak opsi warna yang bisa dipilih. Warnanya pun relatif tahan lama, bisa jangka waktu hingga tahunan. Oleh karena itu, tidak heran jika bahan ini banyak disukai banyak orang. Namun beberapa orang juga berpendapat kurang menyukai bahan kain ini karena daya untuk serap keringatnya kurang dan lebih panas.

    Lalu untuk soal harga, bahan diadora cukup murah dan bisa dijangakau untuk umum. Meskipun murah, bahan ini tidak melar ketika dicuci. Namun seperti halnya bahan kain lainnya, yakni perlu dicuci dengan hati-hati biar tidak merusak serat kainnya.

    Kegunaan

    Bahan diadora yang paling banyak dijumpai adalah digunakan sebagai jaket olahraga. Namun banyak pakaian lainnya yang juga bisa dibuat dengan bahan kain ini. Misalnya bahan ini juga cocok untuk pembuatan tracksuit, sweater, celana, berbagai macam pakaian yang bernuansa olahraga, dll.

    Kesimpulan

    Jika Kamu menyukai pakaian yang bergaya sport, bahan kain ini bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat Kamu coba. Bahan bisa didapatkan langsung dari produsen, distributor, toko, dll. Namun jika ingin membeli online, di BukaLapak dan Tokopedia biasanya banyak yang menyediakannya.

    Dengan banyaknya produsen bahan diadora di Indonesia, mungkin tiap produk bisa memiliki kualitas yang berbeda. Oleh sebab itu, sebaiknya selektif untuk memilihnya biar mendapatkan yang kualitasnya bagus. Pembelian bisa disesuaikan dengan kebutuhan, apakah memerlukan bahan kainnya saja atau yang pakaian jadi.

    Jadi bahan diadora untuk pakaian bagus atau tidak?

    Seperti yang diuraikan di atas, tiap orang bisa berpendapat berbeda. Bagus atau tidaknya bahan ini adalah subjektif. Beberapa orang menyukainya, lalu beberapa lainnya juga kurang suka. Oleh karena itu, semisal jika memiliki kebutuhan yang cukup banyak, sebaiknya mencoba satu sampel terlebih dahulu untuk memastikan apakah cocok atau tidak.